6 Tips Mudah Membuat Reel Menarik di Instagram Untuk Pemula

Tips Membuat Reel Menarik di Instagram Untuk Pemula


Assalamualaikum 
Halo apa kabar semuanya?

Akhir-akhir ini saya lebih suka posting reel dari pada foto di media sosial Instagram. Saking seringnya mengunggah video pendek, isi feed foto dan feed reel jadi tidak ada bedanya.

Alasannya adalah karena TikTok. Sejak awal pandemi, platfom buatan Cina ini menjadi favorit anak muda, tak terkecuali saya.

TikTok merupakan media sosial yang memiliki algoritma yang unik dan sangat berbeda dengan platfom lainnya. Tidak harus kaya dan good looking, semua orang memiliki kesempatan viral hingga mendapatkan centang biru di TikTok.

Awalnya hanya sebagai penonton, berjalannya waktu sayapun mulai penasaran membuat video TikTok sendiri. Dan benar sekali, walaupun pengikut saya tidak ada (saat itu), tapi ada satu video yang viral hingga tembus 850K views.


Mari kembali ke reel Instagram! Karena sudah coba membuat video pendek untuk TikTok, saya jadi ingin membuat reel. Awalnya untuk materi promosi di Instagram jualan saya yaitu @yarn.n.rope dan @kapashop.bkt . Dan ternyata benar kata ahli media sosial, engagement di reel lebih bagus dari pada foto di feed dan story.

Sekarang tidak hanya di akun jualan, saya juga sering membuat reel untuk akun Instagram pribadi. Videonya beraneka ragam seperti video unboxing kado dan paket, mini vlog dan video stop motion.

Sebenarnya video saya masih standar, belum sekeren reel orang lain. Namun alhamdulillah ada saja yang memuji dan menanyakan tutorial atau tips membuat reel yang bagus.

Agak capek yah, kalau harus balas pertanyaan orang satu per satu di Instagram. Oleh karena itu sebagai blogger, saya ingin menjawab pertanyaan tersebut di sini. Berikut tip membuat reel yang menarik di Instagram berdasarkan pengalaman pribadi. 



6 Tips Mudah Membuat Reel Menarik di Instagram Untuk Pemula




1. Durasi Singkat


Awalnya maksimal durasi reel di Instagram adalah 15 detik lalu ditingkatkan menjadi 30 hingga 60 detik. Sebagai pemula, sebaiknya buatlah reel sesingkat mungkin yaitu di bawah 15 detik.

Pasalnya reel yang disukai oleh algoritma Instagram adalah video yang ditonton hingga akhir apalagi ditonton hingga berulang lalu di"like", dikomentari dan disimpan.

Saat membuat reel, yang ada di otak saya adalah "video ini terlalu panjang, video ini membosankan". Sehingga saat mengedit, semua bagian yang terlalu lama dipotong dan fokus ke intinya saja/ bagian menarik yang ingin diperlihatkan.

Prinsip membuat video di Youtube berbeda dengan reel. Misalnya saat membuat video unboxing paket. Kalau versi video di Youtube, kita cenderung memperlihatkan sedetail mungkin dimulai dari tampilan paket, saat membuka bungkusan hingga menampilkan isi secara satu persatu sambil menjelaskannya  sehingga durasi video bisa mencapai 15 hingga 20 menit.

Sementara saat membuat reel, semuanya dipercepat sehingga cuma ada 2 detik untuk memperlihatkan tampilan paket, 3 detik menggunting, 2 detik membuka dan selebihnya memperlihatkan isi paket.

Silakan cek reel unboxing di bawah ini. Durasi hanya 15 detik, views 10K lebih dengan follower hanya 885 orang.



2. Gunakan Lagu/Sound Viral


Tip membuat reel menarik adalah menambahkan lagu yang sesuai dengan tema video. Alangkah baiknya menggunakan lagu atau sound yang sedang viral supaya tidak hanya disukai orang namun juga disukai oleh Instagram. 

Sebenarnya ilmu ini saya dapatkan dari TikTok, katanya video bisa lewat FYP orang-orang jika menggunakan lagu yang sedang viral.

Kalau di TikTok ada website yang memberikan list lagu viral yaitu tokboard.com/ . Sayangnya saya belum menemukan versi reel Instagram, kalau sudah ada akan diupdate di artikel ini.

Oleh karena itu, cara mengetahui lagu yang sedang viral di Instagram adalah sering cek reel dan perhatikan lagu mana yang sering digunakan orang.



3. Ikuti Tren


Di Instagram, kalau bukan centang biru atau selebgram, kita belum bisa membuat video sesuka hati. Jika targetnya adalah video banyak dilihat dan disukai orang.

Oleh karena itu, supaya reel menarik cobalah ikuti tren yang ada. Tren ini sesuai dari niche Instagram yang dimiliki. Misalnya Instagram jualan macrame saya, trennya seputar before after yaitu penampakan bahan dan alat dan hasil akhir. Ada juga tren "pamer" hasil karya dalam 7 detik dan tren lainnya.

Berikut contoh reel yang saya buat mengikuti tren :



4. Narasi / Caption Menarik


Penting sekali membuat narasi/caption menarik baik di dalam video maupun di bagian deskripsi. 

Narasi/caption di awal video harus bisa membuat orang penasaran. Misalnya menggunakan kalimat pertanyaan "Ada yang tau enggak ini apa?" atau "Siapa yang sering ke sini?"

Bisa juga menggunakan kalimat pernyataan seperti "Video ASMR unboxing kado" atau "Tutorial membuat video reel yang viral". 

Setelah itu beri kalimat singkat di dalam video untuk menjelaskan isi video. Intinya caption itu harus singkat, padat, membuat penasaran di awal lalu diisi dengan kata-kata informatif hingga akhir.

Sementara dibagian deskripsi sebenarnya tidak harus panjang. Cukup tuliskan keterangan tambahan dan beri hashtag yang sesuai.



5. Perhatikan Kualitas Video


Reel yang disukai tentu yang memiliki kualitas gambar yang bagus. Memang untuk menghasilnya  harus menggunakan kamera ponsel yang bagus pula. 

Namun jika kamera ponsel yang dimiliki biasa saja, maka kita berupaya meningkatkan peralatan pendukung dan tempat pengambilan gambar.

Misalnya saat membuat video unboxing paket, lakukan di atas meja/alas putih. Cari tempat yang mendapatkan sinar matahari secara maksimal. Jika tidak ada maka gunakan lampu belajar atau ring light

Gunakan phone holder supaya video stabil. Atur sudut atau posisi pengambilan gambar sebaik mungkin. Bisa juga merekam dari berbagai sudut supaya video tidak monoton.

Setelah video diambil dan diedit lalu simpan dalam bentuk HD. Terakhir, unggah video dengan koneksi internet yang lancar, katanya sih koneksi internet bisa mempengaruhi ukuran/kualitas video yang terunggah di Instagram.

Perlengkapan Konten Kreator
Properti yang digunakan untuk pemotretan/membuat reel



6. Gunakan Metode ATM


ATM adalah singkatan dari Amati, Tiru, Modifikasi yang merupakan metode yang sering digunakan oleh para pekerja seni atau konten kreator sekarang, istilah lainnya adalah terinspirasi.

Sebenarnya ini rangkuman dari tips di atas. Sebagai pemula kita harus banyak mengamati reel orang lain, pelajari dan tiru reel yang menarik perhatian. Dan yang paling penting modifikasi atau buatlah reel tiruan tersebut sebagai versi kita.

Berikut reel stop motion yang terinspirasi dari selebgram favorit saya :



***

Sekian 6 tips dari saya untuk membuat reel Instagram yang menarik tidak hanya bagi manusia tapi juga bagi algoritma Instagram. Semoga bisa bermanfaat bagi yang lain, kalau ada tip lain, saran atau koreksi bisa tambahkan di kolom komentar.

Nantikan artikel selanjutnya tentang peralatan yang saya gunakan untuk membuat reel atau video Tiktok.

xoxo
Dila

28 comments:

  1. Sangat bagus tips tipsnya kak

    ReplyDelete
  2. Keren. Selama ini saya bikin reel asal saja. Semoga lain kali bisa bikin yang bagus. Makasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga bisa sukses membuat reel menarik dengan trik di atas yah kak.

      Delete
  3. Yess sekarang makin banyak yang berkreasi dengan reel ya mbak. Sama kayak aku, ATM hahaha. Sekalian nyari ide dengan scroll di tiktok juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya bener kak Ainun, harus sering scrolling bisa dapat ide reel atau VT menarik

      Delete
  4. Makasih tipsnya kak,kalo bikin reel suka diupload ke youtube juga ngga kak? Saya jarang bikin reel karena memori terbatas jd upload foto aja lewat browser IG

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, kadang satu video saya upload ke TikTok, Reel Instagram hingga Short Youtube. Tapi sebenarnya semua platform punya algoritma masing-masing, jadi sering banget jumlah viewnya tak sama. Sebaiknya walaupun apa yang mau divideoin sama, tapi editannya dibedain sesuai tren platform masing-masing.

      Delete
  5. Wah tipsnya bagus bngt pas bngt aku mau buat reels jadi dapat insight bagus gmna cara bkin reels biar viewnya banyak selama.ini yg aku terapin baru memakai lagu yg bnyak dipakai sih ka yg lain2nya belum

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya kak, pake sound yg sedang viral adalah salah satu cara tuk bikin reel menarik. Tapi sayangnya masih sudah mengetahui data sound viral di reel IG.

      Delete
  6. aku tuh masih kesulitan jika disuruh bikin video yang ciamik karena pakai aplikasi video yang masih kaku hehehe, bener juga caption tuh bisa jadi daya tarik selain videonya yg sudah oke . harus belajar copywriting ya kak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya mba, copywriting itu kepake dimana-mana, enggak hanya di blog tapi juga di Instagram dan marketplace.

      Delete
  7. Aku juga diajarin temanku. Katanya kalau mau buat video tiktok atau reels, mending pake lagu yang sedang viral. Jadi, kemungkinan video kita akan ditonton oleh orang yang kebetulan nyari lagu itu. Gitu katanya. Hehehe

    ReplyDelete
  8. Wah ini membantu banget dan ilmu yang bermanfaat. Terutama buat saya yang kurang memperhatikan konten di media sosial. Padahal seringkali dituntut mereview juga. Hasilnya tentu harus profesional dan mengikuti trend.

    ReplyDelete
  9. Asyik ini tipsnya, pas banget aku tuh lagi belajar bikin video yang bener untuk di reel instagram. Secara aku tuh masih ga mahir banget :D, alias suka males kalau udah urusan bikin video. Makasih tipsnya kak, jadi mau mempraktekkan juga nih.

    ReplyDelete
  10. Artikel tips seperti ini sebenarnya sudah semingguan ini saya cari, itu lho.. yang bikin reels kayak video pertama di halaman ini, gimana caranya, sih kak? :D

    ReplyDelete
  11. Bikin reels kalau ada goalsnya memang nggak bisa sembarangan ya mba, ada beberapa aspek yang harus diperhatikan. Kayak hal di atas ini juga aku lakukan pas bikin reels masak.

    ReplyDelete
  12. Sekarang bikin reels lebih mudah lagi soalnya Instragm bikin inovasi baru bisa ngedit video di IG. Senang banget nih main reels di IG.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyah, saya juga baru ngeh ternyata sekarang ada fitur "template", jadi saat nemu reel yg bagus dan ada tulisan "template" tinggal tiru dan bikin versi sendiri.

      Delete
  13. Mbak, videonya keren-keren. Saya sudah like and follow.
    Ku bookmark mbak artikelnya, sangat membantu dan menginspirasi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah makasih mba udah like dan follow IG saya ^^. Semoga bisa bikin reel yang lebih bagus yah.

      Delete
  14. Kualitas video buat reels memang kudu yang bagus sih FHD lah ya, biar gak nge-blur dan makin asik kitanya berkreasi

    ReplyDelete
  15. Wahh, biar reels IG makin menarik penting nih nyobain tips-tips yg disebutkan kak Dila. Jadi benar banget nih, reels jangkauannya luas banget ya Kak, asalkan menarik pasti dapat views yg banyak. Hehe, aku suka nih reels2 yg dibuat Kak Dila, estetik dan keren deh.

    ReplyDelete
  16. Saya belum pernah buat reels katanya cocok buat yang ingin dapat engagement yang tinggi yaa dari hasil video reels

    ReplyDelete
  17. cakep banget reelnya. jadi penasaran aku sama video unboxing itu gimana caranya menghilangkan tangannya. he

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang unboxing itu pake metode step motion mba. Jadi sebenarnya foto digabungin jadi video. Fotonya harus banyak.

      Delete
  18. Keren dan informatif. Salut untuk blogger aktif yang juga berjualan online. Semangat Mba. Izin bookmark artikelnya, kebetulan buka usaha

    ReplyDelete

Powered by Blogger.