5 Kelebihan Belanja Online Dibandingkan dengan Belanja Offline

Sabtu, 07 Mei 2022



Assalamualaikum
Apa kabar semuanya~

Perempuan dan belanja adalah dua hal yang tidak bisa dipisahkan. Saking sukanya berbelanja, ada yang menjadikannya sebagai penghilang stress.

Beberapa tahun terakhir perempuan semakin berbahagia karena pilihan belanja bertambah berkat kemajuan teknologi. Sekarang tidak harus ke pasar atau ke mall untuk berbelanja. Dari ember hingga emas, semuanya bisa dibeli secara online.

Yup, sekarang jenis belanja itu ada dua, belanja online dan belanja offline. Kamu tim yang mana?

Bisa dibilang sebelum adanya pandemi, saya lebih suka keluar untuk belanja terutama ke mall. Sejak adanya pandemi, dimana pusat perbelanjaan banyak yang tutup, sayapun membiasakan diri untuk belanja apapun secara online di ecommerce.

Sudah dua tahun lebih rutin berbelanja online, saya merasakan banyak pengalaman belanja baik yang menyenangkan dan yang tidak.


Dari pengalaman tersebut saya merasa lebih suka belanjan online dari pada offline. Berikut kelebihan belanja online:



5 Kelebihan Belanja Online dari pada Belanja Offline



1. Free Ongkir


Hal pertama yang membuat saya senang belanja online adalah karena ada gratis ongkir alias ongkos kirim. Sebenarnya ada biaya ongkirpun masih tak masalah karena jika dibandingkan dengan biaya transportasi saat kita pergi ke pusat perbelanjaan langsung, biaya ongkir belanja online masih sangat murah.

Misalnya bagi masyarakat Jakarta yang belanja online di toko yang ada di Jakarta, biaya ongkirnya sekitar Rp 9000. Sementara kalau pergi ke mall langsung, biaya gojek atau biaya bensin plus parkir mungkin sudah habis Rp 50000.


2. Harga Lebih Murah


Sudah rahasia umum harga barang di ecommerce lebih murah dibandingkan dengan di toko. Karena faktanya mereka tidak perlu menyewa toko sehingga bisa menjual lebih murah.

Selain itu karena pembeli bisa mudah membandingkan harga di setiap toko di ecommerce, sehingga para penjual berlomba-lomba mematok harga yang murah supaya laku.


3. Banyak Diskon


Kelebihan belanja secara online terutama di ecommerce adalah terdapat banyak diskon yaitu diskon dari ecommerce, diskon dari penjual dan diskon ongkos kirim. Diskon dari ecommerce biasanya ada di momen atau perayaan tertentu.

Kadang diskon tersebut datang bersamaan dan kadang hanya satu saja. Tapi atas nama diskon, siapapun pasti menjadi senang belanja online.


4. Keliling Sambil Rebahan


Keliling di mall memang seru namun melelahkan, sementara jika belanja online, kita bisa keliling sambil rebahan. Tinggal melihat ponsel, cek toko A, B, C lalu bayar dengan sistem mobile banking.

Kita tidak perlu memegang belanjaan karena paket akan diantarkan ke depan rumah oleh kurir. Selain mudah dan nyaman, belanja online juga menghindari kita dari bahaya copet di keramaian.


5. Belanja Kapanpun dan Dimanapun


Belanja online bisa dilakukan dimanapun dan kapanpun asalkan ada koneksi internet. Kebiasaan saya akhir-akhir ini adalah belanja tengah malam sambil rebahan di kasur.

Ntah kenapa malam hari itu suasananya enak sekali untuk keliling di ecommerce, pilih barang yang ingin dibeli lalu check out.


*

Selain kelebihan di atas, belanja online juga memiliki kekurangan. Namun dari pengalaman, sepertinya saya tetap lebih memilih belanja online dari pada belanja offline.

Apalagi saya juga merupakan seller yang memiliki toko di ecommerce, jadi saya sangat mendukung belanja online!


***

Tulisan ini dibuat untuk 30 Day Ramadan Challenge 2022 oleh Blogger Perempuan Network dengan tema Belanja Online Vs Belanja Offline.

Terima kasih sudah berkunjung dan membaca blog saya.

xoxo
Dila


Tidak ada komentar

Posting Komentar