10+ Ide Bisnis Online Berdasarkan Produk Terlaris di Moselo

Sumber Gambar
Ingin serius memulai bisnis online di tengah pandemi Covid-19? Tapi masih mentok dengan ide produk yang akan dijual? Berikut 10+ ide bisnis online berdasarkan produk terlaris di salah satu marketplace asli Indonesia yaitu Moselo.

Bertahan Hidup di tengah Pandemi Covid-19


Pandemi Covid-19 tidak hanya rawan bagi kesehatan fisik namun juga kesehatan mental. Bagaimana tidak, kita dipaksa untuk bertahan hidup tanpa harus keluar rumah. Akibatnya banyak usaha yang terpaksa gulung tikar dan merumahkan karyawannya.

Mengutip berita yang diunggah oleh KOMPAS pada Maret 2021, Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah mengatakan, angka pengangguran di Indonesia selama pandemi Covid-19 meningkat dari 4,9 persen menjadi 7 persen. Bisa dibayangkan ada berapa banyak orang yang harus mendapatkan pekerjaan baru supaya bisa bertahan hidup.
 

Bisnis Online sebagai Solusi


Di balik segala kesulitan saat pandemi, masih ada hal yang perlu disyukuri yakni eksistensi teknologi yang mempermudah kehidupan manusia. Salah satu manfaat dari kemajuan teknologi adalah menghasilkan uang dari bisnis online yang dapat dilakukan oleh siapapun karena tak perlu modal yang besar. Ini tentu menjadi salah satu solusi bagi masyarakat Indonesia yang pengangguran karena pandemi.

Akan tetapi tidak semua orang dapat memulai bisnis online dengan cepat karena masih bingung dengan produk yang akan dijual. Sebenarnya jangan terlalu lama bingung, coba kenali kemampuan diri atau hobi yang kira-kira menghasilkan seperti membuat kerajinan, ilustrasi, membuat kue dan lain-lain. Selain itu kita bisa lho menemukan ide dengan mencari tau produk terlaris yang dijual Moselo.

Moselo
Halaman Utama Moselo


Mengenal Moselo, Marketplace Karya Anak Bangsa


Moselo? Ada yang masih asing dengan Moselo?

Moselo adalah marketplace asli Indonesia untuk produk kerajinan dan barang kreatif yang berarti merupakan toko online bagi pengrajin, seniman lokal ataupun wirausahawan kreatif untuk menjual produknya. 

Moselo memiliki tampilan yang rapi dan cantik. Kamu bisa akses websitenya di PC ataupun buka aplikasinya di handphone. Bagi pecinta produk kerajinan tangan dan sejenisnya akan betah berlama-lama di sini. 

Bisa dibilang Moselo adalah Etsy versi Indonesia. Hmm.. Baru pertama kali mendengar kata Etsy? Silakan telurusi di google yah..hehe

Sebelum membahas lebih lanjut, saya ingin menyampaikan bahwa tulisan ini tidak disponsori oleh Moselo sama sekali. Artikel ini dibuat karena saya ingin membantu teman-teman untuk mendapatkan ide untuk berjualan online.

Kebetulan saya bagian dari Expert (istilah untuk penjual) di Moselo sehingga bisa mendapatkan Data & Tren Penjualan Moselo di setiap bulan. Setelah mendapatkan ijin dari pihak Moselo, saya pun coba mengolah data khususnya di bulan Januari hingga Juni 2021.

 

Moselo Data, Insight & Trend 2021 (First Half)


Berdasarkan data & tren Moselo di semester pertama 2021 ternyata 70% pembeli adalah wanita dengan cakupan umur 21 hingga 35 tahun. 7 dari 10 orang, membeli untuk gift/kado. Selain itu lima kota yang paling banyak menggunakan Moselo adalah Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Surabaya, Malang. Bisa dilihat bahwa peminat marketplace yang berdiri sejak tahun 2017 didominasi oleh kalangan anak muda yang berada di kota-kota besar.

Selanjutnya adalah bagian yang paling ditunggu-tunggu, apa saja produk terlaris di Moselo? Wait, sebelum itu ada baiknya kita melihat kata kunci yang paling sering dicari di Moselo.
 

10 Kata Kunci Teratas di Moselo di Semester Pertama 2021


10 Kata kunci di bawah ini adalah akumulasi frekuensi kata yang masuk ke dalam 10 Kata Kunci Teratas di Moselo selama semester pertama tahun 2021. Ini karena saya mendapatkan data bulanan dari Moselo, bukan data yang terangkum dalam satu semester. Urutan dimulai dari paling bawah dan akan dituliskan akumulasi frekuensi masing-masing setelah kata kunci.

10. Scarf & 9. Strap Mask (masing-masing 3 kali)

Sesuai dengan data di atas di mana 70% pembeli adalah wanita dan mayoritas penduduk Indonesia beragama islam jadi wajar “scarf” sering dicari di Moselo. Selanjutnya saat pandemi ini, para wanita terutama yang berhijab juga sangat membutuhkan strap mask.

8. Mug (4 kali)

Mug atau gelas menjadi salah satu kata kunci yang banyak dicari di Moselo. Lebih sering berada di rumah membuat orang cenderung mencari barang yang sering digunakan di rumah seperti gelas.

7. Hampers (5 kali)

Hampers adalah juga merupakan katagori di Moselo. Sepertinya semua produk bisa dijadikan hampers seperti makanan, alat makan, tanaman dan lain-lain. Hampers menjadi pilihan kado yang tepat di berbagai acara seperti ulang tahun, lebaran dan kelahiran.

6. Bag (6 kali)

Bag di sini sebenarnya terdata dalam beberapa kata kunci seperti totebag, slingbag dan bag. Namun saya mengganggap semuanya sebagai bag dan terhitung enam kali.

5. Ilustrasi & 4 Sticker (masing-masing 6 kali)

Tak hanya produk yang berbentuk 3D, kamu juga bisa menjual ilustrasi digital di Moselo. Terbukti dari banyaknya pengunjung yang mencari “ilustrasi” di sini. Selain itu masih berhubungan dengan ilustrasi digital, banyak juga yang mencari "sticker" di Moselo.

3. Pouch (6 kali)

Masih berkaitan dengan kebutuhan wanita, pouch menjadi kata kunci yang paling banyak dicari selama enam bulan pertama di 2021.

2. Logo (6 kali)

Seiring dengan banyaknya orang yang terjun ke bisnis online tentu banyak pula yang membutuhkan logo untuk produk yang dijual. Bagi kamu yang ahli membuat logo, ini kesempatan emas untuk menjual hasil karya digitalmu.

1. Masker (6 kali)

Sudah diduga, barang yang paling banyak dicari di Moselo di tahun ini adalah masker. Berawal dari kebutuhan saat pandemi, sekarang masker menjadi bagian dari fashion sehingga banyak wanita yang mencari-cari masker dengan design menarik.

sumber gambar

 


Nah, sekarang mari kita melihat aktual dari produk terlaris di Moselo, apakah sama dengan 10 kata kunci di atas apa tidak.
 

10 Produk Terlaris di Moselo di Semester Pertama 2021


Produk terlaris di bawah ini adalah akumulasi frekuensi kata yang masuk ke dalam 10 Produk Terlaris di Moselo di semester pertama tahun 2021. Alasannya sama dengan kata kunci di atas. Urutan dimulai dari paling bawah dan akan dituliskan akumulasi frekuensi masing-masing setelah produk.

10. Lampu Tidur Custom & 9. Mystery Box (masing-masing 3 kali)

Saat menganalisa data, saya cukup kaget karena lampu tidur dan mystery box tidak masuk dalam 10 kata kunci teratas sama sekali. Jadi penasaran kan, seperti apa lampu tidur custom dan mystery box yang ditawarkan di Moselo?

8. Pouch & 7. Bag (masing-masing 3 kali)

Kata kunci pouch dan bag muncul enam kali dan ternyata menjadi produk terlaris juga sebanyak tiga kali. Tentu yang dijual di sini adalah produk handmade seperti rajutan atau pouch canvas custom.

6. Sajadah (3 kali)

Sebenarnya sajadah juga muncul di kata kunci teratas namun hanya sekali di bulan Maret sehingga belum bisa masuk ke 10 kata kunci teratas selama bulan Januari hingga Juni 2021. Walaupun demikian, sajadah berhasil menjadi produk populer khususnya menjelang hari raya Idul Fitri dan Idul Adha.

5. Mug (3 kali)

Mug yang banyak dibeli di Moselo adalah mug custom. Ini menjadi peluang bagi kamu yang punya keahlian dalam membuat mug custom.

4. Tarot Reading (5 kali)

Bahkan ada jasa membaca tarot di Moselo! Tarot memiliki pencapaian kata kunci teratas sebanyak dua kali namun berhasil masuk ke dalam produk terlaris sebanyak lima kali di semester pertama 2021.


3. Logo (5 kali)

Sesuai dengan data kata kunci yang banyak dicari, logo juga produk yang paling laris di Moselo. Berarti orang-orang yang mencari logo di Moselo, serius ingin memiliki identitas untuk produk mereka.

2. Hampers (8 kali)

Memang masyarakat Indonesia itu sebenarnya ramah dan dermawan. Terbukti banyak yang membeli hampers di Moselo untuk dihadiahkan kepada teman/keluarga atau orang yang disayangi.


1. Ilustrasi (13 kali)

Berbahagialah para ahli gambar karena hasil karya kamu merupakan produk terlaris di Moselo dari bulan Januari hingga Juni 2021.

Sebenarnya ada banyak jenis ilustrasi yang terdapat pada data & tren Moselo yaitu ilustrasi foto profil, simple vector, tops, couple/group/family, cartoon-style, line art, pet, minimalist/chibi doodle illustration. Di sini, semuanya disatukan jadi katagori “ilustrasi” sehingga terhitung 13 kali masuk dalam 10 Produk Terlaris di Moselo di semester pertama 2021.

Berikut contoh ilustrasi yang juga bisa menjadi logo ataupun sticker.
10+ Ide bisnis Online Berdasarkan Produk Terlaris di Moselo
Sumber Gambar


 

***

Ada yang menarik dari data di atas. Masker merupakan kata yang paling banyak dicari bahkan peringkat satu namun tidak masuk dalam daftar 10 produk terlaris Moselo. Sebaliknya lampu tidur custom dan mystery box tidak masuk dalam daftar kata kunci teratas sama sekali namun bisa menjadi produk terlaris di paruh tahun 2021. Bisa ditarik kesimpulan, ada kecenderungan orang membeli karena tak sengaja menemukan barang yang "lucu". Yah, tipikal perempuan jaman sekarang.

Demikianlah 10 produk terlaris berserta 10 kata kunci teratas sesuai dengan laporan penjualan Moselo di semester pertama 2021. Menarik kan? Semoga bisa menjadi inspirasi bagi kamu-kamu yang ingin memiliki bisnis online. 

Kamu bisa kunjungi situs Moselo atau menginstal aplikasinya di handphone. Masukkan kode referral ini ( MSYAR67811 ) untuk mendapatkan poin. Kamu bisa juga mampir ke toko handmade saya di Moselo (here) hehe. Jangan lupa untuk bagikan tulisan ini ke teman lainnya yah!



xoxo
Dilla

34 comments:

  1. Saya jadi ingat dengan marketplace serupa bernama Qlapa yang bertujuan memasarkan produk tradisional kreatif, namun sayangnya hanya bertahan bbrp tahun saja.. Startup seperti Moselo perlu di dukung dan dikembangkan terlebih bertujuan sebagai pasar bagi pengrajin, seniman dalam memasarkan barang kerajinan dan produk kreatif.. Sukses terus untuk Moselo

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama kak, sekitar tahun 2016 pas baru bisa merajut saya tau ada marketplace khusus barang handmade yang bernama Qlapa.
      Setelah akhir tahun 2019 memutuskan untuk coba bisnis macrame, saya search Qlapa ...tak muncul.
      Namun malah ketemu Moselo. Ya, semoga Moselo bisa sukses karena merupakan tempat yang ramah untuk usaha rumahan, pengrajin lokal dan lainnya.

      Delete
  2. Aku langsung kunjungin website-nya loh. Bagus sh tampilannya cantik gt ya. Barang yg dijual jg unik2 dan lucu. Mengingat ini karya anak bangsa, aku harap marketplace ini bisa survive ya mbak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya kak, semoga Moselo bisa bertahan dan makin berkembang. Barang-barangnya emang lucu-lucu semua.

      Delete
  3. duhh ada kartu tarot nih. penasaran mau beli jasanya, buat suka2an aja sih hehe.. tapi kira2 dosa gak tuh maenan tarot? >.<

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha,, saya juga penasaran sama tarot kak Molly. Tapi takut dosa juga, kayaknya enggak sesuai dengan ajaran islam.

      Delete
  4. Waaah sudah diduga mba dhila lengkal dan runut banget ini tulisannya 😍 Btw aku juga agak kaget ternyata tarot reading jadi salah satu yang dicari ya 😆 Semoga makin semangat nulis dan makin sukses yarn n rope nya ya mbaaa ❤

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini pasti komen dari mba Widya yah.
      Sebenarnya saya udah pengen bikin artikel ini di awal Agustus, malah baru kesampaian sekarang. Semangat nulisnya baru muncul di 17 Agustus, makanya bisa nulis lengkap kayak gini.

      Makasih mba, semoga Leaf And Beyond juga sukses di Moselo.

      Delete
  5. Asih nih toko online nya. Lengkap dengan insight nya. Jadi bisa gahu ya arah proyeksi pemasaran produknya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya kak, admin Moselonya baik, mau berbagi laporan data dan tren.
      Sebagai penjual bisa belajar dari data bulanan ini.

      Delete
  6. Waahhh baru tau, lengkap lagi, bikin tertarik, mau coba mampir, mana tau cocok.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jangan lupa mampir ke toko saya juga yah kak di Moselo hehe.

      Delete
  7. Seperti juga yang sedang tren : "berbelanja di warung tetangga". Jualan juga pakai marketplace tetangga lokasl terdekat, dong! Semua akan indah pada saat kita lebih melihat orang terdekat untuk berbuat apa saja.

    Heuheuhe.. jadi kepingin jualan pouch & bag di moselo nih, kak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya baru denger ini "berbelaja di warung tetangga". Kayaknya menarik juga.
      Asalkan mendukung usaha kecil, saya berharap tren seperti ini juga bisa berkembang.

      Ya, lumayan banyak peminat pouch dan bag di Moselo.

      Delete
  8. Aku baru tau ada toko online namanya moselo. Nanti q coba kunjungi webnya. Sukses buat produk mbknya ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih kak eka.
      Yuk coba kunjungi, pasti bakalan betah cuci mata di Moselo.

      Delete
  9. Sebetulnya aku dah tau Moselo app kak dari instagram ads yg sering muncul di IGs sama berandaku. Mau join jadi seller masih belum sempet. Aku suka bikin ilustrasi anyway. Wah artikel ini bermanfaat bgt kak. Thanks ya ;) buat jd inspirasi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jangan2 gambar profil picturenya hasil ilustrasi yang dibikin sendiri yah kak? Lucu..
      Kalau saya ahli bikin ilustrasi, bakalan langsung buka toko di Moselo, banyak peminatnya soalnya..

      Delete
  10. aku sering kepo moselo untuk lihat karya ilustrator lain, keren - keren dan inspiring banget ya. moselo itu keren sih kataku, support banget para seniman yang kreatif yang ingin memasrakan karyanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. banget... kadang ada aja produk unik yang baru dilihat. Idenya pada kreatif-kreatif.

      Delete
  11. Baru tau soal e-commerce ini, ngebantu banget industri kreatif lokal. Wah bisa order ilustrasi dari Moselo ya, kebetulan lagi nyari juga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya kak, palng enak kalau cari-cari jasa ilustrator di Moselo. Tampilannya clean and neat, jadi betah lama-lama scrolling.

      Delete
  12. Masker Moselo unik dan menarik, wajar berada di posisi teratas pencarian. Dengan demikian memang sudah pada tahu nih tentang e-commerce lokal yang satu ini. Kuy dukung selalu agar produk lokal kita selalu nomor 1

    ReplyDelete
  13. Aku baru denger tentang Moselo dari blog nya Mba Dila. Udah sempat ngintip juga tadi ke online store nya Mba Dila, hihi
    keren sih yang dijual produk2 lokal karya anak bangsa semua.
    Saya mau kepoin lebih jauh lagi, siapa tau ada barang yg saya suka dan pengen dibeli disana. Kan mending belanja di marketplace lokal yaa sekalian support UMKM Indonesia..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih Natih, udah mampir shop saya ^^.
      Kalau ngepoin Moselo, jadi lupa waktu. Produknya unik-unik.

      Bener banget, ayo dukung UMKM Indonesia!!

      Delete
  14. Nah info bagus ini.aku pengen memasarkan produk craft aku di Moselo.Semoga bisa ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah, jualan apa kak? Semoga sukses yah di Moselo ^^

      Delete
  15. wah bagus nih kak, bisa jual produk2 craft dan kerajinan di sini, dulu pernah liat2 etsy juga sih, tapi karena gak punya pay pal gak jadi deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo kak Indah, saya suka lihat karya ilustrasi kak Indah di Instagram, ayo jualan di Moselo.

      Delete
  16. bisnis online memang sudah bisa jadi suatu profesi yang tidak di pandang remeh lagi di zaman sekarang hehe, kalo aku trading saham atau forex karena bisa menghasilkan dari uang sampingan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah, kalau cowo bisnis onlinenya emang kebanyakan main saham dan teman-temannya. Dulu saya juga pengen kayak cowo-cowo, tapi sadar kalau ilmu ga sampai ke sana.

      Delete
  17. Hi kak.. aku udh baca 2 artikel kk dan sangat tertarik dgn bahasa yg kk create. Dan baru saja aku buka akun di moselo dgn menggunakan referral code from kk. Makasi kak. Aku masih akan berselancar lagi di page kk. Thank you for your informative information.. keep healthy and sharing ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai,, salam kenal.
      Wah senang banget blog saya bisa disukai orang lain, jadi makin semangat tuk rajin update blog.
      Makasih yah, udah pake kode Moselo dari saya.
      Blog kamu apa? saya coba klik gada link blognya,, kan pengen saling visit hehehe.

      Delete

Powered by Blogger.