3 Tip Menghemat Uang THR

3 Tip Menghemat Uang THR

Assalamualaikum
Halo, apa kabar semuanya~

Teringat saat masih bekerja di perusahaan, bulan Ramadan adalah bulan yang sangat dinantikan karyawan karena di pertengahan bulan ada bonus yang bernama THR Lebaran. Jumlahnya lumayan besar, biasanya satu kali gaji alias take home pay.

THR Lebaran menjadi hadiah dari perusahaan sebagai bentuk apresiasi khususnya kepada karyawan yang beragama islam supaya bisa merayakan lebaran bersama keluarga.

Walau demikian, sebaiknya jangan menghabiskan THR begitu saja selama lebaran. Dengan jumlah uang yang banyak tersebut, semestinya bisa meringankan masalah ekonomi keluarga dan menjadi tabungan untuk investasi masa depan.

Oleh karena itu, berikut sedikit tips dari saya tentang cara mengelola atau menghemat uang THR.



3 Tip Menghemat Uang THR



1. Buat Minimal 2 Rekening Tabungan


Baik itu karyawan, freelancer maupun enterprenuer sebaiknya buat minimal dua rekening tabungan. Satu rekening khusus pemasukan seperti gaji & bonus dan rekening lainnya untuk semua pengeluaran.

Apalagi sekarang teknologi sudah maju, banyak godaan yang bisa membuat tabungan menjadi bocor seperti online shopping dan pembayaran online melalui ponsel. Maka sebaiknya bagi orang-orang yang gampang tergoda offline/online shopping, buat dua rekening bank dan bawa satu kartu ATM saja saat berpergian sehingga bisa menyelamatkan uang THR.



2. Catat Seluruh Pengeluaran Bulanan


Pertama kali saya membuat catatan pengeluaran bulanan adalah saat ingin membeli mobil. Saat itu gaji saya belum begitu besar namun bertekad untuk membeli mobil dengan DP yang besar supaya masa kreditnya singkat yaitu dua tahun.

Atas keinginan tersebut saya mencatat seluruh pengeluaran setiap hari / setiap bulan mulai dari biaya sewa kontrak rumah, transportasi, komunikasi, makan, pakaian dan lain-lain. Setelah itu jadi tau pengeluaran inti selama sebulan dan sumber pemborosan.

Metode ini bisa dilakukan untuk menghemat uang THR lebaran. Tak perlu repot-repot menulis di buku atau di Ms. Excel, sekarang sudah ada aplikasi pencatat pengeluaran di ponsel yang praktis diakses kapanpun.


3. Buat Skala Prioritas


Tip menghemat yang paling dasar adalah membuat skala prioritas. Sebelum membelanjakan uang THR, ada baiknya menulis skala prioritas dalam pengeluaran seperti mendahulukan pembayaran utang-piutang, cicilan, sewa rumah dan tagihan listrik.

Setelah itu membuat anggaran belanja yang bisa dihemat seperti biaya makan, trasnportasi dan komunikasi. Terakhir membuat anggaran untuk self reward seperti untuk membeli baju, sepatu dan hobi lainnya.


THR lebaran memang sebuah bonus untuk karyawan, namun jangan sampai penggunaannya sia-sia. Alangkah baiknya diatur pemakaian uang THR supaya bisa membantu ekonomi hidup keluarga dan nantinya benar-benar menjadi bonus yang berkesan.


***

Tulisan ini dibuat untuk 30 Day Ramadan Challenge 2022 oleh Blogger Perempuan Network dengan tema Tip Menghemat Uang THR.

Terima kasih sudah berkunjung dan membaca blog saya.

xoxo
Dila

No comments:

Powered by Blogger.