Brownies - Kue Favorit Keluarga Saat Lebaran

Jumat, 06 Mei 2022

Brownies - Kue Favorit Keluarga Saat Lebaran


Assalamualaikum
Halo semuanya~

Saat ada kerabat atau teman yang berkunjung di hari lebaran, kadang ada yang bertanya "Mana nih kue yang dibuat sendiri?"

Bagi yang sudah ahli membuat kue akan menjawab "Semuanya dibuat sendiri donk!" sementara yang tidak bisa membuat kue karena kesibukan atau memang tak ahli akan menjawab "Semuanya dibeli donk! hehe"

Nah kamu golongan yang mana?

Saya pribadi selalu tertarik membuat kue lebaran, namun beberapa kali coba membuat kue kering favorit seperti nastar dan putri salju, hasilnya mengecewakan. 

Oleh karena itu setiap lebaran, lebih memilih membeli kue kering dari pada membuatnya. Namun ada kue yang selalu saya buat dan menjadi favorit semua keluarga yaitu Brownies.

Siapa sih yang tidak suka brownies? Sejak kue berwarna cokelat kehitam-hitaman ini booming, saya langsung suka dan penasaran membuatnya sendiri.

Setelah coba beberapa resep dan mengalami trial and error, akhirnya saya berhasil membuat resep brownies kukus yang super enak. Resep ini sudah menjadi andalan sejak tahun 2007 hingga sekarang.

Kali ini saya berbaik hati untuk spill resep rahasia brownies yang menjadi kue favorit setiap saat termasuk lebaran.





Resep Brownies Kukus ala Chocodilla


Bahan-bahan


Bahan 1 (ditim)
Mentega 200gr
Cokelat blok 200gr

Bahan 2 (dikocok)
Kuning Telur 6 butir
Putih Telur 4 butir
Gula pasir 250gr

Bahan 3 (diayak & diaduk)
Tepung terigu 150gr
Cokelat bubuk 50gr
Susu bubuk 20gr




Cara Membuat 


Persiapkan loyang cetakan, olesi mentega lalu taburi dengan tepung hingga rata. Persiapkan juga dandang ukuran besar untuk mengukus.

Adonan 1 : Lelehkan bahan 1 dengan cara ditim yaitu menaruh bahan pada wadah besi/kaca tahan panas lalu ditaruh di atas wadah lebih besar yang telah diisi air. Kita cukup membuat adonan menjadi panas dan meleleh jangan sampai membuat adonan mendidih. Lalu biarkan temperaturnya turun.

Adonan 2 : Kocok bahan 2 dengan kecepatan tinggi hingga kembang atau warna menjadi sedikit pucat.
Masukkan bahan 3 sedikit demi sedikit ke adonan 2 lalu aduk dengan kecepatan rendah hingga tercampur semuanya.

Masukkan adonan 1 lalu aduk hingga rata, pastikan semuanya teraduk rata jangan sampai ada yang mengendap dibawah.

Setelah itu, tuangkan adonan ke loyang cetakan lalu kukus selama 1 jam atau hingga kering. Waktu untuk mengukus tidak pasti 1 jam, untuk itu cek apakah brownies udah matang atau tidak terutama bagian bawah dengan menggunakan tusuk gigi/lidi.

Jika tidak ada adonan yang menempel pada permukaan tusuk gigi berarti brownies sudah matang dan boleh diangkat lalu sajikan.


Menurut saya brownies enak dinikmati hangat-hangat dari kukusan maupun dingin-dingin dari kulkas. 

Dari berbagai macam resep brownies yang telah dicoba maupun yang sekedar dibaca, inilah resep yang paling mudah dan murah tapi hasilnya enak sekali. Ini merupakan resep rahasia, jangan kasih tau yang lainnya yah,, hehe

Selamat mencoba, semoga berhasil dan jangan lupa kasih tau saya hasil percobaannya yah! ^^

***

Tulisan ini dibuat untuk 30 Day Ramadan Challenge 2022 oleh Blogger Perempuan Network dengan tema Kue Lebaran Favorit dan Resepnya.

Terima kasih sudah berkunjung dan membaca blog saya.

xoxo
Dila

Tidak ada komentar

Posting Komentar