5 Hal Dasar yang Harus Dimiliki untuk Memulai Usaha Rumahan Online

5 Hal Dasar yang Harus Dimiliki untuk Memulai Usaha Rumahan Online


Ingin mencoba peruntungan di usaha rumahan online tapi masih maju mundur? Yuk cari tau apa saja hal dasar yang harus dimiliki sehingga kamu siap untuk memulai usaha rumahan online!


***

Ketika masih bekerja di perusahaan, saya dan teman-teman sering berdiskusi mengenai keinginan untuk mencoba usaha rumahan online atau berjualan online. Alasannya karena profesi sebagai karyawan membuat waktu lebih banyak dihabiskan di kantor daripada di rumah.

Bayangkan setiap hari harus berada di kantor selama delapan jam lebih dan hak cuti hanya ada 12 hingga 14 hari dalam setahun. Apalagi bagi karyawan yang telah berkeluarga dan memiliki anak kecil, rasanya sedih sekali harus meninggalkan anak seharian dengan ART atau di tempat penitipan anak.


Usaha rumahan online memang menjadi solusi bagi teman-teman yang ingin menghasilkan uang namun tetap bisa dekat dengan keluarga.


Terlebih di jaman sekarang, kegiatan jual beli online meningkat pesat sebagai efek positif dari pandemi Covid19. Didukung oleh media sosial dan marketplace yang semakin banyak dan memfasilitasi masyarakat untuk melakukan jual beli online.


Saya pribadi sudah mencoba berjualan secara online dari rumah. Seperti menjual kerajinan tangan macrame, cemilan hingga skincare. Terasa menyenangkan apalagi masih bagian dari hobi dan yang dijual masih merupakan barang yang disukai.


Berdasarkan pengalaman tersebut, saya ingin sharing kepada teman-teman semua mengenai apa saja sih hal dasar yang harus dipikirkan dan dimiliki untuk memulai usaha rumahan online atau istilah kerennya small business.


Catatan : saya bukan ahli yang bersertifikat dalam bidang small business, namun pada tulisan ini saya berkeinginan untuk berbagi ilmu berdasarkan pengalaman pribadi dalam membangun dan menjalankan usaha rumahan online. Yuk sama-sama belajar!





5 Hal Dasar yang Harus Dimiliki untuk Memulai Usaha Rumahan Online


1.  Ide Usaha

 
Hal pertama dan juga paling utama adalah ide usaha. Banyak orang yang ingin berjualan terhenti langkahnya karena pertanyaan “Produk apa yang akan dijual?”. Lalu muncul pemikiran seperti “Ingin jual brownies, tapi sudah banyak yang jual. Mau jual skincare tapi bingung orang suka pakai merek yang mana?”.
 
Menemukan ide usaha memang susah-susah gampang karena pemikiran pesimis di atas. Sebenarnya mencari ide usaha jangan terlalu jauh, mulai saja dari barang-barang yang disukai atau sangat dipahami.

Misalnya ingin berjualan makanan, tentu menjual makanan yang kamu sudah ahli membuatnya bukan karena ikut-ikutan makanan yang sedang hits tapi sebenarnya tak familiar dengan rasa atau cara membuatnya.

Selain itu, di masa sekarang berjualan online tidak melulu benda berwujud nyata melainkan bisa menjual jasa seperti jasa foto katalog produk serta produk digital seperti design logo atau stiker.

Yuk gali lagi potensi diri untuk mengetahui produk atau jasa apa yang bisa kamu jual dari rumah.

5 Hal Dasar yang Harus Dimiliki untuk Memulai Usaha Rumahan Online


2.  Modal Usaha


Setelah menemukan ide usaha, selanjutnya yang harus dimiliki untuk memulai usaha rumahan online adalah modal. Nah poin nomor dua ini kerap menjadi alasan orang untuk tidak memulai berjualan.

Sebenarnya tergantung dari produk yang akan dijual, banyak loh ide jualan yang hanya membutuhkan modal kecil bahkan ada usaha rumahan modal 50ribu.
 
Ingat! Kita akan berjualan dari rumah secara online! Berarti tidak ada dana untuk sewa toko. Hal ini sudah bagian dari penghematan modal usaha.

Selanjutnya mencari tau apa yang bisa dijual atau dilakukan supaya bisa memulai usaha rumahan modal kecil.
 
Lakukan survey di internet, pelajari usaha apa saja yang tidak menguras kartu ATM kamu. Seperti contekan dari Biaya Usaha Rumahan Evermos , contoh usaha rumahan modal 50 ribu seperti reseller, konter pulsa dan paket internet, buka jasa titipan (jastip) dan lain-lain.

5 Hal Dasar yang Harus Dimiliki untuk Memulai Usaha Rumahan Online


3.  Nama dan Logo Toko

 
Nama toko dan logo bagi usaha rumahan online seperti identitas diri. Ada banyak toko atau produk yang memenuhi media sosial maupun marketplace.

Maka sebuah usaha rumahan online wajib memiliki nama toko dan logo atau produk yang menjadi ciri khas dan daya tarik bagi calon pembeli.
 
Jika baru membuka small business dan belum punya modal yang besar maka jangan memaksakan diri untuk memakai jasa design logo yang mahal. Mulailah dengan membuat logo yang sederhana namun berkarakter atau mewakili filosofi toko kamu.

Toh logo masih bisa direvisi nantinya. Lihat saja brand terkenal seperti Twitter dan Pertamina yang sudah pernah merevisi logo.
 
Logo juga berguna sebagai watermark atau mempercantik gambar jualan online. Supaya orang-orang tau, foto produk itu adalah asli milik sendiri. Selain itu logo juga bisa dijadikan stiker jualan online untuk membuat packaging produk makin high class, guna bisa bersaing dengan toko lain.
 
Mungkin tidak semua orang bisa membuat logo ataupun stiker sendiri. Namun jangan khawatir karena sekarang sudah banyak aplikasi atau situs yang membantu proses editing yang bisa dilakukan oleh pemula. Yuk cari tau semuanya di Desain untuk jualan online di Evermos.  

5 Hal Dasar yang Harus Dimiliki untuk Memulai Usaha Rumahan Online


4.  Media Sosial

 
Media sosial wajib sekali dimiliki oleh orang yang ingin berjualan secara online karena fungsinya sama seperti toko yaitu tempat menaruh katalog produk yang dijual. Bedanya toko ada biaya sewa sementara media sosial gratis.
 
Sekarang ada banyak pilihan media sosial, penjual tinggal menentukan ingin fokus berjualan di mana karena pada dasarnya semua media sosial bisa digunakan untuk berjualan mulai dari Facebook, Whatsapp, Twitter, Instagram hingga Tiktok.

Sebaiknya pilihlah media sosial yang sering dipakai, karena di sana pasti banyak teman atau kenalan yang akan menjadi calon pembeli.
 
Jika sudah bisa berjualan di media sosial pribadi, selanjutnya kembangkan toko di marketplace yang populer di Indonesia supaya jangkauan pembeli menjadi lebih luas.

5 Hal Dasar yang Harus Dimiliki untuk Memulai Usaha Rumahan Online




5. Mobile Banking

 
Seperti namanya “Usaha Rumahan Online” tentu kegiatan jual beli akan lebih banyak dengan sistem cashless atau sistem pembayaran tanpa uang tunai.

Oleh sebab itu sebagai penjual, wajib memiliki aplikasi mobile banking di ponsel untuk mempermudah proses jual beli.
 
Aplikasi mobile banking akan sering digunakan untuk proses transaksi dengan supplier hingga mengecek transaksi dari pembeli.

Bayangkan kalau tidak memiliki mobile banking, penjual harus keluar mencari mesin ATM untuk melakukan transaksi atau mengecek dana yang masuk.

5 Hal Dasar yang Harus Dimiliki untuk Memulai Usaha Rumahan Online


***
 
Demikianlah lima hal dasar yang harus dimiliki untuk memulai Usaha Rumahan Online berdasarkan pengalaman saya selama ini.

Semoga artikel ini bisa membantu teman-teman lain yang akan membangun usaha  rumahan online, sehingga tidak menjadi resolusi awal tahun yang tertunda.

Yuk mulai usaha rumah online idaman kamu dari sekarang!


5 Hal Dasar yang Harus Dimiliki untuk Memulai Usaha Rumahan Online
Sumber gambar : EVERMOS





#samasamabelajar
#smallbusiness
#usaharumahanonline
#onlineshop

xoxo
dila

27 comments:

  1. Wah.. menginspirasi sekali tentang usaha online ini

    ReplyDelete
  2. memang kalau emak-emak itu lebih nyaman di rumah sih, mau kerja juga pengennya dari rumah aja, tetep bisa ngurus rumah tapi juga bisa punya penghasilan, ya bisnis online salah satu caranya. harus kreatif cari ide buat jualan yang unik dan disukai pasar

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba, enggak hanya emak-emak, anak muda jaman sekarang juga lebih enjoy kerja di rumah. Apalagi kalau punya small business, bisa liburan sepuasnya.

      Syaratnya memang harus kreatif.

      Delete
  3. bagian paling susah adalah maintain medsosnya
    mulai bikin konsep samapai eksekusi. susah banget buat konsisten hiks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ih bener banget mba.
      Pas awal buka semangat banget, terus sekarang maintainnya perlu motivasi tambahan kayaknya.

      Delete
  4. Mobile banking bener banget sih, supaya kita bisa tau pergerakan uang yang keluar dan yang masuk. Semoga bisa juga punya usaha sendiri ya, amin.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya kak, enggak kebayang harus bolak balik ke atm kalau enggak ada mobile banking. apalagi kalau cuma mau cek uang keluar dan masuk.

      Aamiin, semoga nanti bisa buka usaha sendiri yah.

      Delete
  5. semoga bisa punya usaha rumahan suatu saat nnti. Sebenarnya pengen punya usaha kuliner gituu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, natih mau jualan makanan apa nih? penasaran, semoga terwujud yah!

      Delete
  6. paling krusial itu nentuin nama dan logo usaha sih, meskipun nanti bisa ganti tapi tetap saja dua hal ini yang pertama bakal di ingat konsumen

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget kak, nama dan logo itu satu paket yang bikin pusing. Kadang udah nemu ide nama, eh ternyata udah dipakai orang lain.

      Delete
  7. Hiyes, semakin ke sini apalagi masa pandemi gini jadi makin niat bikin usaha sendiri ya. Dan item-item di artikel memang perlu disiapkan kak, apalagi bagi pemula seperti saya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya kak, dampak positif pandemi, orang-orang semangat untuk buka small business.

      Delete
  8. satu lagi deh, enggak gampang menyerah. soalnya usaha rumahan gini tantangannya banyak, nyoba sekali terus nyerah, wah selesai dong. makannya penting nih: enggak gampang menyerah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benenr banget "pantang menyerah + sabar" juga sangat penting. Kalau menurut saya ini katagorinya kunci sukses untuk mengelola usaha/small business kak, hehe

      Delete
  9. 5 hal dasar, tapi ke-5 ini juga point penting yang harus dilakukan sebelum memulai usaha, jadi semuanya harus dipersiapkan terlebih dahulu

    ReplyDelete
  10. Usaha rumahan tuh memang hal yang paling mudah ya untuk dilakukan karena segalanya berawal dari yg simple aja

    ReplyDelete
  11. Sepertinya ada beberapa orang yang mentok di modal usaha, jadi akhirnya kerja dulu baru bikin usaha sendiri

    ReplyDelete
  12. Iya, sekarang banyak juga orang yg membuka usaha rumahan
    Selain modal, teknik digital e juga dibutuhkan ya mbak
    Misalnya dgn memanfaatkan sosial media

    ReplyDelete
  13. Poin penting dari proses perencanaan sampe pelek buka usaha ya, tapi pas ngejalanin paling butuh yg namanya konsistensi dalam bisnis rumahan ini. Soalnya kalau saya biasanya gugur di tengah jalan hehe.

    ReplyDelete
  14. usaha online sekarang bisa jadi peluang ibu rumah tangga berkarya dan nambah penghasilan yaa, tapi harus ikutin langkah ini dulu, sama kulik kulik evermos juga ya buat referensi dan mitra biar ga memberatkan calon2 entrepreneur baru

    ReplyDelete
  15. Promosinya harus dikencangin yaa, makanya penting banget punya medsos bagi yang memiliki usaha agar pelanggannya semakin banyak

    ReplyDelete
  16. 5 hal ini emg wajib ada sih meski modal jg bkn keharusan. Kita jg bs pake sistem dropship. Jd ga keluar modal. Jadi modalnya ya 4 itu sih hehe. Semangat kak buat ngerintis usahanya. Aku jg lg gali ide trs nih buat bisnis.

    ReplyDelete
  17. bener banget itu mobile banking kepake banget saat ini untuk cek mutasi rekening buat yang jualan online. Semoga lancar terus jualan onlinenya

    ReplyDelete
  18. dulu banget akuu juga pengen usaha rumahan. tapi blakangan baru sadar itu bukan ranahku haha.. jadi tetap serius di perbloggeran ini :)

    ReplyDelete
  19. Nama dan logo jadi hal krusial sih memang jika mau bisnis online. Sama penting lah dan jadi bagian tak terpisahkan dengan marketing.

    ReplyDelete

Powered by Blogger.