Cuma Sehari di Bukittinggi? Bisa Kunjungi 3 Tempat Wisata Terbaik Ini!

Selasa, 03 Mei 2022

Rekomendasi Tempat Wisata di Bukittingi yang Bisa Dikunjungi Dalam Sehari


Assalamualaikum,
Halo apa kabar semuanya?

Bukittinggi adalah kota kecil yang terletak di provinsi Sumatera Barat yang kaya akan objek wisata alam, budaya dan kuliner. Sehingga Bukittinggi menjadi destinasi wisata favorit penduduk Sumatera Barat, Sumatera Utara, Riau hingga negara jiran, Malaysia.

Hal ini terbukti dari banyaknya wisatawan yang berkunjung khususnya di tanggal merah dan hari libur seperti libur sekolah, momen pergantian tahun dan lebaran.

Walaupun sudah menjadi tempat wisata favorit, pasti ada yang masih belum familiar dengan kota kelahiran Bung Hatta, tokoh proklamator Republik Indonesia ini. Oleh karena itu sebagai penduduk asli, saya ingin merekomendasikan tempat-tempat menarik di Bukittinggi yang bisa dikunjungi dalam satu hari.



Rekomendasi Tempat Wisata di Bukittingi yang Bisa Dikunjungi Dalam Sehari



1. Kebun Binatang Bukittinggi


Jika tiba di Bukittinggi pagi hari sekitar jam 9 maka sebaiknya tempat pertama yang dikunjungi adalah Kebun Binatang Kinantan yang merupakan kebun binatang satu-satunya di provinsi Sumatera Barat.

Posisinya ada di pusat kota, yaitu dari taman Jam Gadang terus melewati jalan Minangkabau hingga terlihat gerbang masuk kebun binatang.

Pemkot Bukittinggi telah melakukan beberapa pembaharuan pada kebun binatang selama pandemi, sehingga ada 3 zona yang menarik untuk dilihat yaitu zona burung, zona reptil dan kandang harimau.

Selian itu, yang unik dari kebun binatang Bukittinggi adalah, posisinya di atas bukit dan pengunjung bisa berpindah ke area Benteng Fort De Kock melewati jembatan Limpapeh.

Setelah lelah berkeliling kebun binatang, pengunjung bisa beristirahat di area Benteng Fort De Kock yang hijau dan terdapat banyak meriam peninggalan masa penjajahan dulu.

Mengenai biaya masuk kebun binatang dan informasi detail lainnya bisa baca di sini :

Kebun Binatang Kinantan Bukittinggi
Zona Burung - Kebun Binatang Bukittinggi


2. Taman Panorama Ngarai Sianok


Setelah istirahat makan dan shalat, bisa melanjutkan wisata ke area Taman Panorama Ngarai Sianok. Lokasinya masih tak jauh dari area Jam Gadang, jika menggunakan mobil bisa sampai sekitar tiga hingga lima menit.

Seperti namanya, Taman Panorama Ngarai Sianok merupakan area taman yang memiliki pemandangan Ngarai Sianok yang hijau dan indah.

Selain itu di sini terdapat Lubang Jepang yaitu tempat persembunyian yang dibuat saat penjajahan Jepang. Bentuknya seperti terowongan besar dan panjang yang salah satu pintunya ada di bagian bawah Ngarai Sianok.

Jika tertarik masuk, sebaiknya menyewa jasa tour guide yang sudah hapal rute di dalam Lubang Jepang.

Baca informasi lengkap tentang ojek wisata ini di sini :

Taman Panorama Ngarai Sianok Bukittinggi
Pemandangan Ngarai Sianok dari Taman Panorama


3. Jam Gadang


Waktu sore hari bisa diisi dengan kembali ke area Jam Gadang untuk berfoto-foto, mencoba jajanan khas hingga berbelanja oleh-oleh.

Pertama-tama, wisatawan bisa mengunjungi taman monumen Proklamator Bung Hatta yang ada di sebelah kiri saat sebelum ke area taman Jam Gdang.

Dulu sekali taman monumen ini ditutup, sekarang arenya sudah dipugar sehingga orang bisa masuk untuk berfoto atau sekedar duduk-duduk menikmati pemandangan.

Setelah itu naik menuju area taman Jam Gadang. Di sini bisa berfoto-foto dan membeli jajanan khas seperti karupuak kuah yaitu kerupuk yang diberi bihun dan kuah sate. Selain itu juga ada pisang kapik yang ada di dekat area Pasa Ateh, yaitu makanan berupa pisang bakar yang dipipihkan lalu diberi taburan kelapa yang telah dicampur dengan gula jawa.

Taman Monumen Bung Hatta Bukittinggi
Taman Monumen dengan patung Bung Hatta, sang Proklamator


Sekian rekomendasi dari saya mengenai tempat wisata di Bukittinggi yang bisa dikunjungi dalam sehari saja. Semoga berguna bagi teman-teman yang ingin liburan ke Bukitting bersama teman atau keluarga.


***

Tulisan ini dibuat untuk 30 Day Ramadan Challenge 2022 oleh Blogger Perempuan Network dengan tema Bebas.

Terima kasih sudah berkunjung dan membaca blog saya.

xoxo
Dila

Tidak ada komentar

Posting Komentar