Insto Dry Eyes : Solusi Mata Kering karena Menatap Layar Gawai Terlalu Lama

Sabtu, 20 Januari 2024

Insto Dry Eyes : Solusi Mata Kering karena Menatap Layar Gawai Terlalu Lama
Assalamualaikum
Apa kabar semuanya~

Pernah enggak merasa penglihatan jadi buram lalu membaik setelah berkedip karena terlalu lama menatap layar gawai?

Kondisi tersebut adalah salah satu gejala mata kering dan sebaiknya diobati dengan obat tetes mata yang tepat seperti INSTO DRY EYES yang memberikan efek pelumas seperti air mata.

Saya pribadi pernah mengalami kondisi seperti itu. Setelah resign dari perusahaan dua tahun lalu, saya memutuskan untuk kembali ke kampung halaman untuk bekerja dari rumah yaitu mengelola small business yang dipasarkan secara online dan mengembangkan blog pribadi.

Menjadi penjual online berarti hampir segala bentuk kegiatan dibantu oleh gawai yaitu laptop dan ponsel. Seperti membuat dan mengelola toko online di e-commerce, membuat promosi di media sosial, hingga membuat pendataan atau laporan di Ms. Excel mengenai stok, catatan modal, penjualan dan laba. Semua kegiatan harus dilakukan dengan teliti sehingga tanpa tak sadar terlalu lama menatap layar laptop dan ponsel dan membuat mata menjadi kering.

Disela-sela mengurus toko online, saya meluangkan waktu untuk mengembangkan blog pribadi yang sudah lama dibuat. Kegiatan yang biasa dilakukan sebagai blogger adalah menulis artikel, membaca referensi dari artikel lain, blog walking, mengubah template blog, mengecek performa blog hingga memperbaiki kekurangan blog.

Kadang terlalu lama menulis artikel blog di laptop, mata menjadi kering dan terasa buram. Apalagi kalau membaca artikel dari blog yang warna templatenya hitam atau terlalu kontras, mata terasa pegal dan perlu diberi obat tetes mata kering Insto Dry Eyes.

Selain itu, saat tidak bekerja pun saya masih tak lepas dari gawai seperti menonton drama atau anime favorit, bermain game online dan scroll media sosial. Bisa dilihat bahwa sebagian besar aktivitas saya adalah menatap layar laptop dan layar ponsel dari pagi hingga malam sehingga rawan terkena sindrom mata kering.


1. Apa itu Sindrom Mata Kering?


Sindrom mata kering atau keratoconjunctivitis sicca adalah kondisi ketika mata tidak mendapatkan pelumasan yang cukup dari air mata sehingga membuat rasa tidak nyaman di mata. Kondisi terburuk bisa merusak lapisan bening di bola mata yang menyebabkan gangguan penglihatan.

Air mata bukan sekedar air yang keluar dari mata saat kita menangis namun fungsi utamanya adalah melindungi mata dari benda asing atau kuman penyebab infeksi. Karena air mata mengandung air, minyak, lendir, hingga antibodi dan protein yang dapat mencegah adanya infeksi atau benda asing tersebut.

Oleh karena itu, saat mata tidak mendapatkan pelumasan dari air mata, maka kita perlu memakai obat tetes mata yang tepat.

2. Apa Saja Gejala Mata Kering?


Orang yang terlalu fokus dan lama menatap layar laptop atau ponsel mungkin pernah merasakan sindrom mata kering seperti mata pegal, mata sepet atau mata kering. Ketiga kondisi tersebut adalah gejala mata kering yang harus segera diobati.
  
Gejala mata kering beragam, ada yang ringan dan ada yang berat. Berikut gejala umum mata kering yang perlu kamu waspadai :

- Mata terasa cepat lelah atau pegal
- Mata merah
- Mata terasa panas
- Mata terasa seperti berpasir atau ada yang mengganjal
- Mata berair karena iritasi pada mata
- Mata silau / sensitif terhadap cahaya
- Penglihatan buram/ tidak fokus dan membaik setelah berkedip

Insto Dry Eyes : Solusi Mata Kering karena Menatap Layar Gawai Terlalu Lama

3. Apa Penyebab Mata Kering


Terlalu lama menatap layar laptop atau ponsel hanyalah satu contoh penyebab mata kering. Ada hal atau aktivitas lainnya yang menjadi faktor penyebab mata kering, yaitu :

- Faktor lingkungan, seperti terkena debu, angin, dan juga asap rokok
- Menatap layar laptop, ponsel, TV terlalu lama
- Pemakaian lensa kontak terlalu lama
- Penggunaan obat tertentu baik obat minum maupun obat tetes mata
- Riwayat operasi mata atau adanya penyakit lain yang dapat memicu mata kering
- Usia diatas 50 tahun, khususnya wanita pasca menopause

Anak kecil hingga orang tua bisa terkena mata kering karena faktor di atas. Oleh karena itu selalu menjaga mata dan berhati-hati saat melakukan aktivitas yang membahayakan mata.

4. Apakah Mata Kering Berbahaya?


Semua masalah yang berkaitan dengan organ tubuh tidak bisa dianggap sepele. Walau kondisi mata kering terlihat biasa saja, namun jika terjadi berulang atau diabaikan, akan menimbulkan bahaya atau komplikasi lainnya. 

Berikut komplikasi yang bisa terjadi akibat mata kering :

- Infeksi mata

Mata adalah organ tubuh bagian luar yang paling sensitif. Untuk melindungi mata terdapat kelopak mata yang bisa otomatis menutup jika ada benda asing yang bergerak menuju mata. Selain itu juga ada air mata yang bertugas melindungi permukaan mata dari infeksi. Sehingga jika mata kering atau tidak dibasahi air mata akan membuat mata terinfeksi.

- Kerusakan kornea

Mata yang sangat kering bisa menimbulkan peradangan pada mata dan abrasi permukaan kornea mata. Kondisi seperti ini tentu tidak cukup dengan obat tetes mata saja, harus segera melakukan pemeriksaan ke dokter spesialis mata.

- Gangguan Penglihatan

Infeksi mata dan kerusakan kornea mata otomatis bisa membuat penglihatan menjadi terganggu. Jika penglihatan terganggu maka kita akan sulit beraktifitas seperti membaca, mengemudi dan menjahit.

Insto Dry Eyes : Solusi Mata Kering karena Menatap Layar Gawai Terlalu Lama
#InstoDryEyes #SolusiMataKering

5. INSTO DRY EYES sebagai Solusi Mata Kering


Setelah mengetahui gejala, penyebab dan bahaya mata kering, sekarang pembahasan yang paling penting adalah bagaimana cara mengobati mata kering.

Jika mata terasa kering jangan dibasahi dengan air, karena air belum tentu steril dan bisa saja terdapat kuman atau bakteri yang tidak terlihat. Gunakanlah obat tetes mata yang aman dan sesuai dengan khasiatnya yaitu Insto Dry Eyes.

Sebagai obat tetes mata yang sudah terkenal, Insto, memiliki beberapa varian seperti Insto Reguler, Insto Cool dan Insto Dry Eye.

Sesuai namanya, Insto Dry Eyes, adalah obat tetes mata yang tepat untuk mengatasi mata kering karena mengandung bahan aktif sebagai air mata buatan.

Manfaat Insto Dry Eyes :
- Memberikan efek pelumas seperti air mata
- Mengatasi gejala kekeringan pada mata
- Meringankan iritasi mata yang disebabkan oleh kekurangan produksi air mata (biasanya pada penderita rheumatoid arthritis, keratoconjunctivitis dan xerophtalmia)
- Juga digunakan sebagai pelumas pada mata palsu

Cara menggunakan Insto Dry Eyes :
- 1 hingga dua tetes pada mata yang kering
- 3x sehari atau sesuai anjuran dokter

Hal yang harus diperhatikan saat menggunakan Insto Dry Eye :
- Insto Dry Eyes adalah obat untuk bagian luar badan, jadi tidak untuk diminum.
- Selalu tutup rapat supaya obat tidak tercemar
- Alat tetes jangan menyentuh mata atau permukaan lain supaya tetap steril
- Jangan dipakai jika telah dibuka 1 bulan
- Jangan dipakai jika larutan berubah warna/keruh
- Hentikan pemakaian dan konsultasi dokter jika tetap iritasi atau lebih buruk, sakit kepala, sakit pada mata dan gangguan penglihatan.

Insto Dry Eyes adalah obat tetes mata yang bisa langsung dipakai saat merasakan gejala mata kering. Namun untuk mencegah gejala mata kering, bisa beberapa hal seperti di bawah ini.

Cara Mencegah Gejala Mata Kering :
- Saat fokus menatap layar gawai, per 20 menit alihkan pandangan ke objek yang jauh untuk beberapa detik
- Hindari asap rokok, asap kendaraan dan polusi lainnya
- Gunakan kaca mata pelindung saat berkendara
- Penuhi kebutuhan cairan untuk tubuh
- Cukup tidur

6. Pengalaman Menggunakan #InstoDryEyes #SolusiMataKering


Berbagai aktivitas yang saya lakukan sehari-hari seperti mengelola toko online dan blog menggunakan laptop dan ponsel membuat mata mudah terasa kering dan pegal.

Oleh karena itu saya menggunakan Insto Dry Eyes sebanyak satu tetes ke kedua mata. Larutannya berwarna bening, mudah diteteskan dan tidak perih sama sekali. Tidak menunggu lama, mata langsung menjadi segar dan terasa nyaman.

Insto Dry Eyes memiliki kemasan kecil dengan netto 7,5mL. Botolnya tidak memakan tempat dan mudah dibawa kemana-mana.

Kalau kamu seorang blogger atau penjual online yang selalu menatap gawai, wajib punya #InstoDryEyes #SolusiMataKering yang ukurannya mungil tapi manfaatnya maksimal.

xoxo
dila

Referensi :
https://insto.co.id/produk/insto-dry-eyes
https://www.alodokter.com/mata-kering
https://www.halodoc.com/kesehatan/mata-kering

WARNING : Semua foto adalah dokumen pribadi, dilarang menggunakan foto dari artikel ini tanpa ijin.

39 komentar:

  1. Penggunaan gawai terlalu lama memang sering menyebabkan mata kering. Obat tetes insto dry eyes memang membantu sekali

    BalasHapus
  2. Obat tetes mata andalan yaa insto. Desainnya yang mungil jadi mudah sekali buat dibawa kemana-mana, terutama untuk para pekerja yang setiap harinya didepan layar terus. Thanks ka sudah sharing

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju banget. Kita jadi mudah bawa kemana-mana dan gak khawatir lagi deh kalau mata kering.

      Hapus
  3. Menggunakan laptop dan ponsel dalam waktu yang lama memang dapat menyebabkan mata menjadi kering dan pegal. Hal ini disebabkan oleh peningkatan paparan terhadap layar dan kurangnya kedipan mata saat fokus pada layar.

    BalasHapus
  4. Masalah mata kering emang nggak bisa dipandang remeh ya. Apalagi buat kita yang sehari-hari beraktivitas di depan laptop. Karena mata jadi aset yang sangat penting untuk kelangsungan karir dan hidup manusia.

    BalasHapus
  5. Dari namanya insto dry eyes, setiap tetesan akan serasa sejuk dimata bagaikan es.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Seseger itu memang sih kalau pas aku pake kak, jadi langsung fresh lagi matanya

      Hapus
  6. Benda yg wajib selalu ready di tas, jadi di mana pun kapan pun mata kering ada solusinya

    BalasHapus
  7. Jika mata kering dibiarkan ternyata akan jadi infeksi mata ya. Wah sepertinya aku harus sedia Insto Dry Eyes untuk mengatasi mata kering jika terlalu lama menatap layar laptop atau handphone nih.

    BalasHapus
  8. Perlu sekali ketahui gejala mata lelah nih. Jika sudah temukan solusinya kan jadi makin nyaman mau berakfitas lagi yah, Mba. Saya pun sediakan insto nih biar mudah diteteskan saat dibutuhkan.

    BalasHapus
  9. Daku kalau pas lagi kerja pakai HP juga suka gitu kak, adakalanya gatal terus merah. Memang harus dilembabkan ya indera penglihat ini biar gak kering

    BalasHapus
  10. Kebetulan kerja di kantoran selalu natap layar, setelah pakai Insto mata segar kembali

    BalasHapus
  11. Lebih baik mencegah ya kak, dari pada nanti ada apa apa karena memang ada iritasi di mata.

    BalasHapus
  12. Aduh jangan sampai deh kena gangguan penglihatan. Secara mata itu kan organ vital. Sedia Insto lebih baik, jangan sampai mata kena masalah

    BalasHapus
  13. saya blogger dan insto mungil siap dibawa kemanamana... :D

    BalasHapus
  14. gawai ini memang besar banget ya efeknya ke mata kita. bahkan meski sudah pakai kacamata anti radiasi tetap aja mata lelah kalau kelamaan buka gawai. untung sekarang ada insto ya jadi nggak perlu khawatir sama mata kering

    BalasHapus
  15. Kalau mata kering, gunakan secukupnya di masing-masing mata.
    Aku baru tau kalau gak segera diatasi, gejala mata kering bisa ke arah yang berbahaya juga. Jadi kudu tetep aware dengan alarm tubuh yaa..

    BalasHapus
  16. Misal buat mata merah bisa dan aman nggak kak? Kemarin mata suamiku merah aku kasih insto dry eyes, kira kira aman nggak ya

    BalasHapus
  17. KAlau udah berkaitan dengan mata kering emang patut banget diwaspadai. Makanya kudu wajib dikasih obat tetes mata biar gak tambah parah

    BalasHapus
  18. Nggak ada obat nya Insto mah, produk lawas yg kini tetep jadi pilihan. Harganya yang terjangkau dan manfaatnya bagus banget di mata jadi nggak ragu untuk stok di tas

    BalasHapus
  19. Produk insto emang andalan buat mata siih.
    Dari zaman dulu, pasti keluargaku pakenya juga insto

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makin banyak varian produknya saat ini dengan manfaat yang semakin banyak untuk perawatan mata.

      Hapus
  20. ini aku banget, kalau udah di depan gawai, suka sampai lupa waktu. tahu-tahu mata udah pedes aja karena kelamaan. insto memang sip buat mengatasi mata kering nih

    BalasHapus
  21. wah insto ini tetes mata yang selalu ada di pouch make up aku! True story! Jadi kalau mata gatel tinggal tetes aja karena setelahnya mata jadi seger dan "enteng"

    BalasHapus
  22. Aku juga pakai insto dry eyes. Selalu sedia di tas kalau pergi2. Jd andalan bgt sih pas mata kering.

    BalasHapus
  23. Iya lo mata bisa pedes banget rasanya kalau menatap layar terlalu lama, kadang kalau serius tuh kan reflek ga kedip ya, Insto Dry Eyes ini adem lo, enak di mata

    BalasHapus
  24. Tetes mata Insto ini memang andalan banget ya. Ampuh untuk mengatasi mata kering, mata pegel dan mata sepet karena kelamaan memakai gadget.

    BalasHapus
  25. Insto ini bagiku satu-satunya brand yg aku tahu deh untuk solusi mta kering wkwk soalnya dari dulu di keluargaku pakainya ini hihi. Emang penting bgt nih harus jaga kondisi mata terutama yg sering naik motor dan depan gadget

    BalasHapus
  26. Sudah ada di rumah kak, insto dry eyes. Kebetulan juga menggunakan ini. Ketika sewaktu-waktu mata butuh tetesan insto dry eyes. Bila terlalu banyak menatap layar

    BalasHapus
  27. Kebtulan stiap mataku lagi gk enak selalu aku tetesin Insto terasanya melembabkan ringan di mata makanya aku selalu stok di rumah

    BalasHapus
  28. Yes, untuk blogger dan para pekerja kreatif yang berkutat dengan laptop/hp, perlu sekali menyediakan insto dry eyes untuk jaga-jaga. But, saya sepakat lebih penting lagi untuk kita memberi jeda istirahat kerja mata kita.

    BalasHapus
  29. Sedia insto memang jadi hal yang oke ya, apalagi buat yang berkutat dengan gadget dan juga yang kerja di lapangan buat antisipasi mata gatal kena debu

    BalasHapus
  30. Kita tos mbak. Saya kelamaan natap gadget udah pasti mata bakal kering. Obat yang selalu ada di rumah ya Insto :)

    BalasHapus
  31. Mata kering bisa berbahaya juga ya kalau dibiarkan begitu saja tanpa diatasi.

    BalasHapus
  32. alhamdulillah aku udah pake dan selalu sedia insto dry eyes di meja komputer. emang sering ngalamin juga mata kering apalagi habis kerja depan laptop terlebih tablet drawing berjam-jam

    BalasHapus
  33. Ini benda yg wajib selalu ready di tas. Jadi kalau mata kering/merah langsung deh di tetesin insto

    BalasHapus
  34. Informatif sekali artikelnya mengenai mata kering dan bahayanya juga sekaligus solusinya yakni menggunakan produk Insto Dry Eyes yang udah terpercaya dan aman digunakan untuk mengatasi gejala mata kering yang mungkin bisa menghambat aktivitas.

    BalasHapus
  35. Ini obat yang ampuh untuk mata merah. Sebagai conten writer yang hampir setiap hari menatap layar handphone atau laptop untuk menulis terkadang membuat mata merah dan teriritasi.

    BalasHapus