Tips Lolos SNBP 2024 dengan Belajar di Ruangguru

Selasa, 16 Januari 2024

Tips Lolos SNBP 2024 dengan Belajar di Ruangguru
Assalamualaikum
Halo semuanya, apa kabar?

Jika saya adalah seorang siswa SMA kelas 12 maka resolusi utama di tahun ini adalah bisa lolos seleksi SNBP 2024 di jurusan dan PTN yang didambakan. Kalau ditanya bagaimana caranya? Tentu saja dengan giat belajar bersama platform/lembaga pendidikan non formal terbaik Ruangguru.

SNBP adalah Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi yang merupakan salah satu jalur masuk Perguruan Tinggi Negeri di Indonesia atau biasa dikenal sebagai jalur undangan.

Tujuan SNBP 2024 adalah untuk memberikan kesempatan bagi siswa SMA dan sederajat yang berprestasi unggul baik di bidang akademik dan non akademik untuk dapat masuk ke PTN. Selain itu juga memberikan peluang kepada PTN untuk mendapatkan calon mahasiswa baru yang mempunyai prestasi akademik tinggi.

Oleh karena yang dipilih adalah siswa berprestasi dan terdapat kuota penerimaan untuk setiap sekolah sesuai akreditasi, tentu akan ada banyak persaingan sehingga diperlukan persiapan yang matang bahkan sejak dari kelas 10.

Kenapa perlu persiapan sejak kelas 10?

Salah satu ketentuan umum SNBP 2024 adalah dilakukan penelusuran dengan menggunakan rapor sejak semester satu hingga semester lima bagi siswa SMA dan sederajat. Oleh karena itu siswa harus memiliki nilai rapor yang bagus sejak semester satu dan diharapkan ada peningkatan nilai hingga semester lima supaya lolos seleksi SNBP 2024.

Bagaimana caranya supaya nilai rapor selalu bagus?

Jawabannya adalah fokus belajar di sekolah dan mengikuti kelas tambahan di luar jam sekolah, bisa dengan sistem tatap muka dan juga sistem daring dengan Ruangguru.


Nah, bagi kamu yang ingin daftar SNBP 2024, berikut tips yang harus dicatat supaya bisa lolos seleksi SNBP 2024.



Tips lolos SNBP 2024 dengan Belajar di Ruangguru



1. Memahami Aturan SNBP 2024


Hal pertama yang harus dilakukan adalah memahami ketentuan umum SNBP 2024, persyaratan sekolah, persyaratan siswa pendaftar (siswa eligible) dan cara daftar SNBP 2024. Selain itu juga harus memahami ketentuan memilih program studi dan memahami persyaratan yang ditetapkan oleh PTN yang dituju. Semuanya informasi tersebut bisa dilihat di portal resmi Kemdikbud.

Setelah mengetahui itu semua, maka siswa bisa melakukan persiapan dengan langkah-langkah yang tepat.


2. Mengetahui Kemampuan dan Peminatan


Setiap siswa memiliki kemampuan dan peminatan yang berbeda-beda. Untuk itu perlu menganalisa kemampuan sendiri melalui nilai rapor. Ada banyak mata pelajaran, lihat mana mata pelajaran yang nilainya tinggi, sehingga bisa dijadikan pertimbangan untuk memilih jurusan di PTN.

Perhatikan juga mata pelajaran yang rendah, walaupun mungkin bukan minat kamu, tapi sebaiknya ditingkatkan dengan mengikuti les di lembaga/platform berkualitas seperti Ruangguru.

Supaya rata-rata nilai rapor bisa tinggi dan selalu meningkat sehingga peluang lolos seleksi SNBP juga besar. Karena nilai mata pelajaran yang dilihat adalah keseluruhan, bukan hanya pada mata pelajaran tertentu saja


3. Memiliki Portofolio dan Sertifikat Relevan


Pada dasarnya SNBP 2024 memberikan kesempatan bagi siswa SMA dan sederajat yang berprestasi unggul baik di bidang akademik dan non akademik untuk dapat masuk ke PTN. 

Untuk itu portofolio dan dokumen bukti keterampilan yang telah disahkan oleh Kepala Sekolah wajib dimiliki oleh siswa yang ingin mendaftar di bidang seni dan olah raga. Tentu saja harus relevan dengan jurusan yang ingin dipilih.



4. Bertanya pada Guru dan Senior


Walaupun sudah ada ketentuan umum dan informasi persyaratan yang bisa dibaca di portal resmi Kemdikbud, namun kadang praktek di lapangan sedikit berbeda.

Oleh karena itu, sebaiknya kamu bertanya kepada guru atau senior yang lolos SNBP mengenai ketentuan yang tidak tertulis, pengalaman dan tips lolos seleksi SNBP 2024. 

Selain itu juga bisa mencari tau pengalaman orang lain yang mungkin saja dibagikan di media sosial dan blog pribadi.


5. Rasionalisasi SNBP Ruangguru


Ukur potensi daya saing untuk lolos seleksi SNBP 2024 bersama Rasionalisasi SNBP Ruangguru. Disini kamu bisa mengukur daya saing dan potensi penerimaan di program studi dan PTN impianmu secara gratis. 

Rasionalisasi SNBP Ruangguru memiliki sistem penilaian yang lengkap dan menyeluruh sesuai dengan aturan terbaru (Peraturan Menteri Nomor 48 Tahun 2022). Hasilnya bisa langsung dilihat secara real time.


6. Giat Belajar bersama Ruangguru


Kunci supaya bisa lolos seleksi SNBP 2024 adalah giat belajar sejak kelas 10. Tidak hanya belajar di sekolah namun perlu belajar di luar jam sekolah bersama Ruangguru.

Ruangguru sebagai salah satu startup teknologi dan pendidikan terbesar di Indonesia menjadi solusi bagi siswa SMA yang ingin meningkatkan kemampuan akademis dan lolos seleksi SNBP 2024. Ada banyak jenis paket belajar yang bisa diikuti supaya target masuk ke PTN favorit melalui jalur SNBP bisa tercapai.



Pilihan Paket Belajar Ruangguru supaya Lolos SNBP 2024 : 


1. Brain Academy Center 


Merupakan bimbel kombinasi tatap muka dan online dengan fasilitas sebagai berikut : 
- Kelas tatap muka
- Konsultasi PR
- Materi belajar
- Konseling
- Ruang kelas nyaman

Harganya mulai dari Rp280.000 per bulan


2. Brain Academy Online


Adalah bimbel online interaktif dengan fasilitas sebagai berikut : 
- Kelas interaktif : Live Teaching seru dengan permainan Panen Bintang
- Konsultasi PR : Konsultasi PR sulit via video call atau forum tanya jawab
- Materi Belajar : Belajar lebih lengkap dengan modul digital
- Fasilitas tambahan : Video belajar, tryout, latihan soal dan lain-lain
- Konseling

Harganya Rp1.957.500 (harga diskon)


3. Ruangguru Privat


Paket yang cocok kamu yang ingin belajar secara privat. Tidak hanya materi akademis, namun juga ada pilihan materi non akademis seperti mengasah skill Microsoft Office, belajar musik, mengaji dll.
- Mata pelajaran bisa dipilih sesuai kebutuhan
- Bebas atur jadwal
- Bebas pilih kriteria guru
- Bebas atur materi
- Durasi belajar 90 menit
- Laporan belajar terukur

Harganya mulai dari Rp162.000/sesi


4. English Academy Center


Untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris, kamu bisa mengambil paket ini yaitu kursus bahasa Inggris offline kurikulum Internasional dan Native Master Teacher. Fasilitasnya sebagai berikut : 
- 21x kelas bersama Local Master Teacher
- Hingga 3x kelas bersama Native Master Teacher
- 2 sesi tatap muka per minggu sesuai Protokol Kesehatan
- Tempat belajar dilengkapi AC, projector, dan lounge
- Buku cetak dengan kurikulum Berstandar Internasional
- Materi belajar yang sesuai dengan usia & level kemampuan bahasa Inggris
- Kelas tambahan: EA Clinic dan English Club
- Fasilitas konseling tatap muka
- Permainan edukatif dengan Star Champs & Badges
- Latihan soal dan tes kenaikan level

Harga mulai dari Rp1.140.000/bulan
Selain kelas offline, juga ada paket kelas online dengan harga Rp560.000/bulan

Tips Lolos SNBP 2024 dengan Belajar di Ruangguru
Pilihan paket belajar untuk siswa SMA di Ruangguru

***

Bisa daftar SNBP 2024” atau “lolos seleksi SNBP 2024” mungkin menjadi resolusi terbesar para siswa SMA saat ini. Semoga resolusi itu bisa tercapai dengan mencoba “Tips lolos SNBP 2024 dengan Belajar di Ruangguru” seperti yang dipaparkan di atas.

Terima kasih telah mampir ke blog saya dan membaca artikel ini. Semoga bisa bermanfaat.

xoxo
dila

Referensi : 
https://snpmb.bppp.kemdikbud.go.id/snbp/informasi-umum
https://www.ruangguru.com/blog/tips-lolos-snbp

20 komentar:

  1. Baca artikel seperti ini jadi flashback 10 tahun yang lalu saat akan masuk kuliah. Inget banget sama perjuangannya. Tapi zaman dulu kayaknya belum kenal ruang guru jadi cuma belajar sendiri aja. Alhamdulillah sekarang sudah terlewati semua.

    BalasHapus
  2. Sangat baik sarannya agar dapat masuk PTN, persiapan yang terencana dan terprogram adalah kuncinya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyap bener kak, karena kalau ada persiapan jadi ngga kaget sama soal dan suasana yang akan dihadapi pas tes.

      Hapus
  3. Pilihan bimbel di ruangguru ternyata banyak juga ya. Jadi kita bisa pilih sesuai kebutuhan, mulai dari les bahasa Inggris hingga les khusus SNBP. Ruangguru emang rekomen dan terpercaya

    BalasHapus
  4. Ruang guru tuh emang membantu banget buat belajar dan nambah skill, udah gitu banyak pilihannya. Tinggal disesuaikan aja sama yang kita butuhin

    BalasHapus
  5. kalau mau lulus ptn jalur prestasi ini memang wajib banget dipersiapkan dari kelas 10 ya karena nilainya diambil dari situ. untung sekarang ada ruangguru yang bisa membantu siswa dalam belajar

    BalasHapus
  6. Ruang guru emang menjadi teman baik untuk anak sekolahan, karena bimblenya bikin anak-anak jadi semangat juga untuk belajar karena fasilitasnya juga mendukung

    BalasHapus
  7. Keren ya, sekarang bisa mempersiapkan diri untuk pendidikan terbaik enggak harus offline atau datang ke tempat les tidak hari. Bisa online dan tenaga ahlinya berkualitas. Kelas di RuangGuru beragam juga ya, jadi siswa bisa menyesuaikan kelas dengan kebutuhan masing-masing.

    BalasHapus
  8. Ruangguru ini memang salah satu tempat belajar pilihan yang terbaik sih ya. Jadi sekarang nggak ada alasan malas belajar, karena sudah ada fasilitas sebagus Ruangguru ini. Makasih tipsnya kak, bisa aku share buat saudara yang lain.

    BalasHapus
  9. Yang terpenting memang bagaimana siswa ini paling enggak bisa tau dulu kemampuan dan minatnya apa baru disesuaikan denhan jurusan yang dituju. Harus persiapan dari awal masuk SMA. Well, aku lumayan nyesel sih karena enggak berusaha jadi anak pintar untuk ngejer masuk universitas wkwk tapi sekarang dengan adanya aplikasi edukasi seperti Ruangguru harusnya udah membantu

    BalasHapus
  10. SNBP belajar di Ruangguru emang rekomendasi banget, karena tenaga pengajarnya berkualitas semua

    BalasHapus
  11. Nggak hanya rajin bertanya dengan yang udah lulus SNBP aja ya, kudu dikuatkan juga dengan tambahan belajar ini, biar makin mantap

    BalasHapus
  12. Syukur banget bagi adik-adik kita yang telah terbantu oleh teknologi sehingga banyak banget "program bantuan" yang sangat efektif dan efisien, salah satunya Ruangguru ini. Ini bantu banget.

    BalasHapus
  13. Menurutku harganya lumayan terjangkau ya, mengingat apa yang akan kita dapatkan. Dan memang, les ktu menurutku penting sih untuk lebih mematangkan materi yang sudah kita dapat dan juga melatih.

    BalasHapus
  14. SNBP sangat penting
    Oleh karena itu harus dipersiapkan secara serius
    Penting belajar SNBP bersama Ruangguru ya

    BalasHapus
  15. Yaps, aku juga setuju kalau misalkan belajar dibantu dengan les. Ruangguru salah satunya yang bener bener membantu siswa menghadapi SNBP.

    BalasHapus
  16. dukungan ruangguru untuk siswa yang mau menghadapi SNBP 2024 cukup banyak ya, programnya bisa dipilih sesuai target pembelajaran dan budget

    BalasHapus
  17. manteb, di indonesia kini lagi menjamur kursus online baik untuk siswa, mahasiswa dan untuk penunjang karir

    BalasHapus
  18. Huaaa jadi ingat masa sama sekolah hahaha. Semoga adik adik pada lulus ya di kampus impian

    BalasHapus
  19. Tahun ajaran nanti anakku yang sulung udah kelas 12 dan mulai berburu univ impian. Semoga bisa lolos n masuk sesuai pilihannya. Aamiin

    BalasHapus