Resolusi Blog chocodilla.com 2024

Sabtu, 06 Januari 2024

Assalamualaikum
Apa kabar semuanya?

Salah satu tren di setiap awal tahun adalah membuat resolusi setahun ke depan. Biasanya di media sosial banyak yang menyebutkan resolusi besarnya di tahun yang baru misalnya, menyelesaikan skripsi, mendapatkan berat tubuh ideal atau mengunjungi tempat wisata idaman.

Selain membuat resolusi personal yang general, kita juga bisa membuat resolusi yang lebih spesifik seperti resolusi pendidikan, resolusi kesehatan termasuk resolusi blog. Dengan kata lain ini merupakan action plan dari resolusi utama, membuatnya lebih jelas dan terarah sehingga target bisa dicapai hingga akhir tahun.

Tahun 2024 saya ingin membuat resolusi secara tertulis lagi setelah skip membuat resolusi di beberapa tahun belakang. Salah satunya adalah meningkatkan blog pribadi ini. 

"Meningkatkan blog" adalah kalimat yang terlalu general, perlu penjelasan apa saja poin yang akan dilakukan supaya itu tercapai, dan di sinilah saya ingin menuliskan resolusi blog 2024. 

Fyi, pada event Ramadan Blog Challenge yang diadakan oleh Blogger Perempuan Network, saya pernah menuliskan artikel mengenai resolusi blog 2022. Dan resolusi tahun ini sedikit banyak mirip dengan resolusi di tahun tersebut.


Resolusi Chocodilla Blog Tahun 2024



1. Konsisten Menulis Artikel


Konsisten melakukan sesuatu adalah kunci dari peningkatan atau keberhasilan, oleh karena itu resolusi pertama adalah konsisten menulis artikel. 

Mengingat tahun lalu blog ini hanya menghasilkan 24 artikel, maka tahun ini saya tidak muluk-muluk, ingin konsisten menulis 4 artikel perbulan atau rata-rata artikel perbulan adalah 4. Berarti kalau dikalkulasikan harusnya ada 48 artikel selama 2024.

Sebagai tambahan untuk poin "konsisten menulis artikel" ini, di tahun 2024 saya ingin merutinkan artikel awal bulan yang bertema "XX(angka) Things I Live XX(bulan) seperti  7 Things I Love December : Tiba-tiba ke Jakarta


2. Perbanyak Artikel Narasi


Amat saya sadari sekitar tiga tahun terakhir blog ini dipenuhi oleh artikel listicle. Ada yang sudah ketara dari judulnya seperti 5 Alasan Kita Harus Membeli Produk Lokal maupun yang terlihat seperti artikel narasi seperti Culture Shock Saat Pertama Kali Liburan ke Jepang 

Memang saya suka menulis artikel listicle, proses penulisannya terasa lebih mudah. Namun kalau blog pribadi dipenuhi artikel seperti itu kesannya seperti materi pelajaran yang kaku. 

Oleh karena itu di tahun 2024 saya ingin mulai dan memperbanyak artikel narasi. Tujuannya supaya artikel blog lebih beragam, lebih terasa personal dan menjadi tantangan untuk membuat artikel yang sifatnya bercerita. Selain itu mana tau ada pembaca yang lebih suka tipe artikel narasi, sehingga bisa mendatangkan pembaca baru.


3. Membeli Template Baru


Sejak awal ngeblog hingga sekarang saya hanya menggunakan template bawaan blogspot atau template gratis dari website lain. Well, selagi ada yang gratis kenapa harus beli? Namun karena makin serius mengelola blog, sekarang mulai kepikiran untuk menggunakan template blog profesional yang berbayar.

Sebenarnya saya cukup puas dengan template sekarang karena designnya minimalis dan cantik. Namun mungkin karena gratisan, ada beberapa kekurangan yang agak mengganggu, sehingga jadi semangat mencari template premium.


4. Membersihkan Broken Link


Membersihkan broken link itu ibaratnya seperti bersih-bersih rumah, jadi harus dirutinkan minimal sebulan sekali. Tujuannya tentu saja untuk mengecek/mengganti link yang mengarah ke halaman atau website yang sudah tidak aktif dan katanya bisa mengurangi nilai SS.


5. Memperbaiki Artikel Lama


Tidak hanya membuat artikel baru, saya juga ingin rutin memperbaiki artikel lama minimal 2 artikel perbulan, targetnya dimulai dari artikel yang masih banyak pengunjungnya.

Memperbaiki itu seperti mengecek typo, update informasi di dalamnya misalnya nomor telp/instagram pada artikel review kafe dan termasuk mengganti broken link.

Oh iya, bahkan untuk artikel paling lama saya merevisi keseluruhan gaya penulisan, karena tulisan saya dulu itu jelek sekali. Paragrafnya terlalu panjang, masih menggunakan sebutan "gw, aku", banyak kata yang tidak baku dan banyak kalimat yang tidak efektif. Dan artikel lama bisanya terlalu banyak foto dari pada tulisan, jadi perlu mengurangi jumlah foto, sekaligus menambah watermark pada foto. 

Contoh artikel lama yang sudah diperbaiki : [Throwback] Mengunjungi Kota Suncheon - Korea pada hari Minggu pagi


6. Rajin Share Artikel di Media Sosial/Komunitas


Dari tahun 2021, saya sudah mulai rajin share tulisan blog ke media sosial seperti Facebook, Instagram, WA Story dan beberapa komunitas blogger. Untuk tahun 2024 akan terus rajin share tulisan termasuk ke Pinterest


7. Aktif Blog Walking


Saya ingin rajin lagi melakukan blog walking yaitu mengunjungi blog orang lain, membaca artikel mereka dan memberikan komentar. 

Blog walking itu memiliki manfaat seperti menambah wawasan, menambah teman, dan jika kita memberikan komentar pada artikel mereka biasanya blogger tersebut juga akan mampir ke blog kita.


8. Ikut Blog Challenge/Competition


Ternyata di tahun 2023 saya tidak mengikuti blog challenge sama sekali karena kesibukan atau memang belum ada challenge yang cocok. Padahal di tahun 2022 saya mengikuti challenge menulis selama 30 hari di bulan Ramadan yang diselenggarakan oleh Blogger Perempuan Network dan bahwa berhasil masuk 5 besar. 

Oleh karena itu, resolusi tahun 2024 minimal mengikuti 2 blog challenge / competition.


9.  Membalas Semua Komentar


Salah satu kebahagiaan sebagai blogger adalah ketika ada komentar dari pembaca, khususnya komentar yang benar-benar "mengomentari" isi artikel, bukan sekedar kalimat pendek "tulisannya bagus", "keren" dll.

Untuk itu saya ingin sekali membalas semua komentar pembaca, termasuk komentar lama yang belum sempat dibalas.


10.  Update "Contact", "About" dan "Rate Card"


Di tahun 2024 saya ingin memperbaharui isi dari page "Contact" & "About" menjadi lebih profesional dan benar-benar memuat informasi yang diinginkan oleh pembaca/Brand.

Selain itu saya ingin membuat rate card yang profesional sehingga bisa diberikan kepada pihak yang ingin bekerja sama. Karna selama ini saya cuma membalas tawaran kerja sama dengan template tulisan yang mungkin terlihat kuno hehe. 

Semoga setelah membuat rate card, jadi banyak Brand yang tertarik bekerja sama dengan blog ini, aamiin. Fyi bagi yang penasaran mengenai Brand yang pernah bekerja sama dengan blog ini, bisa cek di bagian Contact.


***

Demikianlah 10 resolusi blog chocodilla.com di tahun 2024. Ternyata ada banyak yah, semoga saya bisa melaksanakan semuanya.

Sampai ketemu di review resolusi blog 2024 di akhir tahun.

xoxo
dila

2 komentar:

  1. Resolusi tentang blognya keren2 mbak... saya juga pengen bisa ngelakuin persis seperti yang mbak dilla tulis, tapi kadang malesnya ituuuu😅

    Semoga semua resolusinya bisa tercapai di 2024 ya... semangat ngeblognya juga makin melesaattt wusssss~~

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, kadang males nulis, trus kalau dibiarin makin sulit memulai lagi. Sebaiknya saat rajin, tulisannya distok aja banyak2, nanti publish terjadwal.

      Ya makasih mas udah visit blog saya, aamiin semoga resolusi 2024 bisa tercapai.

      Hapus