CHOCODILLA BLOG ACHIEVEMENTS & AWARD 2023

Rabu, 03 Januari 2024

Assalamualaikum
Halo semuanya~

Selamat tahun baru 2024~

Untuk memulai awal tahun, saya ingin merangkum performa blog chocodilla.com setahun ke belakang yaitu selama tahun 2023. Tujuannya utamanya adalah untuk mengetahui pencapaian yang perlu diapresiasi sekaligus menemukan kekurangan yang perlu diperbaiki. Sehingga laporan ini menjadi semangat untuk melakukan peningkatan blog chocodilla.com di tahun 2024.

Sebelum menunjukkan data-datanya, saya sudah menyadari kalau performa tahun 2023 sedikit menurun dari pada tahun 2022. Ini karena, alhamdulillah, selama tahun 2023 saya disibukkan oleh kegiatan mengurus small business yang dijalankan secara online.

Seperti apa yah laporan performa blog chocodilla.com selama tahun 2023, yuk simak tulisan ini hingga akhir.



CHOCODILLA BLOG ACHIEVEMENTS & AWARD 2023



#CHOCODILLA BLOG ACHIEVEMENTS IN 2023


Berikut pencapaian selama tahun 2023 berdasarkan 7 item dan tertera angka pada tahun 2022 di dalam kurung [  ] sebagai perbandingan.

1. Jumlah Artikel : 24 [71]
2. Total Pageviews :  29K [32,6K]
3. Total Clicks : 18,9K [17,1K]
4. Total Impressions : 721K [129K]
5. Organic Search : 90% [83,7%]
6. Direct Search : 0,7% [11,4%]
7. Followers : 56 [51]

Jumlah artikel di tahun 2023 menurun, bahkan kurang dari setengah jumlah artikel di tahun 2022. Sedikit pembelaan, selain sibuk jualan online, di tahun 2022 saya mengikuti BPN Ramadan 2022 yaitu lomba blog berupa tantangan menulis selama bulan Ramadan, yang mana ini saja sudah menyumbangkan 30 artikel.

Semoga di tahun 2024 saya makin rajin menulis artikel yang bermanfaat, aamiin.


Baiklah, sekarang kita masuk pada pengumuman blog award ala chocodilla.com 


#CHOCODILLA BLOG AWARD 2022


1. Artikel Terpopuler



Pengalaman saya menulis di blog, artikel yang berkaitan dengan K-Pop memang mudah mendapatkan views yang banyak. Makanya tidak heran kalau artikel di atas menjadi yang terpopuler di tahun 2023 dengan pageviews sebanyak 3K.

Di sisi lain, ternyata banyak sekali orang yang ingin membeli kado untuk teman atau keluarganya yang suka K-Pop.

Artikel terpopuler posisi kedua adalah "Pengalaman Pertama Kali Jualan di TikTok Shop - Langsung Sold Out!!" dengan jumlah pageviews 2,4K dan yang kertiga adalah "Pengalaman Klaim JHT BPJS Ketenagakerjaan Online Hanya Enam Hari" dengan jumlah pageviews 1,8K


2. Kata Kunci WEB Terpopuler


Kata kunci WEB Terpopuler adalah kata yang diketik orang lain di situs pencarian seperti Google lalu membawa mereka mengunjungi blog ini melalui artikel yang muncul sesuai kata kunci tersebut. 

Berdasarkan Google Search Console, pada tahun 2023 kata kunci terpopuler adalah "Pengalaman Wawancara Online BPJS Ketenagakerjaan" 743 klik, "Foresthree Bukittinggi" 276 klik, "Review Serum Scarlett untuk Flek Hitam" 194 klik.

Ternyata kata kunci WEB Terpopuler selama tahun 2023 masih sama persis dengan tahun 2022. Semoga ada kata kunci favorit baru di tahun 2024.


3. Kata Kunci Image Terpopuler


Kata kunci Image adalah kata yang diketik orang lain di situs pencarian yang membawa mereka mengunjungi blog ini melalui gambar, dengan kata lain kata yang digunakan orang untuk mencari gambar dan ternyata gambar tersebut ada di blog ini.

Ternyata kata kunci image pada tahun 2023 masih didominasi oleh Bukittinggi yaitu "Foresthree Bukittinggi" 76 klik, "Scarlett Whitening" 31 klik dan "Kebun Binatang Bukittinggi" 31 klik.



4. Bulan Paling Produktif


Oktober = 5 artikel

Selama tahun 2023, blog ini telah mempublish 24 artikel dan paling produktif adalah di bulan Oktober. Mungkin saya mulai sadar di penghujung tahun sehingga berusaha rajin menulis artikel.

Fyi dari 12 belas bulan, ada beberapa yang terskip alias tidak menghasilkan artikel sama sekali yaitu bulan Maret, Mei dan Agustus.


5. Bulan Pageviews Terbanyak


Januari 3967 views.

Selama 2023 total pageviews blog ini adalah 28992 yang berarti rata-rata pageviews setiap bulan adalah 2,4K . Ternyata pengunjung terbanyak adalah di awal tahun yaitu bulan Januari yang mana melebihi nilai rata-rata pageviews bulanan.


6. Kategori Terbanyak


Sebenarnya agak susah melihat katagori atau label di blog ini secara satu per satu apalagi ada label yang sangat umum. Misalnya "tips", kadang label ini bergabung dengan label culinary, small business atau traveling.

Oleh karena itu untuk ringkasan selama 2023 sedikit berbeda dengan 2022, di mana klasifikasi utamanya adalah Small Business/Finance, Travelling, Beauty, Blogging dan Lifestye/Pesonal.

Pada tahun 2023, hal yang paling banyak saya bahas adalah tentang Beauty, dan Small Business/Finance yaitu masing-masing sebanyak 7 artikel. 

Sementara hal yang paling banyak dibahas selanjutnya adalah tentang Lifestyle/Personal yaitu 4 artikel.

Padahal pada header blog, saya masih menuliskan "Lifestyle & Travel Blogger". Ternyata tema travelling masih kalah dengan tema beauty. Ini sepertinya sindiran untuk lebih banyak piknik di tahun 2024.


7. Artikel Terfavorit


Artikel terfavorit bagi saya di tahun 2023 adalah "7 Things I Love March : Concert & Small Business".

Saya suka dengan artikel ini karena isinya yaitu tentang 7 hal yang disukai selama bulan Maret. Bagi kamu yang penasaran dengan isinya, silakan langsung klik judul artikel di atas, hehe.


***

Sekian laporan pencapaian & award untuk blog personal www.chocodilla.com di tahun 2023. Saya cukup senang karena masih bisa menulis di blog ini di tengah kesibukan mengurus toko online. 

Terima kasih kepada pembaca yang sudah mampir bahkan meninggalkan komentar. Semoga apa yang tertulis di blog ini menjadi inspirasi atau menambah wawasan. Namun kalau ada kesalahan, mohon dimaafkan dan bisa juga langsung mengoreksi di kolom komentar.

Terima kasih juga kepada Brand atau Website yang telah mengajak kerja sama dengan blog mungil ini selama 2023. Semoga kita bisa bekerja sama lagi di tahun 2024.

Bismillah, semoga tahun 2024 lebih produktif dan ada gebrakan baru.

xoxo
dila

Tidak ada komentar

Posting Komentar