Rekomendasi Kado untuk Teman yang Suka K-Pop / K-Popers

Rekomendasi Kado untuk Teman yang suka Kpop / Kpopers

Assalamualaikum
Halo semuanya~

Memberikan kado untuk seseorang adalah hal yang menyenangkan sekaligus mendebarkan. Senang saat kado tersebut adalah benda yang disukai namun ada kalanya over thingking, khawatir kado yang diberikan bukanlah benda favorit atau malah sudah dimiliki sehingga terkesan tak dibutuhkan lagi.

In my opinion, kado itu jenisnya ada tiga macam sehingga penerimanya senang yaitu :
- Benda berguna yang belum dimiliki misalnya alat tulis
- Benda yang disukai misalnya boneka karakter favorit
- Benda yang berkesan misalnya lukisan buatan sendiri

Apapun jenisnya, setiap orang berharap bisa memberikan kado yang disukai oleh penerimanya. Untuk itu hal yang perlu dilakukan adalah mencari tau benda yang dibutuhkan, disukai atau bisa membuat kesan mendalam bagi penerimanya. Taunya dari mana? Tentu melihat dari hobi, pekerjaan hingga hal yang sering ditunjukkan di media sosial.

Bagaimana jika orang yang ingin diberikan kado adalah seorang K-Popers alias penggemar musik Korea?

Memberikan kado untuk K-Popers adalah hal yang paling mudah karena tinggal cari tau siapa grup favorit dan biasnya. FYI "Bias" adalah sebutan untuk anggota dari grup yang paling disukai. Bias juga berarti aktor/aktris atau penyanyi solo yang paling disukai. 

Misalnya grup favorit adalah BTS dan bias adalah Jungkook. Setelah mengetahui hal tersebut, tinggal membeli barang yang berkaitan dengan BTS atau Jungkook. 


And FYI, tidak semua boyband Korea itu BTS dan girlband Korea itu BlackPink. Ada banyak grup penyanyi di sana sehingga jangan sampai salah yah. 

Walaupun sudah ada clue yang jelas, pasti non K-Popers masih bingung harus membeli kado apa untuk temannya yang K-Poper, dan juga bingung harus beli di mana benda-benda tersebut.

Oleh karena saya adalah seorang K-Poper, maka pada artikel ini saya ingin memberikan rekomendasi barang yang bisa dijadikan kado untuk teman/keluarga kamu yang sangat suka penyanyi dari Korea Selatan. Terdapat benda dari harga termurah hingga termahal yang pasti membuat penerimanya bahagia, tinggal sesuaikan dengan budget yang dimiliki.

Ada apa aja yah? Yuk disimak sampai habis.


Rekomendasi Kado untuk Teman yang Suka Kpop / Kpopers dari Harga Termurah hingga Termahal.



1. Clear Soft Case / Wallet Case untuk HP


Kado termurah untuk K-Popers yang pasti berguna dan membuat bahagia adalah casing HP transparan apalagi yang versi ada kantong dibelakangnya. Harganya berkisar Rp10,000-Rp20,000 untuk berbagai jenis HP.

Clear Soft Case / Wallet Case untuk HP adalah benda berguna dan favorit semua penggemar K-Pop. Karena tren sekarang adalah menggunakan casing HP transparan lalu diselipkan photocard bias di belakangnya. Ada juga yang menghias casing tersebut dengan stiker atau kertas aesthetic yang dipotong-potong.

Oleh karena casing HP seperti ini sangat berguna bagi semua penggemar K-Pop, kamu tidak perlu mencari tau siapa favoritnya.


Rekomendasi Kado untuk Teman yang suka Kpop / Kpopers
Kiri : Clear Softcase biasa
Kanan : Clear Softcase dengan kantong di belakang
  • Sumber foto : lkblock.com & pinterest @julianne97_


2. Initial Keychain


Kalau casing HP di atas terlalu murah, bisa menambahkan aksesoris seperti initial keychain atau gantungan dengan inisial atau nama grup favorit/bias teman kamu. Harganya berkisar Rp12,000 hingga Rp20,000 

Initial Keychain tidak hanya menjadi hiasan HP tapi juga bisa untuk gantungan kunci, gantungan tas dan benda lainnya yang bisa menjadi objek gantungan.

Sekarang sudah banyak yang menjual gantungan kunci handmade dengan menambahkan nama yang diinginkan. Dijamin teman kamu akan sangat senang menerima kado gantungan kunci yang bertulis nama biasnya.


Rekomendasi Kado untuk Teman yang suka Kpop / Kpopers
Gantungan Kunci Inisial nama Grup Favorit/Bias

  • Sumber foto : Instagram @mintchoco.studio


4. Photocard Holder/Binder Photocard


K-Popers biasanya suka mengoleksi photocard alias kertas ganteng. Normalnya photocard didapatkan secara gratis dari dalam album yang dibeli. Namun ada pula yang benar-benar hunting photocard di marketplace atau membeli dengan sistem GO.

Untuk melindungi photocard, sekarang ada photocard holder yang berbentuk ID card holder yang bisa didekorasi. Selain itu ada pula binder berbagai ukuran yang bisa memuat banyak photocard. Jadi semacam album untuk menyimpan kertas ganteng.

Case photocard dan binder photocard bisa menjadi opsi kado untuk teman kamu yang suka K-Pop terutama yang sering mengoleksi photocard. Harganya berkisar Rp50000.


Rekomendasi Kado untuk Teman yang suka Kpop / Kpopers
Kiri : Photocard Holder
Kanan : Photocard Binder/ Collection book
  • Sumber foto : Shopee Bibimcat


3. Produk Kolaborasi dengan Brand Lokal


Kepopuleran K-Pop terlihat dari banyaknya brand lokal yang bekerja sama dengan penyanyi Korea mulai dari brand skincare, minuman & makanan hingga marketplace asli Indonesia seperti Tokopedia.

Ini menjadi opsi kado yang bisa diberikan kepada teman tapi terbatas untuk boyband / girlband yang diajak kerja sama saja. Selain itu, bisa juga membelikan produk kolaborasi dengan brand luar yang dijual di Indonesia.

Namun mohon diingat kembali jika teman kamu suka K-Pop, belum tentu dia suka semua boyband/girlband K-Pop. Ibaratnya kalau ada yang suka bola, pasti punya klub favorit masing-masing. Jangan sampai menghadiahkan merchandise MU ke penggemar Barcelona.

Untuk itu hanya bisa membeli kado produk kolaborasi dengan brand lokal untuk penggemar yang suka beberapa boyband/girlband sebagai berikut.

Beberapa idol Korea yang bekerja sama dengan brand lokal saat ini :
- BTS : Tokopedia, GoFood, Kopi Kenangan, Samsung, Hyundai, dll
- NCT Dream : Lemonilo (mie) dan Somethinc (skincare)
- NCT 127 : Click Natural (odol) dan NU Greentea
- ITZY : Ultramilk
- Twice : Scarlett (skincare)
- Sehun (EXO) : WhiteLab (skincare)
- Cha Eunwoo (ASTRO) : MS Glow (skincare)
dan lain-lain.

Harganya bervariasi tergantung produk, seperti yang termurah ada mie Lemonilo dan susu Ultramilk kisaran Rp6,000

Rekomendasi Kado untuk Teman yang suka Kpop / Kpopers
Tumbler BT21 (Karakter buatan BTS) x CGV
  • Sumber gambar : cgv.id


5. Offical Merchandise


Sekarang kita masuk ke pilihan kado dengan harga yang lebih mahal yaitu official merchandise. Setiap grup memiliki merchandise yang berbeda-beda. Secara umum ada kaos, tas, gantungan kunci, topi hingga boneka.

Harganya beragam, tapi kalau dibandingkan dengan harga barang di Indonesia memang sangat mahal. Misalnya sebuah gantungan kunci + set photocard NCT Dream harganya mencapai Rp250,000 yang dijual di salah satu toko di Indonesia.


Rekomendasi Kado untuk Teman yang suka Kpop / Kpopers
Boneka EXO

  • Sumber gambar : Shopee Kpop.Sale



6. Album


Non K-Popers pasti bingung kenapa fans K-Pop suka membeli album padahal sekarang lagu bisa didengarkan di Spotify atau Youtube.

Album itu barang paling basic namun sangat berharga bagi penyanyi dan penggemar K-Pop. Bisa dibilang album itu adalah wujud nyata karya dari seorang penyanyi yang ingin dimiliki oleh penggemarnya.

Beberapa alasan penggemar membeli album adalah 
- Untuk koleksi dan mendapatkan photocard
- Mendukung penyanyi favorit karena penjualan album termasuk dalam penilaian acara penghargaan musik di Korea
- Membeli album berarti mendapatkan kesempatan untuk ikut fansign
- Jika ikut fansign atau bertemu penyanyi di suatu tempat, bisa meminta tanda tangan langsung pada album

Nah maka dari itu, saya yakin teman atau keluarga pasti akan senang jika diberi hadiah album dari penyanyi favoritnya. Tinggal cari tau album mana yang belum dimiliki dan FYI penyanyi korea biasanya punya album dalam berbagai versi yaitu dua hingga empat versi. 

Harga album berkisar Rp200,000 hingga Rp400,000


Rekomendasi Kado untuk Teman yang suka Kpop / Kpopers
Kiri : Album BTS dengan 4 versi
Kanan : Album Enhypen dengan 3 versi

  • Sumber Gambar : Weverse Shop


7. Lightstick


Salah satu benda yang paling khas dari K-Pop adalah Lightstick yaitu semacam tongkat lampu yang di-design dengan logo atau ciri khas grup masing-masing. Katanya lightstick pertama kali diciptakan oleh BigBang dari YG Entertaiment supaya lebih mudah menemukan penggemar mereka saat tampil di acara musik atau konser gambungan.

Lightstick sekarang menjadi benda yang wajib dibawa saat menonton konser. Karena tidak sekedar "terang", lightstick yang sudah terdaftar bisa diatur oleh bagian lighting konser sehingga warna cahayanya bisa berubah sesuai lagu atau beat musik.

So, lightstick menjadi benda yang paling diinginkan oleh K-Popers yang berarti juga menjadi opsi kado paling disukai. Tapi harus cari tau dulu, apakah penerima kado sudah punya lightstick atau belum.

Harga lightstick di Indonesia kisaran Rp600,000 hingga Rp700,000 


Rekomendasi Kado untuk Teman yang suka Kpop / Kpopers
Kiri : Lightstick Tomorrow X Together
Kanan : Lightstick BlackPink

  • Sumber Gambar : Weverse Shop



***

Demikianlah rekomendasi barang yang bisa dijadikan kado untuk teman, keluarga atau pasangan yang suka sekali dengan K-Pop.

Tinggal cari tau siapa grup dan member yang paling disukai dan sesuaikan dengan budget yang dimiliki. Semoga membantu yah.

Terima Kasih

xoxo
Dila


3 comments:

  1. Ya ampuuun mba Dilaaa, kado no. 5, 6, 7 tuh impian banget hahahaha. Durian runtuh deh kalo sampe dapet kado merch, album, atau lightstick soalnya harganya makin ke sini makin mehong. 😂😂😂 Aku pernah dikasih album Day6 Even of Day dari temen, seneng banget bisa dipake video unboxing juga. 😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah beruntung banget Endah, dikasih album sama temen. Temannya baik dan tau banget keinginan kamu sebagai fans Day6.
      Iya emang nomor 5,6,7 itu kado paling diincar wkwk. Mau nambagin tiket konser tapi kayaknya terlalu tak tau diri, minta dikadoin tiket konser, secara war nya aja udah susah.

      Delete
  2. Wah adik saya kalau tetiba dapat kado album pasti kegirangan tiada tara sepertinya. Nice artikel mbak!

    Terima kasih sharingnya yang begitu lengkap dan membantu, silakan mampir ke blog saya annisakhairiyyah.com

    ReplyDelete

Powered by Blogger.