5 Hal Penting Saat Membuat Website Toko Online Sendiri

Jumat, 09 September 2022

Online Shop

Assalamualaikum
Halo semuanya.

Jaman sekarang sudah banyak platform e-commerce di Indonesia seperti Shopee, Tokopedia, Lazada dan sebagainya yang memfasilitasi UMKM untuk berjualan secara online. Walau demikian pasti ada pelaku usaha/pemilik small business yang ingin memiliki website toko online sendiri untuk lebih mengembangkan bisnisnya.

Berjualan di e-commerce atau di website toko online sendiri memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Tergantung dari tujuan atau kemampuan pribadi apakah ingin berjualan di e-commerce saja, atau ingin berjualan secara eksklusif di website toko online sendiri. Bisa juga memilih keduanya untuk memaksimalkan penjualan.

Apa saja itu kelebihan dan kekurangan berjualan di e-commerce atau di website toko online sendiri hingga apa saja hal terpenting saat membangun website toko online sendiri? Temukan jawabannya pada artikel ini, baca hingga selesai yah!


Daftar Isi



Kelebihan dan Kekurangan Berjualan di E-commerce dan Website Toko Online Sendiri


Berjualan di e-commerce


+ Kelebihan :

- Tidak ada biaya pendaftaran
- Memiliki peluang muncul di bagian pencarian di dalam maupun di luar platfrom
- Mendapatkan promo gratis ongkos kirim dari platform

- Kekurangan :

- Kalah saing/dibandingkan dengan toko lain yang menjual lebih murah
- Terdapat biaya administrasi untuk level tertentu
- Mengikuti template toko dari e-commerce


Berjualan di website toko online sendiri 


+ Kelebihan :

- Bisa menggunakan domain sendiri
- Membuat website dengan template / design yang diinginkan
- Toko lebih ekslusif karena tidak ada produk dari toko lain

- Kekurangan :

- Ada biaya sewa domain, hosting dan lainnya
- Harus mengelola website sendiri


Saya pribadi ingin mempunyai website khusus untuk produk handmade yang dijual. Alasan terbesar adalah ingin memiliki toko eksklusif dengan design/template yang menggambarkan karakter produk handmade.

Sebelum membuat toko online sendiri, ada baiknya kita mencari tau apa saja yang penting dalam membangun website khusus toko online. 






5 Hal Penting Saat Membuat Website Toko Online Sendiri



1. Pemilihan Nama Domain


Pemilihan nama domain sama pentingnya dengan pemilihan nama toko/brand karena menjadi identitas dan biasanya menggambarkan produk yang dijual. 

Selain memilih nama sesuai keinginan, hal yang harus diperhatikan saat memilih nama domain adalah 
- Mudah dieja
- Pendek dan mudah diingat
- Mengambarkan jenis produk / karakter toko
- Tidak bermakna negatif


2. Hosting & Email Hosting Terpercaya dan Profesional


Menyewa hosting terpercaya dan profesional seperti hosting murah DomaiNesia adalah wajib saat akan membangun website toko online sendiri.

Bagi yang belum paham, hosting atau web hosting adalah media penyimpanan data sebuah website yang dilakukan secara online. Data website seperti tulisan, gambar atau video akan disimpan di dalam sebuah server yang aman dan selalu aktif selama 24 jam.

Selain hosting, penting juga menyewa email hosting untuk meningkatkan profesionalitas website toko. Jika web hosting adalah layanan penyimpanan data website, sedangkan email hosting fokus pada layanan penyimpanan email.

Hosting, email hosting serta domain bisa ditemukan di DomaiNesia.


3. Memasang Content Management System


Setelah memilih domain dan menyewa hosting yang profesional, selanjutnya adalah memasang Content Management System (CMS), yaitu software program atau aplikasi yang digunakan untuk membuat dan mengatur konten digital.

Ada banya pilihan CMS, salah satu yang paling banyak digunakan adalah  WordPress karena gratis dan mudah untuk dipasang.


4. Plugin Khusus untuk Website Toko Online


Untuk menunjang performa website sebagai toko online, perlu memasang plugin khusus supaya pembeli melakukan transaksi atau membeli barang langsung di toko online tersebut. 

WooCommerce adalah salah satu platform e-commerce paling populer di dunia yang dapat mengubah situs web WordPress menjadi toko online.


5. Tampilan & Konten Website


Selanjutnya hal penting dalam membuat website toko online sendiri adalah membuat tampilan dan konten yang menarik namun tetap stabil dan cepat.

Penampilan website sebaiknya menggambarkan karakter toko, ada navigasi yang jelas dan tulisan mudah dibaca. Sementara untuk konten, berisi foto produk kualitas tinggi, warna foto produk sangat mendekati warna aslinya, ada deskripsi yang jelas, ukuran serta harga. Akan lebih baik jika terdapat video produk yang makin membuat calon pembeli tertarik.

Untuk memuat ini semua, perlu menyewa Cloud VPS terbaik seperti yang ditawarkan oleh DomaiNesia. Cloud VPS atau Cloud Server merupakan pengembangan tingkat lanjut dari VPS biasa dengan menerapkan berbagai teknologi Cloud modern, diantaranya: High Availability, Distributed Storage, dan Scalable.

Selain itu fungsinya adalah untuk 
- Website stabil dan cepat
- Akses ke root atau super administrator pada server pelanggan
- Kustomisasi dan instalasi komponen pada server sesuai keinginan
- Tidak terganggu oleh pengguna lain yang berada dalam satu server shared hosting
- Mendapatkan dedicated IP, sehingga berdampak positif untuk SEO dan reputasi website


***




Semua pelaku usaha pasti ingin meningkatkan penjualan. Selain dengan melakukan produk development dan promosi, hal yang tak kalah penting adalah memiliki sarana untuk memasarkan produk.

Penjualan bisa dilakuakan secara offline yaitu di toko fisik, bisa juga secara online yaitu melalui e-commerce dan website toko online sendiri yang mana memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Khusus kepada penjual yang ingin memiliki website toko online, bisa memahami 5 hal penting seperti yang sudah dijelaskan di atas. Semoga sukses yah semuanya~



xoxo
Dila

Tidak ada komentar

Posting Komentar