Dari Tumblr Hingga Naver Blog, Akhirnya Memilih Blogspot

Dari Tumblr Hingga Naver Blog, Akhirnya Memilih Blogspot


Assalamualaikum.
Halo, apa kabar semuanya?

Di dunia ponsel ada Android dan IOS maka di dunia blog ada WordPress dan Blogspot. Sebenarnya masih banyak platform lainnya yang berfungsi sebagai tempat publikasi konten blog, namun yang paling banyak digunakan adalah dua platform tersebut.

So, kamu tim yang mana? WordPress atau Blogspot?

Kalau saya adalah tim Blogspot, sudah lebih sepuluh tahun di dunia blog masih bertahan dengan platform ini. Bahkan dua blog yang saya kelola sekarang yaitu blog personal dan blog K-Pop,  menggunakan platform Blogspot.

Mengenal Beberapa Platform Blog


Sejak pertama kali mengenal dunia blog, saya sudah mencoba beberapa platform mulai dari Blogspot, WordPress, tumblr, LiveJournal hingga Naver Blog. 

Semua platform tersebut saya ketahui dari teman-teman kuliah dan ada juga dari komunitas penggemar K-Pop. Saat itu jiwa penasaran saya cukup tinggi hingga membuat akun di semua platform.

Berikut pengalaman atau komentar singkat mengenai platfrom tersebut :


WordPress

Tampilannya clean, neat tapi terasa kaku. Cocok untuk website profesional atau bisnis. Agak bingung menggunakannya dan tidak mudah diotak-atik, sehingga WordPress saya tidak terurus dan akhirnya dihapus.

tumblr

Menurut saya tumblr itu mirip dengan Twitter karena ada tombol follow, like, share dan reblog. Bahkan sekarang juga ada fitur Trending. Bedanya Twitter membatasi jumlah huruf dalam satu twit sementara tumblr tidak ada batasan seperti blog. 

Dulu saya menggunakan tumblr seperti Instagram, yaitu untuk berbagi foto dan mencari foto-foto bagus. Selain itu untuk menulis curhatan singkat dan quotes dari lirik lagu.

Tampilan tumblr sebenarnya simple tapi terkesan artistik. tumblr saya sempat aktif lalu mati suri dan akhirnya memutuskan untuk dihapus tahun lalu supaya tidak disalahgunakan orang lain.

LiveJournal

Saya tak begitu ingat tentang LiveJournal, kalau tak salah tampilannya agak mirip dengan WordPress. Dulu iseng membuat LiveJournal karena lihat website penggemar yang berisi berita terkini tentag K-Pop dan link download.

Sudah lama sekali terlupakan, akhirnya tahun lalu saya baru menutup akun LiveJournal supaya tidak disalahgunakan orang lain.

Naver Blog

Ada yang baru pertama kali Naver Blog? Ini merupakan platform blog dari situs pencarian terbesar di Korea Selatan yaitu Naver.

Saat kuliah, saya yang merupakan jurusan Bahasa dan Kebudayaan Korea, tentu familiar dengan situs pencarian di Korea Selatan. FYI korea tidak menggunakan Google namun menggunakan NAVER, DAUM dan NATE.

Sering membuka situs tersebut, kadang saya nyasar di blog orang Korea. Akhirnya ikut-ikutan membuat akun di Naver Blog. Kalau tak salah, saya baru menulis satu artikel dan sekarang lupa nama blog saya apa. 

Tampilan blog Naver sangat clean dan neat, identik dengan font yang kecil dan sepertinya pilihan template juga sedikit. Yang saya sukai dari blog Korea adalah, kita tidak bisa save foto yang ada di blog sembarangan.

Blogspot

Dan yang terakhir adalah Blogspot, platform favorit hingga sekarang. Saya akan menjelaskan lebih detail kelebihan Blogspot pada judul selanjutnya.



Kelebihan dan Alasan Suka Blogspot


Dulu saya pernah dengar istilah "WordPress adalah blog untuk para laki-laki dan Blogspot adalah untuk para perempuan".

Mungkin itu semacam ilustrasi kalau Blogspot adalah platform yang mudah dipahami oleh perempuan dan mudah dikostumisasi sebagai mana perempuan yang suka berdandan dan sebaliknya WordPress lebih mengutamakan fungsi dari pada dekorasi. Makanya WordPress agak kaku tapi terkesan profesional. 

Ada beberapa alasan dan kelebihan dari Blogspot yang membuat saya setia menggunakannya hingga sekarang, yaitu :

- Memilih karena nama "Blogspot"

Ini mungkin alasan paling receh yah. Dulu saya suka blogspot karena mana domainnya blogspot.com yang menurut saya sesuai dengan nama jenis media sosialnya yaitu "blog". Apalagi dulu belum mengenal TLD sehingga saya merasa lebih suka mendengar www.namablog.blogspot.com daripada www.namablog.wordpress.com

- Blogspot adalah milik Google

Google adalah situs pencarian terbesar di dunia termasuk di Indonesia. Jadi akan lebih banyak benefit kalau kita menggunakan platform dari Google itu sendiri, seperti mudah terindeks di Google.

- Terintergasi dengan produk Google lainnya

Ini cukup memudahkan, dengan memiliki satu akun Gmail, sudah terhubung dengan semuanya mulai dari Blogspot, Google Drive, Adsense, Adwords, dan Google Analytics.


- User-Friendly

Blogspot adalah patform yang user-friendly sehingga mudah digunakan oleh pengguna baru termasuk perempuan. Saya juga merasa mudah mempelajari Blogspot dan saat itu cukup banyak situs yang berbagi ilmu, tutorial dan pemecahan masalah di Blogspot.

- Banyak Pilihan Template Gratis

Sudah tak terhitung berapa kali saya mengganti template khususnya di tahun-tahun pertama membuat blog. Mulai dari yang ramai, berwarna-warni, ala-ala scrapbook hingga menemukan jati diri seperti sekarang.

*

Secara garis besar, demikianlah alasan kenapa saya suka Blogspot. Selain itu, ada kelebihan lainnya yang saya ketahui dari penjelasan situs orang lain yaitu : Blogspot adalah layanan gratis, bebas hosting, SEO Friendly dan bisa dimodifikasi sesuai kebututan misalnya jadi personal blog, situs bisnis dan blog download.

Sekian penjelasan singkat kenapa saya masih setia menggunakan Blogspot hingga sekarang. Kalau kamu suka platform yang mana?

***

Tulisan ini dibuat untuk 30 Day Ramadan Challenge 2022 oleh Blogger Perempuan Network dengan tema Kenapa memilih platform blog yang digunakan sekarang.

Terima kasih sudah berkunjung dan membaca blog saya.

xoxo
Dila

6 comments:

  1. Aku dulu pernah bikin blog di wordpress, mba Dila. Tapi belum aku isi apa-apa udah aku tinggal soalnya lebih nyaman pakai blogspot. xD Lainnya belum pernah nyoba, aku pernah lihat tampilan tumblr, terus bingung huhu. Kalau baca atau denger nama livejournal gitu aku inget sama blog yang namanya omonatheydidnt wkwkwk. Sumber rujukan berita K-Pop di masa lalu. Mba Dila tau omona itu nggak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya kan, blogspot lebih mudah dan nyaman digunakan buat kita para wanita.
      Kalau tumblr bener-bener mirip twitter Endah, tapi versi bisa nulis lebih panjang.

      Aku baru denger tuh omonatheydidnt , kok namanya agak alay yah, wkwk. Aku barusan kepoin, ternyata masih update loh si omona itu. Gambar bannernya si Sohee, pantesan namanya omona.

      Delete
  2. yes betul, templatenya banyak dan free! :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dan ntah kenapa template blogspot banyak yang sesuai dengan style saya

      Delete
  3. Dulu saya penggemar berat Blogspot, ya karena mudah di kustomisasi dan dipasang google adsense (waktu itu). Kemudian saya belajar pakai wordpress dan akhirnya suka, karena (benar) lebih neat, clean, kaku dan terasa profesional. Meskipun untuk yang terakhir tergantung isi konten. Saya nggak profesional soalnya hehe

    Btw, salam kenal mbak Dila. Blognya bagus, saya masuk sana-sini karena penasaran. Awalnya saya kira ini WP lho.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebenarnya saya juga pengen ahli WP karena katanya lebih SEO-Friendly drpd BP. Iya juga sih, konten mempengaruhi "feel" sebuah blog.

      Salam kenal juga, wah terima kasih sudah mampir dan suka blog saya. Btw ini templatenya baru diperbaiki lagi tadi malam dan belum kelar 100% karena tiba-tiba ada yang error lagi.

      Delete

Powered by Blogger.