Make Over Kamar Menjadi Tema Monochrome dengan Nippon Spot-less


Make Over Kamar Menjadi Tema Monochrome dengan Nippon Spot-less


Tak terasa kita sudah memasuki bulan Ramadan yang mana di tahun 2022 berlangsung pada bulan April. Biasanya saat puasa terutama di penghujung bulan, keluarga saya makin disibukkan dengan persiapan menyambut hari raya Idul Fitri seperti membersihkan seluruh isi rumah, membongkar gudang, membuat kue lebaran dan lain-lain.

Sebagai umat muslim, seharusnya lebih fokus dan memperbanyak ibadah sunnah terutama di minggu terakhir Ramadan karena pahalanya lebih besar.

Untuk menghindari hal tersebut, tahun ini saya berniat untuk menyicil pekerjaan yang bisa dilakukan dari sekarang, salah satunya yaitu mengecat dinding.


Keinginan mengecat dinding dalam rumah terutama kamar sudah diimpikan sejak awal tahun 2022. Saya ingin sekali mengubah dekorasi kamar supaya tercipta suasana dan semangat baru di tahun yang baru.

Hal ini didasarkan pada keputusan menjadi freelancer sekaligus online shop owner di akhir tahun 2021, tentu saja kamar menjadi kantor pribadi yang harus nyaman sehingga betah seharian berada di dalamnya.

Oleh sebab itu, sejak sebelum memasuki bulan puasa, saya sudah mencari ide dekorasi dan rekomendasi cat yang bagus untuk dinding dalam rumah. Setelah mendapatkan referensi, saya bergegas ke toko sumber bangunan terdekat untuk membeli cat dan perlengkapan lainnya.

Cat apa yah yang menjadi pilihan saya? Yuk baca tulisan ini sampai akhir!

Make Over Kamar Menjadi Tema Monochrome dengan Nippon Spot-less



Cerita Dibalik Pemilihan Warna Cat


Sejak menekuni hobi serta bisnis kerajinan tangan macrame, saya mengikuti banyak akun Instagram yang berkaitan dengan home decoration

Dari banyak foto atau reel dekorasi rumah yang dilihat, saya jatuh cinta dengan gaya minimalis yang identik dengan warna monochrome seperti putih, abu-abu dan hitam.

Rumah dengan warna monochrome memberi kesan bersih, sederhana dan luas. Selain itu juga memberikan efek psikologis syahdu dan tenang bagi penghuninya.

Di antara warna monochrome tersebut, saya memilih warna putih. Pasalnya kamar saya kurang mendapatkan cahaya matahari, sehingga butuh bantuan warna putih untuk menjadi lebih terang.

Apalagi bulan Ramadan juga disebut dengan bulan suci yang identik dengan makna bersih dan putih. Sehingga makin mantap memilih warna putih untuk make over kamar menjadi tema monochrome.


Proses Pembelian Cat dari Brand Ternama "Nippon Paint"


Memilih cat sama halnya seperti memilih skincare untuk wajah. Jika di dunia skincare ada krim pagi dan krim malam, maka di dunia cat ada cat untuk interior dan eksterior.

Intinya jangan sampai salah beli, sebaiknya pahami dulu kondisi dinding lalu pilih cat berkualitas yang bisa mengatasi masalah yang ada pada dinding.

Sebagai orang awam di dunia cat, hal tersebut saya lakukan saat hunting cat di toko bangunan. Masih dekat dengan rumah, terdapat bangunan berwarna merah dengan tulisan Nippon Paint yang besar, membuat saya ingin mampir ke sana. 

Begitu masuk ke dalam disambut oleh kasir. Ketika saya bilang ingin mengecat kamar, kasir  memanggil SPG khusus Nippon Paint. Ternyata bangunan tersebut bukan toko Nippon Paint, namun toko bangunan yang menjual berbagai bahan bangunan salah satunya adalah cat.


Toko bangunan "Sabar" Bukittinggi



Wow, berarti Nippon Paint adalah produk unggulan di toko tersebut. Selain karena tampilan luar bangunan, namun juga ada SPG khusus Nippon Paint yang siap melayani pembeli yang ingin konsultasi tentang cat.

Di sana saya menceritakan rencana untuk mengecat kamar berukuran kurang lebih 4x4 meter dengan tinggi 3,5 meter. Kamar awalnya berwarna krem muda dan ingin dicat dengan warna putih. 

SPG Nippon Paint menyarankan saya untuk mengaplikasikan cat dasar untuk menutupi warna krem supaya hasil pengecatan warna putih bisa lebih baik.

Sambil memperlihatkan katalog produk, SPG menyarankan Nippon Paint 5200 Wall Sealer ukuran 4 kg harga Rp 140000 sebagai cat dasar. Sementara cat utama adalah Nippon Spot-less warna Brilliant White 1001 alias warna putih bersih ukuran 2,5 liter harga Rp 250000.

Ternyata keinginan saya mengecat kamar menjadi putih atau tema monochrome selaras dengan Tren Warna Ramadan Nippon Paint yaitu Tropical, Warm dan Monochrome. Wah kebetulan sekali yah!



Make Over Kamar Menjadi Tema Monochrome dengan Nippon Spot-less


Kenalan dengan Nippon Paint Spot-less 


Nippon Paint merupakan solusi dari berbagai kebutuhan cat: interior, eksterior, kayu, besi, hingga lantai. Sehingga tak heran kalau Nippon Paint memiliki 10000 warna dan memiliki Garansi Produk & Warna 100% Akurat & Konsisten. 

Perlu diketahui bahwa 10000 warna tersebut bisa didapatkan di lebih dari 6000 toko CCM di seluruh Indonesia. Makanya di tempat tinggal saya yaitu kota Bukittinggi-Sumatera Barat yang jauh dari pusat kota mudah ditemukan Nippon Paint.

Dari banyak jenis cat, akhirnya saya membeli Nippon Spot-less dengan kode warna Brilliant White 1001 alias warna putih bersih.

Setelah mencari tahu lebih lanjut, Nippon Spot-less adalah cat premium yang diformulasikan untuk pemakaian interior, memiliki daya tahan sangat baik terhadap kotoran rumah tangga (teh,  kopi, tinta, tangan, lipstik, jus, dll).

Cat ini mempunyai daya tolak hidrofilik terhadap noda sehingga mudah dibersihkan. Hal tersebut membuat cat premium ini sangat berkualitas. Daya tolak hidrofilik artinya mempunyai daya tahan yang tinggi terhadap penetrasi noda cair yang bersifat hidrofilik dengan cara membuat noda tersebut menjadi partikel kecil pada permukaan cat sehingga mudah dibersihkan.

Keunggulan Nippon Spot-less :

- Mudah dibersihkan
- Water resistant
- Tidak berbau pada saat aplikasi dan pengeringan
- Tidak beracun (tanpa timbal, merkuri dan logam berat)
- Anti-jamur, warna tidak mudah berubah, tidak mudah mengapur, mudah diaplikasikan, mudah dicat ulang, memiliki daya tutup tinggi dan daya sebar yang tinggi.

Nippon Spot-less cocok untuk dekorasi dan melindungi permukaan dinding yang terbuat dari semen, plester, batu bata dan dinding fiber.


Make Over Kamar Menjadi Tema Monochrome dengan Nippon Spot-less
Berbagai cat Nippon Paint yang dibeli



Pengalaman Mengecat Dinding Kamar Sendiri


Mengecat dinding bukanlah hal baru bagi saya. Pasalnya saat masih bekerja sebagai karyawan swasta, saya sering mengikuti kegiatan CSR (Corporate Social Responsibility) yang mana salah satu kegiatan utamanya adalah pengecatan dinding sekolah dan tempat umum lainnya.

Berbekal pengalaman tersebut, saya memberanikan diri untuk mengecat sendiri supaya lebih merasakan kenikmatan mendekor kamar sesuai keinginan.


Make Over Kamar Menjadi Tema Monochrome dengan Nippon Spot-less
Nekat mengecat sendiri walaupun jari sedang terluka

#Tahapan dan Proses Mengecat Kamar Sendiri :


1. Mengosongkan kamar dan dinding yang akan dicat

Kegiatan ini memang terasa melelahkan, namun supaya barang-barang tidak kotor sebaiknya keluarkan semua perabot dan barang yang ada di kamar. Jika ada barang yang sangat besar dan berat seperti lemari, maka bisa pindahkan posisi ke bagian tengah.

2. Mempersiapkan semua alat dan bahan

Alat dan bahan wajib dipersiapkan sebelum mulai mengecat, supaya tidak bolak-balik mencari alat saat di tengah kegiatan.

Berikut alat dan bahan yang saya gunakan :
-Cat dasar untuk interior Nippon Paint 5200 Wall Sealer ukuran 4kg
-Nippon Spot-less warna Brilliant White 1001 ukuran 2,5 liter
-Rol dan kuas
-Bak cat
-Kertas amplas dan kape
-Kemoceng
-Kalender/koran bekas
-Kayu/tongkat pengaduk

Make Over Kamar Menjadi Tema Monochrome dengan Nippon Spot-less


3. Membersihkan seluruh permukaan dinding

Untuk mendapatkan hasil yang bersih dan bagus, upayakan untuk membersihkan dinding yang akan dicat.

Kegiatan pembersihan ini saya lakukan bertahap yaitu :
-Meratakan permukaan/kotoran yang menonjol menggunakan kape.
-Memperbaiki dinding yang bolong karena bekas paku atau retak menggunakan wall filler.
-Menggosok dinding dengan amplas untuk merontokkan kotoran sekaligus membuat cat mudah menempel pada dinding.
-Pembersihan terakhir dengan kemoceng atau lap kering.

4. Menutup permukaan lantai dan bagian yang tidak dicat

Untuk meminimalisir kegiatan bersih-bersih setelah pengecatan, saya melapisi semua lantai dekat dinding menggunakan kalender/koran bekas. Sehingga nanti tetesan cat jatuh ke koran tersebut. Selain itu perlu menempel selotip ke tepi kayu pintu dan jendela supaya cat tidak belepotan ke bagian tersebut.

5. Mengaplikasikan cat dasar Nippon Paint 5200 Wall Sealer

Dinding kamar awalnya berwarna krem muda, karena akan dicat dengan warna putih maka saya mengaplikasikan cat dasar untuk interior yaitu Nippon Paint 5200 Wall Sealer sesuai saran dari SPG Nippon Paint.

Cat dasar hanya perlu diaplikasikan satu kali. Aduk cat terlebih dahulu perlahan-lahan dan tak perlu menambahkan air. Setelah merata langsung aplikasikan ke dinding. Cat ini bisa kering sentuh dalam waktu 15 menit dan kering keras dalam waktu 1 jam. 

Tunggu lebih kurang 2 jam untuk pengecatan dengan cat selanjutnya. Sambil menunggu, saya membersihkan kuas, rol dan bak cat supaya bisa digunakan untuk pengecatan berikutnya.

6. Mengaplikasikan cat utama Nippon Paint Spot-less warna Brilliant White 1001

Selanjutnya adalah tahapan yang ditunggu-tunggu, karena saya penasaran dengan warna di dalam kaleng cat Nippon Spot-less warna Brilliant White 1001. 

Tutup cat dibuka menggunakan pisau atau kape. Begitu tutup dibuka, terlihat semacam minyak yang berada di lapisan paling atas. Cat harus diaduk terlebih dahulu pelan-pelan supaya cat tercampur sempurna. 

Cat dituangkan sedikit ke bak cat, lalu mengecat dinding mulai dari bagian kanan atas sekitar satu setengah meter lalu ke bawah dengan metode zigzag. Setelah itu lanjut mengecat bagian sampingnya dengan cara yang sama.

Nippon Spot-less ini bisa kering sentuh dalam waktu 30 menit dan kering keras selama 1 jam. Dianjurkan pengecatan selanjutnya dengan interval 3 jam. Jumlah lapisan yang dianjurkan adalah 2 lapis.

Make Over Kamar Menjadi Tema Monochrome dengan Nippon Spot-less
Proses pengadukan cat

7. Melepas semua alat penutup

Setelah cat mengering, lepas semua lakban yang menempel pada kayu pintu dan jendela. Selain itu juga membuang semua kertas koran/kalender yang ada di lantai.

8. Membersihkan cat yang menempel pada lantai

Walau seluruh lantai sudah dilapisi kertas koran, pasti ada percikan cat yang menempel. Untuk itu segera bersihkan sisa cat pada lantai menggunakan kape atau thinner.

Begitu juga jika ada cat yang menempel pada kayu pintu atau jendela, bisa dibersihkan menggunakan thinner.

9. Bersihkan peralatan cat

Supaya peralatan bisa digunakan kembali, ada baiknya langsung membersihkan semua peralatan cat mulai dari rol, kuas dan bak cat. Tentu peralatan cat ini lebih mudah dibersihkan selagi masih basah.

10. Rapikan kamar

Setelah pengecatan selesai hingga proses pembersihan, saya memasukkan semua barang ke dalam kamar dan menatanya secantik mungkin.



Before & After Make Over Kamar Menggunakan Nippon Paint Spot-less


Senang sekali akhirnya bisa make over kamar sebelum minggu terakhir Ramadan atau sebelum Lebaran.

Berikut foto perbandingan sebelum dan setelah mengecat kamar menggunakan cat Nippon Spot-less Brilliant White 1001.

Make Over Kamar Menjadi Tema Monochrome dengan Nippon Spot-less


Make Over Kamar Menjadi Tema Monochrome dengan Nippon Spot-less



Kesan Menggunakan Nippon Paint Spot-less


Mengecat kamar sendiri cukup melelahkan namun terlibat langsung dalam prosesnya membuat saya tau bagaimana mengecat yang benar serta kualitas dari cat Nippon Paint.

Berikut hal yang saya sukai dari Nippon Spot-less adalah :

- Cat mudah diaplikasikan yaitu mudah menyebar dan meresap ke dinding.
- Hanya dua kali pengecatan, berhasil menyulap dinding krem muda menjadi putih bersih.
- Tidak menimbulkan bau menyengat. Berbeda dengan cat merek lain yang baunya kuat dan hilangnya cukup lama.
- Benar-benar cepat kering meresap.
- Warnanya 100% akurat

Kesan saya menggunakan cat Nippon Spot-less adalah sangat puas dan hasilnya sesuai ekspektasi. Warna Brilliant White 1001 berhasil merealisasikan impian saya mengubah kamar yang gelap dan terkesan sempit menjadi cerah, luas dan nyaman menjadi tema monochrome.

Warna Brilliant White 1001 merupakan warna tema monochrome yang merupakan salah satu tema dari Tren Warna Ramadan yang diusung oleh Nippon Paint khususnya di tahun 2022.

Tren Warna Ramadan oleh Nippon Paint terdiri dari tiga tema yaitu Tropical, Warm dan Monochrome.



Filosofi dari Tren Warna Ramadan tersebut :

-Tema Tropical
  • Warna cerah memberi nuansa menyegarkan dan ceria.
  • Efek psikologis semangat dan bahagia.
  • Warna Tropical memberi suasana bersama keluarga dan kerabat akan lebih ceria, seru dan akrab.
-Tema Warm
  • Memberikan nuansa kehangatan yang teduh.
  • Efek psikologis tenang, intimate, hangat.
  • Memberi kesan ruangan yang tenang, hangat dan nyaman.
-Tema Monochrome 
  • Memberi kesan bersih/clean, sederhana/simple, murni.
  • Efek psikologis  syahdu, tenang, bersih. 
  • Warna Monochrome menciptakan ruangan terkesan lebih bersih, luas dan simple. 
  • Pemberian aksen tema monokrom menambah ketegasan dan nuansa baru agar ruangan terasa lebih hidup.
Make Over Kamar Menjadi Tema Monochrome dengan Nippon Spot-less



***

Demikian pengalaman saya mengecat kamar sendiri dengan cat Nippon Paint Spot-less untuk persiapan lebaran. 

Bagi teman-teman yang ingin mengecat ruangan dengan Nippon Paint namun masih bingung dengan pilihan warna, harga dan tempat penjualan bisa menghubungi Whatsapp Care Nippon Paint (0811 1283 028).

Jika ingin melihat-lihat produk dan warna sendiri, bisa mengunjungi website resmi Nippon Paint http://www.nipponpaint-indonesia.com/ 

Sementara jika ingin berkonsultasi secara gratis mengenai cat dinding rumah dengan Colour Expert dari Nippon Paint bisa langsung ke Colour Scheme Service .

Dan jangan khawatir, produk Nippon Paint telah terdistribusikan luas di lebih dari 6000 toko CCM di seluruh Indonesia (Sabang sampai Merauke). Jadi siapapun dan dimanapun bisa menemukan cat Nippon Paint. Hebatnya Nippon Paint, jadikan harapan Ramadan lebih berwarna.

WhatsApp Care Nippon Paint


  • Note : Semua foto adalah dokumen pribadi, dilarang menggunakan foto dari artikel ini tanpa ijin.
xoxo
Dila



32 comments:

  1. Pengen jg ngecat kamar sendiri tapi tahapannya lumayan juga yaaa, makasih rekomendasi catnya kak

    ReplyDelete
  2. aku juga jatuh cinta nih sama nippon paint aku juga suka pengaplikasiannya mudah kami mengecat rumah sendiri danitu pengalaman yang berkesan

    ReplyDelete
  3. Warnanya dari Nippon paint ini bagus bagus ya. Soft dan pastinya sesuai dengan keinginan kita. Btw mau lebaran jadi mu ganti cat rumah juga ah

    ReplyDelete
  4. Warnanya sejuk banget dan bikin teduh. Saya juga suka banget warna abu muda begini. Harus pakai juga nih buat kamar anak yang sudah lama catnya.

    ReplyDelete
  5. monokrom memang lagi tren ya, kebetulan aku juga suka liatin dekor-dekor rumah dan sering lihat pilihan warna monokrom. btw aku juga lagi cat-cat rumah nih, biar fresh :D

    ReplyDelete
  6. Keren mba ngecat sendiri. Jadi lebih bersih dan lega kamarnya setelah dicat putih. Nippon Paint memang ga main-main ya kualitas nya. Warnanya bisa 100% akurat

    ReplyDelete
  7. Wah saya baru aja ngecat-ngecat kamar sendiri. Next mau coba pakai Nippon Paint ini ah.

    ReplyDelete
  8. Bagus ya hasil make over kamarnya Mbak. Warna catnya juga bagus. Untung ada nippon ya bisa diandalkan

    ReplyDelete
  9. Setelah ganti cat jadi lebih fresh ya kak, lebih terang juga.
    Selain itu hasilnya juga menutup bagus bagian dinding.

    ReplyDelete
  10. Nippon Paint Brilliant White ini rekomendasinya mba ig homuliving haha. Rumahku juga tema monochrome ni, cuma kamar aja aksen warna-warni hihi

    ReplyDelete
  11. Lebih cerah ya mbak warna putihnya. Aku kemarin juga habis ngecat rumah pakai nippon paint warna smoking gray. Cakep juga.

    ReplyDelete
  12. Monochrome emang keren sih kayaknya. Tapi aku lebih suka yang warm deh buat lebaran ini. Saatnya ganti suasana rumah dengan nippon paint.... Yiha...

    ReplyDelete
  13. Mau juga ganti warna tembok kamar apalagi pake Nippon paint, udah terpercaya kualitasnya

    ReplyDelete
  14. Warna Monochrome aslinya enak banget lho di mata. Udah gitu pakai Nippon Paint Spot Less yang mana gak berbau, terus mudah dibersihkan.

    Jadi pengen ngerenovasi kamar nih.

    ReplyDelete
  15. Suka banget sama warna2 cat dari Nippp Paint terasa adem dimata bkin ruangan yang dicat jadi berubah lebih menarik lagi

    ReplyDelete
  16. Nippon paint emang paling pas untuk dinding rumah kita ya mbak, biar makin kece. Plus senengnya bisa lebih awet dibandingkan cat merk lain. Apalagi sekarang banyak pilihan warna yang tersedia.

    ReplyDelete
  17. Wah keren banget bisa make over kamar sendiri, jadi seger banget ya mbak warnanya. memang produk Nippon Paint ini andalan, bapak juga kalau mau ngecat pasti pakai produk ini. Ceet kering katanya dan baunya gak seperti merek lain.

    ReplyDelete
  18. sama nih kak, dirumah juga lebih percaya dengan produk nippon paint terutama untuk warna cat tembok.

    ReplyDelete
  19. Salfok sama kamar mba Dila rapih banget sebelum dan sesudah. Samaan kita mba warna putih kamarnyaa hihi. Tapi mau aku repaint juga supaya lebih keliatan fresh.

    ReplyDelete
  20. wah, sepertinya bagus kualitasnya. coba ah nanti pas mau nge cat rumah lagi

    ReplyDelete
  21. Wahhh aku juga pake nippon paint nih di rumah Kak, ternyata worth it abnget yah pake cat merk ini. Tembok jadi bagus dan awet warnanya. Keren banget.

    ReplyDelete
  22. Aku suka warna cerah, tapi kalau buat kamar ya pilih monochrome aja biar terlihat rapi. Btw, Nippon paint tuh pilihan warnanya banyak

    ReplyDelete
  23. ngomongin cat tembok saya jadi ingat bagian dinding teras depan rumah yang catnya mulai terkelupas karena cuaca. kayaknya cat merk nippon paint ini rekomended juga nih.

    ReplyDelete
  24. Kerennnn... Kamarnya jadi bersih dan terang ya. Recommended ini Nippon Paint. Mau coba juga ah untuk rumah sebelah yg masih kosong.

    ReplyDelete
  25. Hasil catnya itu permukaannya halus ya.
    Jadi seneng menata ruangan, dengan warna-warna cerah, yang menambah semangat

    ReplyDelete
  26. worth it banget ya kak Nippon ini. pilihan warnanya aku banget. dan jadi punya pengalaman berkesan mengecat sendiri . kualitasnya juga oke punya....... mupeng

    ReplyDelete
  27. Wow keren ngecat kamar sendiri! 👍👍

    ReplyDelete
  28. pilihan warnanya banyak dan cantik cantik. aku bingunggg
    emang nippon ini kualitasnya bagus, aku percaya itu
    kalau kamar sudah memiliki tampilan baru, rasanya jadi fresh gitu ya mba

    ReplyDelete
  29. Suka banget dengan pilihan warna dari Nippon paint. Erlegan dan lembut. Bikin rumah tampak lebih mewah

    ReplyDelete
  30. Kalau aku ngerubah warna ruang ngeblogku pakai warna hijau klepon pakai nippon flaw-less.

    Beneran ya, produk nippon ini keren banget, banyak pilihan warnanya.

    ReplyDelete
  31. ihhh berasa beda ya vibes nyaa dari warna buram jadi cerahan gitu warna temboknya, dan vibes kamar auto cerah happier than before, luvv!

    ReplyDelete

Powered by Blogger.