[Review] ForesThree Coffee & Kitchen X Kalis - Cafe Hits & Instagenic di Bukittinggi

Sabtu, 05 Februari 2022

[Review] Foresthree Coffee & Kitchen X Kalis - Cafe Hits & Instagenic di Bukittinggi

Bagaimana rasanya ketika hobi kamu adalah hunting kafe, lalu tiba-tiba muncul kafe instagenic yang posisinya dekat sekali dengan rumah? Pasti senang dan bakalan sering main ke sana yah!

**

Seperti yang sering dituliskan di blog ini, saat cuti untuk mudik ke kampung halaman, agenda saya adalah mengunjungi tempat wisata dan hunting tempat makan atau kafe lucu di Bukittinggi.

Salah satu kafe yang saya kunjungi pada cuti pertengahan tahun lalu adalah ForesThree Coffee yang berada di Jl. Dr. A Rivai atau dekat Rumah Sakit Achmad Mochtar Bukittinggi. Konsep kafenya menarik sehingga setelah mengunjunginya, saya pun langsung menulis review di blog.


Beberapa bulan berlalu dan tentu saja saya sudah kembali ke tanah rantau, ForesThree membuka cabang baru dengan konsep yang cukup berbeda dengan kedai sebelumnya.

Kalau kedai ForesThree sebelumnya memiliki konsep coffee shop, maka cabang yang baru memiliki konsep coffee shop sekaligus kafe oleh karena itu namanya ForesThree Coffee & Kitchen.

Perbedaan lainnya, kedai ForesThree yang pertama bekerja sama dengan Kebab Bro Bukittinggi sementara ForesThree yang kedua ini dengan Kalis Donuts.

Semakin penasaran dengan ForesThree Coffee & Kitchen X Kalis? Yuk baca artikel ini sampai habis!

[Review] Foresthree Coffee & Kitchen X Kalis - Cafe Hits & Instagenic di Bukittinggi
Pintu masuk kafe

ForesThree Coffee & Kitchen X Kalis
Alamat : Jl. H. Burhan No.17, Birugo Tangah Jua
Jam Operasional : 8 AM - 11 PM
Instagram : @foresthreecoffee.bukittinggi

Tempat dan Suasana ForesThree Coffee & Kitchen X Kalis


Saat mendengar kabar ForesThree Coffee & Kitchen X Kalis dibuka pada akhir bulan Agustus 2021, jujurly saya sangat ingin segera mengunjunginya.

Alasannya karena penasaran melihat langsung bangunan kafe dengan konsep kekinian yaitu minimalis yang mana serba putih, dihiasi tanaman hijau dan banyak ruang terbuka. Selain itu tentu saya ingin mencoba makanan, minuman dan donat yang disajikan di sana.

Melihat alamat kafe, ternyata sangat dekat dengan rumah saya di Bukittinggi yaitu jaraknya sekitar 300m berdasarkan Google Maps. Dengan jarak demikian, sekitar tiga hingga lima menit bisa ditempuh dengan berjalan kaki.

Akhirnya pada bulan Januari 2022, saya mengunjungi kafe kekinian dan hits di Bukittinggi ini di jam makan siang. Saat tiba di sana, saya menyadari bahwa pernah melihat proses pembangunan kafe ini  saat mudik sebelumnya. Saat itu saya dan adek hendak pergi membeli donat dan melihat bangunan yang cukup unik, penasaran apakah nanti menjadi rumah atau toko. Dan sekarang terjawab, ternyata bangunan unik tersebut adalah kafe.

ForesThree Coffee & Kitchen X Kalis berlokasi di Jl. H. Burhan No.17, Birugo Tangah Jua yang mana posisinya tak jauh dari gerbang Selamat Datang Bukittinggi yang ada di Jl. Sudirman. Patokannya adalah jalan kecil di dekat toko Budiman.

Begitu sampai, kita disambut oleh parkiran luas yang diselimuti oleh batu kerikil. Dari luar terlihat bangunan dua lantai, serba putih dan cukup lebar. Saking lebarnya, kamera ponsel saya tak bisa menangkap keseluruhan bangunan dari depan.

Di sebelah kanan pintu masuk sudah terlihat kumpulan kursi dan meja untuk pengunjung yang ingin berada di area terbuka. Selain itu terdapat tangga untuk ke lantai dua.

[Review] Foresthree Coffee & Kitchen X Kalis - Cafe Hits & Instagenic di Bukittinggi
Tempat memesan makanan, minuman dan donat

Saat masuk, pengunjung langsung disambut oleh kasir untuk dua menu yaitu menu ForesThree dan menu Kalis Donuts. Sehingga pengunjung bisa memesan makanan terlebih dahulu baru memilih tempat duduk.

Dari area kasir langsung terlihat area tengah yang semi terbuka. Bisa dibilang area paling ikonik karena terdapat tulisan ForesThree Coffee & Kitchen X Kalis pada dinding. Selain itu terdapat pohon Ketapang Kencana cukup besar yang dikelilingi meja dan tempat duduk. Awalnya di sini tidak diberi atap, lalu sekarang dipasang atap transparan supaya pengunjung masih bisa duduk di kala hujan.

Area tengah terhubung dengan area belakang yang masih terbuka. Namun ada sebagian dipasang atap transparan dan sebagian tidak. Di area belakang ini ada spot yang menurut saya paling instagenic yaitu tempat duduk yang di dekat dindingnya ditanami kaktus koboi.

Selain area terbuka, terdapat area tertutup dengan dua tipe. Satu yaitu ruangan privat dengan AC (dua ruangan) dan satunya lagi ruangan tanpa AC namun jangan khawatir karena Bukittinggi dingin jadi tidak kepanasan kok.

Kamu tidak kebagian tempat di lantai satu? Jangan khawatir karena masih ada banyak tempat duduk di lantai dua. Di lantai atas konsepnya ruang terbuka, namun ada yang dipasang atap dan ada yang tidak. Di sini kamu bisa melihat pemandangan sawah hijau dan gunung.

Kalau ke sini kamu mau duduk di mana?

[Review] Foresthree Coffee & Kitchen X Kalis - Cafe Hits & Instagenic di Bukittinggi
Ruang tertutup

[Review] Foresthree Coffee & Kitchen X Kalis - Cafe Hits & Instagenic di Bukittinggi


Makanan dan Minuman di ForesThree Coffee & Kitchen


Menu makanan di sini sangat beragam seperti menu sarapan pagi, appetizier, main course dan minuman.

Tipe makanannya sangat variatif, mulai dari hidangan nusantara seperti nasi goreng, soto, makanan Itali seperti pasta dan pizza, hingga makanan Jepang seperti ramen.

Sementara untuk menu minuman sama dengan ForesThree lainnya yaitu terdapat menu kopi, non kopi, teh, boba dan susu.

Penyajian makanannya bagus yaitu memakai piring keramik warna putih dan terracotta. Mengenai rasa makanan, saya sudah dua kali ke sana dan memesan makanan yang berbeda yaitu kwetiau goreng dan chicken cordon blue. Ntah kenapa rasanya pedas, apakah lidah saya sudah tidak "Padang" lagi? 

Kwetiau goreng adalah makanan favorit saya, sehingga sudah mencoba kwetiau dari berbagai tempat makan mulai dari abang-abang gerobak hingga restoran di mall. Baru pertama kali mencoba kwetiau super pedas yaitu di ForesThree Coffee & Kitchen X Kalis. 

Harga makanan di sini menurut saya sudah sesuai dengan situasi kafe dan presentasi hidangan. Namun saya penasaran dengan makanan lain, masih banyak yang perlu dicoba.

[Review] Foresthree Coffee & Kitchen X Kalis - Cafe Hits & Instagenic di Bukittinggi
Beberapa makanan dan minuman yang pernah dipesan


Donat Gemas ala Kalis


Selama saya tinggal di Jakarta/Cilegon, saya belum pernah mendengar donat Kalis. Setelah dicari tau ternyata ini salah satu frenchise donat yang ada di beberapa kota seperti Solo, Semarang, Pekanbaru dan Yogyakarta. Hmm aneh juga yah, dia tak punya cabang di kota Jakarta.

Pertama kali lihat donat kalis, wow ukurannya besar juga yah. Toppingnya cukup berbeda dengan donat lainnya. Harga donat kalis sekitar Rp 9000 hingga Rp 15000.  Cocok sekali dipesan bagi pengunjung yang hanya ingin nongkrong dan ngopi di sana. Jadi cemilan untuk teman ngopi.

[Review] Foresthree Coffee & Kitchen X Kalis - Cafe Hits & Instagenic di Bukittinggi
Beberapa varian donat Kalis

Fasilitas di ForesThree Coffee & Kitchen X Kalis


Sebuah kafe tidak hanya tentang suasana dan rasa makanan namun perlu fasilitas pendukung yang membuat mereka berbeda dari yang lain sehingga makin disukai pengunjung. 

Sekarang kita lihat fasilitas pendukung di ForesThree Coffee & Kitchen X Kalis, ada apa aja yah?

ForesThree Coffee & Kitchen X Kalis memiliki lahan parkir yang sangat luas. Namun karena banyaknya pengunjung, kadang mobil tidak kebagian parkir di sini sehingga harus parkir di tanah kosong yang ada di sebelah kanan bangunan. Jadi sebaiknya ke sini naik motor aja yah, atau jalan kaki seperti saya, hehe.

Sebelum pintu masuk disediakan wastafel untuk cuci tangan yang menjadi fasilitas wajib selama pandemi Covid19.

Kafe ini dilengkapi wifi gratis dan colokan listrik sehingga jika kamu bisa ke sini untuk belajar atau bekerja menggunakan laptop.

Di sini juga terdapat toilet yang bersih dan tempat sholat. Saya pribadi lebih suka melihat kafe yang ada tempat sholatnya, sehingga bisa sholat tepat waktu walaupun nongkrong lama dengan teman-teman.

Namun sayangnya di sini belum ada baby chair, sehingga ini sedikit menjadi poin minus bagi pengunjung yang membawa balita.


[Review] Foresthree Coffee & Kitchen X Kalis - Cafe Hits & Instagenic di Bukittinggi
Parkiran kafe

***

Senang sekali ada kafe hits dan instagenic di dekat rumah, apalagi sekarang saya suka kopi jadi bisa ke ForesThree Coffee & Kitchen X Kalis jalan kaki untuk sekedar beli kopi. 

Saya sangat merekomendasikan ForesThree Coffee & Kitchen X Kalis sebagai kafe yang wajib dikunjungi saat berada di Bukittinggi.

Semoga saat ke sana kamu kebagian tempat yah, karena ruangannya sering penuh bahkan terutama spot-spot favorit, bahkan saat weekday.


[Review] Foresthree Coffee & Kitchen X Kalis - Cafe Hits & Instagenic di Bukittinggi

Summary Fasilitas ForesThree Coffee & Kitchen X Kalis :


- Cafe dua lantai 

- Pilihan ruangan :
  Teras samping
  Ruangan tertutup
  Ruangan privat berAC (minimal 4 orang)
  Area terbuka - tengah
  Area terbuka - belakang
  Lantai atas tanpa atap
  Lantai atas beratap

- Ada baby chair
- Ada fasilitas toilet dan mushalla
- Free WiFi
- Tempat parkir luas
- Bisa pesan makanan via aplikasi gofood

Penilaian (poin maks 10)
- Tempat : 10
- Rasa : 7
- Harga : 9


Lokasi ForesThree Coffee & Kitchen X Kalis




xoxo
dila

Tidak ada komentar

Posting Komentar