5 Rekomendasi Design Macrame Serbaguna, Tak Hanya Sekedar Hiasan Dinding

Selasa, 08 Februari 2022

5 Rekomendasi Design Macrame Serbaguna, Tak Hanya Sekedar Hiasan Dinding


Tren yang berkembang cukup pesat selama pandemi covid-19 adalah home decoration atau mendekorasi rumah. Alasannya sudah jelas, larangan berpergian bahkan bekerja pun disuruh di rumah membuat orang-orang berupaya membuat rumah menjadi nyaman dan indah.

Salah satu produk home decoration yang populer adalah macrame. Bagi teman-teman yang masih belum familiar dengan kerajinan tangan ini, macrame (makrame) menurut KBBI adalah kerajinan tangan simpul-menyimpul dengan menggunakan berbagai macam benang.

Kerajinan tangan macrame biasanya berupa hiasan dinding dalam berbagai ukuran. Warna yang biasa digunakan adalah warna broken white dan beige.

Hiasan dinding macrame bisa ditaruh di berbagai tempat mulai dari depan pintu, dinding kamar, dinding ruang tamu hingga digantung di mobil. Oleh karena itu produk macrame cukup digemari oleh para ibu-ibu atau remaja yang suka menghiasi rumah atau kamar.


But wait! Taukah kamu kalau macrame tidak hanya berfungsi sebagai hiasan dinding? Ternyata ada design macrame yang bisa dimanfaatkan untuk hal lain loh!

Nah, sebagai orang yang sering membuat kerajinan tangan macrame a.k.a ownersnya @yarn.n.rope, saya ingin spill design macrame serbaguna khususnya yang pernah dipesan oleh konsumen.


5 Rekomendasi Design Macrame Serbaguna oleh Yarn And Rope, Tak Hanya Sekedar Hiasan Dinding



1. Macrame Pocket Wall Hanging


Design macrame pertama yang saya rekomendasikan adalah Macrame Pocket Wall Hanging atau Kantong Macrame Serbaguna.

Macrame ini bisa dimanfaatkan untuk menaruh berbagai macam benda seperti sisir, remote TV/AC, gunting, buku hingga bunga artificial. Berdasarkan barang-barang tersebut, macrame pocket bisa ditaruh di dekat pintu, cermin dan TV.

Macrame pocket wall hanging cocok sekali bagi kamu yang ingin menghias ruangan sekaligus memiliki kantong khusus untuk menaruh benda-benda.



5 Rekomendasi Design Macrame Serbaguna, Tak Hanya Sekedar Hiasan Dinding


2. Macrame Shelf


Macrame shelf atau rak gantung macrame memiliki fungsi yang mirip dengan macrame pocket yaitu bisa dimanfaatkan untuk menaruh barang.

Perbedaannya, pada macrame pocket benda ditaruh di dalam kantong sementara pada macrame shelf benda diletakkan di atas rak.

Benda yang cocok diletakkan pada rak gantung macrame ini adalah pot bunga kecil, parfum ruangan, foto, skincare atau pajangan kecil lainnya.

Beli di sini : Rak Gantung Macrame

5 Rekomendasi Design Macrame Serbaguna, Tak Hanya Sekedar Hiasan Dinding
Macrame Shelf untuk menaruh skincare


3. Macrame Plant Hanger


Macrame plant hanger cocok sekali bagi kamu yang suka dengan tanaman. Sehingga tanaman tak hanya ditaruh di atas lantai atau meja namun bisa digantung cantik menggunakan gantungan bunga macrame.

Gantungan bunga macrame termasuk produk macrame yang digemari oleh konsumen Yarn And Rope. Saya sudah membuat berbagai design gantungan bunga dan hasilnya selalu memuaskan. Apalagi setelah ditambahkan bunga, dijamin bisa membuat ruangan semakin indah dan hijau.


5 Rekomendasi Design Macrame Serbaguna, Tak Hanya Sekedar Hiasan Dinding
Macrame untuk gantungan bunga artificial

5 Rekomendasi Design Macrame Serbaguna, Tak Hanya Sekedar Hiasan Dinding
Macrame untuk gantungan bunga hidup/kaktus




4. Macrame Table Runner & Pillow Cover


Tak hanya rajutan, ternyata macrame juga bisa dijadikan taplak meja dan sarung bantal loh. Hasilnya sangat cantik, kalau menggunakan taplak meja dan sarung bantal macrame dijamin ruang tamu kamu terlihat seperti foto-foto di pinterest.

Jujurly dari dua produk ini saya baru pernah membuat taplak meja macrame saja. Dibalik hasil akhir yang cantik, proses pembuatannya sangat sulit dan lama. Saya yakin semua pengrajin macrame setuju bahwa produk macrame yang paling sulit adalah si taplak meja ini. 

5 Rekomendasi Design Macrame Serbaguna, Tak Hanya Sekedar Hiasan Dinding
Taplak meja macrame Yarn And Rope - foto dari customer


5. Macrame Mood Board


Macrame mood board sangat cocok untuk menambah hiasan dinding di kamar atau rumah. Selain itu juga berguna untuk menempel/menggantungkan foto-foto, catatan kecil, postcard dan benda-benda kecil lainnya yang bisa digantung.

Bisa dibilangnya fungsinya mirip hijang atau pegboard tapi bedanya tampilan macrame mood board  lebih aesthetic.

5 Rekomendasi Design Macrame Serbaguna, Tak Hanya Sekedar Hiasan Dinding
Macrame untuk menggantung benda-benda favorit



***

Sekian 5 rekomendasi design macrame yang bisa memiliki fungsi lain dan tak sekedar untuk hiasan ruangan saja yaitu macrame pocket, macrame shelf, macrame plant hanger, macrame table runner dan macrame mood board.

Design yang diperlihatkan di atas adalah berdasarkan produk yang pernah saya buat atau dipesan oleh konsumen. Sebenarnya masih banyak design lain yang bermanfaat seperti macrame kecil untuk potholder, tatakan gelas, tali tas, tas, ayunan bayi dan lain-lain.

Next time kalau saya berhasil membuat design lain, akan dishare di blog ini lagi. Lihat koleksi produk macrame lainnya di instagram @yarn.n.rope atau di shopee Yarn And Rope.

Jadi di antara lima design macrame di atas, mana yang paling favorit atau pengen kamu miliki ?

xoxo
dila

Tidak ada komentar

Posting Komentar