Kisah Hobi dan Bisnis : 3 Design Macrame Paling Berkesan

Sabtu, 16 Oktober 2021

Kisah Hobi dan Bisnis : 3 Design Macrame Paling Berkesan

Masih terngiang-ngiang dengan ucapan sendiri "Pokoknya tak akan menambah hobi baru di bidang kerajinan tangan! Merajut aja udah cukup! Tak mau nambah-nambah isi kamar dengan alat dan bahan kerajinan tangan lainnya"

Eh.. akhir tahun 2019 belajar membuat macrame.
Eh..... awal tahun 2020 iseng jualan macrame.

Tak terasa sudah hampir dua tahun hidup bersama macrame, jenis kerajinan tangan berbahan tali yang telah menemani saya #dirumahsaja khususnya di tahun pertama pandemi COVID-19. Tak hanya itu, macrame telah membuktikan bahwa hobi bisa dijadikan sebagai bisnis, jadi tidak sekedar sebagai kegemaran yang hanya menghabiskan uang.

Telah membuat berbagai macam produk macrame apalagi untuk dijual, tentu ada beberapa produk atau design yang berkesan bagi saya. Jujur setiap design memiliki kesan masing-masing, namun saya akan memilih tiga design yang paling spesial bagi saya.

FYI sebelumnya saya telah menulis artikel mengenai projek rajutan yang berkesan. Nah sekarang saatnya membahas tentang projek atau design macrame yang paling berkesan sejauh ini.


Ada apa saja yah? Mari kita lihat!



Dari hobi menjadi bisnis kecil!

Berikut produk Macrame yang berkesan bagi owner Yarn And Rope!


1. Lion


Lion adalah nama yang diberikan untuk macrame kedua yang saya buat. Saya memang gemar memberikan nama kepada barang kesayangan dan tak terkecuali produk macrame. Tujuannya supaya mudah dibedakan dan menjadi karakteristik bagi small business saya.

Dari pada memberi nama dengan kode seperti Macrame A12, lebih enak didengar jika diberi nama seperti Lion. Selain itu, ternyata customer juga lebih mudah mengenali dan menyebutkan nama design macrame yang diinginkan. Namun memberi nama yang cocok untuk macrame bukanlah hal mudah, makanya belum semua produk Yarn And Rope berhasil dinamai.

Kembali lagi dengan Lion, si singa ini merupakan remake dari design macrame yang dibagikan oleh macrame artist dari Rusia. Saya melihat tutorial yang dibagikan di Youtube dan penasaran untuk membuatnya. Saat berhasil menyelesaikan, saya merasa kalau bentuknya seperti kepala singa yang identik dengan rambut panjang.

Lion ini berkesan bagi saya karena merupakan macrame pertama yang dibeli, kebetulan pembelinya adalah teman kantor sendiri. Memang yah, saat pertama kali jualan target pembeli pasti teman atau orang terdekat. Selain itu Lion termasuk best seller. Saya sudah membuatnya berkali-kali dengan jenis tali single strand warna broken white dan juga beige, tergantung permintaan pembeli.

Setelah sering membuatnya, tanpa disadari Lion mengalami sedikit revolusi design. Mulai dengan adanya tambahan mote pada bagian tengah hingga hasil yang semakin rapi dan berkarakter. Namanya juga handmade, setiap hasil tidak akan 100% sama.

Berikut revolusi Lion dari awal hingga sekarang.

Kisah Hobi dan Bisnis : 3 Design Macrame Paling Berkesan



2. Dedaunan


Seperti namanya Dedaunan, ini merupakan macrame wall hanging berbentuk kumpulan daun. Dedaunan ini bisa dibilang yang paling berkesan.

Asal mula saya membuat macrame unik ini adalah berawal dari keinginan bekerja sama dengan selebgram dengan nama akun "@kellyshirouchi" yang dikelola oleh mba Ratih yang super ramah. Ingat sekali awalnya saya menawarkan macrame wall hanging mini dengan hiasan kaktus (seperti gambar paling awal di artikel ini) untuk kamar anaknya karena saya merasa design macrame ini cocok dengan konsep kamar yang ala-ala Korea. Namun saya tetap memberikan kebebasan jika ada design macrame yang diinginkan. Bagaimanapun pemilik rumah pasti tau design apa yang cocok dengan konsep rumahnya.

Setelah saya berikan katalog berupa design macrame karya orang luar (maklum saat itu karya saya masih sangat sedikit), mba Ratih mengatakan kalau dia suka dengan design macrame berbentuk daun dengan warna broken white. Sayapun bersemangat membuat macrame design tersebut menggunakan kayu jati dengan panjang 60cm dan segera mengirimkan ke rumah mba Ratih.

Memang yah, the power of selebgram, begitu foto macrame Dedaunan diunggah di akun Instagram @kellyshirouchi, follower Yarn and Rope bertambah dan banyak pecinta home decor yang ingin memesan Dedaunan.

Sejak dipromosikan oleh mba Ratih, sudah banyak yang pesan dan permintaan beragam. Ada yang pesan dengan design sama persis, ada yang ingin coba kombinasi warna lain dan ada yang ingin pesan ukuran berbeda misalnya panjang kayu lebih pendek (30cm) dan lebih panjang (80cm).

Alhasil Dedaunan menjadi the best seller untuk katagori macrame wall hanging di Yarn And Rope. Tak hanya itu, Dedaunan bersama mba Ratih berhasil membuat Yarn And Rope lebih berkembang di Instagram.

Saya pribadi juga suka membuat Dedaunan dan gemas melihat hasilnya. Apalagi kalau dapat foto cantik dari customer, semakin senang dan puas melihatnya. Sesungguhnya sulit memilih Dedaunan yang paling saya sukai, namun berikut gambar design macrame Dedaunan dari berbagai ukuran.

Kisah Hobi dan Bisnis : 3 Design Macrame Paling Berkesan

Kisah Hobi dan Bisnis : 3 Design Macrame Paling Berkesan

Dan masih banyak lagi koleksi Dedaunan dengan kombinasi warna lain yang sudah dipesan oleh pembeli. Untuk lebih lengkap silakan cek Instagram Yarn And Rope.


3. Mini Rainbow Keyring


Sebenarnya saya tidak begitu tertarik menawarkan produk macrame jenis keyring dengan bentuk mini rainbow karena saya kenal penjual macrame lainnya yang khusus membuat macrame pelangi.

Namun "terpaksa" membuat gantungan kunci mini rainbow dan malahan menjadi produk berkesan. Ada dua cerita berbeda namun masih berkaitan terkait macrame gemas ini.

Awalnya ada seorang pembeli yang tiba-tiba memesan mini rainbow di saat pembeli lain rata-rata memesan macrame Dedaunan. Saat itu orderan saya bisa dikatakan cukup banyak, namun dia bilang bersedia menunggu antrian.

Saat sudah menyelesaikan pesan lain, saya menghubungi costumer tersebut lalu dia bilang ingin memesan mini rainbow sebanyak delapan buah. Bagi saya, itu adalah jumlah yang banyak mengingat saya belum pernah membuat macrame ini sama sekali. Takjub juga, kok dia yakin memesan produk yang belum pernah saya jual bahkan dalam jumlah yang banyak.

Ternyata pembeli tersebut adalah seseorang yang mengelola bisnis essential oil. Katanya gantungan pelangi kecil ini akan dijadikan hadiah untuk customernya. Jujur saya senang mengetahui hal ini.

Setelah pembeli tersebut membuat testimoni di IG story, datanglah pembeli lain yang juga memiliki bisnis essential oil yang dikenal dengan akun @timki (halo mba Tia!). Kali ini lebih berkesan lagi karena, mba Tia meminta untuk menjadi reseller dari produk mini rainbow saya. Wah!!! 

Awalnya saya bingung kenapa pecinta essential oil suka dengan gantungan macrame pelangi, ternyata karena bahannya dari tali katun sehingga bisa diteteskan oil. Jadi mini rainbow ini bisa dua fungsi yaitu sebagai hiasan dan sebagai media tetes oil.

Berkat mba Tia, saya sudah membuat gantungan kunci pelangi dengan berbagai warna yang berarti koleksi tali warna saya juga semakin lengkap. Kalau dilihat kuantitas, mini rainbow keyring ini adalah paling the best seller!!

Membuat gantungan kunci pelangi susah-susah gampang. Gampang karena bentuknya kecil namun susah karena saya menggunakan teknik jahit supaya pelanginya awet. Menjahitnya tidak semudah menjahit kait, karena tali macrame ini tebal, saya harus menggunakan jarum besar dan butuh tenaga untuk menjahitnya. Padahal penjual lain banyak yang menggunakan lem tembak untuk merekatkan semua warna pelangi.

Itulah yang membuat macrame jenis gantungan kunci pelangi mini ini berkesan bagi saya. Paling banyak dibeli namun juga paling sulit membuatnya. Jadi ingat, jari saya sudah beberapa kali tertusuk jarum saat menjahit pelangi.

Kisah Hobi dan Bisnis : 3 Design Macrame Paling Berkesan



***

Sekian cerita tentang tiga design macrame paling berkesan bagi saya. Semoga tulisan ini menjadi ispirasi bagi teman-teman yang ingin menambah hobi baru di bidang kerajinan tangan. Hehehe.

Tuk melihat design macrame lainnya, jangan lupa kunjungi dan follow Instagram Yarn And Rope yah!!

30 komentar:

  1. Wahhh bagus bangett, dari dulu tu pengen bisa buat beginian, tapi tangan ini kenapa ga bisa bergerak maju kalo masalah seni ๐Ÿ˜‚ kek tidak ditakdirkan pengrajin karya tangan wkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang penting sekarang tangannya ahli menulis artikel yah kak, hehehe.
      Makasih ^^

      Hapus
  2. Saya selalu tertarik dengan produk macrame macam begini, sebelum kenal Mba Dilla, saya beli hiasan macrame dan cermin yang pinggirannya macrame di marketplace.

    Lihat desain macrame nya Mba Dilla gak kalah menarik. Kalau nnti ada rejeki lebih mau beli satu untuk di ruang kerja Mba..

    Suka yang dedaunan itu, minimalis

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, kamu udah pernah beli macrame.... Setau saya di Bali memang banyak macrame artist deh Natih, jadi mungkin memang tak asing bagi kamu.

      Asik,, dijadiin kado juga bagus loh natih,, hehe

      Hapus
  3. Hahaha sama nih aku juga kebanyakan hobi, mau fokus 1 aja duh ga bisa, seneng apalagi klo ada duitnya makin gemasss makasih kak sharingnya pengen beli yang pelangi deh tapi aku belum punya rumah sendiri jadi mungkin nanti aku hias rumah dengan Aesthetic macrame

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kita sama-sama tim lemah akan hobi baru.
      Aamiin, semoga bisa segera punya rumah sendiri yah ^^

      Hapus
  4. Aku udah lama banget pengen belajar macrame.. beli bukunya udah.. tapi niatnya belum tulus mungkin ya jadi belum mulai-mulai huhuhu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nanti saya bikin tutorialnya yah, jadi bisa belajar dari video hehehehe

      Hapus
  5. Macrame yg Lion itu mirip2 desain yg Dreamcatcher (eh bener ga ya namanya ini??), soalnya sering lihat di film2. Suka yg dedaunan itu.

    Di rumah saja hobi saya apa ya, malah jadi kebanyakan beli online ini-itu kayaknya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hmm, beda kak,,, Klo Dreamcatcher itu biasanya bentuk lingkaran.
      Ya, saya juga beli online sejak corona.

      Hapus
  6. Wahh liat-liat macramenya estetik semua kak Dila, mau dong diajari bikinnya hehehe. Aku suka banget yang dedaunan sama yang pelangi jga lucu kak, mampir ke Ignya ah..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih Ulfah, nantikan aku bikin tutorialnya di Youtube yah, hehe.

      Hapus
  7. Kerajinan tangan begini sih pasti pada suka sih.
    Hanya saja memang konsisten nya itu yang kadang ada kadang juga lagi M, alias Males hehe.
    Soalnya daku demikian sih kak, suka sebenarnya cuma buat mulainya masih belum

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya kak, memulainya kadang butuh effort, dan konsisten bikinnya lebih membutuhkan effort seperti halnya ngeblog

      Hapus
  8. Wah, itu buat sendiri ya Kak macramenya? Saya suka lihat foto-foto kamar tidur dengan hiasan Macrame lion dan saya suka sama desainnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya dibikin sendiri kak, ^^
      Yap, macrame enggak hanya ditaro di ruang tamu tapi di kamar tidur juga bagus

      Hapus
  9. Bagus-bagus semuanya. Paling suka desain Daun. Di rumahku ada beberapa desain Lion, aku beli di Shopee. Mbak Dilla jual kah hasil kerajinannya? Jadi pengen order :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya, saya jual mba, silakan cek di IG atau Shopee yah ^^

      Hapus
  10. Yang lion memang banyak sekali yang suka. Banyak yang punya cocok untuk hiasan dinding di mana aja. Dan bisa menambah estetik sebuah ruangan. Cakep banget. ๐Ÿ˜๐Ÿ˜

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya kak, desain Lion dan yang mirip-mirip Lion banyak sekali yang punya. Emang cakep.

      Hapus
  11. Toss dulu kak, sama suka dengan kerajinan tangan. Aku kebetulan juga berbisnis dari kerajinan tangan bahan felt, Pernah tertarik bikin ini, cuma harus berbagi waktu.. Aku langsung cuss loh ke Instagram nya, suka dengan koleksinya bagus bagus, apakah di buka kelas juga ? ๐Ÿงก

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah,, kerajinan tangan bahan felt itu yang mana yah? bikin boneka kah?
      Iya kan, sebagai pecinta handmade, kita gampang suka sama jenis kerajinan tangan yang sedang booming. Padahal waktu dan ruang penyimpanan terbatas.

      Pengen juga bikin kelas macrame, doakan suatu hari ^^

      Hapus
  12. Masya Allah cantiknya..

    Mbak rajin dan telaten sekali. Hasilnya bagus2..tangan2 orang berbakat ini mah.

    Masya allah dari hobi jadi rezeki y mbak. Aku paling suka dedaunan unik cantik.

    Hehehhee...
    Tampaknya macrame ini makin booming saat pandemi sebab aku pernah tahu beberala orang yg aku kenal ikutan bebikinan macam ini . Bagus2 gtu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. alhamdulillah, makasi mba.

      Iya kerasa banget ini booming pas pandemi. ya lumayan tuk ngisi waktu di rumah aja.

      Hapus
  13. Wahhh gilaaa keren banget tuh, selain artistik juga punya nilai jual tinggi jika dipasarkan dengan benar. Moga makin banyak desain baru dan laris ya Kak.

    BalasHapus
  14. keren banget kak, produknya cantik-cantik, semoga semakin laris ya kak. di tunggu juga desain macrame yang terbaru hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe, makasih, yup ditunggu design terbaru yah ^^

      Hapus
  15. sukakk dan bagus bagus mba
    waktu mbak dilla share di grup blogwalking, yang share bisnis, aku masih save cp nya dan sosmednya, berharap someday beli product kerajinan tangan ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, makasih mba Ainun.
      Ya,, didoain semoga ga sadar tiba-tiba order yah, wkwk

      Hapus