Alasan, Tujuan hingga Manfaat Blog yang Bikin Bucin Ngeblog

www.chocodilla.com


Pertama-tama saya ingin mengucapkan Selamat Hari Blogger Nasional yang ke-14 tahun kepada teman-teman blogger, komunitas blog dan pengunjung atau pembaca blog ini.

Jujur setelah hampir 12 tahun ngeblog, baru tau kalau ada hari spesial untuk saya (baca : blogger) yang jatuh pada tanggal 27 Oktober. Terima kasih kepada komunitas blog seperti BloggerPerempuan, BloggerHUB dan 1Minggu1Cerita yang sudah mengingatkan adanya Hari Blogger Nasional yang dicanangkan oleh Menteri Komunikasi dan Informatika RI, Muhammad Nuh, pada 27 Oktober 2007 .

Hari Blogger Nasional tahun ini tak bisa dilewatkan begitu saja. Oleh karena itu saya ingin merayakannya dengan membuat tulisan tentang kisah singkat bersama blog dari awal hingga sekarang serta manfaat bagi kehidupan saya. 


#Apa Alasan Membuat Blog?


Sebuah pertanyaan yang sering didapatkan oleh para blogger. Dari sekian banyak blog yang saya kunjungi, alasan yang sering dijumpai adalah untuk menyalurkan hobi menulis, sebagai media curhat atau diari pribadi dan ada juga yang terpaksa membuat blog karena tugas sekolah/kuliah.

Saya sendiri membuat blog sekitar tahun 2009 saat kuliah karena ikut-ikutan teman. Ntah kenapa saat itu sedang tren memiliki blog pribadi. Ada yang menulis di Wordpress, Blogspot, Tumblr atau Livejournal. Bahkan ada yang menulis di empat platform tersebut, yaitu saya hehehe.

Padahal di waktu yang bersamaan, saya dan teman-teman juga aktif media sosial seperti Facebook dan Twitter. Namun menulis di blog terasa menyenangkan sehingga kami saling berbagi tautan dan mengunjungi blog.



#Makna dan Identitas Blog


Blog bagi saya memiliki makna yang lebih spesial dari pada media sosial lainnya. Selama 12 tahun sudah banyak media sosial yang diikuti seperti Friendster, Plurk, Facebook, Twitter, Path, Instagram dan sekarang yang terbaru Tiktok. Ada yang sering sekali diakses dalam jangka waktu tertentu, namun kemudian ditinggalkan.

Berbeda dengan blog, walaupun awalnya saya tidak konsisten menulis, namun blog selalu menjadi teman yang dirindukan. Bahkan sekarang saya merasa blog seperti rumah yang harus dirawat, diisi dan dihias sehingga saya nyaman berada di dalamnya dan ingin mengundang orang-orang datang mengunjunginya.

Berbicara mengenai identitas, tidak hanya manusia yang mengalami krisis identitas diri, blog personal ini juga demikian. Terlahir sebagai blog pribadi lalu tumbuh menjadi blog gado-gado, saya merasa harus menentukan identitasnya (baca : niche) setelah membeli domain untuk blog yang sebelumnya bernama www.rfdila.blogspot.com , saya memutuskan bahwa blog personal ini memiliki identitas sebagai lifestyle and travel blog (cari aman) yang berarti isinya seputar cerita liburan, review tempat makan, hobi dan tips kehidupan lainnya.

Berat juga untuk konsisten membuat tulisan yang sesuai niche karena terkadang ada saja hal baru yang ingin dibahas. Selain itu, karena saya suka K-Pop dan memiliki pengetahuan tentang budaya dan bahasa Korea, jemari ini tidak tahan untuk mengetik artikel yang berkaitan dengan K-Pop dan Korea. Akhirnya karena tekat kuat untuk mempertahankan niche, sayapun memutuskan membuat blog kedua dengan nama www.bersamakpop.my.id pada kuartal kedua tahun 2021 ini.

www.chocodilla.com
sumber : publicdomainq.net


#Tujuan Memiliki Blog?


Ada beberapa tujuan yang membuat saya setia ngeblog hingga sekarang. Kalau dilihat berdasarkan rentan waktu, ada tiga periode yang membuat tujuan tersebut berbeda-beda.

Periode pertama tentu saat pertama kali membuat blog yaitu pada tahun 2009. Tujuan utama saya saat itu hanyalah sekedar ingin menuliskan curhatan kehidupan anak kuliah, saling mengunjungi dan mengomentari blog teman.

Periode kedua adalah setelah lulus dan baru memasuki dunia kerja yaitu tahun 2012. Alhamdulillah begitu bergabung di sebuah perusahaan multi nasional, saya diberi kesempatan merasakan hidup dan bekerja di negara lain yaitu Korea Selatan.

Sehingga saat itu saya memanfaatkan blog sebagai diari digital yang berisi tulisan dan foto-foto kehidupan di sana. Walaupun bisa mengunggah ratusan foto di Facebook, namun menulis cerita lengkap di blog menjadi kepuasan tersendiri. Bahkan ketika dibaca lagi sekarang, saya bisa merasakan serunya momen saat itu.


Periode ketiga bisa dibilang sekitar tiga tahun terakhir ini. Setelah banyak mengunjungi blog lain, ikut komunitas blog hingga mendapatkan tawaran kerja sama blog, tujuan saya memiliki dan mempertahankan blog semakin luas.

Tujuan dasar masih sebagai wadah curhat dan diari digital namun dikemas dengan lebih baik. Saya mulai memiliki keinginan untuk menulis pengalaman pribadi atau tips yang bisa menjadi informasi bagi orang lain. Berharap blog personal ini menjadi tempat favorit orang-orang dan anak kesayangan Google yang artinya sering masuk halaman pertama dan urutan teratas. Selain itu tidak dipungkiri tujuan memiliki dan mengembangkan blog adalah mendapatkan pemasukan tambahan. Ya setidaknya blog ini membayar nama domain dia sendiri.


#Manfaat Memiliki Blog


Berbicara tentang manfaat, dari tulisan di atas sebenarnya sudah terlihat manfaat yang saya rasakan dari blog. Berikut manfaat memiliki blog yang saya rasakan selama 12 tahun.

1. Wadah Curhat Paling Nyaman

Blog adalah media yang paling nyaman untuk menuliskan uneg-uneg karena bisa menulis sepanjang yang diinginkan tanpa takut mengganggu orang lain. Ibaratnya, menulis curhatan di Facebook/ Twitter/ Instagram seperti berteriak di atas panggung. Semua orang yang berada di sekitar panggung bisa atau terpaksa mendengar. Ada yang suka namun ada juga yang terganggu. Sementara menulis di blog seperti bercerita di dalam rumah, yang datang hanyalah yang diundang atau yang tak sengaja mampir karena ingin mendengarkan cerita dengan senang hati.

2. Mengasah Kemampuan Menulis

Sejujurnya saya adalah lulusan dari Fakultas Ilmu Bahasa dan Kebudayaan namun paling tidak suka pelajaran mengarang atau menulis. Terima kasih kepada teman-teman kuliah yang membuat saya semangat menulis di blog.

Jika melihat tulisan di blog ini dari awal hingga sekarang, terasa sekali peningkatan kemampuan menulis saya. Dulu saya menulis amat sangat bebas (baca : berantakan), tidak mengikuti EYD, paragraf tidak rapi dan belum mengenal yang namanya SEO Friendly. Yah, memang dulu tujuannya adalah menulis curhatan pribadi dan target pembacanya hanyalah teman-teman sekitar. 

Tahun demi tahun terlihat adanya perubahan tulisan menjadi lebih baik, dimulai dengan penggunaan EYD yang benar, memperhatikan ejaan, komposisi tulisan dan gambar, konsistensi gaya penulisan dan penggunaan kata ganti atau kata sapaan. 

Bebeberapa tahun terakhir, berkat mengikuti komunitas blog dan setelah datangnya tawaran kerja sama dari brand, saya merasa makin banyak ilmu dan serius dalam menulis seperti membuat artikel menerapkan SEO Friendly

Berikut contoh tulisan blog saya di awal tahun 2010 yang sangat bebas berkreasi, silakan bandingkan dengan tulisan sekarangan XD.


3. Berbagi Informasi dan Pengetahuan


Jika dulu menulis hanya untuk diri sendiri, sekarang saya senang kalau tulisan di blog ini bisa menambah pengetahuan orang lain. Tentunya saya berusaha menyajikan tulisan yang berbobot dan layak dibaca oleh orang lain.

Misalnya, dulu setelah mengunjungi sebuah tempat, saya menulis tentang tempat tersebut supaya bisa dibaca lagi nantinya. Selain itu, saya menambahkan foto yang banyak pada artikel namun sayangnya lebih banyak foto dengan objek diri sendiri atau bersama teman.

Namun sekarang, setelah berkunjung ke suatu tempat seperti kafe atau objek wisata, saya berusaha membuat ulasan yang informatif dan menarik. Tak lupa menambahkan gambar pendukung yang lebih memperlihatkan kondisi dari tempat tersebut.

Dengan demikian, artikel akan mudah masuk ke halaman depan Google sehingga membantu orang yang mencari infomasi terkait. Selain itu, dengan membuat ulasan di blog, mempermudah jikalau ada teman yang bertanya kepada saya.

Misalnya seperti ini "Eh, minggu lalu kamu jalan-jalan ke Belitung kan? Cerita donk, seru enggak?" Lalu saya akan menjawab "Seru banget, lautnya juga cantik bla bla bla. Eh kalau mau tau detailnya nanti baca di blog aku yah". 

www.chocodilla.com
Sumber : Sketch Valley


4. Mengenal Blog Inspiratif dan Komunitas Blog


Selain sebagai wadah berbagi informasi, blog menjadi jendela yang membuka mata saya bahwa banyak blog inspiratif di luar sana.

Beberapa tahun menjadi blogger, tentu banyak blog yang telah kunjungi. Kebetulan saya tipikal visual yaitu lebih suka dengan gambar atau foto sehingga mudah tertarik pada blog dari travel blogger, food blogger, fashion blogger dan sejenisnya. Banyak sekali blog yang menginspirasi dan menambah wawasan baik mengenai blog itu sendiri maupun mengenai tema atau niche yang disajikan.


Tak hanya mengenal blog inspiratif, berkat blog saya bisa mengenal dan bergabung dengan komunitas blog di Indonesia.

Salah satu komunitas blog yang cukup lama saya ikuti dan sangat bermanfaat adalah Blogger Perempuan. Sesuai namanya, komunitas ini diperuntukkan untuk blogger khusus perempuan Indonesia di manapun berada. Misinya adalah untuk mendukung blogger wanita Indonesia di ruang digital dan meningkatkan konten mereka.

Website Blogger Perempuan menjadi wadah bagi para blogger untuk bertemu secara virtual dan tentu dapat mempromosikan artikel. Di sini lah saya banyak mendapatkan ilmu dan menjadi mudah mengenal blogger lainnya. Tentunya saya juga memiliki kesempatan untuk mempromosikan blog sendiri sehingga meningkatkan jumlah pengunjung.

www.chocodilla.com
Website Komunitas Blogger Perempuan


5. Membangun dan Mengembangkan Soft Skill


Menulis di blog membuat saya bisa menggali potensi diri dan mengembangkan soft skill lainnya. Selain itu juga lebih memahami karater saya dalam menulis artikel.

Mengembangkan soft skill lainnya seperti belajar mengedit foto karena saya suka menampilkan gambar thumbnail menarik dan foto pendukung di dalam artikel. Belajar coding secara sederhana, karena saya punya rasa penasaran tinggi saat mengatur tampilan blog. Saat mengganti template, mengubah font hingga saat adanya masalah di blog mendorong saya untuk mencari tau kode-kode apa yang harus diganti atau ditambahkan.

www.chocodilla.com
Illustrations by Vijay Verma

6. Belajar Menghargai Karya Orang Lain


Hal positif yang sangat saya rasakan karena aktifitas ngeblog adalah lebih menghargai karya orang di media sosial baik itu tulisan maupun gambar.

Saya paham sekali bahwa menulis itu bukanlah hal yang gampang. Sehingga saat mengutip kalimat dari artikel lain, saya membiasakan diri untuk mencantumkan sumbernya. Tak kalah penting dengan tulisan, sekarang saya cukup berhati-hati saat menggunakan gambar. Saat membutuhkan foto pendukung dan menemukannya di Google maka saya pastikan untuk menuliskan sumber atau pemiliknya.

Saya pribadi pernah mengalami hal tak mengenakkan, gambar makanan yang saya unggah di Instagram tiba-tiba digunakan oleh sebuah akun kafe yang juga ada di Instagram. Mereka tidak meminta ijin kepada saya terlebih dahulu dan beralasan menemukan foto tersebut di Google. Tentu saya merasa kecewa apalagi foto itu bukanlah foto makanan dari kafe tersebut yang berarti mereka telah menipu calon pembeli.

Setelah kejadian itu, saya selalu memberi watermark pada foto yang diupload terutama di blog.


7. Hobi yang Menghasilkan


Ternyata blog bisa menghasilkan uang lho! Saya sendiri tidak pernah membayangkan bisa mendapatkan uang dari blog pribadi.

Pencapaian pertama yang saya rasakan dari blog adalah menang sebuah kompetisi blog. Mungkin dari situ blog saya mulai dikenal dan alhasil mendapatkan tawaran kerja sama dari sebuah brand.

Sejujurnya beberapa tahun lalu, saya masih belum konsisten menulis sehingga tidak selalu mendapatkan tawaran kerja sama. Namun alhamdulillah, setiap saya mulai aktif lagi barulah mendapatkan surat cinta dari brand.

Faktanya banyak blogger aktif di luar sana yang sering menghasilkan uang dari blog bahkan ada yang menjadikan sebagai profesi. Intinya adalah konsisten menulis dan terus meningkatkan kualitas blog.


***

Sekian kisah singkat mengenai blog pribadi yang telah tumbuh berkembang selama 12 tahun. Semoga ke depan saya makin konsisten menulis artikel sesuai niche dan membuat www.chocodilla.com menjadi Travel & Lifestyle blog favorit pembaca. Dan tak lupa blog yang satunya lagi www.bersamakpop.my.id juga dapat tawaran kerja sama dengan brand Korea hehehe.. aamiin.

Sekali lagi selamat Hari Blogger Nasional yang ke-14 !! Semoga makin jaya para blogger Indonesia dan komunitas blog yang ada juga makin besar dan sukses!

***

Tulisan ini diikutsertakan pada Giveaway Time Hari Blogger Nasional dengan tema Aku dan Blog yang diadakan oleh komunitas BloggerPerempuan. 

xoxo
dila
 


26 comments:

  1. Sebagai sesama blogger, aku setuju dengan semua yang mba Dila tulis. Aku juga sering tuh bilang, lengkapnya ada di blog aku. Terus aku diginiin: tetep ya promosi blog. YAIYALAAAH TETEP😂😂😂

    Btw walaupun sedikit telat, aku ucapkan selamat Hari Blogger Nasional~~🎉

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya kan Endah, kitapun pasti males kalau menjelasin hal yang sama ke beberapa orang. Seandainya udah ditulis di blog, yah tinggal kasih link ke mereka. Sekalian ngasih informasi detail, sekalian naikin traffic...hehehe

      Semoga makin semangat ngblog yah!!

      Delete
  2. Tentang tujuan nulis blog itu aku can relate banget, deh. Berasa, sih, waktu awal banget bikin blog sampai sekarang tujuannya berbeda-beda. Masa SMA ke kuliah beda, terus abis lulus beda lagi, akhirnya setelah nikah sampai sekarang udah mantep niche blognya, hahaha. Dan aku setuju banget soal blog menjadi tempat nyaman untuk belajar menulis, karena aku juga bisa melihat gimana perkembangan menulisku. Plus, pola pikir juga ikut berubah ke arah yang lebih baik.

    Tetap semangat ngeblog, Dilla! Happy National Bloggers Day! 🎉

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya Jane, aku kalau lihat tulisan dulu malu banget. Tata bahasanya acak adul. Akhirnya banyak yang dihapus atau yang berkesan aku dijadiin draft tuk koleksi pribadi.

      Sama-sama Jane, semangat ngeblog!!

      Delete
  3. Selamat Hari Blogger Nasional mbak. Ternyata panjang juga ya perjalanannya di dunia blog, bak bumi dan langit dibandingkan saya nih.

    But anyway, memang asyik sih ngeblog bisa menambah networking yang 1 channel sama kita dalam hal passion menulis. Setidaknya itu yang saya rasakan.

    Sedangkan untuk finansial, kebetulan belum. Ya tau diri juga sih, secara kualitas blog dan blogpost saya juga memang belum cukup menjanjikan buat brand yang mau ngajakin kerja sama hehehhe.

    Last but not least, semoga terus konsisten berkarya dan berbagi hal baik melalui blog ini ya mbak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama mas, selamat Hari Blogger Nasional.
      Hehehe, walaupun perjalanan blog saya panjang, tapi baru serius 3 tahun terakhir.
      Bener banget, ngeblog apalagi ikut komunitas blog, jadi nambah teman dan wawasan.

      Semangat mas, harus sering update dan sekali-kali ikut blog competition, insyaallah bakal ada brand yang menawarkan kerja sama.

      Delete
  4. iya aku dulu juga bikin blog buat curhat doang, terus setelah kenal komunitas blogger, dan tahu kalau dari blog itu bisa dapat penghasilan juga, mulai deh serius ngeblog, beli domain, utak atik template, ternyata ngeblog itu seru ya, walaupun kadang-kadang off sampai berbulan-bulan tapi pasti nanti balik lagi ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener sekali mba, saya juga mulai serius ditandai dengan beli domain.
      Trus nanti ntah karena kesibukan lainnya atau bosen, off ngblog dulu,
      trus nanti kangen dan ngeblog lagi hehe.

      Delete
  5. awal ngeblog karna suka nulis puisi dan karena hal bucin dan isinya gado2 semuanya. bener kata mb, pas menjelajahi lebih dlam lagi ttg blog pngnnya blog diisi sebaik mungkin karna itu ibarat rumah dan dr stu bnyak belajar mulai dr buat design di canva dan otak-atik java script.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, awalnya karena nulis puisi mba?

      Semua blogger sama aja yah, awalnya gado-gado trus mulai mendapat pencerahan setelah
      berjalannya waktu dan sering BW.

      Ya, jadi belajar canva dan otak atik java script.

      Delete
  6. Luar biasa memang blog ini, positif semua ya, kak!. Dulu lebih "bebas", gak kenal banget sama namanya seo-seoan, karena blog belum sepopuler website, ya? Jadi terkesan ada perbedaan.

    Apalagi kalau membaca dari ceritanya, dulu ngeblog di platform yang memang sudah memiliki banyak pemirsa masing-masing, seperti friendster, facebok dan platform sejenis.

    Bagaimanapun pengalaman pribadinya bersama blog masing-masing, sepertinya blog ini memang sesuatu yang bisa menghasilkan manfaat baik sebagai aset digital.

    Selamat hari blogger ke-14, semoga sehat selalu dan dimudahkanNYA. Aamiin.

    ReplyDelete
  7. Keren banget mbak. Ternyata udah lama juga dalam dunia bloging. Dan yang dipakai juga banyak.

    Saya baru terjun di dunia blog hampir 2 tahunan. Dulu jaman sekolah pengen banget punya website/blog pribadi. Alhamdulillah, tamat kuliah dan pas kerja ada jalan untuk ngebuat blog. Dan lagi mencoba mengembangkan blog - blog yang saya kelola. Sama juga kayak mbak, ternyata bergabung pada komunitas blogger banyak banget mendatangkan manfaat dan juga relasi.

    ReplyDelete
  8. Selamat hari Blogger nasional 🎉 semangat berkarya ya kak akupun merasakan hal yang sama, nambah wawasan, skill, teman dan cuan lewat blog

    ReplyDelete
  9. ingin juga blog ber-niche, tapi masih belum mengarah juga haha.
    Namun begitu, tetap semangat menulis dan jadi blogger yang bermanfaat yak. Selamat Hari Blogger Nasional

    ReplyDelete
  10. 2009 juga pertama kali bikin blog, meski diisinya ga jelas ala2 anak SMA. Baru aktif ngeblog pas kuliah nantinya. Ga kerasa sekarang udah 2021 dan ternyata masih ngeblog. Padahal Friendster, Plurk sama Path udah pada almarhum.

    Sehubungan dengan Hari Blogger kemarin iseng beli domain lagi haha karena ada promo, meski ga tau bakal diisi niche apa.

    ReplyDelete
  11. Huaaa keren banget perjalanannya! Doakan aku bisa sesemangat kamu trs ya kakk hahaha. Aku masih jauh bgt nih banyak yg belum dipelajari. Semoga blognya makin bersinar teruuuss

    ReplyDelete
  12. Setujuu kak Dilla, entah kenapa ngeblog bikin kita jadi bucin yang positif ya kak. Meskipun awalnya tujuan setiap blogger itu kebanyakan iseng dan suka curhat2 begitu, bahkan kalau diperhatikan tulisan yg lama juga amburadul duh. Tapi kalau kita dah jatuh hati ini malah buat makin konsisten dan semangat berkaryanya ya kak...

    Yeayy, selamat hari blogger kak Dilla

    ReplyDelete
  13. Pertama ngeblog aku mah suka banget nulis cerita fiksi. Bahkan dulu kupikir lebih rumit kalau berhadapan dengan nonfiksi. Eh sekarang malah beda cerita.

    Bener sih kalau blog udah kayak rumah dunia maya bagi seorang blogger. Hehehe

    ReplyDelete
  14. Duh,, saya kelewatan untuk merayakan Blogger Day dengan buat cerita seperti ini karena hetic banget waktu itu, huhu.

    But anyway, Happy Blogger Day~ seneng baca perjalanan kisah blog-nya selama 12 tahun sudah dirintis Mba Dila. Awalnya semua memang bertujuan untuk mengabadikan cerita, tetapi semakin zaman berkembang blog bisa menjadi salah satu sumber penghasilan.

    Doain saya juga bisa konsisten menulis yaa..

    ReplyDelete
  15. Selamat hari blogger mba dila... Dan kita semua. Aku jadi ikutan flashback perjalanan cinta bareng blog aku. Makasih mba dila tulisannya menginspirasi

    ReplyDelete
  16. Kalau baca pengalamannya kayaknya kita seumuran hehe. Kurang lebih mirip-mirip apalagi pas baca periode tujuan ngeblog-nya. Awal-awal saya juga kuliah 2008 mulai iseng bikin blog cuma buat arsip tugas kuliah. Sampai waktu itu pernah ditegur dosen karena katanya materi yang saya upload itu berhak cipta. Belum ngerti saat itu tentang copyright.

    ReplyDelete
  17. Ngeblog memang banyak manfaatnya ya mba. Selain buat diri sendiri juga bisa membantu orang lain rasanya sangat membanggakan. Aku juga mulai bucin nih, haha

    ReplyDelete
  18. No 7 betulll banget hobi yg menghasilkan hhahah. Aku pernah nulis buku. Pernah juga jadi kontributor lepas. Dari smua aktivitas nulia itu rupanya blog yg membuatku nyaman dan mngakomodir kebutuhanku

    ReplyDelete
  19. Semua yang disampaikan Mba Dilla bener semua. Apalagi yang soal curhat dan hobi yang bisa mendatangkan cuan. Hahaha

    Kok aku jujur banget gini, sekarang ngenlog lebih ke nyari penghasilan. Hihihi

    ReplyDelete
  20. Selamat Hari Blogger Nasional ya, Kak Dilla. Walaupun ini ucapannya telat banget sih. Wkwkwk ...
    Btw, manfaat-manfaat yang Kak Dilla di atas memang betul banget sih. Setuju. Semoga kita bisa selalu konsisten untuk ngeblog ya, Kak. Karena itu yang terpenting sih. Konsisten!

    ReplyDelete
  21. selamat hari blogger
    nggak disangka konsisten sampe sekarang ya mbak
    aku jadi inget waktu awal-awal main plurk, friendster, saat itu sosmed ini udah yang paling wow sekali
    sayang nggak bertahan ya

    dan yang paling nggak disangka kalau dari blog bisa menghasilkan. aku sendiri awalnya juga gitu mbak, nulis blog untuk sharing cerita ke temen temen, syukur-syukur ntar bisa dibaca orang banyak, dan ternyata bermanfaat juga aku ngeblognya

    semangat terus mba

    ReplyDelete

Powered by Blogger.