Blog Inspiratif Paling Favorit versi Chocodilla

March 29, 2021
Hi teman-teman blogger,
Bagaimana kabarnya? Semoga sehat-sehat yah dan jangan lupa untuk selalu memakai masker!!

Beberapa hari lalu saat blogwalking saya menemukan info lomba blog/challenge yang temanya masih bisa saya ikuti. Kebetulan akhir-akhir ini saya memang ingin ikut lomba blog lagi, karena terakhir ikut udah lama sekali. Kalau ditanya apa alasan saya ingin ikut lomba blog, jujur jawabannya adalah ingin menantang diri untuk membuat sebuah tulisan semenarik mungkin karena nanti dibaca oleh yang menyelenggarakan lomba (terutama) dan juga teman-teman blogger lainnya. Alasan lainnya, selama ini saya merasa kurang bersosialisasi sebagai blogger sehingga saya ingin menambah teman blogger juga.

Baiklah, lomba blog yang membuat saya tertarik adalah CR Challenge #3 dari creameno.com dengan tema "rekomendasi tiga blogger favorit". Sebenarnya saya pernah juga membagikan list blogger favorit jadi dengan adanya challenge ini saya ingin segera menuliskan kembali tentang blogger favorit.

Beberapa tahun menjadi blogger, tentu saya juga suka melihat blog lainnya. Karena saya tipikal orang yang visual (a.k.a yang lebih suka gambar/foto) jadi saya lebih mudah tertarik dengan travel blogger, food blogger, fashion blogger dan sejenisnya. Banyak sekali blog yang menginspirasi dan menambah pengetahuan saya baik mengenai blog itu sendiri maupun mengenai aspek lain. Nah, sekarang saya ingin share blog paling favorit saya baik dari Indonesia maupun dari luar.

Blog Inspiratif Paling Favorit versi chocodilla.com


Sebuah lifestyle blog yang dibangun oleh kakak beradik yaitu Elsie dan Emma. Motto mereka adalah "stay home and make something", terlihat dari konten blog mereka seputar craft, dekorasi, style dan resep makanan. Saya takjub melihat mereka, ide dekorasinya sangat bagus, amat kreatif dan sebagian besar dekorasi mereka buat sendiri a.k.a DIY. Tampilan blognya juga sangat enak untuk dibaca. Melihat mereka itu seperti melihat impian saya kalau jadi kenyataan, :) hehe. Pokoknya ini adalah blog yang paling tepat untuk mencari inspirasi dekorasi dan kerajinan tangan.

Oh ya, selain itu mereka juga menciptakan aplikasi untuk mengedit foto di HP dan juga mulai aktif membuat podcast. Keren kan!!


Pertama kali tau blog ini adalah saat saya mencari tutorial mengenai blog seperti mengganti font, design layout dan solusi permasalahan blog lainnya. Sehingga ini adalah salah satu blog yang mengajarkan saya untuk otak-atik kode-kode yang ada di blog. 

Namun berjalannya waktu, blog yang dikelola oleh suami istri ini lebih banyak berbagi cerita tentang jalan-jalan dan juga resep masakan. Selalu iri melihat mereka post foto jalan-jalannya, mana fotonya HD, bening dan memukau semua. Sepertinya mereka sudah mengunjungi lima Benua. Selain itu mereka juga membagikan resep masakan dengan kualitas gambar yang juga bagus sehingga semankin terlihat menggiurkan. Tapi saya belum pernah mencoba resep yang dibagikan, karena bahan-bahannya susah dicari (-_-!)


Kali ini adalah blog yang dikelola oleh suami istri dari Indonesia. Mungkin kamu sudah sering melihat mereka di Instagram? Kalau saya pribadi sepertinya pertama kali menemukan blog mereka, setelah itu barulah mengenal Instagramnya. Saran saya jangan buka blog anakjajan saat lapar, karena di dalamnya menyajikan foto-foto makanan yang menggugah selera. Blog ini memberikan informasi makanan atau tempat makanan recommended di Jakarta khususnya, beberapa kota di Indonesia serta negara lain yang sudah dikunjungi. Selain membagikan foto makanan, blog ini juga menceritakan kisah travelling mereka, tips dan kadang juga membagikan resep masakan.

---

Walaupun tema challange adalah tentang tiga blogger favorit, namun saya masih ingin menambahkan blogger lainnya, enggak apa-apa yah :)


Blog yang dikelola oleh salah satu hijaber Indonesia yang terkenal yaitu mba Fifi. Awalnya saya kenal dia saat dia masih mengelola blog bersama mba Hanna yang bernama hijab scraf. Blog tentang lifestyle, travelling dan fashion untuk wanita muslimah modern. Bisa dibilang saat itu masih belum ada tren fashion untuk wanita muslimah, namun blog mereka memberikan inspirasi berbusana yang lebih fresh, modern dan cantik bagi hijabers Indonesia. Dari situ ternyata dia juga mengelola blog pribadi dan setelah menikah akhirnya dia hanya aktif di thealvianto.com ini. Setelah dia menikah dan memiliki anak, tema blog lebih berkembang tentang kehidupan sebagai istri dan ibu.

Yang saya suka dari blog mba Fifi adalah, tampilan blog yang nyaman dibaca, isinya juga banyak tentang cerita dan tips travelling dan tentunya foto yang bagus. Saya mah lemah dengan foto-foto kualitas tinggi. Oh iya, saya ingat sekali, waktu saya akan menunaikan ibadah umrah untuk pertama kali, saya langsung baca cerita dan tips dan mba Fifi di blognya karena kebetulan dia juga baru pulang dari ibadah umrah. Dan ini sangat membantu dan menambah pengetahuan saya sebelum umrah. Namun sayangnya dia sudah tidak update blog lagi sejak awal tahun 2019.


Ketika belajar merajut (crochet), tak sengaja saya menemukan blog ini dan langsung jatuh cinta. Blognya cantik dari segi tampilan dan juga dari segi hasil rajutan. Blog ini juga memberikan beberapa tutorial, baik berbayar maupun gratis. Saking sukanya, saya bahkan membeli buku tutorial crochet yang ditulisnya. Tapi sedihnya, blog ini sudah jarang diupdate dan ternyata dilihat dari postingan terakhir di instagram, owner dari redagapeblog yang berdomisili di benua Australia ini mengatakan bahwa dia akan berhenti merajut. Tak disebutkan alasan jelasnya, tapi saya sangat sedih karena kehilangan sosok inspiratif di dalam dunia rajut.


Kita kembali ke blogger lokal yah. Just Try & Taste adalah blog yang dikelola oleh mba Endang yang fokus dalam memberikan resep masakan terutama masakan Indonesia. Ciri khas dari blog ini adalah setiap postingan dibuka dengan cerita atau intermezo terlebih dahulu lalu diikuti dengan resep masakan yang dijelaskan dengan detail.

Seorang teman mengenalkan blog ini saat saya belajar masak, katanya blog ini memberikan tutorial yang mudah diikuti dan anti gagal. Ternyata benar, beberapa resep telah saya coba dan alhamdulillah hasilnya enak. Blog ini benar-benar menjelaskan step by step dan melengkapinya dengan gambar. Walaupun saya bisa melihat resep di blog ini secara gratis, tapi saya tetap membeli tiga buku resep yang ditulis langsung oleh mba Endang untuk mengapresiasi beliau dan blog  Just Try & Taste, hehe.

----

Sebenarnya dulu ada banyak fashion blogger(hijabber) Indonesia yang saya sukai, tapi karena mereka sudah tidak update lebih dari tiga tahun jadi saya memutuskan untuk tidak mencantumkannya pada postingan ini. Yah, sepertinya fashion blogger sudah beralih ke Instagram.

Yang bisa saya pelajari dari blog di atas adalah, bagaimanapun kita harus punya niche blog jika benar-benar ingin mengembangkan blog, harus konsisten membuat postingan, dan harus membuat tampilan blog yang cantik, nyaman dan enak dilihat.

Semoga blog saya juga bisa jadi besar seperti mereka, tapi saya masih mencari jati diri hehe. Masih memikirkan hal apa yang benar-benar ingin saya sampaikan pada blog ini.

----
Sekian tulisan dari saya, semoga bisa meramaikan  CR Challenge #3 dari creameno.com 
Apakah teman-teman juga suka dengan blog di atas?

13 comments:

  1. Halo Mba Rizka salam kenal sebelumnya.. wahh keren2. Ajang CR Challenge 3 bner2 bikin saya makin tertolong.. haha.
    Barusan ke Just try and taste. Sepertinya blog ini akan membantu saya nyoba variasi resep.. haha 😅 maklumm saya lagi belajar masak soalnya.. heheh.

    Sukses ya buat CR Challengenya. Hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Bayu, salam kenal juga.
      Bener banget, dengan ikut CR Challenge #3, saya juga jadi tau lebih banyak blogger2 Indonesia.
      Ya, silakan dicoba resep2 dari just try and taste. Insyaallah tutorialnya juga gampang dimengerti oleh cowok.
      Btw saya sempat kepo blog Bayu, ternyata kerja di pabrik baja? Saya juga di pabrik baja tapi punya Korea. Jangan-jangan pabrik kita tetanggaan? hehe

      Delete
  2. Hallo kak , salam kenal. Aku Vera 🤗 eh emang yaa kalau lagi lapar haram gtuu buka- blog ,youtube, makanan yang bener2 oke dari kualitas gambarnya. Bikin ngilerrrrr . . .

    Alasannya sama sih, aku ikutan lomba blog atau tantangan nulis tuh biar bisa kenal sama temen2 blogger lain karena aku jrang sskali interaksi sama mereka. Aku hanya sebagai pembaca sajaaaa , dan pas ikutan tantangan dari Mbak Eno jadi makin semangat buat ikutan lagi 🤗🤗

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Vera, salam kenal juga, aku Dila.
      Oalah vera toh namanya, di komenan lain, aku panggil sugar. wkwk
      Sehubung dengan postingan berbau makanan, aku bahkan unfollow IG-IG makanan karena aku merasa selalu ngiler saat buka IG.

      Alasan kita ikut challange sama yah, berarti beneran jadi nambah teman.

      Delete
    2. Iyaaa nama ala2 tuh kak, blog pertama dari SMA jdi bikinnya dulu msh labil ala-ala hehe. Alhamdulillah, sneng bisa bertegur sapa nih 🤗


      Emang yaa gambar aja bisaa bikin ngilerrrr seketika wkwkkw ...


      Jadi smngatt pen ikutan tantangan lagi #sokiyeini wkwke. Mohon ijin buat kepoin tulisannya, maklum penghuni baru 🙏☺

      Delete
    3. Sama,,, jadi pengen ikut tantangan lainnya..
      Makasih yah, saya juga pengen kepo blog kamu, hehe

      Delete
  3. Waaah banyak blog yg aku blm baca nih :). Aku paling suka yg berbau traveling dan kuliner, Krn blogku sendiri juga ber Niche traveling kuliner mba.

    Tp bukan berarti ga suka baca blog yg bertema lain. Krn buatku, membaca banyak jenis bacaan, bakal memperluas wawasan kita juga. setidaknya aku jd tahu gimana cara menulis review , tips, ato hanya curhatan tp ttp nyaman dibaca :).

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo kak, aku udah kepo blog mu, beneran isinya traveling dan makanan.
      Keren gitu tampilan utama blognya :)

      Bener kak, ada banyak tipe blog/blogger yang bisa menambah wawasan. Saat membaca blog lain yang temanya beda dengan blog kita, perasaanya kayak katak keluar dari tempurung. hehe.
      Makasih udah berkunjung yah :)

      Delete
  4. Ahhh ABM memang favorit banget ya! Walau sepertinya konten mereka lebih fokus ke DIY dan interior design, sejujurnya aku paling suka konten personal seperti I Love Sunday-nya Elsie dan blogging tips gitu (:

    Aku juga suka blog masak-masaknya Mbak Endang. Step by step memasaknya jelas banget, dan setujuuu soal intro tulisannya yang selalu dibuka dengan cerita pribadi. Jadinya blog beliau berciri khas banget yaa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai bumil, gimana kabarnya? udah lahiran kah?
      iya, ABM tu udah kayak portal berita yang wajib aku kunjungi tiap pagi sebelum bekerja. ternyata kamu juga suka,,, tos.

      Ya, itulah yang membedakan mba Endang dengan food blogger lainnya.

      Delete
  5. Halo mba Dilla salam kenal! Dari blogger-blogger di atas aku paling tertarik dengan yang pertama tapi pas ini tadi aku buka, alamatnya udah nggak ada :( sedih banget. Kenapa ya banyak blogger-blogger dari luar negeri yang kayak gitu? :(

    Anyway aku juga kalau ikut lomba blog alasannya seperti alasannya mba Dilla. Terus juga suka sedih kalau ada blogger yang aku ikuti terus dia nggak aktif ngeblog lagi dan pindah ke platform lain :( kalau nemu blogger yang masih aktif di blog dan di platfrom lain rasanya kayak nemu berlian heheheheh. *lebay*

    Eh mba Dilla ini fans K-Pop ya? OMG SAMA MBA AKU JUGA! T_____T seneng banget nemu blogger yang masih aktif dan suka K-Pop. Ternyata mba Dilla juga temenan sama Ci Jane. <3

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Salam kenal juga mba Endah,

      Saya udah cek, dan udah perbaiki link untuk blog nomor 1, seharusnya bisa. Kalau tetap enggak bisa coba search di google " abeautifulmess " . Kenapa link nya jadi ngaco yah, padahal pas awal bikin bisa. Makasih udah kasih tau.

      Ya, sedih banget kalau ada blogger favorit udah hiatus dan pindah ke medsos kayak IG.

      Yup, saya suka kpop, asik..nemu temen kpop lagi di dunia blog. saya kepoin, kamu punya dua blog yah? salah satunya khusus kpop? Klo Jane, juga baru kenal di blog hehe.

      Salam kenal yah.

      Delete
    2. Udah bisa linknya mba Dila, maaci🌸 iya aku punya dua blog satunya khusus buat kpop wkwk, bentar meluncur ke dm twt dulu~~~

      Delete

Powered by Blogger.