Istilah Yang Hanya Dimengerti Oleh Fans KPOP Indonesia

Selamat datang kembali di Kamus KPOP!!

Nah loh, kok tiba-tiba ada kamus KPOP? Jangan bingung, karena saya telah memutuskan untuk membuat lebih banyak artikel lagi terkait KPOP dan salah satu temanya adalah Kamus KPOP. Bagi kamu-kamu yang sudah biasa mampir/tak sengaja terdampar di blog saya pasti sudah tau kalau akhir-akhir ini saya sering membuat postingan tentang istilah terkenal dalam dunia KPOP seperti singkatan ataupun istilah B. Inggris yang populer di KPOP dan juga istilah Korea yang sering digunakan oleh fans global. (untuk lebih detail silakan klik "KPOP" pada bagian catagories)

Sebagai fans global yang bermukim di negara Indonesia, saya jadi teringat kalau sebenarnya ada juga istilah khusus dalam bahasa Indonesia yang sering digunakan fans KPOP Indonesia. Enggak usah berlama-lama, mari kita lihat apa saja istilah yang diciptakan oleh fans KPOP Indonesia.

Istilah yang hanya dimengerti oleh fans KPOP Indonesia :


1. Kertas Ganteng

Ada yang sering mendengar istilah ini di media sosial? Buat kamu yang bertanya-tanya apa itu kertas ganteng, sini saya beritahu jawabannya.

Kertas ganteng adalah photocard atau foto para cowok-cowok ganteng a.k.a boyband Korea. Selain photocard, sebenarnya fans Indonesia juga menyebut poster sebagai kertas ganteng. Photocard dan poster biasanya didapatkan saat membeli album KPOP. 

Mungkin dari sini akan ada pertanyaan tambahan, "kalau ada kertas ganteng, berarti juga ada kertas cantik?" Jawabannya iya ada. Kalau kertas ganteng istilah untuk para boyband sementara kertas cantik istilah untuk para girlband. Namun, sejauh saya berkelana di media sosial, saya lebih sering mendengar istilah kertas ganteng. Mungkin karena mayoritas yang suka KPOP itu adalah wanita, dan tentu kebanyakan wanita lebih suka boyband daripada girlband.

Berikut contoh kertas ganteng punya saya.
Kertas ganteng
Kertas Ganteng / Photocard BTS (Bagian Depan)
Kertas Ganteng
Kertas Ganteng / Photocard BTS (Bagian Belakang)
Fun fact:
Kertas ganteng khususnya photocard, dijual cukup mahal oleh para fans. Range harganya dari Rp 30,000 hingga Rp 200,000 (atau bahkan lebih) tergantung popularitas dari idolnya. Kenapa bisa demikian? Dan kenapa ada yang membeli kertas tipis ukuran 8.5 x 5.5 cm?.  Karena di dalam album hanya terdapat satu photocard secara random yang berarti tak bisa dipilih. Sehingga fans yang suka koleksi kertas ganteng akan rela mengeluarkan duit demi mendapatkan gambar biasnya. Namun ada metode lain yang tak perlu mengeluarkan uang banyak, yaitu sistem barter. Kalau beruntung fans bisa melakukan sistem barter sehingga hanya perlu mengeluarkan uang untuk ongkos kirim.

Misalnya BTS yang terdiri dari 7 orang dan bias saya adalah Jungkook. Saat membeli album terbaru, saya mendapatkan photocard Jimin maka saya akan jual photocard Jimin dan mencari photocard Jungkook di market place. Yup, begitulah lifestyle fans KPOP.


2. Roti Sobek

Kali ini muncul nama roti, jadi lapar. Semuanya pasti tau bentuk roti sobek yang dijual di Indonesia kan?. Kalau belum tau ini saya kasih gambarnya.
Istilah Yang Hanya Dimengerti Oleh Fans KPOP Indonesia
Sumber : http://yentit.com/cara-membuat-roti-sobek/

Yup, itulah ilustrasi yang mewakili makna roti sobek dalam dunia KPOP :D

Maksud roti sobek disini adalah otot perut yang kotak-kotak atau six packs. Biasanya roti sobek ini adalah senjata pamungkas boyband untuk membuat fansnya menjerit-jerit. Memang untuk menjadi boyband di Korea itu harus sempurna, enggak hanya bisa nyanyi atau menari. Tapi badan juga harus atletis and the great achievement seorang member boyband adalah bisa pamer roti sobek saat tampil di panggung.

Jujur, sebagai fans perempuan, saya kurang suka melihat penyanyi yang sengaja menggunakan baju terbuka untuk memperlihatkan roti sobeknya dari awal hingga akhir lagu. Menurut saya yang keren itu kalau penyanyi tersebut cuma memperlihatkan beberapa detik saat performance. Jadi semacam surprise. Kayak Jungkook saat penampilan BTS membawakan lagu Fake Love di BBMAs 2018. Saya enggak mau share disini, silakan cari langsung di Youtube, hehe.




3. Ubin Mesjid

Apa yang terbayangkan bagi kamu saat mendengar istilah ubin mesjid? Mesjid adalah tempat ibadah orang Islam yang berarti tempat yang membawa kedamaian dan ketenangan hati. Dan ubin itu dikenal dapat membuat ruangan menjadi adem. Jadi bisa bayangkan makna dari Ubin Mesjid? Semacam sesuatu yang adem dan membuat hati senang sekaligus tenang. 

Terus apa hubungan ubin mesjid dan KPOP? Istilah ini mulai populer di kalangan fans wanita muslimah. Jadi saat melihat boyband yang tampan dan menyejukkan hati, mereka diibaratkan sebagai ubin mesjid. Selama ini saya lebih sering mendengar istilah Geng Ubin Mesjid yang isinya juga geng 97 Liners (Kumpulan idol kelahiran 1997) seperti Jungkook BTS, Yugyeom GOT7, Jaehyun NCT, Mingyu Seventeen, Eunwoo ASTRO dll. 
Istilah Yang Hanya Dimengerti Oleh Fans KPOP Indonesia

4. Kapal, Kapal berlayar, Kapal karam/tenggelam

Kapal sebagai alat transportasi di laut ternyata juga sering disebut oleh fans KPOP Indonesia. Hmm kok bisa???

Sebenarnya istilah kapal ini digunakan karena ada istilah ship, dalam dunia KPOP istilah ship maknanya adalah saat fans mendukung/menjodohkan dua idola yang mereka sukai, bisa lawan jenis dan bisa sesama jenis. Jadi supaya lebih lokal, maka fans Indonesia menyebutnya dengan kapal. Dengan kata lain kapal itu bisa diartikan seperti pasangan idola.

Pengertian ship juga sudah saya jelaskan disini >> Istilah Bahasa Inggris Populer Bagi KPOPers 

Kapal berlayar, istilah yang digunakan saat melihat kedua idol yang dipasangkan memiliki moment bersama, ada chemistry-nya atau keakraban mereka terekam oleh kamera.
Kapal karam, biasanya digunakan saat mengetahui salah satu idol yang dipasangkan ternyata dekat dengan idol lain.

Misalnya begini, selama ini fans masih suka memasangkan Jennie Blackpink dengan Kai EXO, namun tiba-tiba ada berita bahwa Jennie pacaran dengan G-Dragon. Sehingga kapal Jennie dan Kai karam sementara fans Jennie dan G-Dragon akan bilang "kapal kita berlayar".

Pada penjelasan di atas saya menyebutkan "ship maknanya adalah saat fans mendukung dua idola yang mereka sukai, bisa lawan jenis dan bisa sesama jenis". Nah untuk kapal yang sesama jenis ini, jangan diartikan ke hal yang negatif yah, maksudnya saat fans suka melihat keakraban dua idolanya dan berharap sering melihat interaksi keduanya.

Kali ini saya mau ambil contoh dari hiburan di Indonesia, misalnya MC sekaligus pelawak terkenal di Indonesia yaitu Desta dan Vincent. Mereka MC yang sudah akrab sekali, kompak dan sehati. Pasti banyak penonton TV Indonesia ngeship mereka karena suka melihat mereka dipasangkan di sebuah acara. 


5. Badut/ngebadut/dibadutin

Badut yang kita tau adalah sebuah profesi yang menghibur orang lain terutama anak-anak, dimana badut biasanya menggunakan pakaian dan make-up lucu. 

Kalau di dunia KPOP, badut adalah situasi saat fans merasa ditipu atau dikerjain oleh boyband/girlband ataupun agensi dari pernyanyi tersebut. Jadi fans merasa seakan-akan penyanyi favoritnya berhasil menipu lalu menertawai mereka.

Misalnya salah satu artis dari Bighit Music (dulu dikenal dengan BigHit Entertaiment) yaitu Tomorrow X Together dikabarkan akan mengeluarkan MV terbaru. Mendengar kabar tersebut, fans biasanya akan standby jam 00:00 KST atau 22:00 WIB supaya bisa menonton MV tepat waktu, karena tradisi Bighit Music adalah merilis MV ataupun teaser di jam 00:00 KST. Namun kali ini MV malah muncul jam 18:00 KST. Kondisi tersebut membuat fans kesal dan akan bilang "Aduh gw dibadutin sama Bighit nih, sebel", karena sudah rela nunggu sampai tenggah malam, eh MV malah keluar besoknya di jam yang tak disangka-sangka. 

 ---

Sekian pembahasan tentang Istilah Yang Hanya Dimengerti Oleh fans KPOP Indonesia, baru lima yaitu kertas ganteng, roti sobek, ubin mesjid, kapal dan badut. Mungkin masih ada kosa kata lainnya. Tapi segitu dulu yah, istilah lainnya kita bahas di postingan selanjutnya. Enggak menyangka juga saya bisa bahas istilah-istilah seperti ini, hehe. Semoga tulisan saya ini membantu bagi yang baru masuk ke dunia KPOP.

Note: 
Sekarang pembahasan tentang K-Pop dipindahin ke blog yang satu lagi yah, silakan kunjungi www.bersamakpop.my.id

6 comments:

  1. Aku tadinya gak tau jadi tahu dong setelah baca artikel ini kak hehe

    ReplyDelete
  2. Bener banget.. saya ga ngerti sama sekali istilah-istilah di atas. Hahaha.. maklum, memang sudah tuwir jadi ga hobi nonton K-Pop atau drakor, jadi pas baca ada istilah ubin mesjid..

    Tapi terus terang ngakak juga bacanya.. hahaha kenapa juga ubin mesjid bisa menyejukkan. Bagaimana kalau ubinnya terbuat cuma dari semen hayoo..

    Hahahaha.. tapi makasih sudah membuat saya ngakak dan tahu istilah-istilah aneh di dunia K-Pop

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jangan sedih mas, suka kpop/drakor bukan masalah umur, tp masalah selera. hehe

      Mas, dimana-mana ubin ya ubin XD , maksudnya lantai kali, lantai ada yang pakai ubin dan ada yang pakai semen aja. Tapi kayaknya semen juga dingin. Yang agak netral itu kayu.

      Ya, setidaknya kalau salah satu istilah diatas tiba-tiba viral, jadi tau kan yah.
      hehe, makasih telah berkunjung.

      Delete
  3. kalau roti sobek atau pun ubin masjid, gue masih paham nih

    nah, kalau yang lain....
    baru ngerti uy

    bukan fans kpop sih, tapi pernah ada yang muncul kemarin di twitter tentang orang yang beli 'kerta ganteng' lalu dirobek oleh paman nya. ya, meskipun enggak tau juga sepenting apakah kertas ganteng tersebut, tapi ngerasa jahat aja sih itu paman nya

    penting banget ya info yang gue berikan
    wehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bagi orang lain mungkin mikirnya "kertas doank, dilipet juga meleot" hehe.
      Tapi siapa sangka, di dunia kpopers kertas ganteng itu sangat berharga. Katanya diluar negri harganya mpe 1 jutaan. Padahal harga album kisaran 250,000 - 300,000 an.

      Kasihan juga tuh, kertas ganteng dia dirobek pamannya, padahal bisa diduitin.

      Ya, makasih udah mampir.

      Delete

Powered by Blogger.