7 Singkatan Bahasa Inggris yang Wajib Diketahui KPOPers

Sabtu, 29 Juni 2019

7 Singkatan Bahasa Inggris yang Wajib Diketahui KPOPers

Halo semua,

Pada postingan kali ini, tiba-tiba saya terinspirasi untuk menulis sesuatu yang berkaitan dengan K-Wave atau K-Pop. Mengingat sekarang ini sudah banyak orang yang suka atau sekedar tau tentang K-POP berbeda sekali dengan jaman-jaman saya baru suka K-Pop yaitu tahun 2007. Dulu itu K-POP seperti barang langka yang hanya segelintir remaja yang tau.

Nah bagi kamu yang baru di dunia K-pop, pasti masih bingung kan sama istilah-istilah yang kadang muncul di video-video mereka ataupun istilah yang sering digunakan di platform berita di media sosial. Sebenarnya ada banyak dan beragam, namun sekarang saya mau mengelompokkannya sebagai singkatan bahasa Inggris yang sering digunakan di dunia K-Pop namun jarang digunakan di negara barat.

*Rekomendasi beli album KPOP di sini.

7 Singkatan Bahasa Inggris dalam K-POP yang Wajib Kamu Ketahui :


1. MV

MV adalah singkatan dari Music Video, yang mana di Indonesia dikenal dengan istilah video klip. Istilah MV paling sering digunakan oleh penyanyi di Korea Selatan. Sementara di Amerika atau Inggris lebih menggunakan istilah Official Video atau Music Video (tanpa disingkat). Coba deh searching di Youtube, penyanyi atau band Amerika tak menuliskan “MV” di setiap video lagu yang mereka unggah.

Berikut perbandingan video TOMORROW X TOGETHER dan Taylor Swift yang saya search di Youtube.

2. FMV

Ada yang sering menemukan istilah FMV di Youtube dan bingung artinya atau kepanjangan dari FMV? Masih ada kaitan dengan MV di atas, FMV memiliki kepanjangan Fan-made Music Video. Kadang fans suka membuat mengedit video-video yang ada lalu menambahkan lagu idola favoritnya. Apalagi untuk lagu-lagu yang tak ada official music videonya. Saya pertama kali mendengar istilah ini di dunia K-POP, saat mencari MV sebuah lagu, ternyata hanya FMV. Tapi saking bagusnya editan fans banyak orang yang salah mengira kalau itu adalah MV.

Baca juga :

3. NG

Adakah yang pernah mendengat istilah ini? Kata ini biasa muncul di behind the scene atau di acara-acara TV. Kepanjangannya adalah “Not Good” yang biasa disebutkan saat menghentikan adegan saat syuting. Padahal kalau di Indonesia dan dunia Hollywood sana biasa menggunakan kata “cut” saat syuting. Di Korea malah sering menyebutkan NG! seperti artinya yaitu “tidak bagus”, istilah ini kerap digunakan saat ada kesalahan atau sutradara merasa tak puas saat syuting.

Contoh video behind the scene - NG cut dari TXT yang saya terjemahkan di channel Youtube saya (Chocodilla KPOP)

4. CF

CF adalah Commercial Film. Dulu saya bingung dengan istilah CF, ternyata itu adalah iklan. Setelah saya cari tau, istilah ini hanya digunakan di Korea Selatan, sementara di dunia barat biasa menggunakan istilah Ads atau Advertising.

5. SNS

SNS memiliki kepanjangan Social Network Service. Ini juga terlihat seperti istilah Inggris namun ini hanya sering disebut oleh netizen Korea. SNS merujuk pada semua platform media sosial seperti Instagram, Facebook, Twitter dll. Istilah SNS sering disebutkan di drama/film Korea bahkan juga dalam lirik lagu. Kalau kita atau orang amerika biasa menyebut social media, tapi orang Korea lebih suka menyebutnya SNS.

6. Selca

Kepanjangannya adalah “Self Camera” yang berarti memoto diri sendiri. Istilah inipun juga sepertinya hanya digunakan oleh kalangan masyarakat Korea. Karena selama ini kita maupun negera barat sana lebih familiar dengan kata “Selfie”. Sayapun pertama kali mendengar kata selca dari drama maupun penyanyi Korea.

Berikut contoh penggunaan istilah SNS dan Selca :

Arti SELCA
BTS dalam acara After School Club di ARIRANG TV

Di atas adalah adegan saat BTS ditanya selfie Jimin yang mereka ingin lihat di SNS. Saat itu mereka biasa menggunakan Twitter, tapi host lebih cenderung menyebutnya SNS. Dan ternyata Jimin tak mengerti apa maksud dari selfie, karena yang dia tau hanyalah selca.


7. PD / PDnim / PD-nim

PD singkatan dari Producer (ada juga yang bilang Program Director). Sementara "nim" adalah kata yang selalu mengiringi panggilan orang yang kita hormati. Istilah ini juga sering terdengar seperti bawahan yang memanggil bosnya, seperti BTS memanggil Bang Shin Hyuk (CEO BigHit Ent.) dengan "Bang PDnim". Kadang juga di tv show seperti Running Man, mereka juga memanggil PDnim pada Program Director nya.

---

Sekian penjelasan tentang singkatan bahasa Inggris yang sering digunakan di dunia K-Pop seperti MV, FMV, NG, CF, SNS, Selca dan PD/PDnim  namun jarang digunakan di negara barat. Semoga para newbie tak kehilangan arah lagi saat menemukan istilah-istilah tersebut. 

Oh iya, seperti yang saya jelasin di awal postingan. Ada banyak istilah khas dalam K-POP, tapi saya mau jelasin 7 itu dulu. Nanti disambung dipostingan selanjutnya. Mungkin dari pembaca ingin menambahkan atau ada yang mau mengoreksi, silakan~

Note: 
Sekarang pembahasan tentang K-Pop dipindahin ke blog yang satu lagi yah, silakan kunjungi www.bersamakpop.my.id

Terima kasih

xoxo
-dila






9 komentar:

  1. Aku bukan penggemar K-Pop. Tapi singkatan di atas menarik juga. Beberapanya pernah denger dan ternyata itu toh maksudnya. Nice info. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Karena banyak fans Kpop, jadi mungkin secara tak sadar banyak istilah kpop yang sering digunakan di media sosial.
      Terima kasih sudah berkunjung.

      Hapus
  2. Demi apa aku baru tau kepanjangan NG itu not good huahahaha padahal istilah ini juga dipakai di industri hiburan Taiwan juga. Mereka kalau mau ngomong cut, diganti dengan NG. Aku nangkepnya NG itu kayak ekspresi bacanya engg, kayak mikir gitu hahaha

    Istilah di atas aku juga baru mempelajarinya ketika "terjun" ke dunia Kpop hihi ada sebutan rookie lah, fanbase, comeback dll.

    Thank youu udah bahas ini. Salam kenal yaa, btw! (:

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi Jane,
      Iya, waktu itu saya nonton acara korea, trus mereka bilang NG!! NOT GOOD!! NOT GOOD!!

      Yup, ini saya baru bahas singkatan aja, klo kosa kata jg banyak. emang paling sering didengar "comeback", padahal org Inggris/amerika tidak menggunakan istilah itu tuk artis yg rilis lagu baru

      Hapus
    2. Aku bahkan pas pertama terjun ke dunia kpop, nggak ngerti istilah comeback apaan 😂
      Nggak paham gitu kenapa dibilang comeback, emang mereka abis ngapain pikirku wkwkw
      Ternyata setiap keluarin lagu baru selalu disebut comeback CMIIW

      Hapus
    3. Iya bener, bahkan fans bule pun bingung dengan pemakaian istilah "comeback".
      Bagi mereka udah biasa memakai istilah comeback, comeback stage dan nanti juga ada goodbye stage.

      Hapus
    4. Soalnya rancu ya pengertiannya 😆
      Awal-awal aku juga nggak ngerti SNS apaan, aku kira ada aplikasinya sendiri macam IG gitu huahahaha pas jaman masih jadi baby kpopers, baru kecemplung jadi nggak ngerti.

      Hapus
    5. sama,,, awalnya aku kira SNS juga aplikasi. Kalau dulu kecemplung, berarti sekarang udah mateng yah. wkwk

      Hapus