3 Tips Penting Menjadi Blogger Sukses

3 Tips Penting Menjadi Blogger Sukses


Assalamulaikum.
Apa kabar semuanya~

Apakah impian kamu di bulan puasa ini? Kesehatan, kebahagiaan atau kesuksesan? Tentu ketiganya yah? hehe..

Mengenai kesuksesan, setiap orang pasti ingin sukses di berbagai hal. Ntah itu di bidang karir, kehidupan pribadi hingga hobi.

Sayapun demikian, salah satu keinginan saya adalah sukses bersama blog ini. Blogging yang awalnya hanya ikut-ikutan teman sekarang menjadi hobi yang paling saya sukai. Kalau istilah sekarang udah "bucin banget".

Untuk bisa sukses bersama blog, bukanlah perkara mudah. Banyak hal yang harus dilakukan dan  diperbaiki supaya blog bisa berkembang dan disukai Google dan para pembaca.

Dari banyak tip blogging oleh blogger terkenal ataupun yang diuraikan di website khusus blog, ada tiga tips yang menurut saya paling utama dan ingin saya implementasikan.

Ada apa ja yah? Yuk simak tulisan ini hingga selesai!




3 Tips Penting untuk Menjadi Blogger Sukses



1. Konsisten 


Konsisten adalah kunci kesuksesan semua hal tak terkecuali dalam membangun karir di dunia digital seperti di Instagram, Youtube, TikTok dan juga Blog.

Dulu saya pernah penasaran, kenapa Atta Halilintar bisa menjadi Youtuber nomor satu di Indonesia. Padahal menurut saya ide dan kualitas video yang dibuatnya biasa aja dan ada Youtuber lain yang memiliki kemampuan editing jauh lebih bagus.

Setelah mencari tau, ternyata rahasianya adalah rajin menggunggah video. Di sebuah video kolaborasi dengan Youtuber lain, Atta mengatakan targetnya adalah minimal satu video satu hari, karena dia tak mau membuat subscriber menunggu lama dan akhirnya melupakan kanalnya.

Terbukti strategi Atta berhasil, dia bisa menggumpulkan banyak subscriber dan view dalam waktu lumayan cepat dan bisa mengalahkan Youtuber lain yang berkualitas namun jarang unggah video.

Saya cukup terinspirasi dari pengalaman Atta dan ingin mengaplikasikan strategi tersebut pada blog supaya bisa menjadi blogger sukses.

Tentu konsistensi menulis minimal satu artikel satu hari bukanlah hal mudah, apalagi saya tipikal orang yang menulis tergantung mood. Untuk itu perlu mengikuti kiat-kiat supaya bisa konsisten menulis seperti pada uraian berikut.


Kiat untuk mencapai target "konsisten menulis" :


- Mulai dari target kecil
Langsung memaksakan diri untuk target yang tinggi tentu hal yang sulit. Oleh karena itu perlu memulai dari target yang kecil misalnya 1 minggu satu tulisan, lalu 1 minggu dua tulisan hingga berhasil terbiasa 1 hari 1 tulisan.

- Membuat jadwal
Membuat jadwal membantu kita untuk bisa rutin menulis. Misalnya tulisan diterbitkan setiap hari Senin, Rabu dan Sabtu. Seperti acara TV yang memiliki jadwal dan ditunggu-tunggu oleh penonton, membuat jadwal tulisan akan menjadi hal ditunggu oleh pembaca setia.

- Memaksakan untuk membiasakan
Seperti dalam ajaran Islam, anak kecil dipaksa untuk shalat wajib 5 waktu walau dia belum hapal bacaannya. Nanti setelah dewasa menjadi terbiasa untuk shalat. Kalau meninggalkan shalat, jiwa akan gelisah dan tidak tenang.

Maka dalam hal menulis blog, kita bisa memaksakan diri untuk menulis. Paksakan diri walaupun sulit menemukan ide dan mood. Jika sudah terbiasa, maka otak juga mudah menemukan ide untuk menulis.

- Ingat tujuan/target awal
Saat sudah merasa malas atau lelah menulis, perlu diingat lagi apa tujuan yang ingin diraih dan renungkan kenapa kita memulai ini semua. Biasanya semangat akan timbul lagi setelah merenung. 


Anyways, konsisten menulis mulai saya terapkan seperti nekat ikut tantangan menulis selama 30 hari dari Blogger Perempuan.



2. Mengikuti Tren


Sering dikatakan bahwa blog yang bagus adalah yang memiliki niche yang kuat. Saya setuju dengan statement tersebut. Niche adalah jati diri blog sekaligus menjadi daya tarik.

Bagi teman-teman yang belum tau, niche adalah tema atau topik dibahas khusus untuk blog. Seperti blog saya ini, nichenya adalah traveling dan lifestyle sehingga pada blog ini saya lebih banyak membahas cerita traveling, review tempat dan berbagi informasi tentang hobi yang saya sukai.

Punya niche saja tidak cukup, untuk menjadi blogger yang sukses harus bisa membuat tulisan bagus, sesuai niche dan mengikuti apa yang sedang tren.

Misalnya saat bulan puasa ini, kata kunci yang sering dicari orang di Google adalah kurma, sahur, iftar dan lain-lain. Untuk blog yang berniche traveling bisa membahas tips sahur saat di perjalanan. sementara blog berniche parenting bisa menulis cara melatih anak berpuasa. 

Jika kita menulis artikel sesuai kondisi sekarang, tentu blog menjadi ramai pengunjung dan makin disukai oleh Google.


3. Join Komunitas


Bagi blogger pemula dan serius ingin mengembangkan blog, wajib sekali ikut komunitas. Sekarang sudah banyak komunitas blog di Indonesia seperti yang saya ikuti adalah Blogger Perempuan Network, BloggerHub dan 1 Minggu 1 Cerita.

Banyak sekali manfaat jika bergabung dengan komunitas blog seperti menambah wawasan, mengenal banyak teman sesama blogger, saling berbagi pengalaman dan tempat bertanya.

Ingat sekali sebelum ikut komunitas blog, saya seperti katak dalam tempurung yang tidak tau tujuan. Setelah bergabung dengan komunitas, mata dan pikiran saya terbuka. Ternyata blog saya banyak kekurangan sehingga terpacu untuk memperbaikinya. 


*

Demikianlah tip penting untuk menjadi blogger sukses. Menurut saya 3 hal di atas semacam pilar bagi tips blogging lainnya. 

Konsisten menerbitkan artikel berarti produktif sehingga bisa meningkatkan kemampuan menulis. Mengikuti tren berarti membiasakan diri untuk aktif dan kreatif mengembangkan tema. Sementara ikut komunitas bisa menambah wawasan dan membangun jaringan yang luas.

***

Tulisan ini dibuat untuk 30 Day Ramadan Challenge 2022 oleh Blogger Perempuan Network dengan tema Tip Blogging yang Ingin Dicoba.

Terima kasih sudah berkunjung dan membaca blog saya.

xoxo
Dila

3 comments:

  1. konsisten ini yang paling susah mbak, apalagi kalau sudah banyak excuse, ambyar deh planning nulisnya . Btw makasih tipsnya ya mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo mba, salam kenal.

      Bener banget, konsisten paling susah. Ini aja saya ikut tantangan menulis dari BPN, udah skip dua kali, hehe. Semoga nanti kekejar.

      Sama-sama, makasih udah mampir mba.

      Delete
  2. konsisten dan terus tetap update dengan perkembangan tren, itu yang sangat diperlukan. Thank you sharing nya mbak.

    ReplyDelete

Powered by Blogger.