5 Kegiatan Bermanfaat jadi Ladang Pahala di Bulan Ramadan

Rabu, 13 April 2022

5 Kegiatan Bermanfaat jadi Ladang Pahala di bulan Ramadan


Assalamualaikum.
Halo semuanya~

Bulan Ramadan adalah bulan penuh berkah dimana semua hal baik atau ibadah yang dilakukan, pahalanya akan dilipat gandakan oleh Allas S.W.T

Kalau diibaratkan dalam sebuah game, bulan Ramadan itu layaknya sebuah special event dimana mudah mendapatkan koin atau gift supaya bisa cepat naik level atau mudah membeli item-item mahal yang memudahkan misi kita dalam bermain game.

Tentu pada special event tersebut kita tidak akan menyia-nyiakan dan bermain lebih giat dan semangat. Begitu pula seharusnya saat Ramadan, namun (mungkin) karena pahala tersebut tak terlihat sehingga banyak yang mengabaikan keistimewaan bulan Ramadan. Malahan ada yang makin malas dengan alasan tidak ada tenaga akibat puasa seharian.

Mulai dari sekarang, yuk buka hati dan pikiran supaya tersadarkan bahwa kita harus giat melakukan ibadah atau hal bermanfaat supaya tidak ketinggalan momen spesial bertabur pahala di bulan suci ini.

Apa saja sih kegiatan bermanfaat saat puasa yang bisa menjadi tabungan pahala? Mari kita simak sampai akhir tulisan.


5 Kegiatan Bermanfaat yang menjadi Ladang Pahala saat Puasa


1. Shalat Sunat


Bulan Ramadan bisa dijadikan momen untuk memperbanyak ibadah shalat sunat karena pahalanya dilipat-gandakan oleh Allah S.W.T 

Ada banyak jenis shalat sunat yang bisa dilakukan yaitu :

1. Shalat Wudhu, yaitu shalat setelah berwudhu.
2. Shalat Tahiyatul Masjid, yaitu shalat begitu memasuki masjid.
3. Shalat Dhuha, adalah shalat yang dilakukan pada pagi hari saat matahari sudah terbit hingga sebelum masuk waktu zuhur.
4. Shalat Rawatib, yaitu shalat yang bisa dilakukan sebelum atau sesudah shalat wajib.
5. Shalat Tarawih, yaitu shalat sunat yang hanya dilakukan pada bulan Ramadan
6. Shalat Tahajud, merupakan shalat yang dilakukan pada malam hari dengan kondisi sudah shalat Isya dan terbangun dari tidur.
7. Shalat Hajat, adalah shalat jika ada permintaan atau keinginan yang ingin dikabulkan oleh Allah S.W.T
8. Shalat Istikharah, merupakan shalat jika ada keraguan dan minta petunjuk kepadaNya.

Masih ada jenis shalat sunat lainnya, untuk detail tata cara dan waktu pelaksanaan shalat sunat di atas, bisa baca di website ini.




2. Membaca, Menulis dan Memahami Al-quran


Jika sudah rutin membaca Al-quran setelah shalat Subuh dan Magrib di hari biasa, saatnya melakukan hal yang lebih spesial di bulan Ramadan sebagai kegiatan bermanfaat saat puasa.

Yaitu coba memahami terjemahan dari ayat yang dibaca, berusaha menamatkan Al-quran serta menulis/menyalin ayat yang dibaca tersebut supaya makin terbiasa dengan tulisan arab. Insyaallah, akan mendapatkan pahala berlipat dari Allah S.W.T

Ini menjadi hal yang ingin saya lakukan di Ramadan tahun ini. rasanya rindu menulis tulisan arab apalagi yang ditulis adalah ayat dari Allah S.W.T


3. Bersedekah


Dari semua ibadah atau amalan yang dianjurkan dalam ajaran Islam, menurut saya ibadah yang paling mudah dan cepat adalah bersedekah. Setuju enggak?

Coba kita bandingkan dengan ibadah lain! Shalat setidaknya dilakukan dalam waktu lima menit dengan gerakan dan bacaan yang telah ditentukan. Puasa harus dilakukan seharian sekitar 12 jam yaitu dari Subuh hingga Magrib dengan syarat tidak boleh makan dan minum apapun.

Nah, sedekah hanya hitungan detik yaitu mengambil uang dari dompet lalu diserahkan ke orang atau ke kotak amal. Insyaallah langsung mendapatkan pahala dari Allah S.W.T dengan syarat ikhlas, tidak ria dan sombong. 

Bersedekah menjadi amalan yang sebaiknya diperbanyak di bulan puasa supaya bisa membantu orang lain sekaligus mendapatkan pahala berlipat.

Namun sayangnya, masih banyak yang sulit melakukannya karena tidak mau berpisah dengan harta.



4. Blogging


Blogging merupakan kegiatan menulis di sebuah situs yang biasanya berisi pengalaman pribadi, pendapat atau pengetahuan akan suatu hal. 

Blogging bisa loh jadi ladang pahala saat puasa! Jika tulisan seorang blogger dibaca oleh orang lain, dan mereka terinspirasi/ terbantu/ mendapatkan wawasan baru maka secara tidak langsung sesorang blogger sudah memberikan ilmu yang bermanfaat. 

Seperti kita ketahui salah satu amal jariyah atau amalan yang dikerjakan di dunia dan pahalanya tetap mengalir walaupun telah meninggal adalah mengajarkan ilmu yang bermanfaat.

Maka saat bulan puasa ini blogging merupakan kegiatan bermanfaat yang menjadi ladang pahala. Yuk teman-teman sesama blogger, terus semangat menulis hal yang inspiratif di blog!


5. Cleaning


Terakhir kegiatan bermanfaat yang menjadi ladang pahala di puasa ini adalah bersih-bersih. Ternyata bersih-bersih bukan sekedar kegiatan melelahkan. Jika dilakukan dengan niat maka bisa menjadi ladang pahala. Karena dalam islam niat merupakan hal yang membedakan ibadah dan kebiasaan menurut Ustadzah Aini Aryani dari Rumah Fiqih Indonesia (sumber).

Seperti istilah "Rumahku Surgaku" maka untuk mewujudkannya, kita perlu rutin membersihkan, menata, dan merawat rumah. Rumah yang bersih dan indah membuat penghuninya betah dan nyaman di dalamnya. Sehingga keluarga yang ada di rumah makin bahagia dan tentram.

Selain itu rumah yang bersih menjadi tempat yang layak untuk melakukan ibadah shalat. Karena salah satu syarat sah shalat adalah tempat bersih dari najis. 

Jadi saat puasa jangan tidur-tiduran aja yah, harus rajin membersihkan rumah. Sayapun merasa kondisi rumah yang kotor membuat kita malas seharian dan bad mood.



*

Demikian lima kegiatan bermanfaat yang menjadi ladang pahala saat puasa. Intinya saat puasa, jangan bermalas-malasan sebaiknya pergunakan waktu sebaik-baiknya untuk melakukan kegiatan bermanfaat di bulan Ramadan yang bertabur pahala ini.


***

Tulisan ini dibuat untuk 30 Day Ramadan Challenge 2022 oleh Blogger Perempuan Network dengan tema 5 Kegiatan Bermanfaat Saat Puasa.

Terima kasih sudah visit dan membaca blog saya.

xoxo
Dila

Tidak ada komentar

Posting Komentar