IndiHome Charity : Aktivitas Tanpa Batas IndiHome dalam Bidang Bakti Sosial

Desain gambar : www.canva.com

IndiHome, layanan fixed broadband unggulan Telkom Indonesia konsisten melaksanakan kegiatan CSR atau bakti sosial yang diberi nama IndiHome Charity dengan menekankan pada tiga prinsip CSR Telkom yaitu Lingkungan Digital, Masyarakat Digital dan Ekonomi Digital sebagai perannya dalam membangun kedaulatan digital Indonesia.

Apa itu CSR dan apa saja kegiatan IndiHome Charity? Mari simak tulisan berikut!



Pengertian CSR

Saat berkunjung ke situs web resmi perusahaan besar baik itu perusahaan swasta maupun BUMN, sering dijumpai istilah "CSR" atau "Program CSR" pada menu utama ataupun pada peta situs. Maka timbul pertanyaan "Apa itu CSR?", "Mengapa perusahaan besar seperti kompak membuat laman khusus CSR?"

CSR adalah singkatan dalam bahasa Inggris yang memiliki kepanjangan Corporate Social Responsibility yang berarti Tanggung Jawab Sosial Perusahaan. Kegiatan CSR sering dikenal dengan kegiatan bakti sosial.

Mengutip dari situs web Kementerian Kesehatan Rebulik Indonesia, "kegiatan CSR adalah suatu konsep atau tindakan yang dilakukan oleh perusahaan sebagai rasa tanggung jawab terhadap sosial maupun lingkungan sekitar tempat perusahaan itu berada" dengan melakukan suatu program yang memiliki manfaat.

Hal ini sesuai dengan Peraturan Peraturan Republik Indonesia Nomor 47 Tahun 2021 tentang Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan Perseroan Terbatas. 



Perusahaan yang Wajib Melaksanakan CSR & Tujuan


Jika kegiatan CSR wajib dilakukan oleh Perseroan Terbatas, lalu sektor mana saja yang termasuk di dalamnya?

Berdasarkan Pasal 74 ayat (1) UUPT terdapat dua kriteria sektor kegiatan yang mewajibkan Perusahaan untuk melaksanakan CSR, yaitu:

1. Perseroan yang menjalankan usahanya di bidang sumber daya alam
Maksudnya adalah Perseroan yang kegiatan usahanya mengelola dan memanfaatkan sumber daya alam.

2. Perseroan yang menjalankan kegiatan usahanya berkaitan dengan sumber daya alam.
Maksudnya adalah Perseroan yang tidak mengelola dan tidak memanfaatkan sumber daya alam, namun kegiatan usahanya berdampak pada fungsi kemampuan sumber daya alam.

Tujuannya adalah untuk senantiasa menciptakan hubungan Perseroan yang serasi, seimbang, dan sesuai dengan lingkungan, nilai, norma, dan budaya masyarakat setempat.



Mengenal Implementasi CSR bersama IndiHome : IndiHome Charity


Melihat fakta di lapangan, IndiHome sebagai produk layanan fixed broadband unggulan dari Telkom Indonesia cukup konsisten melaksanakan kegiatan CSR atau program bakti sosial yang dikenal dengan nama IndiHome Charity.

Hal ini selaras dengan tag-line nya yaitu "IndiHome : Aktivitas Tanpa Batas" yang bisa diartikan bahwa IndiHome sebagai layanan Internetnya Indonesia tidak hanya fokus pada kualitas produk (kualitas internet cepat), laba dan konsumen namun juga serius melakukan tanggung jawab sosial yang dianggap relevan dan signifikan, dengan menekankan pada tiga prinsip CSR Telkom yaitu Lingkungan Digital, Masyarakat Digital dan Ekonomi Digital, yang mana Telkom Indonesia memandang tiga hal tersebut perlu dikembangkan untuk membangun kedaulatan digital Indonesia.

Program IndiHome Charity sendiri telah dicanangkan sejak awal pandemi Covid yaitu pada tahun 2020 dan dilakukan secara rutin setiap kuartalnya. Hal ini bertujuan untuk membangkitkan semangat produktif dan kreatif masyarakat Indonesia yang tengah menghadapi pandemi Covid-19.


IndiHome Charity : Aktivitas Tanpa Batas IndiHome dalam Bidang Bakti Sosial
Sumber gambar : telkom.co.id


Beberapa kegiatan IndiHome Charity :


1.  Program Donasi Berbagi Berkah

11 Mei 2020 - IndiHome menyerahkan hasil Program Donasi Berbagi Berkah berupa 3.000 paket sembako senilai Rp537.000.000 untuk masyarakat terdampak Covid-19 di wilayah Jabodetabek.

Ini menjadi program donasi lanjutan Telkom Indonesia yang mengajak seluruh pelanggan IndiHome untuk berkontribusi kepada masyarakat yang terkena dampak ekonomi akibat pandemi dari virus korona melalui aplikasi myIndiHome.

Terlihat pada program ini IndiHome mewujudkan konsep CSR "Masyarakat Digital" karena berhasil mengajak pelanggan untuk bersatu, menebarkan kebaikan dari rumah guna membantu saudara yang terkena dampak dari virus korona. 


2. Pemberian Beasiswa

5 Februari 2021 - Dalam upaya mendukung perkembangan olahraga bulutangkis Indonesia, Telkom Indonesia melalui layanan IndiHome memberikan beasiswa untuk sepuluh pemenang IndiHome Gideon Badminton Academy (IGBA) selama setahun.

Program IGBA ini diadakan oleh Telkom Regional 2 bersama atlet bulu tangkis ternama Indonesia, Marcus Fernaldi Gideon. Melalui program tersebut, Telkom memberikan fasilitas kepada generasi muda maksimal usia 15 tahun, di wilayah Jabodetabek dan Banten untuk mengembangkan minat dan bakatnya pada cabang olahraga badminton. 


3. Donasi Pelanggan untuk Korban Bencana Alam

12 - 29 Mei 2021 -  Telkom Indonesia melalui program IndiHome untuk NTT menyerahkan donasi sebesar Rp550 juta guna membantu masyarakat yang terdampak bencana alam di provinsi Nusa Tenggara Timur. Donasi tersebut diserahkan langsung oleh Direktur Consumer Service Telkom, Venusiana melalui Kementerian Sosial RI dan diterima langsung oleh Menteri Sosial RI, Tri Rismaharini.

Program IndiHome untuk NTT dilaksanakan selama 18 hari mulai dari 12 – 29 Mei 2021 melalui partisipasi pelanggan dalam social movement dan penukaran poin MyIndiHome.


4. Program Donasi "Karya Tanpa Batas Bersama IndiHome" 

27 Juli 2021 - Melalui Program IndiHome Charity, Telkom Regional I-VII mendistribusikan bantuan senilai Rp420 juta kepada masyarakat sekitar wilayah Telkom di seluruh Indonesia yang terkena dampak pandemi. 

Program bakti sosial di kuartal kedua ini bertajuk “Karya Tanpa Batas Bersama IndiHome”, tujuannya adalah untuk menghadirkan semangat produktif dan kreatif kepada masyarakat Indonesia yang tengah menghadapi pandemi Covid-19.


5. Program Donasi "Berbagi Tanpa Batas" 

26 Oktober 2021 - Melalui Program IndiHome Charity dengan acara yang bertajuk “Berbagi Tanpa Batas”, Telkom Regional I hingga VII menyerahkan bantuan dengan total Rp420 juta kepada lembaga, organisasi masyarakat, sekolah, maupun yayasan yang terkena dampak pandemi secara serentak


Demikianlah contoh aksi nyata IndiHome yang telah dilakukan sebagai implementasi CSR untuk kesejahteraan Indonesia. Selain lima kegiatan di atas, ada banyak kegiatan lainnya yang mungkin tidak bisa dituliskan satu per satu.



Manfaat Kegiatan Bakti Sosial IndiHome Charity


Apa saja sih manfaat  kegiatan bakti sosial IndiHome Charity?

Sesungguhnya manfaat yang diperoleh pada kegiatan positif ini sangat banyak. Tak hanya sekadar membantu finansial masyarakat Indonesia, namun dengan kegiatan CSR ini, terdapat manfaat atau keuntungan dari beberapa sisi.

IndiHome Charity : Aktivitas Tanpa Batas IndiHome dalam Bidang Bakti Sosial
Desain gambar : www.canva.com

Manfaat kegiatan CSR / Bakti Sosial Indihome Charity :


1. Bagi Masyarakat

Yang terlihat oleh kasat mata, tentu raut wajah bahagia masyarakat karena mendapatkan bantuan dana dari IndiHome Charity. Di balik itu, berbagai manfaat dirasakan oleh masyarakat yaitu :
  • Donasi sembako dan uang atas bencana alam bisa meringankan beban korban
  • Hadiah beasiswa bisa membantu pendidikan anak kurang mampu ataupun memberikan kesempatan pendidikan yang lebih tinggi kepada siswa mampu yang berprestasi
  • Bantuan fasilitas umum dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat 
  • Bantuan masker, hand sanitizer, obat-obatan, peralatan medis kepada masyarakat, sekolah dan lembaga yang terkena dampak virus korona dapat meningkatkan kesehatan. 
  • Bantuan untuk kelestarian lingkungan dapat meningkatkan kenyamanan tempat tinggal masyarakat

2. Bagi Perusahaan

Sebagai pihak yang memberikan bantuan, Telkom Indonesia juga mendapatkan manfaat pada kegiatan bakti sosial IndiHome Charity seperti :
  • Meningkatkan citra dan reputasi Telkom Indonesia di mata masyarakat dan publik
  • Memperlancar proses operasional perusahaan karena adanya kepercayaan dari berbagai pihak
  • Telkom Indonesia menjadi lebih unggul daripada kompetitor lainnya yang tidak melakukan kegiatan bakti sosial
  • Mempermudah terbentuknya kerja sama dengan pihak lain dan mempercepat pengembangan perusahaan
  • Mendapatkan penghargaan dari lembaga tertentu atau dari pemerintah atas komitmen menjalankan kegiatan CSR 
  • Timbulnya rasa bangga dan semangat para karyawan

3. Bagi Pemerintah

Pemerintah juga mendapatkan keuntungan secara tidak langsung. Sesungguhnya program CSR seperti Indihome Charity dapat mendukung program-program pemerintah terkait kemajuan bangsa dan negara. 

Dalam cakupan luas, CSR perusahaan hadir membantu pemerintah dalam menangani berbagai masalah sosial mulai dari pencemaran lingkungan, kemiskinan, minimnya fasilitas kesehatan, pendidikan, dan lainnya.



Kesimpulan


Kegiatan CSR atau Tanggung Jawab Sosial Perusahaan adalah kegiatan yang wajib dilakukan oleh BUMN dan perusahaan swasta tertentu berdasarkan Peraturan Peraturan Republik Indonesia Nomor 47 Tahun 2021 tentang Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan Perseroan Terbatas.

IndiHome sebagai produk layanan fixed broadband unggulan dari Telkom Indonesia menunjukkan rasa tanggung jawab terhadap sosial maupun lingkungan dengan rutin menyelenggarakan IndiHome Charity yaitu kegiatan bakti sosial IndiHome untuk kesejahteraan Indonesia.

Rangkaian acara IndiHome Charity telah dilakukan dengan berbagai aspek pada 2020 hingga 2021 seperti bantuan untuk pendidikan, bantuan untuk korban bencana alam serta bantuan untuk masyarakat yang terkena dampat pandemi Covid-19. Kegiatan ini juga melibatkan partisipasi pelanggan  dalam social movement dan penukaran poin MyIndiHome.

Yang paling penting, kegiatan ini memberikan keuntungan bagi berbagai pihak seperti masyarakat, perusahaan (Telkom Indonesia dan layanan IndiHome) serta pemerintah. 

Ini semua membuat kita sebagai pelanggan setia si Internet Cepat "IndiHome" menjadi lebih bangga, percaya dan mengapresiasi kinerja Telkom Indonesia yang tak hanya mementingkan profit saja namun juga melaksanakan tanggung jawab yang diembankan.

Mari ketahui lebih lanjut mengenai layanan jasa IndiHome dan kegiatan bakti sosialnya di https://www.indihome.co.id/



Referensi Tulisan dan Gambar


1. Website IndiHome

  • https://indihome.co.id/news/telkom-berikan-beasiswa-untuk-sepuluh-pemenang-indihome-gideon-badminton-academy-selama-setahun
  • https://indihome.co.id/news/indihome-serahkan-donasi-pelanggan-untuk-masyarakat-ntt-melalui-kementerian-sosial-ri
  • https://indihome.co.id/news/indihome-serahkan-3000-paket-sembako-senilai-rp537-juta-kepada-masyarakat-terdampak-covid-19-melalui-program-donasi-berbagi-berkah

2. Website Telkom Indonesia

  • https://www.telkom.co.id/sites/about-telkom/id_ID/page/tentang-csr-66

3. Website Kementerian Kesehatan Rebulik Indonesia

  • https://promkes.kemkes.go.id/csr/pengertian-csr

4. Web Database Peraturan BPK RI

  • https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/5260/pp-no-47-tahun-2012

5. Website Perseroan Terbatas

  • https://www.hukumperseroanterbatas.com/tanggung-jawab-perseroan-terbatas/corporate-social-responsibility-oleh-perseroan-terbatas/

6. Website Realitas Online

  • https://realitasonline.id/ekonomi/bangkitkan-semangat-masyarakat-indihome-serahkan-bantuan-senilai-rp420-juta/
  • https://realitasonline.id/medan/telkom-alokasikan-bantuan-hingga-rp420-juta-di-kuartal-ii-2021/

xoxo
Dila

20 comments:

  1. Menarik juga menilik kontribusi Indihome melalui CSR-nya. Semoga selain bisa membawa dampak positif bagi masyarakat Indonesia, juga bisa sebagai ajang untuk menerima kritik dan saran dari masyarakat agar kualitas pelayanan ditingkatkan ke level yang lebih tinggi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul kak, kegiatan bakti sosial IndiHome sudah berkontribusi dalam mensejahterakan masyarakat Indonesia. Dan semoga IndiHome juga selalu memperbaiki pelayanan dan mengembangkan teknologinya supaya tercapai Kedaulatan Digital Indonesia

      Delete
  2. Masya Allah, senang melihatnya Indihome banyak berkontribusi untuk masyarakat yang membutuhkan melalui program CSR-nya. Semoga semakin banyak kegiatan-kegiatan seperti ini ke depannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga program IndiHome Charity terus digelar dan lebih menyebar ke kota-kota yang belum pernah dibantu.

      Delete
  3. Indihome makin keren aja yah, jadi senang deh melihatnya banyak berkontribusi untuk masyarakat yang membutuhkan melalui program Charity aktivitas tanpa batas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kak, makin respect sama brand yang peduli dengan masyarakat dan lingkungan seperti IndiHome-nya Telkom Indonesia.

      Delete
  4. Indihome selalu di hati, di rumah pun aku pakai koneksi indihome hehe.. dengan adanya CSR jadi menaikan citra brandnya sendiri. good.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama kak, dari dulu pakai IndiHome di rumah. Senang mengetahui mereka rutin melaksanakan CSR

      Delete
  5. Bagus program charity nya, jd banyak yg terbantu akibat pandemi. InshaAllah Telkom makin maju

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul kak, aamiin... semoga makin maju dan ikut membantu perkembangan dunia digital di Indonesia

      Delete
  6. Aku baru tahu tentang yang beasiswa badminton. Keren banget ya, di Banten & Jabodetabek aja ya baru? Semoga IndiHome semakin jaya agar bisa bermanfaat lebih luas lagi ;)

    ReplyDelete
  7. Makin keren aja indihome menghadirkan kegiatan sosial dari media online sehingga memang tanpa batas ya kak. Itu artinya layanan indihome tidak seputar laba saja tpi lebih dari kepentingan sosial juga ya ka..

    ReplyDelete
  8. Saya sendiri baru tau istilah CSR setelah bekerja di perusahaan. Kegiatan CSR memang membuat karyawan lebih bangga dengan perusahaan.

    Ternyata IndiHome juga rutin melakukan kegiatan CSR atau bakti sosial, cakupannya juga luas. Keren!!

    ReplyDelete
  9. Wah, saya baru tahu jika Telkom memiliki banyak program berkah seperti bantuan bencana alam, beasiswa, dan bantuan lainnya. Saya pribadi pengguna Indihome dan sekarang saya merasa lebih bermanfaat meskipun tidak secara langsung. Semoga Telkom makin berkembang dan dapat meratakan internet di seluruh pelosok Indonesia.

    ReplyDelete
  10. keren banget ya indiehome, aku amaze lho. program charirity ini menyentuh banyak aspek ya, bukan hanya terdampak pandemi tapi juga beasiswa badminton. semoga programnya terus jalan dimasa yang akan datang ya

    ReplyDelete
  11. Dengan kebijakan CSR, perusahaan jadi bisa berkontribusi buat masyarakat sekitarnya ya. Jadi perusahaan itu juga memberi manfaat untuk warga sekitar dan umum.

    ReplyDelete
  12. wah banyak banget yaa program-program CSR nya IndiHome ini mba, tapi aku paling suka program beasiswa deh mba bisa upgrade kualitas dan makin meningkatkan akses pendidikan buat anak-anak

    ReplyDelete
  13. ternyata Indihome sudah melaksanakan prinsip ekonomi Triple Bottom Line. Keren yaa, termasuk adanya CSR dan kegiatan bakti sosial lainnya.

    ReplyDelete
  14. masya allah banyak juga ya programnya CSR nya indihome, wah menarik tuh yang. beasiswa ya tapi emang khusus ya itu targetnya,

    ReplyDelete
  15. suka sama program program charitynya. Indihome bener bener mempunyai kepedulian sosial yang tinggi juga terhadap masyarakat

    ReplyDelete

Powered by Blogger.