Mengenal Bisnis Properti & Tips Sukses Bagi Pemula

Kamis, 08 September 2022

Tips Sukses Berbisnis Properti Bagi Pemula

Assalamualaikum
Halo semuanya~

Menjadi pemilik rumah kost atau kos-kosan adalah salah satu "profesi idaman" orang Indonesia saat ini. Karena seorang pemilik kos-kosan terlihat tidak perlu bekerja keras tapi bisa mendapatkan banyak uang setiap bulan dari kamar kos yang disewakan.

Oleh karena itu banyak orang yang walaupun sekarang sudah berprofesi sebagai karyawan ataupun PNS, berharap bisa membangun rumah kost supaya mendapatkan penghasilan tambahan serta menjadi jaminan pemasukan rutin di masa pensiun nantinya.

Rumah kost adalah salah satu contoh bisnis properti yang menjanjikan di Indonesia. Selain rumah kost masih banyak bentuk bisnis properti lain yang selalu menguntungkan dan kebal pada inflasi. 

Sebelum membahas lebih jauh, mari kita pahami dulu apa itu properti.


Daftar Isi




Mengenal Bisnis Properti & Tips Sukses Bagi Pemula


Definisi dan Contoh Produk Properti


Berdasarkan KBBI, Properti adalah harta berupa tanah dan bangunan serta sarana dan prasarana yang merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari tanah dan/atau bangunan yang dimaksudkan; tanah milik dan bangunan.

Dengan kata lain, properti itu adalah sebuah hak, baik itu hak sewa ataupun hak guna dalam memanfaatkan sebidang tanah, bangunan, dan apapun yang berdiri di sebuah lahan. Properti juga berkaitan dengan berbagai macam dokumen yang harus diurus untuk keresmiannya secara hukum.

Tidak hanya tanah dan rumah kost, berikut contoh produk properti lainnya jika dilihat dari tujuan penggunaan :

1. Bangunan Komersial

Properti bangunan untuk dijadikan perkantoran, ruko, rumah sakit, dna pusat perbelanjaan

2. Bangunan Industri

Bangunan yang digunakan sebagai pabrik dan termasuk gudang dan laboratorium pengembangan.

3. Bangunan Residential

Bangunan yang digunakan sebagai hunian seperti rumah, apartemen, rumah kost, villa dan lain-lain.

4. Bangunan dengan Tujuan Khusus

Bangunan yang digunakan sebagai sarana umum seperti sekolah, tempat ibadah, bandara dan sebagainya.




Alasan Harus Berbisnis Properti


Kenapa harus berbisnis properti? Bukannya modalnya mahal yah?

Mendengar kata "properti" pasti langsung teringat tanah dan bangunan sehingga kita berpikir bahwa bisnis properti adalah bisnis yang membutuhkan modal yang besar.

Padahal ada banyak jenis bisnis properti, ada yang hanya membutuhkan modal kecil bahkan tanpa modal dan ada bisnis properti bagi pemula yang bisa dilakukan oleh siapapun mulai dari mahasiswa, karyawan kantoran hingga ibu rumah tangga.

Kembali ke pertanyaan awal, kenapa harus berbisnis properti? Baiklah, mari kita lihat keuntungan dari bisnis properti.


Keuntungan Bisnis Properti :


- Sebagai Aset Produktif

Properti merupakan aset produktif yang nilainya selalu naik. Alasannya properti bukanlah barang yang mudah rusak dan fungsinya bisa bertahan dalam jangka waktu lama. Selain bisa disewakan, properti bisa dijadikan agunan untuk pinjaman uang di bank.

- Kebal pada Inflasi

Beberapa hari lalu pemerintah menaikkan harga bahan bakar minyak yang menyebabkan kenaikan bahan pokok lainnya sehingga menambah inflasi 1.8 persen.

Kejadian ini tentu merugikan pelaku usaha karena harga material/modal meningkat sementara penjualan menurun. Di sisi lain, adanya inflasi dalam perekonomian tidak memengaruhi nilai dari sebuah properti, sehingga menguntungkan dalam bidang bisnis properti. 

- Nilai Jual Tinggi

Properti memiliki nilai jual tinggi khususnya yang berada di lokasi strategis seperti jalan raya, kantor pemerintahan ataupun pusat perbelanjaan.

Misalkan kos-kosan, tentu biasa sewa kamar kos di dekat pusat kota Jakarta lebih mahal dari pada yang berada di pinggiran kota atau jauh dari bangunan komersial.

- Menjadi Penghasilan Pasif

Keuntungan dari bisnis properti adalah mendapatkan penghasilan yang rutin alias pendapatan pasif secara berkala. Misalnya dengan menyewakan ruko ataupun apartemen dalam jangka waktu tahunan.

- Investasi Jangka Panjang

Pada artikel sebelumnya sudah dijelaskan bahwa bisnis properti merupakan salah satu bentuk investasi jangka panjang yang cocok bagi pemula.


Tips Sukses Berbisnis Properti Bagi Pemula




Setelah mengetahui manfaat atau keuntungan dari bisnis properti, pasti banyak yang ingin segera mencoba untuk terjun pada bisnis ini. Berikut sedikit tips sukses berbisnis properti bagi pemula.


Tips Sukses Berbisnis Properti bagi Pemula



1. Pahami Tentang Properti dan Bisnis Properti

Sebagai pemula tentu harus paham dulu mengenai properti dan bisnis properti supaya bisa sukses menjalankannya. Kita bisa belajar sendiri dari membaca buku dan artikel di blog atau belajar langsung dari ahlinya dengan mengikuti seminar atau webinar.


2. Tentukan Cara Berbisnis

Ada dua cara dalam berbisnis properti yaitu bertindak sebagai pemilik yang menyewakan aset pribadi dan sebagai makelar properti.

Kedua cara ini memiliki keunggulan dan kekurangan masing-masing yang bisa dianalisa terlebih dahulu sehingga bisa diputuskan cara mana yang paling sesuai dengan kemampuan masing-masing.

Misalkan pemilik properti, keuntungannya adalah mendapatkan total keuntungan lebih besar namn kekurangannya adalah butuh modal yang besar pula.

Sementara sebagai makelar properti, keuntungannya adalah memiliki peluang mendapatkan calon klien lebih banyak, namun kekurangannya adalah Pembayaran berupa komisi bukan passive income.


3. Tentukan Jenis Properti

Di atas sudah dijelaskan contoh properti berdasarkan kegunaannya. Sebagai pemula, berikut pilihan properti/ bisnis properti yang bisa dikelola :

- Kos-kosan

Bisnis properti ini tidak harus memiliki satu bangunan khusus untuk sewakan, namun bisa dimulai dari menyewakan satu kamar yang tidak digunakan di rumah.

Orang tua saya pernah melakukan ini. Saat itu ada lembaga pendidikan yang baru didirikan di dekat rumah dan kebetulan ada dua kamar yang tidak digunakan. Alhasil dua kamar itu disewakan kepada mahasiswa.

- Home Stay

Jika kamu memiliki rumah di kota wisata atau dekat pantai maka ini menjadi peluang untuk dijadikan disewakan sebagai home stay. 

Home stay bisa bersifat sementara seperti hanya disewakan saat musim liburan dan bisa juga bersifat permanen.

- Ruko

Menyewakan ruko atau rumah toko adalah bentuk dari bisnis properti yang cocok bagi pemula. Karena konsepnya rumah dan toko maka bisa menyewakan satu paket dan bisa menyewakan "setengahnya". Misalnya toko saya atau rumahnya saja.

Sewa ruko lebih menguntungkan dibandingkan rumah kost dan home stay karena biasanya langsung dibayar untuk satu tahun.


4. Manfaatkan Sosial Media untuk Promosi

Hal yang paling penting agar sukses berbisnis properti adalah melakukan promosi. Beruntung kita hidup di jaman yang sistem informasi dan teknologinya sudah sangat canggih.

Bisnis properti yang sedang dijalankan bisa dipromosikan ke berbagai media sosial seperti whatsapp, Instagram, Twitter, Youtube dan Tiktok. Selain itu juga ada website atau aplikasi jasa untuk sewa penginapan seperti Airbnb.

Jika tidak bisa mempromosikan sendiri, bisa bekerja sama dengan para selebgram, youtuber, blogger yang ahli dalam memberikan ulasan atau promosi. Selain itu juga bisa menggunakan fitur Ads yang ada di setiap media sosial di atas.



***

Seiring dengan kejadian inflasi karena kenaikan BBM di Indonesia baru-baru ini, banyak UMKM hingga pengusaha yang mengkhawatirkan kelangsungan bisnis mereka karena naiknya modal produksi namun jumlah pembelian berkurang.

Namun tidak dengan bisnis properti yang seakan tidak terganggu dengan kenaikan inflasi perekonomian di dalam negeri. Untuk itu, bisnis properti cocok sekali bagi semua kalangan yang ingin mendapatkan penghasilan rutin maupun untuk investasi jangka panjang.

Sekian penjelasan singkat tentang bisnis properti dan tips sukses bagi pemula.
Terima kasih telah membaca artikel ini.

xoxo
Dila


Sumber Tambahan :
  • https://www.pipohargiyanto.com/blog/bisnis-properti/
  • https://www.modalrakyat.id/blog/keuntungan-bisnis-properti
  • https://www.99.co/id/panduan/keuntungan-bisnis-properti

Tidak ada komentar

Posting Komentar