4 Tips Memilih Penginapan di Airbnb di Korea

Selasa, 30 Agustus 2022


Assalamualaikum
Halo semuanya~

Bisa dibilang 2019 adalah tahun penuh dengan kenangan berharga bagi saya setelah tahun 2012. Salah satu momen berharga itu adalah bisa menonton langsung konser BTS di negara kelahiran mereka yaitu Korea Selatan.

Siapa sangka konser bertajuk BTS World Tour : Love Yourself [The Final] yang diselenggarakan di kota Seoul tersebut menjadi konser offline terakhir mereka sebelum pandemi. Mengingat hal tersebut, saya merasa benar-benar beruntung karena itu adalah konser pertama setelah menyukai BTS sejak tahun 2017.

Anyways, sekarang saya tidak akan membahas tentang pengalaman menonton konser melainkan pengalaman pertama kali menginap di Airbnb saat menonton konser BTS di Korea sesuai judul artikel ini. 

Note : semoga suatu saat saya bisa menulis artikel tentang pengalaman menonton konser BTS yah, walau udah berlalu hampir 3 tahun, hehe.




Cerita Pengalaman Pertama Kali Menginap di AirBnb di Korea


Saat itu saya dan Mutia, teman sesama ARMY, mantap menonton konser BTS langsung di Korea Selatan. Kami memilih ke sana secara mandiri alias tanpa ikut travel agent atau rombongan fans lainnya. Alasan utamanya adalah karena tidak mau terikat jadwal dari agen travel.

Selain itu kebetulan saya bisa berbahasa Korea plus pernah tinggal di sana beberapa bulan. Didukung oleh Mutia yang sudah memiliki pengalaman liburan ke luar negeri serta pernah tinggal di Thailand, yang berarti dia sudah ada gambaran saat liburan ke negara asing. Pengalaman tersebut membuat kami percaya diri bisa ke Korea secara mandiri.

Hal yang cukup membuat excited pada liburan-konser saat itu adalah memilih penginapan. Saya dan Mutia tidak mau menginap di hotel, karena kami ingin merasakan sensasi menginap di Airbnb. 

Bagi yang belum tau, Airbnb adalah layanan jasa sewa penginapan rumah, apartemen, vila hingga hotel yang tersebar di penjuru dunia. Airbnb dikatakan sebagai pionir marketplace penyewaan tempat penginapan, di mana siapapun yang memiliki rumah bahkan satu kamar saja bisa menyewakannya kepada orang lain dalam jangka waktu pendek.


Ingat sekali saat itu menginap di Airbnb adalah sebuah tren baru. Melihat banyaknya postingan teman di Instagram yang menginap di Airbnb dengan konsep unik atau aesthetic, jiwa pemburu instagenic spot seperti saya ini makin membara, "Pokoknya harus nginap di Airbnb unik saat di Korea!!"

Sekitar satu bulan sebelumnya kami sudah sibuk hunting penginapan unik di Airbnb. Yang menjadi filter utama pencarian saat itu adalah lokasi, konsep dan harga sewa Airbnb. 

Konser BTS diadakan di Jamsil Main Stadium di Seoul. Jika dilihat dari peta, lokasi penginapan yang paling bagus adalah di kota Gangnam, namun setelah dicek harga Airbnb yang diinginkan cukup mahal.

Mutia mengusulkan untuk mencari penginapan di kota Myeongdong, walaupun agak jauh dari Jamsil Stadium, namun Myeondong dikenal sebagai pusat perbelanjaan dan kuliner. Apalagi kami berencana membuka jastip pada liburan kali itu, sehingga bisa diprediksi akan sering mampir ke Myeongdong. 

Cukup banyak Aibnb unik dengan harga bersahabat di Myeongdong namun sayangnya tanggal yang kami incar sudah dipesan oleh orang lain. Sepertinya saat itu Korea Selatan kedatangan banyak ARMY dari luar Seoul hingga luar negeri sehingga penginapan dan hotel banyak yang penuh di sekitar akhir Oktober hingga awal November.


Singkat cerita akhirnya saya dan Mutia memilih Airbnb di kota Itaewon. Alasannya karena lokasinya masih dekat dengan Myeongdong, selain itu Itaewon juga merupakan kota wisata terkenal di mana terdapat mesjid terbesar di Korea. (FYI : saya ke sini sebelum adanya drama Itaewon Class)

Setelah lihat sana-sini, kami menjatuhkan pilihan pada Airbnb tipe Entire House dengan konsep rooftop yang diberi nama Bright, Airy Itaewon Rooftop, yaitu penginapan di atas atap pada bangunan tiga lantai. Bagi kamu yang sering menonton drama Korea, pasti sudah bisa membayangkan bagaimana bentuk penginapannya. 

Saat itu saya membayangkan menginap di rooftop, sambil memandangi kota Seoul dari atas dan makan ramyeon di teras pada malam hari. Serta tak lupa berfoto dan membuat konten video. Tapi aktualnya tak sempat melakukan itu semua, karena kecapean nonton konser dan shopping, hehe.

Tips Memilih Penginapan di Airbnb di Korea
Tampilan penginapan yang saya sewa di Itaewon

Walaupun pertama kali menyewa penginapan di Airbnb, saya ingin berbagi sedikit tips hunting di Airbnb khususnya di luar negeri seperti Korea. Jangan hanya fokus mencari "tempat yang lucu", berikut hal yang perlu diperhatikan saat memilih penginapan di Airbnb.



Tips Memilih Penginapan di Airbnb di Korea :



1. Pilih Lokasi Strategis


Transportasi di Korea berbeda jauh dengan di Indonesia yang mana di sana hanya ada bus, taksi dan subway. Tidak ada angkot apalagi ojek, sehingga perlu diperhatikan baik-baik lokasi penginapan. Jangan sampai liburan malah kelelahan karena berjalan jauh atau uang habis karena sering menggunakan taxi.

Sebaiknya pilih penginapan yang dekat dengan objek wisata, tempat berbelanja atau stasiun subway. Kita bisa menemukan informasi lokasi penginapan di Aibnb, karena para host atau pemilik penginapan sudah mencantumkan detail alamat dan jarak dari transportasi terdekat.

Bahkan pemilik rooftop Itaewon yang saya sewa, memberikan video lengkap cara menuju penginapan dari stasiun subway terdekat. sehingga terbayang sejauh mana harus berjalan dan bisa menemukan tempat dengan mudah.

Namun sedikit cerita unik dari kebodohan kami, walau jaraknya terlihat dekat ternyata penginapan yang dituju berada di dataran yang lebih tinggi, bisa dibilang sebagai bukit kecil. Alhasil kami ngos-ngosan berjalan mendaki sambil membawa koper besar.

Bagi kamu yang suka nonton drama Korea pasti pernah melihat pemeran utama berjalan mendaki atau menaiki anak tangga yang tinggi menuju rumahnya. Ternyata itu melelahkan sekali, hebat yah orang Korea!!


2. Cek Fasilitas yang Disediakan


Carilah penginapan yang memiliki fasilitas sesuai kebutuhan bukan mencari yang terlengkap. Bagaimanapun ada fasilitas ada harga, sehingga perlu mencocokan dengan anggaran masing-masing.

Perhatikan juga musim di negara tersebut, misalnya saat ke Korea di musim dingin tentu fasilitas yang harus diperhatikan adalah ketersediaan penghangat ruangan dan selimut tebal.

Saat itu fasilitas utama yang kami perlukan adalah kasur untuk berdua, wifi, penghangat ruangan, setrika, toilet dan dapur. Di dalam toilet sudah ada perlengkapan mandi hingga deterjen, sementara di dapur juga sudah dilengkapi peralatan makan, masak dan minyak untuk masak.

Oh iya, jika menyewa Airbnb selain hotel, ada penginapan yang self service dan ada juga yang masih dilayani oleh host seperti disediakan sarapan. Untuk itu perlu dipertimbangkan apakah kamu ingin tinggal di penginapan yang menyediakan makanan atau tidak.



3. Pilih Tipe Penginapan


Ada banyak jenis penginapan yang ditawarkan oleh Airbnb, dan tentu kamu harus tau seperti apa tempat yang akan ditempati nanti.

Secara garis besar ada dua kategori yaitu Entire Place yang artinya satu tempat disewakan untuk tamu dan Private Room yaitu satu ruangan yang ada di rumah, apartemen hingga hotel disewakan untuk tamu.

Private Room sendiri ada yang konsepnya memang satu ruangan seperti hotel dan ada pula yang konsepnya seperti kamar di sebuah rumah di mana bisa saja kamu bertemu tamu lain di rumah tersebut.

Mungkin ada yang tak masalah tinggal serumah dengan orang asing namun pasti ada yang risih dengan hal tersebut. 


4. Perhatikan Review Tamu Lain


Mencari penginapan di luar negeri seperti Korea harus hati-hati dan jangan sampai tertipu, karena kita nantinya tinggal di negara asing yang memiliki perbedaan budaya dan bahasa.

Penting sekali melihat reputasi penginapan dan review dari tamu sebelumnya. Baca baik-baik komentar yang ada, apakah banyak yang kecewa dengan fasilitas yang tidak sesuai atau tempat yang ternyata tidak bersih.

Alhamdulillah penginapan yang kami sewa waktu itu sangat bagus, sesuai dengan deskripsi di website dan host yang komunikatif.

Tips Memilih Penginapan di Airbnb di Korea
Contoh review di Airbnb yang saya pilih



***

Sekian 4 tips memilih penginapan di Airbnb saat ingin liburan di negara asing seperti Korea. Intinya baca dengan seksama deskripsi yang ada di Airbnb hingga review dari tamu sebelumnya.

Pilihlah kebutuhan utama terlebih dahulu, pertimbangkan anggaran dan barulah pilih dekorasi penginapan yang diidamkan. 

Pengalaman saya tinggal di penginapan tipe Rooftop di Itaewon saat itu sangat puas karena sesuai dengan deskripsi dan foto, mulai dari fasilitas hingga pemandangan. Hostnya juga sangat ramah dan komunikatif. Cuma satu hal yang membuat kecewa, yaitu lokasi penginapan yang ternyata "menanjak", sehingga kecapean saat berjalan dari stasiun ke penginapan.

Oh ya, yang perlu diperhatikan juga adalah jaga sikap sebagai tamu seperti tidak merusak/mengambil fasilitas di sana. Tidak melanggar peraturan yang dicantumkan oleh host serta tidak mengganggu tamu lain jika menginap di tipe share common space.

Anyways, menulis artikel ini membuat saya kangen liburan ke Korea lagi dan mencoba penginapan unik lainnya dari Airbnb. Semoga yah, suatu saat bisa ke Korea lagi, aamiin.


xoxo
dila

Tidak ada komentar

Posting Komentar