7 Things I Love March : Concert & Small Business

Sabtu, 01 April 2023


Assalamualaikum
Halo semuanya~

Wow, sudah sebulan lebih saya tidak menulis di blog!! Maaf yah, karena selama itu cukup banyak kegiatan yang membuat tak sempat menulis bahkan sekedar mampir ke blog.

Nah, pada tulisan perdana setelah hiatus ini, saya ingin mengangkat lagi tema "X Thing I Love .... " yang sempat mangkrak sejak awal tahun 2023. Tulisan ini akan meng-highlight kegiatan menyenangkan selama bulan Maret yang membuat saya tak aktif di blog.

Oke, tak perlu banyak pembukaan, berikut... 


7 Things I Love March



1. Ke Jakarta Lagi!!


Setelah setahun lebih mudik, akhirnya saya ke Jakarta lagi untuk liburan selama 12 hari yaitu dari tanggal 9 hingga 12 Maret 2023.

Walaupun Bukittinggi, tempat tinggal saya saat ini, dikenal dengan kota wisata baik itu wisata sejarah, alam dan kuliner, namun tak dipungkiri saya merasa kangen dengan hiburan dan kuliner di Jakarta. Alhasil hampir 12 hari saya selalu keluar untuk temu kangen dengan kuliner ibu kota sambil berbelanja di mall. 


foto random selama liburan


2. Nonton Konser Arctic Monkeys


Salah satu tujuan utama saya ke Jakarta adalah untuk menonton konser Arctic Monkeys (NO, It was actually the main reason haha).

Setelah fenomena covid mereda pada pertengahan tahun 2022, ada banyak konser yang diselenggarakan di Indonesia, mulai dari penyanyi dalam negeri, band barat hingga Kpop

Sebagai pecinta musik, saya pun ingin menonton konser penyanyi favorit, namun apalah daya jarak dari tempat tinggal dengan Jakarta cukup jauh membuat saya benar-benar harus menyeleksi konser apa yang paling ingin ditonton.

Dari banyak penyanyi yang datang ke Indonesia akhirnya saya memutuskan untuk menonton konser Arctic Monkeys, band asal Inggris yang sudah disukai sejak tahun 2013.

ME and AM


Sepertinya nanti saya akan menuliskan artikel khusus tentang pengalaman nonton konser Artic Monkeys pada 18 Maret 2023. Semoga ini bukan wacana aja yah.... tapi benar-benar ditulis hingga dipublish

Dan berikut reel ala-ala concert vlog yang sudah diunggah di Instagram.




3. Perdana Nyetir Mobil Matic karena Arctic Monkeys?


Hikmah dari menonton konser Arctic Monkeys adalah finally bisa menyetir mobil matic. FYI alhamdulillah saya sudah bisa menyetir mobil (manual) sejak akhir tahun 2014 karena terpaksa oleh keadaan yaitu butuh kendaraan pribadi untuk berangkat kerja.

Selama ini saya memang selalu membawa mobil manual, baik itu mobil sendiri maupun mobil orang tua sehingga tidak pernah terpikirkan untuk belajar menggunakan mobil matic.

Hingga akhirnya pada Maret 2023, lagi-lagi terpaksa oleh keadaan mengendarai mobil matic untuk berangkat nonton konser Arctic Monkeys di kawasan Ancol Jakarta. Ternyata nyetir mobil matic memang senyaman itu, tak khawatir capek nyetir dari Ancol ke daerah Cakung setelah berdiri nonton konser sekitar dua jam.


4. Akhirnya Punya Powerbank


Bisa dibilang ini masih merupakan hikmah(?) menonton konser Arctic Monkeys yaitu akhirnya punya powerbank sendiri,

Dari dulu saya berusaha bertahan hidup tanpa powerbank karena merasa repot membawanya. Seperti saat traveling, sebisa mungkin tidak sering bermain HP supaya baterainya awet seharian. Dan tidak sungkan mencari colokan di tempat umum misalnya saat di bandara dan kafe saat status baterai HP sudah merah.

Nah pada konser Arctic Monkeys kemaren, karena sudah ada niat untuk merekam video dan ingin mengabadikan setiap momen akhirnya saya membeli powerbank VIVAN 10000 mAh seharga Rp163.000 untuk mengantisipasi baterai HP yang habis.

Powerbank yang saya beli ini terdapat indikator daya, bisa untuk android dan iphone dan aman dibawa ke dalam pesawat, dimana batas kapasitas powerbank yang boleh dibawa ke dalam pesawat adalah 20000 mAh.


5. Tiba-tiba Video Konten Jualan Viral


Memang algoritma TikTok tidak bisa ditebak. Sebelumnya saya sudah pasrah dengan video promosi jualan yang padahal tipenya soft selling mulai jarang viral lagi atau FYP di TikTok. Jangankan masuk FYP, meraih angka 1000 views aja sulit. Ini berbeda sekali dengan video non promosi yang mudah sekali mendapatkan view 10K hingga 100K. 


Singkat cerita, ada sebuah video "packing order" yang saya unggah di TikTok beberapa hari sebelum liburan. Hingga sebelum berangkat ke Jakarta, view video tersebut berkisar 1000~2000an. Sekitar dua hari di Jakarta saya cek TikTok, tiba-tiba video itu viral dan menembus angka 100K.

Sebenarnya ini bukanlah hal aneh di TikTok, dan menjadi kelebihan TikTok dari pada media sosial lainnya, Yaitu tidak ada kata basi untuk konten lama, karena tetap bisa berkembang berkat algoritma TikTok yang ajaib. 

Ini videonya, sekarang jumlah view sudah menembus angka 800K wow...!!

@mintchoco.studio Video packing order sesuai request customer. Dan kali ini ada cerita menarik. Awalnya aku lihat chat customer katanya minta pesanannya divideoin. And I said sure! Pas bikin eh ternyata kakaknya request nama BRIGHTWIN which is itu 9 huruf. Meanwhile custom keychain di Mintchoco Studio max 8 huruf. Akhirnya diganti jadi METAWIN aja katanya. Dan aku kasih bonus huruf supaya bisa bikin BRIGHT karna emang keychainnya bisa diganti2. Yang mau samaan atau beda bisa cek keranjang kuning yah. #customkeychain #kpopkeychain #metawin #brightwin #keychain #packingorder ♬ Ghibli-style nostalgic waltz - MaSssuguMusic

Oh ya, video yang sama juga saya unggah di Instagram dan viewnya juga lumayan banyak (sekarang sudah mencapai 100K). Bisa dibilang cukup viral untuk ukuran Instagram.



6. Orderan Membludak Setelah Liburan


Ketika video promosi di atas viral di TikTok & Instagram, tentu ada banyak komen dan DM yang masuk ke TikTok, Instagram dan Shopee. Rata-rata bertanya tentang dimana dan bagaimana bisa membeli gantungan kunci yang dipromosikan.

Jujurly saat itu saya sangat dilema, senang karena liburan namun sedih karena harus menolak pesanan. Bayangkan baru dua hari menutup toko sudah banyak yang ingin membeli dan semuanya harus ditolak hingga sepuluh hari ke depan. Dan ada perasaan khawatir euphoria pembeli hilang jika terlalu lama menutup toko.

Namun ternyata Tuhan masih memberikan rezeki kepada saya, alhamdulillah begitu membuka toko setelah liburan yaitu pada tanggal 21 Maret, ada banyak sekali pesanan yang masuk di TikTok Shop dan Shopee.

Saya benar-benar bersyukur kepada Allah dan takjub melihat pembeli yang mau menunggu hingga saya selesai liburan.  

Kpop Keychain
Best Selling!! Custom Keychain by Mintchoco Studio


7. Bikin Promo Ramadan


Alhamdulillah tahun ini kita bertemu lagi dengan bulan Ramadan yang jatuh pada 23 Maret 2023. Untuk menyambut bulan Ramadan sekaligus bersyukur dengan pencapaian Mintchoco.Studio selama ini, saya memutuskan untuk membuat Promo Ramadan.

Ini menjadi promo pertama setelah enam bulan lebih Mintchoco.Studio beroperasi. yang mana toko kecil saya ini resmi dibuka pada 1 September 2023 (ehem, samaan dengan ulang tahun Jungkook, ehem sengaja, wkwkwk)

Semoga kedepan Mintchoco.Studio makin berkembang dan bisa membuat promo lainnya. Aamiin.


***

Alhamdulillah atas semua hal menarik dan menyenangkan yang terjadi selama bulan Maret dan Alhamdulillah akhirnya menulis lagi di blog ini khususnya tema "X Things I Love ....."

Semoga kedepan saya tetap rajin menulis artikel dengan tema ini setiap awal bulan. Enggak apa-apa kalau cuma ada tujuh, lima bahkan satu saja hal yang dirasa menyenangkan.

Terima kasih buat teman-teman yang sudah berkunjung ke blog ini.

Note : tulisan ini akan disetting tanggal publishnya pada 1 April 2023, hehe.

xoxo
dila


Tidak ada komentar

Posting Komentar