7 Singkatan yang Sering Muncul di TikTok

Jumat, 26 Januari 2024

7 Singkatan yang Sering Muncul di TikTok

Assalamualaikum
Halo semuanya~

TikTok adalah salah satu media sosial yang paling populer di Indonesia dan dunia saat ini khususnya untuk kalangan anak muda. Terbukti dari banyaknya tren video yang bermunculan dari TikTok ataupun sound/lagu yang terkenal berkat TikTok. 

Selain itu media sosial lainnya terlihat meniru sejumlah fitur dari TikTok supaya tidak kehilangan pengguna. Seperti Instagram yang mengeluarkan fitur Reels, Youtube dengan fitur Shorts serta Facebook dan Twitter yang memfasilitasi pengguna untuk bisa upload video seperti TikTok.


Walaupun demikian tentu ada kalangan yang belum pernah bermain TikTok atau masih tidak tertarik dan ada juga yang baru mampir melihat-lihat TikTok atau istilahnya pengguna baru.

Bagi pengguna baru biasanya menemukan istilah dan singkatan di TikTok yang membuat bingung. Oleh karena itu di sini saya ingin membuat daftar singkatan yang ada sering muncul di TikTok serta penjelasannya.


7 Singkatan yang Sering Muncul di TikTok



1. FYP


FYP adalah singkatan For You Page

Saat membuka aplikasi TikTok, pada bagian atas akan terlihat "Friends" , "Following" dan "For You". Jika klik "Friends" maka ada video-video dari teman yaitu akun yang saling mengikuti dengan kamu. "Following" adalah tempat video dari akun-akun yang kamu ikuti dan "For You" berisi video yang direkomendasikan oleh TikTok. Dengan kata lain "Friends" , "Following" dan "For You" merupakan page atau halaman yang berbeda.

Video di "For You" sangat random, ada video yang sedang viral dan ada juga video baru atau jumlah viewnya masih sedikit. Dan kebanyakan dari akun yang tidak diikuti.

So apa sebenarnya FYP?

Biasanya video yang viral dilabeli dengan FYP yang artinya video tersebut sudah masuk ke page "For You" atau For You page semua pengguna TikTok. 


2. VT


VT adalah Video TikTok.

Saat memasuki dunia TikTok saya sering mendengar para kreator menyebut VT atau video TikTok. Misalnya "Ok guys, saya mau membahas VT sebelumnya" atau "Akhir-akhir ini gw sering lihat VT tentang review bekal makanan". 

Sebenarnya makna VT dan video sama saja, intinya VT hanya di sebut di TikTok, bukan di Instagram atau Twitter.



3. DC


DC adalah Dance Cover.

TikTok awalnya dikenal dengan aplikasi joget-joget, mungkin karena TikTok adalah aplikasi yang pertama kali menyediakan lagu yang bebas dipilih oleh kreator dan tidak akan terkena copy right asalkan video tersebut bukan video dengan "keranjang kuning".

Oleh karena itu di awal-awal dan hingga sekarang masih banyak yang joget-joget di TikTok atau bahasa kerennya Dance Cover. Sekarang dance cover menjadi strategi marketing para penyanyi karena biasanya lagu bisa menjadi tren jika ada dance cover yang menarik. Dance cover bisa serasal dari penyanyi itu sendiri adajuga yang dibuatkan oleh creator lain.


4. IB


IB adalah singkatan Inspired by.

Sebaiknya kamu mencantumkan singkatan IB dan mention nama atau akun jika membuat sebuah video yang terinspirasi dari video akun tersebut. Sehingga tidak dicap sebagai plagiat atau meniru ide konten orang lain.



5. POV


POV adalah Point of View.

POV adalah singkatan bahasa Inggris yang sudah ada sejak dulu yang berarti "sudut pandang". Para kreator TikTok sering menggunakan video dengan judul POV yang biasanya mengarah pada video perumpaan atau ceritanya.

Misalnya "POV : Saya saat jadi Hakim" 


6. BTS


BTS adalah Behind The Scene.

Kpopers pasti langsung ingat boyband BTS saat lihat singkatan BTS. Padahal sebelum boyband BTS dibentuk, singkatan BTS sudah familiar di kalangan perfileman yang artinya "dibalik layar".

Istilah BTS dengan makna dibalik layar juga sering digunakan di TikTok, misalnya "Bts pembuatan sabun handmade" atau "Bts TikTok Replay 2023" dan lainnya.



7. GRWM


GRWM adalah singkatan dari Get Ready With Me.

Singkatan ini biasa dipakai oleh kreator yang membuat video tentang persiapan dia sebelum pergi atau melakukan sesuatu. 

Misalnya video saat sedang memakai make up dan kerudung atau video persiapan barang-barang yang dibawa ke bandara untuk liburan.


***

Itulah 7 singkatan yang sering muncul di TikTok beserta penjelasannya. Semoga kamu pengguna baru di TikTok tidak kebingungan lagi kalau menemukan singkatan tersebut saat scroll video di TikTok.

Simpan tulisan ini atau bagikan kepada teman kamu yang mungkin membutuhkan.

Btw bisa follow TikTok saya di sini :

@_chocodilla Kenapa yah kalau beli barang online kesannya dapat kado, apalagi kalau isinya produk kiyowo. Unboxing gelang & cincin lucu !! #unboxingvideo #gelang #cincin ♬ original sound - Potato.

Terima kasih

xoxo
dila

Tidak ada komentar

Posting Komentar