Rekomendasi Aplikasi Edit Foto & Video untuk Toko Online

Minggu, 10 Desember 2023


Assalamualaikum,
Apa kabar semuanya?

Waktu itu ada teman yang bertanya tentang aplikasi yang saya gunakan untuk mengedit foto ataupun video, karena dia menganggap foto dan video produk yang saya unggah di Instagram bagus dan menarik.

Saya cukup terhibur mendengar pujian tersebut, karena selama ini merasa foto, story ataupun feed Instagram toko saya masih kalah bagus dibandingkan toko lain.

Walau demikian, saya akui bahwa ada effort yang besar untuk me-visualkan toko online saya. Tujuannya adalah untuk menarik perhatian dan meyakinkan calon pembeli yang tidak bisa melihat produk secara langsung.  

In my opinion, visualisai toko adalah hal yang sangat wajib dilakukan jika kamu mengelola small business secara online. Visualisasi itu mulai dari logo toko, foto/video katalog produk, poster promosi/ diskon, video promosi dan lainnya.



Mari kita bahas secara singkat item-item visualisasi toko online versi saya :

- Logo Toko

Logo toko bisa berupa nama toko, bisa juga berupa gambar atau ilustrasi menarik yang menjadi identitas toko. Selain itu logo toko bisa dijadikan watermark di setiap foto produk supaya tidak dicuri oleh penjual lain.

- Foto Katalog Produk

Toko online wajib memiliki foto katalog produk yang jelas dan sesuai dengan produk aslinya supaya pembeli tidak merasa tertipu saat membeli. Di samping itu, penjual sebaiknya membuat foto katalog yang menarik supaya bisa bersaing di media sosial sebagai tempat promosi maupun e-commerce sebagai pasar online.


- Foto Promosi

Foto promosi berbeda dengan foto katalog, jika foto katalog bertujuan memperlihatkan detail bentuk, warna atau ukuran produk sementara foto promosi adalah gambar menarik sebuah produk dan bisa berupa contoh pemakaian

- Video Promosi

Sejak adanya TikTok Shop, saya merasa bahwa foto promosi saja tidak cukup. Penjual harus memiliki video promosi untuk menarik customer di dunia maya. Video promosi itu tidak harus hard selling, di jaman sekarang customer malahan lebih suka video soft selling seperti video packing product, video unboxing product, video making product termasuk video bercerita random sambil memakai produk.


Untuk membuat item-item visualisasi toko online tersebut, saya memiliki beberapa rekomendasi aplikasi untuk mengeditnya. Aplikasi ini yang biasa saya gunakan untuk mengedit foto dan video dua toko online saya selama ini yaitu Yarn And Rope dan Mintchoco Studio.

Foto produk Macrame di Instagram



Rekomendasi Aplikasi Edit Foto & Video untuk Toko Online



1. Adobe Lightroom


Adobe Lightroom bisa digunakan di PC, Android dan iOS. Fungsinya untuk mengedit foto secara standar seperti mengatur kecerahaan, ketajaman, kontras, highlight, bayangan dan crop foto.

Ada fitur edit lainnya namun karena tujuan utama adalah membuat foto katalog produk maka cukup mengotak-atik fitur yang disebutkan di atas supaya hasilnya adalah gambar yang jernih dan warna objek mendekati aslinya.

Hasil edit foto menggunakan Lightroom (plus sudah ditambahkan logo)

2. Foodie


Tujuan saya menggunakan Foodie sama dengan Adobe Lightroom yaitu untuk mengedit foto secara standar.

Namun Foodie memiliki fitur menarik yang bisa dicoba, yaitu :
-Filter : terdapat berbagai macam filter sesuai tema seperti Food, Scenery, Film, Indoor.
-Adjust : ada pilihan adjust seperti Brightness, Contrast, Hightlight, Saturation dll mirip dengan Adobe Lighhtroom
- Recipe : adalah settingan yang bisa simpan dan gunakan untuk foto lainnya supaya tidak repot mengatur editan foto satu persatu

Kelebihan Foodie lainnya adalah bisa mengedit atau memberikan filter untuk video.

Edit foto dengan Foodie

3. Canva


Canva adalah aplikasi favorit saya saat ini. Bisa digunakan di PC, Android dan iOS dan semuanya terhubung jika sudah login di akun yang sama. Bahkan karena Canva, saya hampir meninggalkan Adobe Photoshop. 

Alasan saya suka Canva adalah :
- Pilihan font dan stiker banyak
- Ada template yang memudahkan membuat design foto katalog
- Menyediakan foto dan background
- Ada berbagai frame dan grid
- Bisa membuat logo
- Bisa disimpan dengan berbagai format
- Sistem auto save

Saya biasanya mengedit foto terlebih dahulu di Adobe Lightroom / Foodie, setelah itu diunggah ke Canva untuk menambahkan tulisan atau stiker. Hasil editan di Canva digunakan untuk update foto di feed Instagram, story, cover video dan juga untuk foto katalog di e-commerce.

Foto promosi yang diedit dengan Canva

4. CapCut


Tiga di atas adalah aplikasi untuk foto dan sekarang saya ingin spill aplikasi favorit untuk mengedit video yaitu CapCut.

Sebelumnya saya pernah menggunakan Adobe Premier di PC dan VN, InShot, VLLO di ponsel.  Namun setelah mengenal CapCut saya yakin untuk unistall aplikasi lainnya di ponsel.

CapCut cukup mudah digunakan, fitur editingnya lumayan lengkap dan terdapat banyak template dari CapCut Creator yang bisa digunakan secara gratis. Apalagi CapCut sudah bekerja sama dengan TikTok sehingga mudah menemukan template CapCut dengan sound yang viral.

@mintchoco.studio Rekomendasi kado untuk teman!! Ada keychain dengan nama Jisoo, foto polaroid Jisoo, phone hook dan gummy bear keychain yang lucu. Kamu bisa order dengan nama idol/bias bahkan nama sendiri loh. #customkeychain #kpopkeychain #jisoo #kimjisoo #fotopolaroid ♬ seven - ★


***

Itulah 4 aplikasi yang sering saya gunakan untuk memvisualisasikan toko online saya. Oh iya sebagai tambahan, saat mengedit kadang kita perlu foto objek saja tanpa background.

Dulu saya menggunakan Adobe Photoshop untuk menghapus background. Namun sekarang karena jaman sudah canggih maka tidak perlu repot bermain dengan "lasso tools" di Photoshop, kamu bisa remove background instan secara online seperti di website https://www.remove.bg/

Oleh karena instan, maka pastikan warna objek dan background foto cukup kontras supaya hasilnya bagus. Jika kamu ingin hasil maksimal maka harus menggunakan Adobe Photoshop.


Sekian rekomendasi dari saya semoga berguna bagi para pembaca yang ingin berbeda toko onlinenya.

Terima Kasih

xoxo
dila

Tidak ada komentar

Posting Komentar