3 Rekomendasi Game Asah Otak Online Tanpa Download & Tanpa Iklan di Solitaire.org

Sabtu, 28 Oktober 2023

Rekomendasi Game Asah Otak Online Tanpa Download & Tanpa Iklan di Solitaire.org
Assalamualaikum
Halo semuanya, apa kabar?

Ada enggak yang pernah mengalami masa-masa di mana saat ingin bermain game PC harus install aplikasi dari CD bajakan? Atau minta aplikasi ke teman yang dicopy ke USB?

Saya yakin ini hanya dialami oleh generasi Baby Boomer dan Millennials, dan tentu generasi Gen Z can't  relate. "Apa itu CD bajakan??" tanya Gen Z.

Dulu game PC yang saya mainkan beragam, mulai dari game sederhana seperti Feeding Frenzy, game yang butuh konsentrasi seperti Solitaire dan Mahjong hingga game yang butuh ketangkasan seperti Diner Dash dan Sally Salon.

Kadang sedang asik main eh muncul notifikasi kalau masa trial sudah habis sehingga disuruh membeli aplikasi game tersebut. Jadi tidak semua game bajakan itu bisa dimainkan secara bebas, ada yang memberlakukan masa trial.

Kenapa tidak beli saja gamenya secara resmi?

Mungkin muncul pertanyaan demikian. Baik saya akan jelaskan, semua game tersebut adalah produk dari perusahaan asing, dan dulu akses untuk membeli atau metoda transaksinya masih sulit. Tidak seperti sekarang, kita bisa melakukan pembayaran dengan bank transfer, bahkan ada yang bisa dengan Shopeepay saat berbelanja di e-commerce luar negeri, 

Nah bisa dibayangkan betapa susahnya untuk bermain game, apalagi dulu juga belum ada smartphone.

Kondisi tersebut berbeda sekali dengan jaman sekarang. Setelah berkembangnya android & iOS, kita bisa bermain game apapun secara gratis dan resmi di ponsel masing-masing. Karena terdapat Play Store ataupun App Store yang menyediakan berbagai game menarik dan kebanyakan dimainkan secara online.

Saking banyaknya dan saking gratisnya, tak terasa memori ponsel penuh oleh game yang berbagi ruang bersama file foto, video dan aplikasi penting lainnya.

Pasti kamu seringkan merasa kesal melihat ponsel yang mudah penuh padahal ingin mengunduh game terbaru? Apalagi sudah membeli ponsel dengan memori yang besar.

Nah jika mengalami masalah seperti ini sebaiknya bermain game di websitenya langsung tanpa harus download.

Memangnya ada website untuk bermain game tanpa harus download?

Ada donk! Pada artikel ini saya mau spill tempat bermain game di website resmi yang gratis, tidak perlu di download dan tidak ada iklan yang mengganggu. Keren kan?


Bermain Game Online Tanpa Download & Tanpa Iklan di Solitaire.org


Namanya SOLITAIRE.ORG merupakan situs yang menawarkan suasana bermain game sederhana yang menyenangkan untuk orang dewasa di mana mereka dapat memainkan ratusan permainan langsung di browser web mereka tanpa perlu mengunduh aplikasi apa pun, atau terganggu oleh iklan.

Menurut saya tidak hanya untuk orang dewasa, remaja bahkan anak-anak pun bisa memainkan game di Solitaire.org karena banyak pilihan permainan sederhana namun bisa mengasah otak.

SOLITAIRE.ORG menyediakan banyak game dari berbagai jenis seperti :


Solitaire : permainan dengan kartu remi
Card Game : permainan kartu lainnya
Mahjong : permainan mahjong
Hidden Objects : mencari benda tersembunyi
Match 3 : permainan yang mencocokkan 3 benda 
Logic Puzzles : Teka teki logika
Word Games : mencari kata, teka teki silang
Simulation Games : game simulasi
Free Online Games : game lainya yang diluar kategori di atas.

Banyak sekali game yang disediakan oleh Soliraire.org dari semuanya ada tiga permainan yang ingin saya rekomendasikan dan bisa dikategorikan sebagai game asah otak.



3 Rekomendasi Game Asah Otak di Solitaire.org



1. Solitaire


Mendengar kata Solitaire, pasti banyak yang langsung nostalgia masa-masa memainkan game kartu ini di PC jadul. Dan seingat saya game ini biasanya memang sudah ada di PC, jadi tidak perlu cari bajakannya.

Saya meletakkan Solitaire di urutan pertama karena saat membuka situs solitaire.org, game ini langsung muncul di halaman utama. Jadi seakan-akan kita ditodong untuk langsung memainkan game utama mereka.

Bagi yang belum tau, Solitaire adalah permainan dengan kartu remi. Tujuan permainan ini adalah menyusun kartu secara berurutan. Urutan ini didasarkan pada jenis dan pangkat. Misal kartu gambar "hati" diurut dari paling bawah As,2,3,4,5,6,7,8,9,10,J,Q,K 

Berikut penjelasan mengenai area bermain Solitaire :

- Di awal permainan terdapat 4 kotak kosong yang disebut dengan Foundations. Nanti kita disuruh menyusun dari kartu As hingga K sesuai jenisnya yaitu Hati, Wajik, Sekop dan Keriting.

- Di bawah 4 kotak kosong terdapat 7 kolom kartu dimana kolom pertama terdapat 1 kartu dan jumlah kartu terus bertambah hingga kolom 7. Namun hanya kartu paling depan yang terlihat, sementara kartu di belakangnya tertutup. Akan terbuka jika kartu diatasnya diambil

- Di kanan atas terdapat tumpukan kartu stok tertutup dan hanya bisa dibuka 3 kartu. Namun hanya bisa mengambil kartu terdepan saja dari 3 tersebut.

Setelah memahami area bermain, berikut penjelasan mengenai cara bermain Solitaire :
  1. Pertama-tama adalah berusaha menemukan setiap jenis kartu As untuk ditaruh di kotak kosong di bagian atas.
  2. Untuk menemukan kartu As, berarti kita harus melihat semua kartu terbuka. Kalau tidak ada bisa membuka kartu stok.
  3. Jika tidak ada, kita bisa mengecek kartu yang tertutup dan berjejer di 7 kolom. Caranya adalah pindahkan kartu dengan ketentuan kartu hanya bisa dipindah dan ditumpuk ke kartu lain jika jenis dan warnanya berbeda dan angkanya lebih kecil.
  4. Jadi untuk menyusun kartu yang sejenis dan berurutan, kita harus mengecek semua kartu yang tertutup dengan metode yang dijelaskan di atas.
  5. Jika telah berhasil menyusunnya berarti kamu berhasil, tapi kalau merasa menemukan jalan buntu, kamu bisa reset permainan.

Mungkin kalau membaca penjelasan saja akan membingungkan, sebaiknya kamu langsung coba permainan Solitaire di solitaire.org


Rekomendasi Game Asah Otak Online Tanpa Download & Tanpa Iklan di Solitaire.org



2. Mahjong Solitaire


Mahjong Solitaire adalah permainan klasik tapi menjadi tipikal game asah otak yang masih sering dimainkan oleh orang-orang hingga sekarang.

Pada solitaire.org Game Mahjong Solitaire berupa tumpukan ubin bergambar yang tersusun rapi. Terdapat 144 ubin dengan 36 desain dan rata-rata muncul 4 kali.

Pemain harus memasangkan 2 ubin dengan gambar yang sama tapi hanya bisa memilih ubin yang posisinya paling atas atau paling luar. Intinya tidak bisa memilih ubin yang terjepit. Jika merasa stak atau menemukan kesulitan maka bisa menekan tombol Shuffle untuk mengacak ulang susunan ubin.

Ada pengukur waktu, makin cepat menyelesaikan permainan maka makin tinggi skor yang diraih.


Rekomendasi Game Asah Otak Online Tanpa Download & Tanpa Iklan di Solitaire.org


3. Word Search


Seperti namanya Word Search adalah permainan mencari kata di kotak yang berisi huruf-huruf yang terlihat acak.

Cara bermain Word Search :

- Sebelum memulai ada pilihan ukuran atau jumlah huruf yang diinginkan yaitu 12x12 , 14x14 dan 16x16. Misal pilih 14x14 lalu akan muncul huruf acak dengan jumlah 14 huruf posisi mendatar dan menurun.

- Setelah memilih 14x14, pada sebelah kiri akan muncul list kata dalam bahasa Inggris yang harus dicari dengan total 19 kata.

- Pada sebelah kanan terdapat huruf yang teracak dan pemain bisa mencari kata dengan menyusun huruf secara bebas. Maksudnya bisa dari kiri ke kanan, kanan ke kiri, atas ke bawah, bawah ke atas hingga serong. Intinya huruf itu harus tersambung lurus tidak berbelok.

Permainan Word Search ini sangat bagus karena bisa melatih konsentrasi, kecepatan mata dan sekaligus menambah kosa kata bahasa Inggris.


Rekomendasi Game Asah Otak Online Tanpa Download & Tanpa Iklan di Solitaire.org


***


Itulah tiga game asah otak yang ada di solitaire.org yang saya rekomendasikan yaitu Solitaire, Mahjong Solitaire dan Word Search.

Semua game tersebut adalah game sederhana, mudah dipahami, tidak menguras waktu, bisa dihentikan sementara dan yang terpenting mengasah otak.

Selain itu yang saya sukai di solitaire.org adalah situsnya ringan, loadingnya cepat dan benar-benar tidak ada iklan yang mengganggu. Jadi bisa fokus bermain game.

Sekian rekomendasi dari saya, semoga bermanfaat bagi para pembaca yang berkunjung. Terima kasih.

xoxo
Dila

2 komentar:

  1. solitaire adalah game saya kalau di kantor lagi gabut enggak ngapa2in hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. solitaire emang cocok banget tuk ngisi waktu kosong

      Hapus