3 Rekomendasi Game Online Edukatif untuk Anak

Selasa, 06 Februari 2024

3 Rekomendasi Game Online Edukatif untuk Anak

Assalamualaikum
Halo semuanya~

Banyak orang tua yang ingin anaknya bebas dari gawai atau tidak bermain game online namun  kenyataannya hal itu sulit dilakukan. Pasalnya kita hidup di jaman yang teknologi sangat maju sehingga gawai menjadi benda yang paling sering digunakan bahkan untuk balita dan anak-anak.

Kemajuan teknologi tidak bisa dihindari dari kehidupan sehingga kita harus pintar-pintar memanfaatkannya. Seperti game online, yang bisa memberikan efek positif sekaligus negatif bagi siapa saja.

Biasanya orang tua tidak suka melihat anaknya bermain game online di gawai karena beberapa hal seperti :

- Jadi lupa waktu dan malas belajar
- Terlalu fokus sehingga membuat mata sakit / rabun
- Tidak bersosialisasi dengan teman atau orang sekitar
- Terdapat iklan pada game online yang kadang tidak pantas dilihat anak-anak
- Game online ada yang berbayar atau membuat pengguna membeli item tertentu

Dari hal negatif di atas kita bisa mencari solusi supaya anak tidak mendapatkan pengaruh buruk dari bermain game online. Bagaimanapun mencari solusi lebih baik dari pada hanya melarang anak yang berakhir membuat mereka bermain di luar secara diam-diam.

Tips memilih game online yang aman dan bermanfaat bagi anak :


- Pilih game edukatif atau mendidik
- Hindari game kekerasan seperti perkelahian, penembakan dan lainnya
- Hindari game yang karakternya berpakaian tidak sopan
- Pilih game ringan, tidak memakan banyak memori dan lebih baik game yang tidak perlu install
- Cek terlebih dahulu apakah game online tersebut mengandung iklan yang tidak pantas bagi anak-anak

Setelah mengetahui hal negatif dari bermain game serta memahami tips memilih game online untuk anak, saya ingin memberikan rekomendasi game online edukatif untuk anak yang aman karena tanpa iklan serta tidak perlu install sama sekali.

Emangnya ada yah?
Ada donk!

Yuk baca artikel ini sama selesai!


3 Rekomendasi Game Online Edukatif untuk Anak


Ternyata untuk bermain game online tidak harus install aplikasinya terlebih dahulu karena ada website bernama www.mortgagecalculator.org/money-games/ yang menyediakan berbagai game online gratis untuk anak-anak.

Websitenya bisa diakses melalui PC dan ponsel, sangat aman bagi anak-anak karena bebas dari iklan dan tidak ada rekomendasi untuk pembelian item tertentu.

Terdapat berbagai jenis game yang tentunya edukatif seperti game tentang keuangan, simulasi mengelola bisnis, simulasi pertanian & restoran, hingga game tentang kebersihan. 

Saya sudah coba beberapa game pada website tersebut dan berikut 5 rekomendasi game online edukatif untuk anak.

1. Alchemy Legend


Bermain sambil belajar bahasa Inggris dan Kimia, itulah kalimat singkat yang tepat untuk mendeskripsikan Alchemy Legend.

Alchemy Legend merupakan game dengan tampilan yang sederhana namun sangat edukatif. Konsep dasar game ini adalah menemukan elemen baru dengan menggabungkan dua elemen. Elemen tersebut ditampilkan dalam sebuah kartu bergambar dan terdapat nama dalam bahasa Inggris. Misalnya kita pilih kartu elemen "water" dan "fire" lalu hasilnya adalah "steam". 

Supaya lebih jelas, berikut penjelasan tentang cara bermain Alchemy Legend.

Cara bermain Alchemy Legend :
  • Pilih New Mode
  • Muncul layar berisi 100 kartu di mana 4 kartu terbuka dan selebihnya masih terkunci
  • 4 kartu tersebut adalah elemen dasar yaitu "air, water, fire & earth"
  • Pilih dua kartu misal "air & fire" lalu klik merge yang berarti gabung
  • Elemen yang dihasilkan  dari "air & fire" adalah "energy"
  • Setelah itu coba gabungkan dua kartu lainnya
  • Jika betul maka akan muncul elemen baru
  • Jika salah maka Live atau kesempatan bermain akan berkurang
  • Tidak ada waktu bermain namun ada Live atau kesempatan bermain sebanyak 10

Alchemy Legend membuat anak belajar apa saja elemen dasar beserta bahasa Inggrisnya. Setelah itu menjadi tau elemen apa yang bisa terbentuk dengan menggabungkan dua elemen. Jangankan anak kecil, saya saja yang dewasa tertarik dengan game ini karena bisa menambah pengetahuan.


Alchemy Legend


2. Counting Money


Sesuai namanya Counting Money adalah game online yang mengajarkan pemainnya untuk menghitung uang. Namun karena game ini buatan luar negeri maka uang yang digunakan adalah mata uang asing yang mana terdapat lembaran Dollar dan pecahan koin.

Cara bermain Counting Money :
  • Pilih level dan mode, misal level "Count to 10 Dollars" dan mode "Beginner"
  • Muncul layar yang menampilkan berbagai uang kertas dan koin, instruksi nominal uang, kotak area untuk meletakkan uang dan item lainnya
  • Terdapat 6 lembar uang kertas dan 4 koin, bisa aktifkan Hint supaya nominal masing-masing uang terlihat
  • Lihat instruksi nominal uang yang ada di bagian tengah atas
  • Letakkan uang lembaran atau koin sehingga jumlahnya sesuai dengan instruksi
  • Klik Check jika benar maka akan mendapatkan satu "Toy"
  • Jika berhasil mendapatkan 10 toy maka lanjut level berikutnya

Game Counting Money mengajarkan anak untuk menghitung uang yang tentu saja sangat berguna di kehidupan sehari hari. Targetnya tidak hanya bisa menjumlahkan uang namun bisa memilih lembaran atau pecahan uang paling akurat untuk mendapatkan sebuah nominal.

Misalnya jika berbelanja Rp36.500 berarti kita membutuhkan 3 lembar uang sepuluh ribu, 1 lembar uang lima ribu, 1 lembar uang seribu dan 1 koin lima ratus perak. 


Counting Money

3. Twin The Bin


Twin The Bin adalah game online yang mengajarkan anak untuk peduli dengan lingkungan dengan cara pintar memilah sampah. Karena pada game ini diperlihatkan berbagai jenis sampah dan pemain ditantang untuk mengumpulkan sampah sesuai kategorinya yaitu plastik, kaca, kertas dan makanan organik.

Cara bermain Twin The Bin :
  • Pilih karakter, ada perempuan dan laki-laki
  • Sebelum memulai, akan diberikan instruksi mengenai sampah yang dikumpulkan. Setiap ronde disuruh mengumpulkan plastik, kaca, kertas dan makanan organik.
  • Sampah akan turun secara acak dari atas
  • Kita harus menangkap sampah sesuai katagori dengan cara bergerak ke kiri atau kanan
  • Jika berhasil menangkap sampah sesuai instruksi maka mendapatkan poin 20
  • Jika mengambil sampah yang tidak sesuai maka minus 10 poin
  • Waktu bermain adalah 3 menit

Bermain Twin The Bin membuat anak-anak paham bahwa sampah itu tidak hanya dibuang namun perlu dipilah supaya memudahkan petugas sampah mengolah sampah. 

Selain itu anak juga tau apa saja sampah yang termasuk dalam kategori plastik, kertas, kaca dan makanan organik karena pada game ditampilkan semua bentuk sampah seperti botol plastik, koran, cangkang telur, tulang ikan dan lainnya.


Twin The Bin

***

Itulah rekomendasi 3 game online di website www.mortgagecalculator.org/money-games/ yang aman untuk anak-anak karena edukatif, gratis, tidak perlu install dan bebas dari iklan. 

Saya yakin tidak hanya anak-anak namun orang dewasa pun akan suka bermain ini untuk mengisi waktu luang karena menarik dan menambah wawasan.

Selain tiga game di atas masih banyak game edukatif lainnya yang bisa kamu temukan di website tersebut. Dan sebaiknya orang tua tetap mendampingi anak saat bermain untuk membantu memahami permainan dan membatasi waktu bermain.

Terima kasih telah membaca artikel ini semoga bermanfaat. Kamu juga bisa share artikel ini supaya bisa membantu teman lainnya yang sedang mencari game online edukatif untuk anaknya.

xoxo
dila

16 komentar:

  1. Penting sekali nih untuk ketahui beragam game edukatif buat anak. Semakin senang deh anak-anak diberikan game seru dan bermanfaat ya,kak.

    BalasHapus
  2. asik juga ya bisa main game online langsung dari websitenya, sehingga tak harus instal2 lagi aplikasi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener, ini solusi bagi yang ingin main game tapi memori hp udah penuh.

      Hapus
  3. Wah.. boleh juga nih rekomendasi games untuk anak ini. Kebetulan ada bocil usia SD di rumah kami. Terima kasih sharing tips dan info nya ya

    BalasHapus
  4. Twin The Bin mih kayaknya menarik banget buat anak seklaigus jadi media pembelajaran buat anak untuk lebih cinta lingkungan. main game nya jangan yang lagi viral terus ya, cobain tawarin game ini sebagai refresh game juga

    BalasHapus
  5. sekarang memang anak-anak cepat sekali ya mengenal game online gini nggak kayak orang tuanya yang baru tahu game komputer pas kuliah hehe. bisa dicoba nih game di mortgage calculator buat anak-anakku

    BalasHapus
  6. Main game nggak hanya buang-buang waktu ya. Ada juga game edukasi yang bisa dimainkan sama anak-anak. BIsa menjadi hiburan sekaligus media belajar jadinya.

    BalasHapus
  7. Di era sekarang emang susah banget mencegah anak untuk tidak main game gadget ini ya. Maka solusinya kita yang harus jeli memilih maja game yang memberi manfaat.

    BalasHapus
  8. ih menarik banget, aku sama anakku termasuk hobi banget. Kalau diarahkan dengan benar, media game online malah bisa jadi pembelajaran yang baik dan inovatif ya

    BalasHapus
  9. Counting Money belum ada versi Indonesianya ya kak? Sepertinya menarik untuk jadi game anak-anak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, counting money seru,, saya aja ketagihan. Namun sayangnya belum ada versi Indonesia.

      Hapus
  10. Anak-anak belajar tentang finansial jadi lebih mudah lewat games seperti ini, apalagi banyak pilihan games nya juga. Ada yang daku suka juga itu gamesnya, seru

    BalasHapus
  11. Aku pernah main di web ini kak, ngga perlu ribet dan permainannya banyak dan bisa digunakan buat hiburan kalau lagi nunggu atau bosen.

    BalasHapus
  12. Ih ini bagus banget. Bisa jadi preferensi game edukasi. Terutama yang Counting Money. Thank you for sharing ya kakk

    BalasHapus
  13. Beberapa games sederhana seperti yang disebutkan di atas ini cukup menyenangkan dan bisa jadi hiburan juga untuk kita orang dewasa. Makasih reviewnya ya, Kak.

    BalasHapus
  14. ih counting money ini lucu deh kya nya, anakku bisa belajar keuangan dengan games kya gini xD

    BalasHapus