Pengalaman Transfer Uang dari PayPal ke Rekening Bank Mandiri

Kamis, 29 Februari 2024

Pengalaman Transfer Uang dari PayPal ke Rekening Mandiri

Assalamualaikum
Halo semuanya~

Beberapa hari lalu saya ingin transfer uang yang ada di PayPal ke rekening bank Indonesia yaitu menggunakan e-Card bank Jenius. Namun setelah beberapa kali coba selalu gagal transfer. Padahal dulu sekitar pertengahan 2022 sudah pernah melakukan hal yang sama hanya sekali coba dan berhasil.

Masalah ini membuat saya panik dan khawatir, bagaimana kalau uang yang ada di PayPal benar-benar tidak bisa ditransfer sama sekali? Apalagi saldo yang ingin dicairkan jumlahnya lumayan yaitu sejumlah 202.25$ yang merupakan fee menulis artikel dari Intellifluence.

Sebelum membahas bagaimana akhirnya bisa mencairkan uang di PayPal ke rekening Indonesia, saya ingin berbagi informasi dulu tentang Intellifluence yang wajib diketahui oleh teman-teman blogger.  

Apa itu Intellifluence?


Intellifluence adalah marketplace internasional yang mewadahi para influencer atau blogger terhubung dengan brand untuk berkolaborasi dan mencapai tujuan yang diinginkan.

Walaupun Intellifluence adalah platform marketing internasional, namun masih ada kesempatan bagi blogger Indonesia untuk mendapatkan job di sini. Berdasarkan pengalaman, saya sudah pernah mendapatkan job berupa content review sebanyak tiga kali dari brand luar dengan fee masing-masing 100$.

Gimana? Bayarannya cukup tinggi kan? Bahkan beberapa kali bekerja sama dengan brand Indonesia, saya belum pernah menerima bayaran setinggi itu untuk 1 artikel review.

Kok bisa dapat job dari brand luar? Ulasannya ditulis dalam bahasa apa?

Mungkin itulah pertanyaan yang akan muncul dari para pembaca. Jadi singkatnya, pada Intellifluence ada beberapa tawaran job dari brand, dan pilihlah job yang membebaskan blogger untuk menulis dalam bahasa negara sendiri yaitu Indonesia.

Perlu diketahui, job yang seperti ini tidak selalu ada. Sejak kenal Intellifluence hingga sekarang baru tiga kali mendapatkan job seperti itu dengan fee 100$ per job. Namun lumayan kan dari pada tidak sama sekali, hehe.

Mungkin nanti saya akan coba tulis bagaimana cara mendapatkan job di Intellifluence. Bagi kamu yang penasaran, bisa cek website Intellifluence atau bisa juga unggah aplikasinya di ponsel.

Beberapa artikel kerja sama dengan brand di Intellifluence bisa baca di sini (mostly tentang game):

Ini rangkuman pekerjaan serta bayaran di Intellifluence

Mendapatkan uang dari blogging

***

Kembali lagi dengan PayPal, jadi benang merahnya adalah bayaran yang diterima di Intelliflunce hanya bisa dikirim ke akun PayPal pribadi yang sudah didaftarkan. Sehingga mau tak mau harus membuat akun PayPal setelah itu baru transfer uang dari PayPal ke rekening bank Indonesia.

Pada tahun 2022 lalu, saya ingin mencairkan fee dari Intellifluence yang masuk ke PayPal sebesar 100$. Setahu saya, saat itu PayPal hanya bisa mentransfer uang ke rekening Bank luar negeri dan kartu kredit. Saat itu kebetulan punya e-Card bank Jenius yang fungsinya sama seperti kartu kredit, dan saat dicoba langsung bisa transfer dengan dipotong biaya administrasi Rp46.000

Berdasarkan pengalaman tersebut, saya kembali ingin mentransfer uang dari PayPal karena sudah ada tambahan saldo dari fee yang dibayarkan oleh Intellifluence.

Namun sayangnya gagal walau sudah dicoba beberapa kali di hari yang berbeda. Akhirnya coba mencari informasi di google dan menemukan bahwa PayPal sudah bisa transfer ke rekening bank Indonesia seperti bank Mandiri.

Saya mencoba tutorial dari google yaitu transfer uang dari PayPal ke rekening bank Mandiri dan alhamdulillah berhasil. Selain itu tidak dikenakan biaya administrasi sama sekali. Berikut detail cara mencairkan uang dari PayPal ke rekening Mandiri.

Sebelumnya ada beberapa ketentuan yang harus diketahui.

Ketentuan Transfer Uang dari PayPal ke Rekening Bank


- Minimal penarikan adalah sebesar $10
- Nama yang tertera di akun PayPal harus sama dengan nama di rekening bank
- Penarikan uang di atas 100$ tidak dikenakan biaya administrasi, sementara penarikan dibawah 100$ akan dikenakan biaya administrasi sebesar Rp16000
- Uang tidak langsung masuk, ada waktu pengiriman sekitar 2-4 hari kerja. Namun pengalaman saya, hanya butuh satu hari langsung masuk.

Cara Transfer Uang dari PayPal ke Rekening Mandiri


Pada tutorial ini saya akan jelaskan cara dari aplikasi PayPal di ponsel

- Masuk aplikasi PayPal
- Login
- Klik menu Wallet pada kanan bawah
- Lihat Banks and Cards lalu klik Add New>
- Pilih Banks (Transfer funds you receive to your bank account)

  Setelah ini kamu akan diarahkan ke website PayPal
- Login lagi
- Isi data berupa Nama Bank, Kode Bank dan Nomor Rekening. Sementara nama rekening sudah otomatis tertulis

Nama Bank : PT. BANK MANDIRI (PERSERO) TBK
Kode Bank : 0080606
Nomor Rekening : silakan isi 16 digit nomor rekening Mandiri anda

- Setelah semua data terisi lalu klik Hubungkan Bank Anda
- Setelah berhasil terhubung pilih Transfer Dana
- Selanjutnya pilih bank tujuan penarikan, dan tentu saja pilih Bank Mandiri dan klik Berikutnya
- Setelah itu tentukan jumlah saldo yang ingin ditarik, lalu klik Berikutnya.

Kemudian akan ditampilkan preview atau rincian transfer yang akan dilakukan berupa rekening bank dan total transfer. Serta diperlihatkan kurs atau rate dollar terhadap rupiah yang dipakai oleh PayPal.
- Setelah itu klik Transfer Sekarang

Dengan begini, uang sudah berhasil ditransfer namun perlu diingat lagi ada waktu pengiriman sekitar 2-4 hari kerja.


Awalnya panik karena beberapa kali gagal transfer uang dari PayPal ke e-Card Jenius, namun ternyata kegagalan tersebut membawa berkah. Karena ada cara lain yang bahkan tidak terkena biaya administrasi sama sekali yaitu transfer dari PayPal ke rekening bank Mandiri.

Sekian curhat sekaligus info cara transfer uang dari PayPal ke rekening Mandiri dari saya, semoga bermanfaat bagi teman di luar sana yang gaji freelance nya juga dibayarkan ke PayPal.

Terima kasih sudah mampir ke blog ini, kalau ada tambahan info bisa tulis di kolom komentar yah.

xoxo Dila

17 komentar:

  1. Terima kasih atas tutorialnya, ini tuh sangat membantu buat freelance-freelance yang punya klien di luar negeri. Sebab, biasanya Paypal menjadi salah satu metode pembayaran.

    BalasHapus
  2. Masyaallah tabarokallah. Semoga makin lancar jobnya dari intellifluence ya mbak. Saya udah lama gak dapat karena persyaratan baru, berupa TF by Majestic itu. Huhu...

    BalasHapus
  3. Thank you for sharing kak! Keren sih ini bantuin banget buat orang yang emang mau mengirim atau menerima dana dari luar negeri, meskipun emang agak tricky ya sebenarnya :D

    BalasHapus
  4. makasih kak sharingnya, jadi lebih cepat cair lewat Bank Mandiri yah kak. Sebenernya punya akun juga di Intelliflunce, tapi belum lengkap, nanti kucoba liat lagi deh

    BalasHapus
  5. Wah keren nih, makasih banyak sharingnya.
    Dan pas banget, saya punya rekening mandiri. Bisa dicoba nanti

    BalasHapus
  6. Wah..kami masih terkendala masalah transfer dari Paypal ke Bank kita nih. Bulan Mandiri kebetulan, jd trf gagal tp sdh terpotong biaya adm. Duuh..jadi makin tipis deh itu dollar hihi.. Terima kasih sharing infonya ya..akan kucoba terapkan, mudah-mudahan berhasil

    BalasHapus
  7. Penting banget nih, wajib aku simpan artikelnya sebab sebagai seorang freelancer yang bisa saja dapat client dari luar negeri pasti wajib menggunakan paypal

    BalasHapus
  8. Kalau aku dari PAYPAL ke BCA, dan emang mudah sih. Mandiri pun mudah. Btw intel ini legit banget komisinya, 10x lipat job Indonesia.

    BalasHapus
  9. Akh masih maju mundur daftar paypal ternyata rekomen dan support banget ya kalo ada kerjaan dari luar.. sip lah

    BalasHapus
  10. Aku bikin Paypal juga beneran karena job intelli sih, hihihi. Tapi alhamdulillahnya sejak dapet job dan fee pertama kali aku gak ada masalah payment by paypal. Langsung terkoneksi dengan bank yang aku gunakan.

    BalasHapus
  11. Transfer dari PayPal ke rekening sangat mudah sekali, nkun yang perlu diperhatikan, waktu aktif untuk Transfer di hari aktif.

    BalasHapus
  12. Terima kasih infonya tentang Intellifluence. Jadi berminat nih apalagi saya ada blog berbahasa Inggris. Dan baru ingat sama akun Paypal saya yang tidak pernah dipakai. Hiks.

    BalasHapus
  13. Seneng banget ya, Kak bisa dapat bayaran dari Intellifluence. Dibayar pakai dollar pula, apalagi kalau bayarannya 100$ happy banget saya. Berharap tiap bulan dapat job begini. Pernah sih transfer job lain bukan dari intell, memang feenya di bawah 100 $ dan memang harus nunggu 21 hari malahan plus ada potongan pula dari Payp

    BalasHapus
  14. Seneng liat transferan di Paypal yaa..
    Bangga banget kerja di Intellifluence dan dapat bayarannya dollar.

    Aku juga mengandalkan Mandiri dari Paypal. Alhamdulillah lancar pas transfer jadi makin semangat ya..

    BalasHapus
  15. Aku hubungin PayPal ke bank lain, bukan mandiri. Waktu itu udah lama banget sih, jadi lupa caranya gimana. Yang jelas, asal nama sesuai data dan KTP, biasanya lebih mudah, gak ada penolakan dari sana

    BalasHapus
  16. Wah, makasih kak infonya. aku baru tahu soal website Intellifluence ini. biasanya dapat job nulis apa ya kak di website ini? Lumayan banget buat nambah duit jajan.

    BalasHapus
  17. Duluuu banget waktu aku tau paypall, aku nggak yakin kalau Paypal ini aman, ternyata memudahkan freelancer atau siapa pun itu untuk mentransfer dana baik ke luar atau terima kiriman dana
    Biasanya aku langsung transfer ke bank "tetangga", alias BCA dan aman-aman aja. Aku lupa apakah kalau lewat BCA ada potongan apa engga

    BalasHapus