7 Things I Love February | Google AdSence Terpasang Lagi di Blog

Senin, 04 Maret 2024


Assalamualaikum
Halo semuanya~

Selamat datang di bulan Maret~

Ngomong-ngomong, setelah masuk bulan Maret, saya baru ngeh kalau bulan Februari kemarin cukup spesial karena jumlah harinya 29. Mungkin bagi kebanyakan orang, hal ini biasa saja, namun bagi yang lahir di tanggal 29 Februari, momen ini pasti ditunggu-tunggu karena mereka hanya bisa merayakan ulang tahun empat tahun sekali.

So I wanna say "Selamat ulang tahun bagi pembaca blog ini yang lahir di tanggal 29 Februari~"

Walaupun bukan orang yang menunggu tanggal 29 Februari di tahun ini, well saya merasa bulan Februari kemarin cukup spesial karena ada beberapa pengalaman menarik atau hal yang membahagiakan.

Dan seperti biasa mari kita rangkum hal yang menyenangkan di bulan sebelumnya di artikel yang berjudul


7 Things I Love February



1. Pertama kali ikut kelas SEO 101 bersama Ruangguru


Ayo siapa di sini suka dengan yang gratisan? Sebenarnya saya juga suka produk gratisan, karena logikanya kalau ada yang gratis kenapa harus membayar? Produk gratisan itu tidak selalu barang berwujud, namun juga bisa yang tak berwujud seperti ilmu dan tak bisa digenggam seperti template blog.

Nah, produk gratisan yang saya maksud sekarang adalah ilmu tentang SEO (Search Engine Optimization). Selama ini, untuk meningkatkan performa dan kualitas blog, saya belajar tentang SEO yang pembahasannya mudah ditemukan di website atau blog orang lain.

Namun awal bulan Februari kemarin, saya tergerak untuk belajar SEO dari Skill Academy yaitu produk Ruangguru yang menyediakan kursus online untuk meningkatkan technical dan soft skills.

Ini bukan endorsement namun saya pribadi memang ingin belajar SEO di kelas online yang resmi yang pastinya lebih terarah dibandingkan belajar sendiri. Oleh karena itu saya mengambil kelas SEO 101: Tingkatkan Performa Website di Google.

Keuntungan belajar tentang SEO di kelas online resmi adalah, materi jelas dan terstruktur, diselingi dengan latihan, ada final exam dan yang terpenting mendapatkan sertifikat.

Sertifikat dari Skill Academy

2. Ikut pemilu yang kedua


Pemilu yang dilaksanakan pada 14 Februari kemarin adalah pemilu yang kedua bagi saya. Sementara pemilu pertama adalah pada tahun 2009. Sehingga ada dua kali pemilu yang terlewatkan.

Alasannya karena dulu saya merantau ke Cilegon, sementara KTP masih domisili Sumatera Barat. Katanya sih perantau bisa memilih di tempat tinggal saat itu walau alamat KTP berbeda, namun faktanya saya dan teman-teman perantau tidak bisa ikut pencoblosan.

Pada pemilu yang kedua ini, terasa berbeda sekali karena ternyata banyak lembaran yang harus dicoblos, yang mana bukan memilih presiden saja namun juga DPRD dan DPR. Agak kecewa karena kurangnya sosialisasi tentang tata cara pemilu dan penjelasan tentang lembaran DPRD dan DPR.


3. Nonton drama Korea lagi


Kalau di tanya apa drama Korea yang terakhir kali ditonton, hmmm... mungkin Squid Game yang viral di Netflix tahun 2021. Entah kenapa setelah itu jadi jenuh nonton drama Korea, padahal biasanya saya suka marathon beberapa drama Korea sekaligus.

Selama masa jenuh menonton drama Korea, hiburan saya adalah tontonan yang berkaitan dengan K-Pop / Korean Music dan sempat menonton beberapa drama Thailand yang ada di YouTube. 

Setelah itu yang cukup terbaru adalah marathon anime One Piece dari episode satu lagi, efek dari menonton One Piece Live Action. Lalu dilanjutkan menonton anime Spy X Family.

Pada akhir Februari kemarin saya melihat cuplikan sebuah drama Korea di TikTok yang berjudul Branding in Seongsu yang terlihat menarik sehingga timbul keinginan menonton drama Korea lagi. 

Selain ceritanya yang menarik, pemain utama pria dan wanita belum pernah saya lihat  sebelumnya (tonton dramanya) sehingga jadi penyegaran. Mungkin saya sudah bosan dengan aktor yang sudah terkenal sehingga butuh melihat wajah baru.

Poster Branding in Seongsu



4. Google AdSence terpasang lagi


Bisa dibilang tahun 2023 saya lebih sibuk mengelola toko online dari pada mengurus blog. Alhasil pada akhir tahun 2023 baru sadar bahwa iklan di blog ini hilang, dan setelah dicek ternyata iklan itu hilang sejak pertengahan April 2023.

To be honest saya belum pernah mendapatkan uang dari Google AdSense sehingga penasaran kenapa bisa hilang dan berusaha untuk mengembalikannya karena I wanna get paid from Google through this blog.

Dengan segala trial & error hingga harus ambil pin konfirmasi ke kantor Pos terdekat, finally Google AdSense di blog ini terpasang lagi di bulan Februari 2024. Semoga bisa merasakan digaji oleh Google, aamiin


5. Terima Fee dari Intellifluence


Setelah serius mengelola blog, alhamdulillah saya mulai sering menerima tawaran kerja sama blog dengan beberapa brand yang kebanyakan dari dalam negeri. Ini tentu menjadi momen yang sangat membahagiakan karena pertama berarti blog pribadi ini mulai diapresiasi oleh orang lain dan kedua adalah bisa menghasilkan uang dari blog.

Dari semua bentuk kerja sama blog, yang paling berkesan adalah mendapatkan job menulis artikel di Intellifluence karena fee yang diterima cukup besar dan bisa dibilang paling besar dibandingkan bayaran yang didapat dari kerja sama blog dengan brand Indonesia.

Bagi yang belum tau, Intellifluence adalah marketplace internasional yang mewadahi para influencer atau blogger terhubung dengan brand untuk berkolaborasi dan mencapai tujuan yang diinginkan.

Alhamdulillah Februari kemarin saya menerima fee dari Intellifluence yang dibayarkan ke PayPal dan memutuskan untuk mencairkan semua saldo di PayPal ke rekening bank Indonesia. 

Proses pencairan ini awalnya bermasalah, namun akhirnya menemukan solusi dan sudah saya tuliskan di artikel : Pengalaman Transfer Uang dari PayPal ke Rekening Bank Mandiri


6. DPR IAN


Selama bulan Februari kemarin DPR IAN cukup aktif yang membuat saya sebagai fansnya menjadi senang. 

Berikut beberapa kegiatan DPR IAN :

- DPR IAN featuring di MV DPR ARTIC yang berjudul Do or Die

Artic adalah bagian dari DPR yang dikenal sebagai DJ. Artic baru mengeluarkan mini album perdananya bersama DPR dan salah satu lagunya featuring DPR IAN.


- DPR IAN menjadi model sekaligus sutradara MV IU berjudul Shopper

Ini adalah kolaborasi yang paling tidak terduga karena somehow DPR IAN bukanlah penyanyi yang viral di Korea. Senang sekali IU bisa notice Ian dan mengajak kerja sama di MV terbarunya. 

IU adalah soloist wanita paling terkenal di Korea, jadi saya yakin dengan adanya kerja sama ini membuat Ian makin dikenal di Korea.


- DPR IAN muncul di Youtube AIKI

To be honest, awalnya saya tidak kenal Aiki, namun karena dia mengundang Ian, jadi tau sedikit tentang dia. Aiki adalah dancer terkenal di Korea yang sering tampil di program TV dan juga terkenal di TikTok. 

Suka sekali melihat Aiki karena dia ekspresif, tidak malu menunjukkan rasa kagum terhadap Ian (benar-benar mewakili fans Ian) dan yang terpenting bisa menciptakan suasana hangat dan akrab dengan tamu yang diundang yaitu DPR IAN.

 

- Berinteraksi dengan penggemar melalui live di Instagram
- Pemotretan dengan majalah


7. Membuat design gelang terbaru


Setelah berhasil membuat serta menjual gelang handmade dengan material manik-manik, saya pun tertantang untuk membuat design yang lain. Alhamdulillah bulan Februari kemarin berhasil membuat gelang baru yang designnya saya sukai.

Gelang terbaru ini designnya lebih simple tapi terlihat elegan dan menurut saya cocok digunakan saat lebaran atau acara resmi.

Nanti kalau produknya sudah diunggah di Shopee, baru saya share foto dan linknya di sini.


***

Sekian rangkuman kebahagiaan selama bulan Februari 2024 dan semoga banyak hal baik menanti di bulan Maret ini, aamiin.

xoxo
dila

5 komentar:

  1. Wahhh kalau google adsense tidak lama diverifikasi gitu tidak kembali dinonaktifkan yaa, kirain bakal non-aktif dan harus mengajukan ulang kalau iklan sudah tidak tayang diblog.

    BalasHapus
  2. Wah selamat ya kak Dila, semoga mulai dari Maret ini, kiam semangat

    BalasHapus
  3. Waaaah...Suhuuu....Harus belajar banyak nih boss....Selamat atas pencapaian2ny kak...Semoga di Maret makin meroket

    BalasHapus
  4. Aminn semoga gajian dari Google nanti lancar terus ya mbak
    Baideweii aku juga ga nolak kalau ada kelas gratis, aku suka ikutan kelas atau bahkan mungkin berbayar untuk sesuatu hal yang memang bener bener pengen aku pelajari, biar expert gitu

    aku baru tau DPR IAN, nggak nyangka ternyata collab sama mba IU favorit aku, lagunya aku dengerin cuman belum liat MV nya

    BalasHapus