5 Barang yang Perlu Dipersiapkan untuk Bulan Puasa/Ramadan

Senin, 11 Maret 2024


Assalamualaikum
Halo apa kabar semuanya~

Alhamdulillah sekarang kita sudah memasuki bulan Ramadan yang penuh berkah. Bulan yang ditunggu-tunggu oleh umat Islam di seluruh dunia karena semua amalan ibadah di bulan ini pahalanya berlipat ganda. Kalau ibarat game, ini seperti special event yang mana mudah mendapatkan poin dan banyak hadiah yang membuat kita makin semangat mainnya supaya bisa naik peringkat.

Selain pahala berlipat ganda, banyak kebahagiaan lain yang hanya ditemukan di bulan Ramadan. Seperti momen berbuka puasa dengan keluarga atau teman, salat tarawih di masjid dan euphoria mudik di penghujung Ramadan.

Satu lagi yang biasanya disukai saat Ramadan adalah belanja baju untuk dipakai hari raya nanti. Bahkan ada yang sudah beli baju lebaran jauh-jauh hari yaitu sebelum masuknya bulan Ramadan.

Sebenarnya sah-sah saja, namun dibandingkan mempersiapkan baju lebaran ada barang lain yang sebaiknya dipersiapkan sebelum Ramadan supaya ibadah puasa bisa lebih baik.


Menurut saya, berikut barang-barang yang sebaiknya dipersiapkan untuk menyambut bulan Ramadan


5 Barang yang Perlu Dipersiapkan untuk Bulan Puasa/Ramadan 



1. Pakaian Salat


Pakaian salat seperti sajadah, mukena untuk perempuan dan sarung untuk laki-laki. Pakaian salat adalah pakaian yang gunakan untuk salat atau berkomunikasi dengan Allah Sang Maha Pencipta. Sehingga alangkah baiknya menggunakan mukena atau sarung terbaik.

Tidak harus baru namun jika sudah kotor sebaiknya dicuci dan kalau sudah tidak layak sebaiknya diganti dengan yang lain. Apalagi kita akan melakukan salat tarawih di masjid maka lebih baik kita menggunakan pakaian yang bersih dan tidak bau supaya tidak mengganggu  jamaah lainnya.

Namun tidak ada salahnya kita membeli mukena atau sarung yang baru dan yang bagus untuk melaksanakan ibadah salat. Selain itu mukena yang bagus juga bisa dipakai nanti saat salat Idul Fitri.

Rekomendasi Mukena dari Amanah Galeri harga Rp100.000 an 
Cek di sini : shopee Amanah Galeri

 

2, Al Quran


Hayo siapa di sini yang masih bertahan membaca Al Quran yang dibeli sejak SD dan sampulnya sudah robek? Sebenarnya bagus sih, berarti Al Qurannya awet, sering dibaca atau dibawa-bawa sehingga ada halaman atau sampulnya yang robek.

Namun tidak ada salahnya membeli Al Quran baru untuk bulan Ramadan. Tujuannya adalah supaya makin semangat membaca atau menamati Al Quran yang merupakan target semua orang di bulan Ramadan. 

Apalagi sekarang Al Quran sudah banyak variasinya, seperti ada yang dilengkapi arti per kata, ada penanda tajwid hingga ada yang sampulnya bisa dituliskan nama.


3. Kurma


Sudah pengetahuan umum kalau nabi Muhammad s.a.w menganjurkan umat islam untuk menyantap kurma saat berbuka puasa.

Kurma adalah buah yang hidup di negeri Arab dan memiliki banyak manfaat. Manfaat kurma seperti mencukupi kebutuhan gizi dan kalori, membuat kenyang lebih lama dan melancarkan pencernaan. Oleh karena itu dari pada berbuka dengan gorengan yang kurang sehat lebih baik makan kurma dengan jumlah ganjil.

Pengalaman saya sebagai anak kos dulu, kurma adalah penyelamat saat berbuka. Tinggal beli satu kotak kurma, taruh di kulkas dan nanti bisa dimakan untuk beberapa hari ke depan. Rasanya manis, enak dan bisa mengganjal perut sebelum makan besar setelah salat magrib.

Kurma bisa dibeli dalam bentuk ukuran kotak dan bisa beli perkilo di minimarket terdekat. Ada banyak jenis atau merek kurma, dan pastikan kurma yang dibeli bukan yang diproduksi di Isreweel.

Berikut rekomendasi kurma @anca.id spesialis Halal Food di Instagram, detailnya silakan akun tersebut.





4. Vitamin & Suplemen


Bulan puasa adalah bulan detoks untuk tubuh kita yang mana jika dijalankan dengan benar InsyaAllah tubuh akan semakin sehat. Seperti makan yang bergizi saat berbuka dan sahur, tidak skip sahur dan tidak tidur setelah sahur.

Oleh karena kondisi tubuh orang berbeda-beda, aktifitas selama puasa juga berbeda hingga makanan yang dikonsumsi juga berbeda sehingga ada yang merasa sangat lemah saat berpuasa.

Untuk itu sebaiknya persiapkan beberapa vitamin untuk dikonsumsi saat berbuka atau sahur. Supaya bisa lebih kuat saat berpuasa. Ada banyak jenis vitamin seperti vitamin C, A, D, vitamin penambah darah dan lain-lain. Silakan beli vitamin sesuai kebutuhan tubuh masing-masing


5. Buku Catatan Ramadan/Aplikasi


Terakhir untuk memaksimalkan ibadah selama bulan Ramadan sebaiknya mempersiapkan buku catatan untuk ibadah.

Buku catatan bisa diisi dengan target ibadah selama bulan Ramadan dan ringkasan ceramah ustad di masjid. Selain itu juga bisa diisi dengan target aktivitas tambahan non ibadah saat Ramadan. Contohnya kalau untuk blogger adalah menulis artikel tentang Ramadan, mengikuti tantang menulis selama Ramadan dan lain-lainnya.

Jika tidak punya buku atau ingin sesuatu yang lebih praktis bisa juga menggunakan aplikasi. Saya pernah melihat di TikTok ada yang membuat kalender ibadah atau target aktivitas Ramadan di aplikasi Notion. Aplikasi tentu lebih mudah diedit, diupdate dan bisa diakses dimana-mana. Jadi terserah kamu, ingin menulis di buku atau menggunakan aplikasi.


Template Canva Ramadan Planner



***

Demikian 5 barang yang menurut saya sebaiknya dipersiapkan untuk bulan puasa. Semoga tulisan ini bermanfaat dan jika ada tambahan, silakan tulis di kolom komentar. 

Jangan lupa share tulisan ini ke teman atau keluarga kamu yah!

Terima kasih

xoxo
Dila


19 komentar:

  1. Nyetok kurma adalah jalan ninjaku saat bulan puasa.. Nice tips kak

    BalasHapus
  2. Mohon maaf lahir dan batin kak Dilla. Tipsnya bisa menjadi referensi utk kami

    BalasHapus
  3. selamat menjalankan ibadah puasa ya kak :D mohon maaf lahir dan batin

    BalasHapus
  4. Al Quran masih pake yang lama, kayaknya dari zaman aku SMP
    Kurma sepertinya dirumah juarang banget nyetock, mungkin nggak semua penghuni rumah doyan kurman, jadi beli sesekali aja

    BalasHapus
  5. Dua poin terakhir masih suka terlupakan nih, thx for reminding kak Dila. Otw beli suplemen sama siapin ramadan planer tuk tahun ini ah.

    BalasHapus
  6. Mau menambahkan: Al-Quran digital. Ini penting banget karena siapa tau ketika kita bepergian atau biasanya ada undangan bukber sama temen-temen, kita masih menyempatkan setidaknya membaca satu ayat di perjalanan. :)

    BalasHapus
  7. stok kurma untuk sahur dan berbuka puasa :D

    BalasHapus
  8. Wuih kurma tuh selalu cocok di segala suasana, apalagi pas Ramadhan kek gini. Musti nyetok banyak.

    BalasHapus
  9. mantap nih, kebetulan lagi cari kurma juga dan bagus juga kalo gak terafiliasi dengan israel

    BalasHapus
  10. Ah iya, Ramadan bulan yang istimewa
    Wajar kita harus mempersiapkannya dengan baik ya
    Aku juga mempersiapkan barang-barang diatas buat Ramadhan

    BalasHapus
  11. Persiapan puasa makin mantap kalau ada niat dan adanya 5 barang tersebut. Sekarang ada perusahan non profit yang memberikan gratis agenda ramadan digital yang bisa di download secara gratis

    BalasHapus
  12. kalau ngeliat buku ramadhan jadi inget waktu sekolah dulu, ke masjid solat traweh buat minta tandatangan imamnya

    BalasHapus
  13. satu lagi Kak Dilla, yaitu tumbler, hehe.
    kalau misalnya pas mau bedug maghrib terus nyiapin minum kan bisa kasih tumbler kita jadi tetep minim sampah, hehe

    BalasHapus
  14. Selamat menunaikan ibadah puasa ya, Kak. Semoga semua urusan lancar + puasa juga bisa penuh.

    BalasHapus
  15. Kemarin Ibuku juga uda mulai stok kurma di rumah dan untuk masjid.
    Jadi memang kudu jeli dan teliti saat ini dalam memilih produk pun juga mempersiapkan hal-hal yang baik agar mendapatkan berkah bulan Ramadan.

    BalasHapus
  16. Jadi inget, aku belum punya kurma. Jadi tiap berbuka kayak ada yang kurang gitu rasanya. Abis ini sempetin beli ah.

    BalasHapus
  17. aku masih pakai qur'an yang sudah butut banget he. mau beli baru suka malas mampir ke toko soalnya. ntar deh aku mampir ke toko buku buat beli qur'an baru buat dibaca

    BalasHapus
  18. Kemarin aku juga habis beli mukena travel mba, soalnya yang lama udah rusak, jadi beli yang cuma sedompet itu, jadi nggak banyak makan tempat dan ringan juga.

    BalasHapus