Nutrisi dan Manfaat Kurma, Buah Favorit Saat Puasa

Senin, 11 April 2022

Nutrisi dan Manfaat Kurma, Buah Favorit Saat Puasa


Assalamualaikum
Apa kabar semuanya!

Saat puasa tentu yang ditunggu-tunggu adalah waktu berbuka. Seharian perut kosong membuat mata dan pikiran juga lapar sehingga orang cenderung membeli takjil dalam jumlah yang banyak.

Kepada teman-teman di sini, apa sih takjil atau makanan yang wajib ada saat berbuka puasa?
Apakah sop buah? martabak? atau gorengan?

Wah kedengarannya menggiurkan semua yah? Kalau saya pribadi, makanan yang wajib ada saat berbuka puasa adalah kurma.

Kurma yang biasa kita santap adalah kurma kering berupa buah manis berwarna cokelat kehitaman yang berasal dari negara Arab dan sering disebut dengan buah Nabi.

Katanya Rasulullah menganjurkan umat islam untuk berbuka dengan kurma sesuai hadist berikut :

Dari Anas bin Malik, ia berkata : Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam biasa berbuka puasa sebelum shalat dengan ruthab (kurma basah),  jika tidak ada ruthab, maka beliau berbuka dengan tamr (kurma kering), dan jika tidak ada tamr, beliau meminum seteguk air

Bisa diketahui bahwa kurma bukan sembarangan buah, bahkan Nabi Muhammad S.A.W menganjurkan kita untuk menyantap kurma terlebih dahulu saat berbuka puasa. Serta disunnahkan untuk memakannya dalam jumlah ganjil seperti satu, tiga atau lima.

Biasanya sesuatu hal yang dianjurkan atau disunnahkan Nabi Muhammad S.A.W memang bermanfaat bahkan bisa dibuktikan secara penelitian ilmiah.

Sebagai umat Rasullullah S.A.W saya percaya bahwa kurma sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh apalagi saat menjalankan puasa. Dan setelah mencari banyak referensi di portal kesehatan, berikut alasan saya suka mengkonsumsi kurma terutama saat puasa.


Alasan Kurma Menjadi Buah Favorit Saat Puasa


1. Awet dan Praktis

Sebelum jauh-jauh membahas nutrisi, alasan sederhana bagi saya dan mungkin bagi orang lain juga kenapa suka menyetok kurma saat puasa adalah kurma buah yang awet dan praktis disajikan.

Sebagai lulusan "anak kosan" saya merasa dimudahkan berbuka ataupun sahur dengan kurma. Tinggal ambil dari bungkusan dan makan. Berbeda dengan buah lain yang harus dicuci atau dikupas terlebih dahulu.

Oleh karena buahnya sudah dikeringkan, masa penyimpanannya juga lama jadi tidak perlu takut cepat basi atau rusak.

Dan satu lagi, kurma sangat praktis jika dibawa kemana-mana misalnya sehingga bisa jadi takjil praktis saat sedang diperjalanan.

2. Rasanya Manis

Kurma itu memiliki rasa manis yang pas sehingga aman dikecap oleh lidah dan masuk ke perut yang sudah kosong seharian.

Sebagai pecinta rasa manis, saya bersyukur ajaran Islam menganjurkan untuk mengkonsumsi makanan manis seperti kurma (dan madu) karena bagus untuk kesehatan. Padahal biasanya kita dilarang mengkonsumsi gula atau permen setiap hari karena tidak bagus untuk tubuh.

3. Bisa Dicampur dengan Makanan Lain

Waktu kecil saya kira kurma hanya bisa dimakan begitu saja. Setelah dewasa dan mencoba berbagai menu takjil atau resep lainnya, ternyata kurma bisa dicampur dengan makanan lain.

Yang paling populer seperti oleh-oleh dari Arab yaitu kurma berisi kacang almond dan dibaluti cokelat. Ada juga sop buah yang ditambahkan kurma, bubur oat/overnight oats dengan kurma serta kue atau brownies dengan taburan kurma.


Tak cukup sekedar alasan tersebut, kita juga perlu mengetahui kandungan dari kurma yang bagus untuk tubuh sehingga bermanfaat saat puasa.


Nutrisi dan Manfaat Kurma Saat Puasa


Berdasarkan website www.alodokter.com di dalam 100 gram buah kurma, terkandung sekitar 280 kalori dan aneka nutrisi berikut:

2–2,5 gr protein
75 gr karbohidrat
65 gr gula
7–8 gr serat
65 mg kalsium
650 mg kalium
1 mg zat besi
0,5 mg zinc
150 IU vitamin A

Selain nutrisi di atas, buah kurma juga mengandung folat, vitamin B, vitamin K, mangan, dan beragam jenis antioksidan, termasuk lutein dan flavonoid.

Dengan kandungan seperti di atas kurma memiliki manfaat bagi tubuh khususnya bagi orang yang berpuasa yaitu :

1. Mencukupi kebutuhan gizi dan kalori

Kurma yang dikeringkan mengandung kadar kalori yang tinggi dari pada buah lainnya. Sebagian besar kalori tersebut berasal dari karbohidrat, selebihnya dari dari protein. 

2. Membantu kebutuhan cairan dalam tubuh

Saat berpuasa tubuh kita kekurangan cairan. Dengan kadar potasium yang tinggi, yaitu salah satu unsur elektrolit yang dibutuhkan tubuh, kurma juga bermanfaat untuk menguatkan tubuh sekaligus membangun otot dalam tubuh.


3. Membuat kenyang lebih lama

Tak hanya saat berbuka, sebaiknya konsumsi kurma saat sahur karena bisa membuat kenyang lebih lama untuk persiapan puasa seharian.

4. Melancarkan pencernaan

Biasanya anak kosan suka berbuka dengan makanan yang "enak-enak" saja dan sahur dengan makanan instan sehingga lupa mengkonsumsi sayur dan buah. Akibatnya tubuh kekurangan serat dan pencernaanpun terganggu. 

Sebaiknya makan kurma untuk mengatasi masalah tersebut karena buah kecil ini memiliki kandungan serat yang cukup tinggi.

Tentu kurma memiliki banyak manfaat lainnya bagi tubuh, namun yang saya sebutkan di atas adalah manfaat yang langsung berkaitan dengan kondisi saat puasa.

Sekian tulisan dari saya, semoga bermanfaat buat teman-teman yang berpuasa.

***


Tulisan ini dibuat untuk 30 Day Ramadan Challenge 2022 oleh Blogger Perempuan Network dengan tema Manfaat Kurma Untuk Puasa.

Terima kasih sudah visit dan membaca blog saya.

xoxo
Dila


Referensi: 
  • https://almanhaj.or.id/2227-rasulullah-menganjurkan-berbuka-puasa-dengan-kurma.html
  • https://www.alodokter.com/manfaat-buah-kurma-untuk-kesehatan
  • https://www.klikdokter.com/info-sehat/read/3626666/manfaat-buah-kurma-yang-jarang-diketahui

Tidak ada komentar

Posting Komentar