Rekomendasi Platform Nonton Untuk K-Popers

Minggu, 01 Mei 2022



Pecinta K-Pop jaman sekarang harusnya senang karena mudah sekali mendapatkan konten berupa video, lagu dan berita terkini dari para idolanya.

Saat pertama kali mengenal K-Pop pada akhir tahun 2007, susah sekali mendapatkan itu semua. Harus bergabung dengan komunitas penggemar dulu baru bisa mengetahui berita terbaru dari boyband/girlband favorit. Dulu Spotify belum terkenal atau lagu K-Pop belum ada di Spotify sehingga harus mengakses situs streaming lagu Korea yang mana orang asing tidak bisa bergabung menjadi anggota di dalamnya.

Sekarang industri musik Korea atau yang dikenal dengan K-Pop sudah sangat terbuka bagi penggemar Internasional. Tidak hanya menyediakan informasi atau terjemahan dalam bahasa Inggris, bahkan ada yang sudah menambahkan terjemahan dalam bahasa Indonesia sehingga penggemar Indonesia dengan mudah memahami video mereka.

Setelah suka K-Pop lagi di akhir tahun 2017, saya menemukan beberapa situs berita hingga platform penyedia video yang wajib diketahui oleh penggemar K-Pop. Ada apa saja yah? Yuk baca artikel ini hingga akhir.



Platform Nonton yang Wajib Diketahui oleh K-Popers


1. V LIVE


V LIVE adalah platform yang wajib diketahui oleh K-Popers karena semua Boyband, Girband, Soloist Korea dari semua agensi memiliki akun di sini. Selain penyanyi Korea, terdapat artis Korea, penyanyi luar dan konten kreator lainnya yang tergabung sehinggga ada sekitar 1450 channel di V LIVE.

V LIVE atau juga dikenal sebagai V App merupakan jasa streaming video yang memfasilitasi para penyanyi dan artis untuk melakukan siaran langsung untuk berkomunikasi dengan penggemar, membagikan music video, TV Show, konser hingga acara penghargaan.

Platform ini awalnya dibuat oleh Naver Coorperation pada Agustus 2015 dan sejak tahun 2022 dibeli oleh WeVerse Company.

V Live bisa diakses melalui website dan juga bisa diinstall di IOS maupun Android. Konten di V LIVE sebagian besar gratis, konten berbayar tidak begitu banyak seperti video konser atau video khusus lainnya.

Jadi penggemar modal kuota bisa menikmati konten dari grup favorit secara gratis melalui V LIVE ini.


2. WeVerse


WeVerse merupakan platform yang dibuat Hybe Coorperation pada pertengahan tahun 2019 sebagai wadah komunikasi antara penyanyi dan penggemar.

Awalnya WeVerse hanya untuk artis BigHit saja yaitu BTS dan Tomorrow X Together, sekarang penyanyi dari agensi lain baik di Korea maupun luar negeri boleh bergabung dengan WeVerse seperti BlackPink, New Hope Club dan lain-lain yaitu sekitar 48 artis.

Saat pertama kali menggunakan WeVerse, fungsinya mirip Twitter dimana setiap member bisa memiliki akun sendiri dan bisa update status hingga mengomentari status penggemar.

Sekarang WeVerse sudah berkembang sehingga terdapat konten video yang bisa dinikmati oleh penggemar, ada yang gratis dan ada yang berbayar.



3. UNIVERSE


UNIVERSE adalah platform yang yang berisi konten eksklusif dari artis (K-Pop) untuk penggemar di seluruh dunia. 

UNIVERSE dibuat oleh pengembang video game NCSoft pada awal tahun 2021 dan dioperasikan oleh anak perusahaannya di bagian hiburan yaitu Klap. UNIVERSE hanya bisa diakses melalui ponsel dan hingga tahun 2022 ini sudah ada 32 artis yang bergabung.

Di sini penggemar bisa mengetahui konten terbaru harian, Music Video, Radio, foto dan TV Show. Selain itu penggemar juga bisa mengunggah hasil karyanya supaya bisa dilihat oleh artis.


4. YOUTUBE


Terakhir adalah Youtube sebagai platform penyedia video terbesar di dunia hingga saat ini. 

Sekitar tahun 2008 hingga 2011, agensi penyanyi di Korea masih belum memiliki channel Youtube resmi. Saya ingat sekali dulu para penggemar banyak yang mengunggah video yang terkait K-Pop ke channel Youtube supaya bisa dinikmati oleh penggemar lainnya. Saat itu konten K-Pop masih terbatas di stasiun TV Korea dan situs Korea lainnya yang susah diakses oleh orang luar.

Sepertinya sejak tahun 2012, saat saya hiatus dengan dunia K-Pop, para agensi mulai membuatkan akun resmi untuk Boyband/Girlband di Youtube. Biasanya di channel Youtube terdapat Music Video, dibalik layar pembuatan MV, TV Show dan lainnya.

Sekarang jumlah subscriber channel dan jumlah view Music Video yang ada di Youtube menjadi parameter kepopuleran grup.


*

Itulah empat platform yang menyediakan konten video dari grup K-Pop yang wajib diketahui oleh penggemar. 

Setiap platform ada kekurangan dan kelebihan yang pasti semuanya menyediakan konten video yang ditunggu-tunggu penggemar dan mempermudah komunikasi antara penyanyi/artis dan penggemar

***

Tulisan ini dibuat untuk 30 Day Ramadan Challenge 2022 oleh Blogger Perempuan Network dengan tema Platform Nonton Yang Direkomendasikan.

Terima kasih sudah berkunjung dan membaca blog saya.

xoxo
Dila

2 komentar:

  1. Aku baru tau weverse. Kirain cuman sebutan aja mirip kayak metaverse. Boleh juga nih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener juga namanya mirip. Kalau saya malah lebih dahulu tau WeVerse dari pada Metaverse kak.

      Hapus