Inspirasi Outfit Liburan Musim Gugur

June 14, 2020
Hai selamat malam semuanya~

Sudah berbulan-bulan #dirumahaja , kangen jalan-jalan enggak sih? T_T Kalau membahas tentang jalan-jalan, apa hal yang menurutmu penting? Pasti setiap orang beda-beda yah. Bagi saya, salah satu hal yang penting adalah outfit

Outfit itu memiliki peran besar supaya momen liburan bisa diabadikan dengan lebih sempurna. Prinsip saya, outfit harus nyaman sesuai bentuk liburannya, cocok dengan kondisi musim atau cuaca tapi tetap bagus dan meningkatkan kepercayaan diri. Apalagi saat jalan-jalan ke negara empat musim, kita harus bisa menggunakan outfit yang tepat supaya tidak salah kostum dan terpaksa membeli baju tambahan. 

Memilih outfit saat akan liburan adalah pekerjaan sulit bagi saya. Butuh waktu lama karena banyak pertimbangan baju mana yang sebaiknya dibawa, berapa banyak dan bagaimana padu padan antara celana/rok, baju, jilbab, sepatu dan tas. Terkadang bosan dengan baju yang ada, merasa sudah sering memakainya dan sudah sering berfoto dengan baju itu.

Apalagi pada liburan ke Korea tahun 2019 lalu, saya dituntut lebih pintar lagi memilih baju karena kali ini saya berniat untuk coba open jastip. Dengan begini berarti saya harus memberikan ruang pada koper untuk menaruh barang-barang titipan yang akan saya beli.


Akhir Oktober 2019 di Korea adalah musim gugur di mana temperaturnya sudah agak dingin. Tujuan saya kesana adalah menonton konser BTS berdua dengan teman dan diselingi jalan-jalan serta shopping baik untuk membeli oleh-oleh maupun membeli barang-barang jastip. Dengan tujuan seperti itu, saya mulai memilih baju-baju yang akan dipakai selama sembilan hari liburan.

Setelah sekian banyak percobaan mix and match akhirnya saya mengemas beberapa baju yang alhamdulillah hanya mengisi setengah koper saja. Berapa banyak dan seperti apa saja baju yang saya bawa? Mari kita lihat padu padannya!!

Inspirasi outfit liburan musim gugur untuk hijaber :

- Hari pertama dan hari terakhir bisa dipastikan waktu banyak habis diperjalanan yang berpindah-pindah, seperti naik Damri ke bandara, naik pesawat, naik kereta atau mungkin saja naik taxi. Untuk itu pada kedua hari ini saya memilih untuk memakai celana jeans navy, kemeja tebal dan jaket denim, jilbab pink serta tas punggung warna hitam. Saya merasa sangat nyaman dengan kombinasi ini. Dan dengan begini, bisa menghemat ruang di koper karena seperti kita ketahui, celana dan jaket bahan denim cukup tebal dan berat.

Lokasi : Stasiun subway di Seoul

- Jadwal hari kedua di Korea adalah mengunjungi stadium tempat konser. Konsernya diselenggarakan selama tiga hari, dan hari pertama ini hanya menemani teman karena saya mendapatkan tiket di hari kedua. Untuk itu saya memilih memakai celana jeans kemaren dipadukan dengan dress pendek hitam, jaket denim masih kemaren dan jilbab biru. Selain itu saya masih menggunakan tas punggung hitam.

Lokasi : Area sekitar venue konser

- Hari ketiga, kali ini jadwal saya nonton konser dan saya memutuskan untuk menggunakan celana jeans + dress pendek hitam  (masih yang kemaren), cardigan cokelat dan jilbab mustard. Saya sengaja tetap memakai celana dan jaket denim di awal-awal supaya bisa dicuci setelah itu. Beruntung di airBnB yang saya sewa ada mesin cuci, jadi saya bisa mencuci baju yang sudah kotor dan kemungkinan bisa digunakan lagi di hari terakhir. 

Lokasi : Masih di jalan dekat AirBnB

- Hari keempat, kami memutuskan untuk hunting makanan, nongkrong cantik di cafe dan sambil mulai membeli barang-barang titipan teman di area Myeongdong. Di hari ini saya memakai pencil skirt abu-abu, kaos hitam, jaket denim dan jilbab abu-abu. Kali ini saya menggunakan tas selempang warna abu-abu.

Lokasi : Area Myeongdong

- Hari kelima, hari ini adalah hari terakhir konser. Sebenarnya diantara saya dan teman tak ada yang membeli tiket konser hari terakhir. Namun karena kami rindu suasana konser, akhirnya kembali mengunjungi stadium untuk merasakan euphoria konser, diselingi dengan mengunjungi cafe. Pada hari ini saya menggunakan pencil skirt abu-abu, dress pendek warna putih + cardigan cokelat dan jilbab abu-abu.

Lokasi : Di stasiun subway dekat venue konser

- Hari keenam, kami mengunjungi Nami Island. Dan saya memilih outfit nuansa pink yaitu celana pink, sweater putih-pink dan jilbab abu-abu. Dan tas abu-abu. Saya cukup suka padu-padan ini karena memang suka pink dan ditambah lagi berfoto di area Nami Island yang penuh dengan pohon warna-warni. The best!

Lokasi : Nami Island

- Hari ketujuh, adalah jadwalnya shopping. Outfit yang saya gunakan adalah celana jeans yang sudah dicuci, dress pendek wana putih, cardigan panjang warna coklat muda dan jilbab mustard. Karena temanya shopping, saya kembali menggunakan tas ransel hitam supaya lebih nyaman bergerak.

Lokasi : Hongdae

- Hari kedelapan adalah hari terakhir liburan di Korea tapi jadwalnya cukup padat. Sebenarnya agak last minute yaitu mulai dari mengunjungi DDP, mampir ke cafe tempat syuting salah satu episode BTS Run! dan terakhir saya ditemani oleh teman yang kuliah di Korea untuk mengunjungi Ehwa Mural Village. Hari ini saya menggunakan celana pink, baju pendek warna putih, cardigan panjang cokelat muda dan jilbab pink. Untuk tas, saya memilih tas selempang abu-abu.

Lokasi : Dong Daemun Plaza
----

Demikianlah padu-padan outfit selama liburan ke Korea. Kalau ditotal, saya membawa :
- 2 bawahan : pencil skirt dan celana pink
- 2 outer : cardigan cokelat dan cardigan panjang cokelat muda
- 5 atasan : 2 dress pendek (hitam dan putih), 2 kaos* (hitam dan putih), 1 sweater rajut pink-putih
- 3 jilbab : abu-abu, biru, mustard
Dan 1 stel baju yang saya pakai langsung di hari pertama dan terakhir.


Selain itu saya juga membawa 1 legging panjang, 1 legging pendek (ini bisa digunakan sebagai pakaian tidur), 1 celana pendek. Sementara baju untuk tidur, saya tidak membawa khusus, melainkan mengunakan kaos* hitam dan putih yang juga saya pakai keluar. Tinggal bagaimana saya mengatur supaya bajunya bisa dishift kapan dipakai tidur dan kapan tuk dipakai keluar. Sementara untuk pakaian dalam, saya memilih untuk membeli celana dalam sekali pakai buang, yang bisa dibeli di supermarket. Dan pakaian dalam atas, terpaksa tetap bawa sekitar 3. Saya lebih memilih mencuci disana dari pada membawa banyak.

Selama liburan saya hanya memakai satu sepatu sport abu-abu yang ringan dan nyaman dipakai dan tidak membawa sepatu lainnya. Saya memilih warna abu-abu yang cocok dipadu-padankan dengan warna apapun.

Senang sekali saya bisa membawa baju yang benar-benar pas, dipakai semuanya dan menghemat isi koper tapi tetap bervariasi. Ini semua setelah belajar dari pengalaman, kadang terlalu banyak membawa baju yang ujung-ujungnya tak sempat dipakai. Efeknya koper terisi penuh dan harus ada tas tambahan untuk membawa oleh-oleh.

Sekian inspirasi outfit liburan musim gugur untuk hijaber dari saya. Semoga bermanfaat yah ^^

xoxo
Dila

8 comments:

  1. Mohon maap saya histeris melihat foto konsernya (((:

    Outfit musim gugur itu sebenarnya agak tricky ya. Keinget tahun pertama kuliah di China, aku suka saltum kalau udah masuk musim gugur 😅 soalnya kalau ketipisan takut kedinginan (belum lagi kalau anginnya kencang), ketebalan malah gerah hahaha

    Btw, aku suka sekaliii dengan semua outfit kamu, Mba. Warnanya pastel semua pulak. Aku naksir cardigan cokelatnya ❤ bisa jadi referensi kapan-kapan kalau mau traveling ke sana. Thank you for sharing! (:

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dan moon maap, itu foto konser masih kulitnya, belum dalemannya,, wkwk.

      Kebetulan aku asli Bukittinggi, dan menurut aku temperatur saat itu masih mirip-mirip di Bukittinggi dinginnya. Dan sebenarnya tuk baju yang agak tipis, aku pake longjonnya Uniqlo di dalamnya.

      Iya, aku klo outfit itu mainnya di warna pastel. Dan tak begitu suka corak-corak atau warna ngejreng. Sama-sama yah Jane, btw manggil Dila aja, sepertinya kita seumuran karena suka kpop dr tahun 2007 an..haha

      Delete
    2. NAH ITU MAKANYA 🤣🤣

      Oh iya, pakai longjon bisa membantu untuk menghangatkan badan ya. Aku lupaa dulu sempat punya legging heattech-nya uniqlo juga waktu ke Tokyo, the best sekali memang legging itu.

      Okee baikk, kita saling panggil nama aja yaak biar enak hahaha 😊

      Delete
    3. oh iya,,, heattech namanya. Lebih milih pakai heattech daripada pake jaket teal karena terlihat gendut di foto *dasar cewe

      Delete
  2. mbak aku suka liat outfit pas di nami itu
    keren banget si pas sama dedaunan di pohon itu
    tapi musim gugur emang so sweet ya
    memadupadankan warna terutama warna cerah itu jadinya bikin semangat
    dan klo difoto jatuhnya lebih asyik aja

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, itu kebetulan banget nemu daun yang samaan dengan warna baju.
      Musim gugur emang bagus dan so sweet.

      Makasih sudah berkunjung ^^

      Delete
  3. musim gugur paling asik buat mix-match oufit kan? hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, karena temperaturnya paling aman menurut gw, pemandangannya juga bagus.

      Delete

Powered by Blogger.