Daftar QRIS Gratis di sooltanPay : Supaya Small Bisnis Kamu Kekinian!

Rabu, 14 Juni 2023

 


Assalamualaikum
Halo semuanya~

Si paling sibuk ini akhirnya rajin menulis di blog lagi, alhamdulillah yah hehe.

Jujurly beberapa bulan terakhir saya benar-benar sibuk lho guys mengurus small business yang pernah disebutkan sebelumnya di blog ini yaitu mengurus dua toko online sekaligus.

Yang pertama bernama Mintchoco Studio, menjual handmade keychain dan K-Pop stuffs dan kedua bernama Yarn & Rope, menjual hiasan dinding Macrame yang mana juga barang handmade dan peralatannya.

Memiliki small business itu challenging namun juga sangat menyenangkan. Selain itu selama berjualan online banyak hal baru yang dipelajari seperti mengatur stok, strategi promosi, meningkatkan penjualan dan banyak lagi. Pokoknya learning by doing dan terus melakukan improvement.

Walaupun berjualan secara online, banyak juga pembeli yang ingin membeli langsung khususnya yang tinggal di kota yang sama dengan saya yaitu Bukittinggi. Atau pembeli dari kota lain yang memang tidak mau membeli via marketplace.

Nah untuk kasus ini saya menemukan kendala dalam hal pembayaran. Entah kenapa rekening bank mereka sering berbeda dengan saya. Terkadang saya meminjam rekening bank keluarga atau menyarankan pembeli menggunakan aplikasi transfer uang antar bank supaya tidak ada biaya administrasi. Namun sayangnya tidak semua pembeli paham dengan aplikasi tersebut.

Karena masalah ini mulai terpikirkan “Apa sebaiknya toko saya punya QRIS yah?” namun juga ragu “Eh emang bisa toko kecil saya daftar QRIS ?

Saya yakin di sini bukan saya saja yang penasaran dengan QRIS. Small business owner dan pembeli di luar sana pasti ingin tahu lebih lanjut dengan QRIS karena QRIS sudah menjadi metoda pembayaran yang sering kita temui di toko maupun kafe.


Daftar QRIS Gratis di sooltanPay

Sumber gambar : bi.go.id


1. Apa itu QRIS


QRIS sempat menjadi perdebatan orang-orang karena cara membacanya. Apakah “kyu-ris”, “ki-ris” atau “kris”. Setelah viral akhirnya ada konfirmasi dari bapak Perry Warjiyo selaku gubernur Bank Indonesia yang mengatakan bahwa cara membaca yang benar adalah “kris”.

Baiklah, cara baca sudah jelas dan sekarang kita cari tau lagi apa sih kepanjangan dan arti dari Qris?

QRIS adalah Quick Response Code Indonesian Standard merupakan standar kode QR Nasional untuk memfasilitasi pembayaran kode QR di Indonesia yang diluncurkan oleh Bank Indonesia dan Asosiasi Sistem Pembayaran Indonesia (ASPI) pada 17 Agustus 2019.

Jadi QRIS baru dibentuk pada pertengahan tahun 2019, merupakan metoda pembayaran terbaru yang bisa mempermudah transaksi jual beli di Indonesia di era kemajuan teknologi.


2. Siapa yang harus menggunakan QRIS


Sekarang kita masuk pada pertanyaan kedua mengenai siapa yang menggunakan QRIS.

Sejauh ini saya sering melihat QRIS di meja kasir di berbagai usaha mulai dari kafe, tempat percetakan, optik, hingga di pintu masjid untuk donasi. Selain itu saat berbelanja online juga ada metoda pembayaran dengan QRIS. Dengan kata lain QRIS banyak digunakan oleh pelaku usaha apapun di Indonesia baik skala UMKM hingga perusahaan besar.

Berdasarkan penjelasan di website resmi Bank Indonesia, Semua Penyelenggara Jasa Sistem Pembayaran yang akan menggunakan QR Code Pembayaran wajib menerapkan QRIS.

Walaupun hukumnya wajib bagi pelaku usaha yang ingin menggunakan QR Code Pembayaran, sistem ini hanyalah “opsi pembayaran” sehingga kalau dilihat dari sisi pembeli, QRIS hanya bisa digunakan oleh pembeli yang memiliki ponsel dengan kamera dan konektivitas data, serta akun pembayaran elektronik.



3. Kenapa harus menggunakan QRIS


Masih ada yang ragu “Kenapa harus menggunakan QRIS?”

Sekarang kita sudah memasuki jaman yang sangat maju dimana teknologi informasi, komunikasi dan internet sudah berkembang pesat. Teknologi tersebut sangat mempermudah kehidupan kita dalam segala aspek termasuk ekonomi / jual beli. Namun di sisi lain juga ada hal negatif yang merugikan kita seperti maraknya penipuan online.

Untuk menghindari hal tersebut Bank Indonesia mengembangkan industri sistem pembayaran bersama dengan membentuk QRIS agar proses transaksi secara online atau dengan QR Code dapat lebih mudah, cepat, dan terjaga keamanannya.

Daftar QRIS Gratis di sooltanPay

Tinggal scan dan bayar



4. Keuntungan menggunakan QRIS


Sejauh ini sebagai pembeli saya sudah merasakan keuntungan menggunakan QRIS seperti proses pembayaran online menjadi lebih cepat tanpa harus menanyakan nomor rekening dan tidak ada biaya transaksi.

Keuntungan menggunakan QRIS bisa dikelompokkan menjadi dua yaitu bagi pihak pengguna aplikasi pembayaran atau pembeli dan pihak badan usaha atau penjual sebagai berikut.

Keuntungan QRIS bagi Merchant / badan usaha :

- Meningkatkan penjualan karena dapat menerima pembayaran berbasis QR apapun.
- Lebih praktis karena cukup menggunakan satu QRIS.
- Meningkatkan branding dan kekinian.
- Mengurangi biaya pengelolaan kas.
- Terhindar dari uang palsu.
- Tidak perlu menyediakan uang kembalian.
- Transaksi tercatat otomatis dan bisa dilihat setiap saat.
- Terpisahnya uang untuk usaha dan personal.
- Memudahkan rekonsiliasi dan berpotensi mencegah tindak kecurangan dari pembukuan transaksi tunai.
- Membangun informasi credit profile untuk memudahkan memperoleh kredit ke depan.

Keuntungan QRIS bagi pengguna aplikasi pembayaran:

- Pembayaran cepat dan kekinian.
- Tidak perlu memikirkan biaya transaksi antar bank
- Tidak repot membawa uang tunai.
- Tidak pusing memikirkan QR siapa yang terpasang.
- Terlindungi karena semua PJSP penyelenggara QRIS sudah pasti memiliki izin dan diawasi oleh Bank Indonesia.



5. Cara membuat QRIS di sooltanPay : Gratis dan Cepat!


Sekarang poin yang sangat ditunggu-tunggu oleh para small business owner yaitu bagaimana cara membuat QRIS atau di mana bisa daftar QRIS ?

Secara garis besar merchant hanya perlu membuka rekening atau akun pada salah satu penyelenggara QRIS yang sudah berizin dari BI. Selanjutnya, merchant sudah dapat menerima pembayaran dari masyarakat menggunakan QR dari aplikasi manapun penyelenggaranya.

Sekarang muncul lagi pertanyaan, “Siapa saja penyelenggara QRIS yang sudah berizin dari BI ?”.

Saya ingin spill aplikasi terpercaya yang memberikan pelayanan yang optimal bagi UMKM Indonesia yaitu sooltanPay.

Daftar QRIS Gratis di sooltanPay

sooltanPay merupakan Aplikasi Usaha yang memiliki berbagai fitur seperti Pembayaran QRIS Gratis yang sudah terintegrasi dengan Bank Indonesia, Top Up & Tagihan untuk tambahan penghasilan dan Produk Toko Aplikasi kasir untuk pencatatan transaksi penjualan toko. 

sooltanPay menyediakan layanan pembayaran QRIS Gratis MDR 0% untuk tokomu lho! so small business owner atau pelaku UMKM wajib banget segera daftar QRIS di sooltanPay.

Bagaimana caranya? Mudah kok, sini saya kasih tau tahapannya.

Cara daftar QRIS gratis di sooltanPay 

1. Akses website sooltanPay di www.sooltanpay.id
2. Klik Daftar QRIS Gratis dan nanti akan dialihkan ke halaman https://app.sooltanumkm.id/register
3. Isi semua identitas diri yang diminta, seperti nama lengkap, nomor HP, dan kode referral CHOCO untuk mendapatkan bonus saldo Rp 15.000, kemudian klik selanjutnya
4. Kirim kode OTP melalui SMS atau WhatsApp (pilih salah satu metoda menerima OTP)
4. Masukan kode OTP yang diterima di ponsel kemudian klik selanjutnya 
5. Buat password dan PIN 
6. Baca semua term and conditions, kemudian jangan lupa klik setuju.

Setelah selesai membuat akun di sooltanPay, selanjutnya adalah upgrade akun menjadi supaya mendapatkan fitur premium seperti pembayaran transaksi QRIS, transaksi digital, input & atur toko secara digital, mengisi modal usaha, menarik pendapatan, unduh laporan transaksi, akses peluang usaha pembayaran top up & tagihan.
 

Berikut cara upgrade akun sooltanPay : 

1. Pilih upgrade akun
2. Masukkan data diri mulai dari identitas sesuai KTP, alamat dan rekening bank
3. Nanti kamu juga diminta mengunggah foto KTP dan selfie menggunakan KTP
4. Masukan data toko dan foto diri dengan tempat usaha atau produk. untuk bisnis online, bisa screenshot katalog, website, atau social media bisnismu.
5. Masukan alamat toko. 
6. Klik simpan dan tunggu proses verifikasi 1×24 jam (hari kerja Senin–Jumat)


6. Ketentuan yang ada pada QRIS


Setelah berhasil daftar QRIS di sooltanPay, selanjutnya kita pahami lagi ketentuan yang ada di QRIS.

Ketentuan QRIS
QRIS mengakomodir 2 model penggunaan QR Code Pembayaran yaitu Merchant Presented Mode (MPM) dan Customer Presented Mode (CPM).

Daftar QRIS gratis di sooltanPay
Sumber gambar : bi.go.id


Sumber Dana Transaksi QRIS

Transaksi QRIS menggunakan sumber dana berupa simpanan dan/atau instrumen pembayaran berupa kartu debet, kartu kredit, dan/atau uang elektronik yang menggunakan media penyimpanan server based. Penggunaan sumber dana dan/atau instrumen pembayaran diterapkan berdasarkan usulan dari Lembaga Standar yang disetujui Bank Indonesia.


***

Setiap pelaku usaha terutama pemilik UMKM/ small business pasti sangat ingin mengembangkan usahanya. Salah satu cara untuk meningkatkan penjualan adalah dengan mempermudah metoda pembayaran sehingga pembeli merasa nyaman dan aman berbelanja di toko kita.

Metoda pembayaran dapat ditingkatkan dengan cara menggunakan QRIS. Jangan sampai ketinggalan, yuk langsung daftar QRIS gratis di sooltanPay untuk toko kamu.

Jangan lupa gunakan kode referral CHOCO untuk mendapatkan bonus saldo Rp 15.000 


Sumber referensi 
https://www.bi.go.id/QRIS/default.aspx#heading8


Terima kasih

xoxo
Dila

1 komentar:

  1. Skr dikenakan biaya kan atas transaksi QRIS buat penjualnya .

    BalasHapus