Rekomendasi 5 Bahan Hijab Sesuai Kegiatan

mengenal bahan linen


Jaman sekarang jenis hijab sangat beraneka ragam. Supaya tidak salah beli, penting untuk mengetahui bahan hijab yang nyaman sesuai kegiatan. Seperti mengenal bahan linen, voal, ceruty, satin, katun import dan jenis bahan lainnya yang banyak digunakan saat ini.

*

Assalamualaikum
Halo semuanya?

Kepada teman-teman muslimah, saat membeli hijab peduli enggak sih dengan jenis bahannya?

Kalau saya sangat peduli apalagi saat membeli secara online, supaya bisa mengetahui kelebihan dan kekurangan serta memiliki gambaran seperti apa rasanya nanti kalau dikenakan.

Sekitar sebelum tahun 2011, hijab yang paling populer adalah hijab paris yaitu hijab segi empat dengan jenis bahan yang tipis, ringan dan memiliki banyak pilihan warna. Namun setelah munculnya designer hijaber di Indonesia dan diiringi dengan selebgram muslimah, jenis hijab yang diperkenalkan kepada masyarakat makin beragam.

Sebagai muslimah, saya sudah mencoba berbagai hijab mulai dari bentuk hingga bahannya, dan akhirnya menemukan jenis hijab yang nyaman digunakan sesuai kegiatan atau situasi. Oleh karena itu, pada artikel kali ini saya ingin spill jenis hijab paling favorit dari sekian banyak bahan yang ada.




Rekomendasi 5 Bahan Hijab Sesuai Kegiatan



1. Voal


Banyak muslimah yang "dibesarkan" dengan hijab paris karena bahannya adem, pilihan warna banyak dan harga murah. Namun hijab paris memiliki kekurangan seperti bahan tipis menerawang sehingga mudah kusut dan susah tegak.

Sekarang pecinta hijab paris bisa beralih ke hijab voal. Banyak yang bilang voal adalah paris versi premium karena bahannya sedikit lebih tebal dan tidak menerawang. Hal ini membuatnya kaku dan mudah dibentuk dan tidak mudah rusak jika ada angin.

Hijab voal segi empat sangat cocok digunakan untuk kegiatan sehari-hari seperti untuk kuliah, kerja atau saat berbelanja dan makan bersama teman di mall.

Rekomendasi 5 Bahan Hijab Sesuai Kegiatan
Hijab voal untuk kegiatan harian


2. Linen


Beberapa tahun lalu saya pernah ditugaskan di Korea Selatan, kebetulan saat itu berangkat pada musim dingin dan musim semi. Sebagai orang terbiasa tinggal di negara beriklim tropis, tentu ini menjadi shock culture bagi saya, tak menyangka temperatur saat musim dingin itu sangat ekstrim. 

Ingat sekali saat itu hijab paris tidak bisa diandalkan karena bahannya yang tipis membuat kepala terasa dingin. Untung saat itu saya membawa pasmina bahan linen yaitu bahan yang terbuat dari serat rami.

Tak hanya memiliki kelebihan kaku dan mudah dibentuk, ternyata bahan linen cocok untuk semua iklim. Setelah mencari tau di Google, bahan linen memiliki karakteristik lembut sehingga terasa adem saat digunakan di udara panas. Sementara serat kainnya tebal membuatnya terasa hangat saat digunakan di udara dingin.

Jadi hijab bahan linen menjadi pilihan saat liburan ke tempat yang dingin ataupun panas.

Rekomendasi Bahan Hijab Sesuai Kegiatan
Throwback traveling ke Korea dengan hijab bahan linen



3. Ceruty


Pertama kali kenal pasmina adalah dari bahan ceruty. Saat itu ada hijab blogger yang suka mengenakan pasmina ceruty berwarna pastel. Dia terlihat cantik menggunakan pasmina ceruty dengan berbagai style.  

Saya suka mengenakan pasmina ceruty di acara seperti kondangan dan hari lebaran. Karena bahannya tipis, licin dan jatuh sempurna sehingga cocok dipadukan dengan dress. Dibandingkan dengan hijab satin, saya merasa lebih nyaman menggunakan pasmina ceruty karena tidak panas dan banyak pilihan gaya yang bisa dicoba.


4. Katun Jeruk/Katun Import


Masalah terbesar bagi muslimah saat traveling adalah hijab yang mudah kusut saat dimasukan ke dalam tas. Kalau hijab kusut dan susah dibentuk mood jadi jelek, sehingga tidak semangat untuk berfoto-foto saat liburan.

Maka hijab anti kusut atau ironless menjadi solusi untuk menemani muslimah saat traveling. Salah satu bahan rekomendasi saya adalah katun import/kulit jeruk.

Jujur, senang sekali menemukan pasmina bahan katun jeruk ini. Karakter bahannya mudah diatur, tidak licin, tidak begitu tebal dan tidak begitu tipis. Permukaan bahan katun jeruk memang terlihat berserat tipis/tidak mulus membuatnya tidak perlu disetrika lagi. Berbeda dengan bahan ceruty dan voal yang harus mulus jika dipakai, dan mudah membentuk bekas lipatan.

Pasmina katun jeruk adalah andalan saya saat traveling dan sebenarnya juga menjadi hijab favorit sehari-hari.

Rekomendasi Bahan Hijab Sesuai Kegiatan
Traveling dengan hijab katun jeruk memang the best!



5. Jersey Premium


Hijab favorit saya saat olah raga di luar adalah bergo bahan jersey premium. Karena bahan ini tidak gampang kusut, menyerap keringat dan juga cepat kering.

Selain itu bergo jersey premium agak berat dalam artian tidak mudah terangkat saat lari/ kena angin. Pengalaman jogging menggunakan bergo bahan diamond crepe, ternyata mudah terangkat oleh angin karena kainnya tipis dan ringan.



***

Ada banyak jenis bahan hijab namun dari semua yang pernah dipakai, memang lima jenis bahan di atas yang dirasa paling nyaman dan cocok dengan saya dalam berbagai kegiatan.

Mulai dari aktifitas harian seperti hijab untuk kuliah/kerja, hijab yang nyaman saat traveling, hijab yang cocok untuk dipadukan dengan dress saat kondangan hingga hijab yang pas digunakan saat olah raga di luar.

Apapun tren hijab yang ada, paling penting adalah mengenali bahannya supaya tau kelebihan dan kekurangan serta paham kapan jenis bahan hijab tersebut bisa digunakan.

Setelah itu barulah mengenali warna yang cocok dengan tone kulit masing-masing serta menemukan gaya hijab yang paling pas dengan bentuk wajah.


xoxo
dila

14 comments:

  1. Jilbab aku semua bahannya pollycotton, dan lebih suka yg model segiempat gak suka yang pashmina. Klo Ceruty aku gak suka, licin. Klo anakku suka bahan jilbab paris yg tipis. Hehe. Tiap orang emang punya rasa nyaman sendiri perihal bahan jilbab doang ya. Klo bahan maxmara gak enak, kaya bikin kuping budek ketebelan. Ahaha

    ReplyDelete
  2. aku dong yang gak peduli hijab kalau mau beraktivitas. ternyata pemilihan bahan hijab yang tepat juga mendukung nyamannya aktivitas kita ya

    ReplyDelete
  3. Wah, informatif banget nih. Dari kelima jenis bahan di atas, yg sering aku pakai cuma bahan voal dan ceruty. Btw bener bgt aku pernah dibesarkan dgn memakai kerudung paris, terutama pas jaman kuliah. Jadi nostalgia deh, haha.

    ReplyDelete
  4. aku sendiri sebenernya nggak hapal jenis jenis kain, sekarang sedikit banyak udah tau karena belajarnya dari lihat toko online shop hahaha, kadang kan ditulis jenis bahannya apa, terus misal kebetulan aku beli produknya, jadi pas sampe rumah jadi tau

    ReplyDelete
  5. Dari lima bahan diatas favorit aku ttep hijab berbahan voal kalo yang lainnya kurang pas dipakai dengan wajah aku yg bulat

    ReplyDelete
  6. Aku sih nggak hapal macam ragam jenis jilbab, tapi memang kalo pergi ke acara memang berusaha menyesuaikan. Kaya ceruty bisanya saya pakai ke acara resmi

    ReplyDelete
  7. saya cukup familiar dengan jenis bahan hijab yang disebutkan di atas, kecuali katun jeruk/katun import. Jaman sekarang bahan hijab memang sangat beragam ya. Dan mengenali bahan hijab memang sangat penting supaya ga 'tertipu' ketika beli hijab secara online

    ReplyDelete
  8. Wah aku dulu paling g suka jilbab paris karena tipis hehehe.

    Dan memang sempat jadi trend sih dikalangan para pengguna hijab apalgi ada yg dirnagkap2 gitu

    Skerg lebih suka yang ceruti tapi yang halusan apaa ya namanya

    ReplyDelete
  9. Yang acap kali daku temukan yang bahan Voal sih. Pengen juga coba yang berbahan linen, siapa tahu cocok juga untuk dikenakan

    ReplyDelete
  10. bahan hijab beragam banget ya, kalo disuruh pergi ke toko hijab pasti bingung banget nih, apalagi pergi gak ditemenin cewek :D

    ReplyDelete
  11. Karena pilihan hijab yg tepat pasti bikin betah dan nyaman ya Kak apalagi liburan yg seharian di luar gitu, hehehe memang perlu sih terkadang memilih hijab yg sesuai dgn kebutuhan kita..

    ReplyDelete
  12. Makasih informasinya, jadi makin tau jenis-jenis kainnya yang biasa buat hijab. Nanti bisa jadi bekal buat ngasih kado ke teman yang berhijab.

    ReplyDelete
  13. aku paling suka pake bahan voal dan ceruty karena mudah dibentuk, apalagi aku biasanya pake kerudung persegi bukan persegi panjang, ini udah nyaman banget

    ReplyDelete
  14. wah hijab ternyata banyak jenis bahannya ya. sayang banget belum pernah beli hijab sendiri jadi gak pernah nanya ke penjual soal jenis kain hijab 😅

    ReplyDelete

Powered by Blogger.