Puasa di Rumah aja ala ISFP

Jumat, 08 April 2022

Puasa di Rumah aja ala ISFP


Assalamualaikum

Halo semuanya~
Bagaimana puasanya? Semoga puasanya lancar yah!

"Puasa di Rumah Aja Ala ISFP", demikianlah judul artikel saya kali ini. Mungkin ada teman-teman di sini yang bingung dan baru pertama kali mendengar istilah ISFP. 

Apa yah maksud dari singkatan ISFP?

ISFP adalah satu dari 16 tipe kepribadian manusia berdasarkan metode MBTI. nah sekarang pasti muncul lagi pertanyaan, "Apa itu MBTI?"

Mengenal ISFP dan MBTI


MBTI merupakan kepanjangan dari Myers-Briggs Type Indicator. Menurut Wikipedia, MBTI adalah psikotes yang dirancang untuk mengukur preferensi dasar murni psikologis seseorang dalam melihat dunia dan membuat keputusan.

MBTI dikembangkan oleh Isabel Briggs Myers pada sejak 1940. Psikotes ini dirancang untuk mengukur kecerdasan individu, bakat, dan tipe kepribadian seseorang.
 
Dalam Tes MBTI, ada 4 dimensi kecenderungan sifat dasar manusia:
Pemusatan perhatian: Introvert (I) vs. Ekstrovert (E)
Memahami informasi dari luar: Sensing (S) vs. Intuition (N)
Menarik kesimpulan & keputusan : Thinking (T) vs. Feeling (F)
Pola hidup: Judging (J) vs. Perceiving (P)

Berdasarkan dimensi dasar tersebut dihasilkan 16 tipe kepribadian manusia yang merupakan kombinasi dari 4 dimensi dasar tersebut, seperti ESTJ, INFP, ISTP dan seterusnya. 

Saya sudah mencoba melakukan tes dan hasilnya adalah ISFP yang berarti Introvert-Sensing-Feeling-Perceiving atau istilah lainnya Adventurer dan ada juga yang menyebut sebagai The Artist. Fyi : MBTI saya sama dengan Jungkook, my bias.

Anyways, jika penasaran dengan MBTI kamu? Bisa coba tes di sini 16personalities.

MBTI ISFP
Tokoh Dunia yang masuk golongan ISFP



Puasa di Rumah Aja Ala ISFP


Singkat cerita ISFP adalah introvert yaitu lebih senang berada di lingkungan yang tenang dan menyendiri seperti di rumah. Cenderung suka sama hal-hal yang berbau seni dan keindahan sehingga sangat memotivasi untuk menciptakan sesuatu.

Sebagai perwakilan ISFP, kali ini saya ingin berbagi kegiatan yang dilakukan di rumah selama puasa. Apalagi tahun ini resmi berganti profesi dari karyawan menjadi freelancer dan small business owner, sehingga saya benar-benar di rumah seharian.

Bosan? Enggak donk, malahan merasa kekurangan waktu dan tak sempat keluar rumah kecuali untuk hal yang dibutuhkan saja.

Secara garis besar, berikut kegiatan menarik yang saya lakukan di rumah aja selama puasa.



Kegiatan Menarik Anak ISFP di Rumah



- Blogging


Yang pertama-tama tentu blogging donk. Masih tidak menyangka saya betah mengurus blog dari kuliah hingga saat ini. Dulu hanya sekedar mengikuti tren, sekarang baru sadar kalau blog adalah media sosial yang bermanfaat dan bisa menjadi sumber cuan.

Tahun ini saya bertekad lebih serius mengelola blog, tentu yang perlu dilakukan adalah rajin menulis artikel yang inspiratif. Selain itu hal lain yang ingin dilakukan adalah mengikuti lomba ataupun tantangan ngeblog.

Kebetulan Ramadan tahun ini, komunitas Blogger Perempuan kembali menyelenggarakan tantangan ngeblog yang bernama BPN 30 DAY RAMADAN CHALLENGE 2022. Tanpa pikir panjang, saya memutuskan untuk ikut tantangan ini.

Lumayan mengisi waktu puasa di rumah, sekaligus melatih kemampuan menulis sesuai tema yang sudah ditentukan. Semoga saya berhasil mengikuti tantangan selama 30 hari. Fyi ini baru pertama kali ikut tantangan menulis seperti ini.


- Mencari Inspirasi Macrame


Teman-teman yang sering mengunjungi blog ini mungkin sudah tau kalau saya punya usaha kecil-kecilan yaitu jualan produk handmade berupa macrame dan rajutan.

Sebagai penjual produk kerajinan tangan, kita dituntut untuk lebih kreatif dan selalu punya design baru supaya menarik calon customer.

Oleh karena itu saya sering mencari ide macrame di Pinterest, Instagram dan Youtube. Saat menemukan design baru, kadang saya coba membuat yang sama, setelah itu memodifikasi alias membuat versi sendiri.

Sebenarnya mencari inspirasi macrame ini disela-sela membuat pesanan dari customer. Terkadang inspirasi design baru juga datang dari customer itu sendiri. Sebagai penjual, harus mau menerima kritikan atau ide dari customer yah!

Bagaimana? Saya sudah sangat cocok dengan karakter ISFP yang katanya The Artist kan? hehe


- Membuat Reel atau VT


Sekarang saya sedang ketagihan membuat reel untuk Instagram dan VT alias video Tiktok. Tapi sebenarnya lebih suka membuat reel karena viewnya lebih memuaskan.

Bagi teman-teman yang bingung ngapain di rumah selama puasa, coba deh buat reel. Bisa lihat video editan saya di Instagram @chocodilla atau Tiktok @_chocodilla .

Aplikasi untuk mengedit video yang saya gunakan adalah Inshot atau VN. Dua-duanya bagus, namun ada plus minusnya  dan saya menggunakannya random tergantung mood.

Video reel yang dibuat hingga saat ini lebih banyak video unboxing. Ada juga mini vlog saat berkunjung ke kafe atau ke pusat kota Bukittinggi.

Berikut salah satu reel yang saya buat.


- Menonton Drama Korea / Konten K-Pop


Kesukaan semua perempuan di Indonesia, apalagi kalau bukan drama Korea. Yup, nonton drama Korea menjadi kegiatan menyenangkan yang bikin kaum ISFP makin betah di rumah selama puasa.

Sekarang drama yang sedang saya tonton adalah Business Proposal dan masih ada waiting list yaitu Twenty Five Twenty One dan Crazy Love. 

Kalau kamu sedang nonton apa?

Selain itu, karena saya K-Popers maka juga sering menonton konten K-Pop di Youtube atau V-LIVE, seperti tv show boyband favorit dan kegiatan fangirling lainnya.


*

Demikianlah poin-poin kegiatan menarik yang saya lakukan sebagai perwakilan ISFP di rumah saat bulan Ramadan ini.

Selain kegiatan tersebut tentu juga memperbanyak ibadah seperti shalat sunat dan membaca Al Quran. Dan kalau sudah merasap pengap di rumah, tinggal ke teras untuk menyiram bunga atau mencabut rumput.


***


Tulisan ini dibuat untuk 30 Day Ramadan Challenge 2022 oleh Blogger Perempuan Network dengan tema Puasa di Rumah Aja.

Terima kasih sudah visit dan membaca blog saya.

  • Note : Semua foto adalah dokumen pribadi, dilarang menggunakan foto dari artikel ini tanpa ijin.

xoxo
Dila

1 komentar:

  1. Pantesssaaaan tangannya mba Dila terampil banget, ternyata emang the Artist. MBTI-ku dulu pernah ganti, pertama itu yang ikonnya perawat sama yang kakek2 berjenggot panjang sambil pegang tongkat sihir kalo gak salah wkwkw, pokoknya warna ijo.

    Kalau tontonan aku baru aja ngabisin F4 Thailand hahahaha, terus masih ada satu drama China yang masih di watch list. Drakor tuh aku jarang banget mba Dila nontonnya. xD

    BalasHapus