Rekomendasi Restoran Halal di Korea

Minggu, 28 Maret 2021

Sebelum adanya corona yaitu pada akhir Oktober 2019, saya sempat liburan ke Korea bersama teman dengan tujuan utama menonton konser BTS. Persiapan liburan saat itu bisa dibilang banyak drama sehingga saya tidak sempat mempersiapkan itinerary dengan matang. Sehingga yang terpikirkan hanya menonton konser, mengunjungi tempat yang pernah BTS kunjungi dan ke Nami Island.
 
Selama liburan di Korea tersebut ternyata saya dan teman tak sengaja menemukan beberapa restoran halal. Alhamdulillah, senang sekali karena bisa bebas memilih makanan dan tak usah repot-repot cek menu satu-satu untuk memastikan ingredientnya apakah aman dimakan atau tidak. Berikut beberapa restoran halal di Korea yang bisa kamu kunjungi khususnya teman-teman muslim.


Rekomendasi Restoran Halal di Korea



1. Pane Pasta


Pane Pasta merupakan tempat makan yang menyajikan menu Italia dengan label halal. Berada di pusat perbelanjaan Myeondong, kota Seoul dan restorannya berada di lantai dua.

Waktu itu saya dan teman mengunjungi Myeondong pada siang hari untuk berbelanja. Namun sebelumnya tentu kami ingin mengisi perut terlebih dahulu supaya punya tenaga untuk mengelilingi kawasan Myeongdong. Saat itu masih belum tau mau makan apa sehingga kami coba berjalan pelan-pelan untuk melihat tempat makan yang menarik. Bisa bilang belum lama kami berjalan, tiba-tiba teman saya melihat ada papan nama restoran dengan logo halal yaitu Pane Pasta. Kami pun tertarik, langsung masuk dan naik ke lantai dua.
Rekomendasi Restoran Halal di Korea
Pintu masuk di lantai satu
Rekomendasi Restoran Halal di Korea
Bagian dalam restoran di lantai dua
Rekomendasi Restoran Halal di Korea
Begitu naik ke lantai dua, langsung disambut meja kasir dan terlihat logo halal. Terdapat juga tulisan "soju khusus untuk non muslim" dan "soju menggunakan gelas khusus", yang berarti tidak dicampur dengan gelas minuman lainnya (soju adalah minuman beralkohol khas Korea). Setelah masuk ke dalam, saya cukup terpukau melihat interior di dalam restoran yang sangat cantik dan instagramable. Saking bagusnya jadi bingung mau duduk di mana, hehe. Akhirnya kami duduk di meja dekat jendela dan langsung didatangi oleh pelayan. Pelayan datang dengan membawa menu, dan langsung memberikan piring, sendok, air mineral dan beberapa potong roti.
 
Saya memesan pasta (harga 16,000 won = Rp 199,200) sementara teman saya memesan semacam steak yang sudah dipotong kecil-kecil dan nasi (harga 24,500 won = Rp 305,025). Menurut saya rasanya enak, porsinya juga besar. Jangan tertipu dengan foto yang saya upload, mungkin terlihat sedikit tapi aslinya banyak, efek dari piring jumbo yang digunakan. Mengenai harga, bagi orang Indonesia seperti saya ini termasuk mahal. Oh iya, sayangnya saya tidak memotokan menu di restoran tersebut, sehingga lupa apa saja makanan yang mereka jual.
Rekomendasi Restoran Halal di Korea
Rekomendasi Restoran Halal di Korea
Rekomendasi Restoran Halal di Korea



2. Asian Cuisine


Asian Cuisine adalah restoran halal yang kami temukan saat wisata ke Nami Island. Dan tak hanya itu, di dalam restoran ini juga terdapat mushalla. Aduh jadi cinta sama Nami Island, pemandangannya indah, banyak spot foto dan ditambah restoran halal dan mushalla. Wisatawan muslim wajib mengunjungi Nami Island kalau ke Korea! Seperti namanya "Asian Cuisine" , restoran ini menyediakan beberapa masakan dari Asia yang dijamin halal seperti Jjajangmyeon, mie ala Vietnam, masakan Thailand, dll dan termasuk nasi goreng Indonesia.

Kiri : Pintu masuk restoran Asian Cuisine
Kanan : Menu makanan dari berbagai negara
Rekomendasi Restoran Halal di Korea
Logo halal di depan pintu masuk restoran

Waktu akan masuk ke restoran ini, ternyata pengunjungnya cukup ramai sehingga harus antri. Saya merasa takjub, tak hanya orang muslim namun non muslim pun juga tertarik dengan restoran label halal. Fyi saat itu pengunjung di Nami Island memang banyak sekali padahal bukan di hari libur/tanggal merah. Tak begitu lama menunggu akhirnya kami bisa masuk ke dalam dan langsung diantarkan ke tempat yang kosong.

Setelah duduk, pelayan datang dengan menu serta air minum. Saya langsung memesan jjajangmyeon dan teman memesan champpong. Dari awal saya sudah mengincar jjajangmyeon. Yang suka nonton drama Korea pasti sudah paham, karena mie dengan saus kacang hitam ini sering muncul di drama dan terlihat menggoda. Namun sayangnya, jjajangmyeon yang dijual biasanya tidak halal karena mengandung babi. Sehubung restoran ini halal, saya tak sabar untuk mencobanya dan rasanya memang enak sekali. Champpong yang dipesan teman juga enak, champpong itu semacam mie seafood dengan kuah pedas. Pokoknya kamu yang ke Nami Island wajib mencoba makanan di Asian Cuisine!
Rekomendasi Restoran Halal di Korea
Jjajangmyeon, harga : 10,000 won = Rp 124,500
Rekomendasi Restoran Halal di Korea
Apa tidak tergoda?
Rekomendasi Restoran Halal di Korea
Champpong, harga 13,000 won = Rp 161,850

3. Busan Jib


Busan Jib adalah restoran halal yang masih berada di daerah Myeongdong. Sebelumnya saya telah mendengar restoran ini dari teman yang baru berwisata ke Korea tentunya. Namun lagi-lagi saya dan teman tak sengaja menemukan restoran ini begitu saja saat akan berbelanja di Myeongdong kesekian kalinya. Padahal tempatnya kurang strategis, yaitu di jalan agak sempit.

Restorannya cukup kecil, ada beberapa meja dan langsung terlihat dapur. Yang masak adalah ajumma-ajumma dan kasirnya seperti laki-laki Malaysia. Saat itu saya memesan bibimbab (harga 8,000 won = Rp 99,600) dan teman saya memesan nasi goreng. Seperti biasa sebelum makanan datang, kami diberikan air mineral serta banchan berupa kimchi, kim dan semacam ikan teri. Disini pun saya lupa memotokan menu, maaf karena sudah kelaparan. Kalau enggak salah menu lainnya seperti tteokpokki, ramyeon dan makanan khas "warung" Korea lainnya.

Rekomendasi Restoran Halal di Korea
Gambar kiri : tampilan pintu masuk Busan Jib
Gambar kanan : Bibimbab, Bancan berupa nori, kimchi dan Nasi Goreng




Bonus!


Yang terakhir bukan restoran namun tempat jajan yang masih di daerah Myeongdong. Saat malam hari, jalan di depan pertokoan Myeongdong dipenuhi oleh gerobak yang menjual jajajan seperti odeng, tteokpokki, bungoppang, hotteok dll. Nah waktu itu saya beli hotteok seharga 2000 won (Rp 24,900) yaitu semacam donat tipis yang berisi kacang merah. Ternyata pada banner gerobak terdapat logo halal, sebenarnya saya baru sadar setelah melihat foto yang saya ambil saat membeli hotteok tersebut.
Rekomendasi Restoran Halal di Korea

Sekian kisah saya bertemu dengan beberapa restoran halal di Korea. Kalau ada kesempatan liburan ke Korea lagi, saya ingin hunting restoran halal lainnya, khususnya yang benar-benar menyajikan masakan Korea. Lumayan kan bisa makan makanan khas Korea tanpa rasa khawatir halal apa tidak.

Oh iya, tambahan tips dari saya saat makan di restoran manapun di Korea, karena hampir semua restoran memberikan air mineral gratis, jadi sebaiknya jangan memesan minuman lainnya. Mengingat harga makanan dan minuman di sana mahal. Sebaiknya pesan makanan yang memang khas di Korea, kalau minuman sebenarnya sama aja dengan di Indonesia seperti coke, jus dll namun tentu harganya lebih mahal.




xoxo
dila

26 komentar:

  1. Mantul kak rekomendasinya, kapan-kapan kalo ke korea bisa mampir ke restoran yang halal saja hehe

    BalasHapus
  2. Aku jd kangen Ama Korsel :D. Trakhir kesana 2017, dan aku sempet nyobain juga bbrp makanan halal. Tapi ga banyak.

    Sempet nyobain makanan Nepal di Myeongdong, trus ke itaewon yg sepanjang jalannya buanyak bangetttt halal resto. Tp Krn ini jauuuh dr hotel ku, jd nya cm sekali doang makan di sana.

    Aku padahal pas ke Korea itu hanya Krn mau ke Jepang, trus mikir, kan jraknya cm Deket, pasti tiketnya murah, drpd dari Indonesia. Kebetulan blm beli tiket pulang juga, jadinya mampir dulu ke Korea, baru balik ke jakarta.

    Eh kok ya malah sukaaaa bgt Ama makanan2 nya. Yg aku suka sih Krn rasa makanannya kalo ditulis spicy, beneran spicy :D. Smntara aku doyan makanan begitu :). Bedaaa makanan mereka Ama tetangganya si Korut :D. Kalo Korut cendrung hambar. Tapi segala BBQ nya enak2.

    Mau banget sih ke Korsel lagi. Planning abis pandemi pgn Jeju berdua Ama suami aja :D .

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo ka,

      Aku kemaren itu ke Korea, milih airbnb di Itaewon loh. Dan begonya, enggak pernah hunting cafe / resto halal di sana. Karena suka belanja di Myeongdong, makanya makannya di sana aja.

      Kok, keren sih kak, dari Jepang mampir ke Korea. BTW kalau kayak gitu, apa ga perlus urus VISA masuk ke Korea? atau saat masih di Indonesia udah bikin rencana, trus langsung ngurus VISA ke Korea?

      Jepang makanannya juga enak dan udah ada beberapa resto halal. Tapi harganya itu loh lebih mahal dari pada makanan Korea. Sehingga aku lebih enjoy sama makanan Korea.

      Ah,, Jeju, wishlist. aamiin, semoga kelar pandemi bisa jalan-jalan lagi.

      Hapus
  3. waaah...foto makanannya sangaaat menggoda! asli jadi pengen nyicip nih. Semoga suatu saat kubisa nyicip langsung ke sana. Aamiin..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sayapun melihat foto makanan ini jadi laper lagi.
      Aamiin, semoga bisa yah.

      Hapus
  4. Di sana apakah ada maps khusus buat wisatawan yang muslim sebagai guide kalau laper bisa mampir ke mana saja gitu Kak? Atau murni ini nyari sendiri di internet?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya kurang tau apakah ada map khusus untuk muslim, karena emang saya nanya ke teman dan cari di internet.
      Info lengkap bisa lihat di sini https://english.visitkorea.or.kr/enu/ATR/muslim_intro.jsp

      Hapus
  5. Wah beruntung banget bisa liburan ke Korea sebelum pandemi. Label halal emang penting banget, dan dari mereka udah tau juga kalau kebanyakan turis salah satunya dari negara-negara Muslim jadi makin dimudahin ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya, bersyukur banget bisa ke Korea akhir tahun 2019. Ga kebayang bakalan ada wabah corona setelah itu.
      Korea serius meningkatkan pariwisata, dan mereka tau di kawasan asia aja banyak negara muslim seperti Indonesia, Malaysia dan Brunai yang bakal jadi wisatawan mereka. Sehingga berbenah membuat tempat wisata yang muslim friendly dari sekarang.

      Hapus
  6. Real story, real tips ini mah informasi valid banget soalnya dari pengalaman penulis pribadi, bagus sebagai rekomendasi bagi yang ingin ke korsel

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya kak, sayapun senang kalau bisa menceritakan kisah pribadi. Makasih.

      Hapus
  7. Wahh makanan-makanan korea ini menggugah selera bangeet..
    Saya belum kesampaian nyobain makanan korea langsung dari negaranya. Saya mau bookmark artikel mba Dilla ini untuk dijadikan salah satu referensi jika suatu saat bisa liburan ke Korea pasca pandemi.

    Terima kasih rekomendasinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya Natih, semoga setelah pandemi bisa ke sana.
      Saya pun kangen pergi ke Korea atau ke Jepang lagi.

      Hapus
  8. ya allah ngiler mbakkkkkk
    itu menu korea khas banget ya pekat bumbunya apa orang asia ini emang suka bumbu berlebiha. hehehehe dan satu lagi yang bikin galfok, dekornya tempat makan sellau kece ya.. aku suka deh instagramable banget

    BalasHapus
  9. Wah mupeng nih, kak bisa ke Korea selatan sebelum pandemi... Restorannya cantik, makanannya juga menggugah selera nih, trus harganya sebanding kayaknya dengan rasa ya kak, jadi kalau mesannya lebih baik menu korsel ya kakskak daripada menu orang indo karena lebih mahal gitu,, semogah bisa ke sana dan nyicipin makanan halal di sana jga akunya, hehehe..

    BalasHapus
  10. Artikel seperti ini penting banget untuk muslim traveler yang bepergian di negara yang bukan mayoritas muslim agar prinsip kehati-hatian dalam memilih makanan halal, terjaga.

    Dan menarik juga kalau resto di Korea, sebagian besar memberikan air mineral gratis. Jadi nggak perlu lagi pesan minuman. Toh minuman bener juga rasa dan jenisnya gitu-gitu saja.

    BalasHapus
  11. Wah,seru pastinya nih bisa nonton BTS di negeri orang, bisa menikmati aneka kuliner korea juga. Btw, ulasannya informatif,Kak. Jadi tahu tempat halal dan harganya. Jadi bisa siap-siap semua kalau ke sana.

    BalasHapus
  12. Haduh,menggoda euy lihat makanannya. Memang banyak sekarang resto halal di Korea. Sekitar tahun yang sama memang dari Kedubes Korea melalui pariwisatanya sedang menggalakkan wisata muslim untuk menarik kunjungan. Terima kasih kak, ini referensi yang mantul banget buat para muslim traveler yang ingin ke kore 👍

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebenarnya lebih banyak lagi tempat makan halal di Korea kak, tapi yang diceritakan di sini cuma yang benar-benar pernah saya kunjungi aja.

      Ya, sama-sama kak.

      Hapus
  13. Mba Dilla mupeng banget ih sama makanan2nya. Adekuu kerja di Korsel juga tapi di dekat gunung sana, katanya kalau ke pusat Kota juga jauh. Aku kasih rekomendasi nya ke dia aja nih mba.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, adeknya tinggal di sebelah mananya kak? Kalau mau lebih lengkap tentang restaurant Korea Halal, bisa cek link ini kak https://english.visitkorea.or.kr/enu/ATR/muslim_intro.jsp trus forward ke adeknya.

      Hapus
  14. Wahh benar-benar perlu dompet tebal jika bertandang ke Korea, ya mbak. Harganya mayan bikin jebol dompet emak, hehe.
    Btw hal yang selalu dikhawatirkan saat ke luar negeri adalah makanan yang kita santap. Alhamdulillah selalu dapat resto halal saat perjalanan di sana,ya mbak.

    BalasHapus
  15. Wah senangnya bisa liburan ke Korea Mbak Dila. Penting banget informasi tempat kuliner halal gini kalau lagi di luar. Luar biasa ya Jajangmyeon lebih dari 100ribu hihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebenarnya standar makanan Korea satu porsi memang Rp 100,000 an, di Indoesia pun begitu. Tapi worth it karena porsinya besar dan rasanya enak.

      Tapi iya sih, kalau bisa saat makan Jajangmyeon jangan dibandingin sama nasi Padang yang cuma RP 25,000 wkwkw. Emang jadi kerasa banget mahalnya.

      Hapus
  16. Semua menggoda mbak. Harga makanan di sana lumayan juga ya kayaknya memang standar ratusan ribu kalau dirupiahkah. Aku pingin icip jajangmyeon nya nih. Plus pingin ke Nami Island. Aamiin

    BalasHapus