Tips Semangat Jogging Pagi

Sabtu, 25 Mei 2024

Bukittinggi

Assalamualaikum
Halo semuanya!!

Jogging adalah olah raga yang paling murah dan mudah dilakukan. Murah karena tidak perlu menyewa tempat atau membeli alat, seperti badminton atau tenis yang membutuhkan raket dan menyewa lapangan.

Mudah karena tidak butuh keterampilan khusus, tidak harus berpasangan atau berkelompok dan bisa dilakukan kapanpun.

Sehingga jogging menjadi olah raga favorit semua orang dengan berbagai tujuan seperti untuk menjaga kesehatan hingga untuk menurunkan berat badan.

Namun tetap saja jogging susah dilakukan oleh sebagian orang. Alasan klasiknya adalah mager atau masih ngantuk khususnya jogging pagi.

Itu pun terjadi pada saya. Sebagai orang yang sudah mulai memperhatikan kesehatan, olah raga yang paling saya sukai adalah jogging pagi. Tapi tantangan untuk jogging pagi itu berat sekali, dan yup, alasannya adalah masih ngantuk.

Syukurnya akhir-akhir ini semangat jogging pagi menyala lagi. Terbukti pada bulan puasa kemarin saya berhasil jogging pagi sebanyak 6 kali, bulan puasa loh! New achievement unlocked

Anyway, saya sudah tulis di artikel ini 7 Things I Love March | Jogging Pagi di Bulan Ramadan , mana tahu ada yang penasaran, hehe.

Sebenarnya apa sih yang membuat saya semangat jogging pagi?

Mungkin ada yang bertanya demikian dan ingin diracuni untuk jogging pagi juga. Maka kamu berada di artikel yang tepat karena kali ini saya akan share tips supaya semangat jogging pagi, yang mana tips ini sudah saya terapkan dari dulu hingga sekarang. Ada apa saja ya? Yuk baca artikel ini sampai selesai.

Tips Semangat Jogging Pagi
Pemandangan jogging pagi di Bukittinggi

Tips Semangat Jogging Pagi



1. Kuatkan Niat


Niat itu adalah kunci! Wajib membuat niat jauh-jauh hari supaya rencana jogging pagi terlaksana. 

Buatlah niat sambil merenung "Kenapa kamu butuh jogging pagi? Apa yang ingin dicapai?" Misalnya : "Saya harus jogging pagi hari sabtu dan minggu supaya bisa turun berat badan dan baju jadi longgar" atau "Saya harus jogging pagi 3 kali seminggu supaya mendapatkan berat badan ideal dan lulus tes kesehatan BUMN".

Setelah membuat niat yang bersifat jangka panjang, kamu juga harus mengucapkan niat tersebut di malam hari sebelum jogging pagi. InsyaAllah kamu akan siap dan semangat jogging di pagi harinya.


2. Tidur Cukup


Alasan terbesar orang malas jogging pagi adalah masih ngantuk, maka solusinya tentu tidur yang cukup atau tidur yang berkualitas.

Jika ingin jogging jam 6 pagi, sebaiknya tidur sebelum jam 10 malam. Intinya jangan begadang, supaya tubuh terasa segar dan siap untuk jogging pagi.



3. Pakai Setelan Baju & Sepatu Khusus Jogging


Gunakanlah setelan baju olah raga dan sepatu khusus jogging supaya aktifitas olah raga ini terasa mudah dan menyenangkan. 

Bagi yang sudah sering olah raga sudah paham dengan hal ini, namun bagi kamu yang baru pertama kali melakukan jogging, mungkin merasa baju atau sepatu apapun nggak masalah.

Tapi tidak! Sebaiknya menggunakan pakaian olah raga karena bahan dan designnya sudah dipertimbangkan untuk menyamanan kegiatan olah raga. Baju olah raga biasanya menggunakan bahan yang lebih ringan dan tidak panas seperti dry fit.

Selain itu, untuk wanita muslimah sebaiknya menggunakan baju yang longgar dan panjang supaya aurat masih terjaga. Dan saya punya rekomendasi baju olah raga yang lumayan muslimah-friendly

Waktu itu coba beli baju dari HIA, lumayan puas karena lengannya panjang hingga telapak tangan, bajunya panjang, tapi karena saya tinggi jadi mungkin masih terlihat pendek, at least it covers my butt. Lingkar dada besar dan pastinya bahan baju ringat dan tak panas.

Bisa beli di Shopee HIA

YAMEEKA TOP
Bahan Dry Fit
Lingkar dada 116cm
Panjang tangan 70cm
Panjang baju 75cm (menutupi panggul dan bokong)
Bisa untuk max BB 70 kg dan max TB 170 cm

Tips Semangat Jogging Pagi

Sedangkan sepatu jogging/lari yang bagus itu seperti tidak berat, alasnya empuk dan bagian bawah sepatu tidak licin. Dengan begini langkah terasa ringan dan membuat makin semakin jogging.


4. Gunakan Aplikasi Jogging


Supaya rencana jogging terlaksana, gunakanlah aplikasi yang bisa record kegiatan olah raga seperti STRAVA atau Nike Run Club.

Kedua aplikasi itu bisa me-record jarak tempuh, steps, waktu, pace, dan peta jogging. Aplikasi ini juga memberikan pilihan, apakah untuk aktifitas walk, run, bike ride hingga swim.

Aplikasi seperti STRAVA dan Nike Run Club bisa membuat kita semangat jogging karena ada fitur pertemanan dan memberikan penghargaan untuk berbagai macam achievement yang berhasil dicapai. 

Yuk berteman di STRAVA : Check out Dila Dila on Strava

Tips Semangat Jogging Pagi
Kiri : Tampilan profil aplikasi STRAVA
Kanan : Tampilan Run Levels aplikasi Nike Run Club


5. Follow Akun Komunitas Lari / Teman yang Suka Jogging


Jika ingin semangat jogging pagi, kamu wajib follow akun-akun yang sering membagikan kegiatan atau tips jogging. Misalnya akun komunitas lari di Instagram atau TikTok. Selain itu juga bisa cek update-an teman yang suka olah raga, dijamin kamu akan teracuni untuk rajin olah raga juga khususnya jogging.

Sekitar tahun 2017, saya follow akun Instagram komunitas lari di Cilegon dan bahkan turut dalam kegiatan lari mereka. Dan memang, jadi semangat jogging yang tak hanya dilakukan di pagi hari, namun juga di sore hingga malam hari.

Sekarang ini, saya belum ikut komunitas lari lagi, namun bisa semangat jogging karena lihat story teman-teman di IG yang suka jogging. Jadi buat kamu-kamu yang suka olah raga, please pamer semua kegiatan itu di sosial media, karena bisa mempengaruhi orang lain.


6. Siapkan Playlist Jogging


Saya adalah orang yang suka sekali mendengarkan musik jadi tips ampuh supaya semangat jogging pagi adalah jogging sambil mendengarkan musik. Jadi sebelum jogging saya sudah menyiapkan playlist lagu-lagu favorit di Spotify, memastikan baterai HP penuh dan tak lupa membawa headset.

Tapi kalau jogging ramai-ramai dengan teman atau keluarga, saya nggak masalah kalau tak ada musik. Playlist jogging hanya dibutuhkan saat jogging sendirian supaya nggak bosan.

Sementara bagi kamu yang nggak suka musik, bisa juga jogging sambil mendengarkan murotal al Quran.

Ini playlist Jogging Pagi saya di Spotify, note : list lagu akan selalu diupdate.



7. Ajak Teman


Mengajak teman adalah tips semangat jogging yang saya taruh di posisi terakhir. Karena bagi saya ini bukanlah yang utama, dan jangan sampai gagal jogging karena nggak ada teman.

Ajaklah teman yang background-nya memang suka olah raga atau sedang butuh olah raga. Bagaimanapun setiap orang punya mood atau urusan masing-masing. Bisa jadi kita sudah semangat jogging di minggu pagi, tapi teman yang diajak nggak bisa ikut karena sakit atau mager. So, sebaiknya tetap lanjut jogging walau sendiri.


***

Demikianlah 7 tips semangat jogging pagi yang sudah saya terapkan dari dulu. Semoga tips ini berguna bagi kamu yang sudah punya planning jogging pagi tapi masih belum terlaksana sampai sekarang.

Oh iya, kalau ada tips tambahan, bisa tulis di kolom komentar yah.

xoxo
Salam Sehat!!

Dila

22 komentar:

  1. Thanks for sharing, pengen joging pagi sebenernya, cuma karena kerja shift, jadi niatnya masih kalah sama tidur, dan tentunya kurang tidur kalau mau joging pagi. Sedihnya saya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semangat kak! Saya bisa paham karena dulu pernah terpaksa masuk shift karena ada emergency situation di perusahaan, dan emang capek dan ngantuk banget.

      Hapus
  2. wah seru bangett, semoga konsisten selalu ya kak :D #salambugar

    BalasHapus
  3. Wa'alaikumussalam! :) waaah langsung kaget pas begitu buka ada gambar pedang nancep yang gede banget itu! saya kira lagi jogging bareng king Arthur wkwkw...

    Jujur paling setuju dengan siapin playlist buat jogging nih! tanpa itu, jogging jadi kurang asik aja gituh :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha, iya ini ada monumen daerah berbentuk pedang, keren yah!!

      Hapus
  4. Bener banget ini, kalau joggingnya begini pasti semangat. Mulai dari punya playlist, niat yang kuat, ada temen ngobrol, hingga outfit yang nyaman dan khusus jogging.

    Soalnya kalau lokasi joggingnya di jalan pesawahan, terus gak pake pakaian khusus olahraga, biasanya ada yang lirikin, dikira jalan kaki karena gak punya kendaraan. wkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba, terus kalau jogging pakai baju biasa dan di tepi jalan raya, nanti banyak ditawari angkot atau ojek.

      Hapus
  5. Wah tips2nya mantuul nih.. Saya yg sering gagal jogging karena mager jadi terdorong utk mulai lagi! Terima kasih ya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang penting niat dulu mba! Semoga bisa jogging yah~

      Hapus
  6. aku banget nih dari setahun lalu pengen jalanlah pengen jogging tapi nggak terealisasi karena mager. padahal di tempatku tinggal itu sekarang juga sudah mulai banyak yang menjadikannya rute jogging. semoga aja nih sebelum tahun berakhir aku bisa mulai jogging

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya ampun, niat dari tahun lalu tapi masih belum dikerjain yah mba. Ayo dimulai dulu aja, nanti pasti ketagihan.

      Hapus
  7. Aku pengen banget rajin jogging tapi apa daya masih ada anak balita di rumah jadi agak susah keluar rumah. Jadi sesempatnya aja sekarang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau ibu-ibu yang punya balita biasanya bawa anak keluar saat pagi hari, bisa lah jogging tipis-tipis mba.

      Hapus
  8. Setuju! No 1 sih niat! Biarpun badan lagi fit tapi kalau gak niat jogging gak bakal jadi

    BalasHapus
  9. Kalau bukan bulan puasa, pasti dibarengi hunting kuliner ya
    Jajanan saat joging itu menarik mata banget lho
    Meski jajanan anak atau kuliner lokal, tapi terasa selalu enak
    Berasa main di CFD gitu hehe...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba, kalau minggu pagi dan bukan bulan puasa, yang bikin semangat jogging itu hunter kulinernya!!

      Hapus
  10. Kalau aku butuh kuatkan niat buat jogging karena kadang malam dah niat mau olahraga pagi eh pas bangun ada aja kendala yang bikin males. Thanks sharingnya

    BalasHapus
  11. Jogging tuh olahraga tergampang yah sebenernya, apalagi gak perlu equipment apa-apa, bisa langsung berangkat. Cumaaaa kadang mageeerrr banget bangun paginya hahaha, soalnya jogging kan enakan pagi masih seger dan sepi gituuu

    BalasHapus
  12. Uda aku niatin banget nih.. mau jogging.
    Karena selama pandemi, beli treadmill juga ternyata ga asik yaah..
    enakan beneran larrii dan liat pemandangan yang ujung-ujungnya nanti jajan, hehehhe.. motivasi terselubung.

    BalasHapus
  13. Emang jogging tuh butuh niat banget. Tapi aku inget dulu zaman masih ngekos lumayan rajin jogging. Kalau sekarang hampir nggak pernah. Semoga nanti ada waktu buat jogging lagi.

    BalasHapus
  14. padahal uda tau manfaatnya, udah tau diri ini butuh melakukannya, tapi dari tips di atas baru niat aja yang udah, hehehe, semangat yukkkk

    BalasHapus