My Skincare Routine | Spill Skincare yang Dipakai Setiap Hari [Bukan Endors]

Rabu, 01 Mei 2024

Assalamualaikum
Halo semuanya

Beberapa waktu lalu saya sering melihat IG story teman-teman yang post foto menggunakan tempate "My Skincare Routine" di mana pada template itu kita bisa spill produk skincare yang biasa digunakan seperti sunscreen, moisturizer dan lain-lain.

Awalnya saya tidak tertarik untuk "Add Yours" karena merasa bukan beauty blogger yang paham sekali dengan skincare dan cukup insecure dengan wanita lain yang kulit wajahnya sehat dan cantik.

Namun, ada hal yang membuat saya ingin menggunakan template tersebut yaitu setelah melihat bagian "Acne Treatment".  Ketika teman-teman menyebut brand skincare A, B, C, D saya bergumam "Lah gw cuma pakai minyak tawon, haha"

Yup, minyak tawon, minyak tradisional yang menjadi andalan keluarga. Dari kecil saya sudah diperkenalkan dengan minyak tawon, gunanya untuk mengobati gigitan nyamuk/semut, luka, jerawat hingga sakit gigipun disuruh pakai minyak tawon.

Kulit saya bukan tipikal berjerawat, sehingga jerawat hanya muncul saat masa haid atau saat salah pakai pembersih wajah. Ketika jerawat muncul, saya hanya mengoleskan minyak tawon. Atau ditutup dengan kapas kalau jerawatnya cukup besar.

Setelah dioles minyak tawon, jerawat akan mengering termasuk kulit di sekitarnya. Oleh karena itu, biasanya saya akan rajin mengoleskan moisturizer di area yang kering.

Anyway, sekarang saya ingin spill semua skincare yang dipakai. Tulisan ini sama sekali bukan endors karena niat saya semata-mata ingin update di blog.

Apa aja yah skincare yang saya gunakan sekari-hari? Yuk baca tulisan ini sampai selesai.



My Skincare Routine



- Cleanser


Perawatan wajah dimulai dari cleanser atau pembersih wajah. Ternyata kita nggak bisa asal-asalan pakai pembersih wajah lho! Saya pernah beberapa kali menggunakan pembersih wajah yang ternyata tidak cocok karena membuat kulit jadi kering hingga berjerawat.

Pembersih wajah saya saat ini adalah Somethic-Low pH Gentle Jelly Cleanser, selain itu pembersih wajah merek lain yang cocok bagi kulit saya adalah Wardah, Scarlett dan Herborist.


Cleanser Somethinc


- Toner


In my opinion toner bukanlah skincare yang penting alias bisa diskip. Namun sekarang saya sedang memakai toner dari HAYEJIN-Blessing of Sprout Radiance Toner karena manfaatnya sama seperti moisturizer.

Akhir-akhir ini wajah saya terasa kering dan awalnya berniat untuk membeli moisturizer. Tapi begitu melihat iklan Hayejin jadi teracuni. Selain manfaatnya, saya lebih suka memakai toner yang berupa cairan dari pada moisturizer yang berupa gel.


Toner Hayejin


- Serum


Masalah terbesar wajah saya saat ini adalah flek hitam/hiperpigmentasi sehingga merasa wajib menggunakan serum yang bisa menyamarkan noda hitam tersebut.

Saya sudah memakai berbagai serum yang fokus untuk menyamarkan noda hitam seperti Somethinc-Niacinamide, Skintific-Symwhite 377 Dark Spot Eraser Serum, Lacoco-Dark Spot Essence hingga Scarlett namun belum terlihat hasilnya.

Sekarang sedang coba pakai merek Laneige Radian-C Double Active Brightening Essence, cukup mahal yah tapi semoga hasinya bagus.


Serum Laneige


- Moisturizer


Sekarang saya tidak menggunakan pelembab karena sudah ada toner yang manfaatnya seperti pelembab. 

Pelembab yang pernah saya pakai dan cocok adalah merek Scarlett, Somethinc, Skintific dan Wardah. Sementara pelembab yang nggak cocok karena membuat kulit kering dan kemerahan adalah Laneige Radian-C Cream. Nanggis banget karena ini harganya mahal.

Oh iya, oleh karena saya nggak cocok menggunakan  Laneige Radian-C Cream, akhirnya saya jual saja dengan harga Rp300.000 di Shopee. Yang tertarik bisa langsung cek link ini. Harga asli saat ini 429.000 dan saya baru pakai 3 kali.


- Eye Cream


Ingat sekali pertama kali beli eye cream merek The Body Shop dengan harga hampir Rp400.000 yaitu pada tahun 2018 ke bawah. Jadi ceritanya saya tertipu dengan label "DISKON" yang tertera. Saat bayar di kasir, eh ternyata eye cream bernama Reno Drops Of Youth Eye Concentrate tersebut tidak diskon, hanya posisinya dekat dengan barang diskon. Karena gengsi, akhirnya saya tetap beli.

Ntah sejak kapan, area bawah mata terlihat makin bengkak alias berkantung mata. Sehingga selalu nyetok eye cream yang dipakai pada malam hari. 

Saat ini saya menggunakan eye cream Somethinc dan sebelumnya merek Skintific. Setelah menggunakan eye cream bertahun-tahun (dan tidak rutin) saya merasa efeknya tak terlalu signifikan. Yah mungkin saya kalau nggak pakai eye cream, area bawah mata makin parah.


- Sunscreen


For me sunscreen adalah skincare yang paling penting dan wajib dipakai setiap hari. Kalau disuruh pilih hanya boleh punya satu dari semua skincare maka saya akan pilih sunscreen. Karena sekarang wajah saya udah banyak flek hitam / hiperpigmentasi sehingga jadi sadar betapa pentingnya sunscreen.

Untuk daily use saya baru coba Azarine-Hydrasoothe Sunscreen Gel, suka sekali karena cukup cepat meresap, memberikan efek lembab dan tidak ada white cast. Sementara jika mau keluar, saya memakai Skin Aqua-Tone Up UV Essense. Saya tertarik dengan Skin Aqua karena melihat saudara yang wajahnya jadi bagus karena sunscreen ini. Cocok sebagai base make up.

Selain dua merek itu, suncreen lain yang pernah dipakai adalah Wardah dan Somethinc.

Yang mau samaan, bisa beli Sunscreen Azarine di sini

Sunscreen Azarine


- Day/Night Cream


Saya tidak menggunakan day/night cream karena merasa ini tidak begitu penting.


- Acne Treatment


Sudah dijelaskan di awal bahwa obat andalan untuk masalah jerawat adalah minyak tawon. Atau sebenarnya dibiarkan aja sih, nanti juga mati sendiri.

Oh iya, selain minyak tawon saya menggunakan acne patch khususnya saat masih bekerja atau saat keluar, suaya tidak mengganggu penampilan.

Yang penasaran dengan minyak tawon, ini bentuknya. Bisa dibeli di Shopee

Minyak Tawon


***

Itulah produk skincare yang saya pakai setiap hari. Ada yang awet dan ada juga yang gonta-ganti. Apalagi sekarang produk skincare makin banyak terutama merek lokal. 

Packaging yang bagus, iklan yang yang bersifat solutif atau review jujur dari pembeli membuat saya ingin mencobanya.

Oleh karena itu, untuk brand skincare Indonesia, jangan buru-buru collab dengan artis Korea, kalau bisa buktikan dulu manfaatnya. Saya yakin sekarang masyarakat Indonesia sudah pintar memilih produk skincare yang tepat dan aman untuk kulitnya.

Terima kasih sudah baca artikel ini.

xoxo
Dila


 

Tidak ada komentar

Posting Komentar