Rekomendasi Kuliner Khas di Bukittinggi : 7 Alasan Mengunjungi Lapau Kapau

Minggu, 31 Desember 2023

Rekomendasi Kuliner Khas di Bukittinggi : 7 Alasan Mengunjungi Lapau Kapau

Assalamualaikum
Halo semuanya, apa kabar?

Bukittinggi masih menjadi tempat wisata favorit bagi wisatawan dari Sumatera Barat maupun luar Sumatera Barat. Hal ini karena Bukittinggi memiliki paket wisata lengkap yang menjadi daya tarik semua orang yaitu wisata alam, wisata sejarah, wisata kuliner hingga tempat berbelanja. Selain itu udara yang sejuk membuat orang-orang senang berada di kota Bukittinggi.

Berbicara tentang wisata kuliner, mungkin mayoritas wisatawan menjadikan "Nasi Padang" sebagai wishlist yang ingin dicoba saat mengunjungi Bukittinggi. Padahal sebenarnya ada makanan yang lebih khas dan wajib dicoba yaitu "Nasi Kapau".

Apa itu Nasi Kapau?

Nasi Padang sebenarnya sebutan umum untuk nasi dan lauk seperti rendang, dendeng balado dan lainnya yang bisa ditemui di seluruh kota di Sumatera Barat. Sementara Nasi Kapau adalah sebutan untuk nasi dan lauk khas Kapau sebuah nagari yang ada di wilayah administratif Kabupaten Agam yang masih dekat dengan kota Bukittinggi

Sekilas Nasi Kapau terlihat sama dengan Nasi Padang, namun perbedaan ada pada variasi lauk dan cara penyajian. Sebelumnya saya sudah pernah membahas tentang Nasi Kapau dan bedanya dengan Nasi Padang di artikel review Lapau Kapau.

Selanjutnya pembahasan yang paling utama adalah "Di mana tempat mana Nasi Kapau paling recommended di Bukittinggi?"

Sebagai orang minang asli yang tinggal di Bukittinggi, saya ingin merekomendasikan rumah makan yang bernama "Lapau Kapau" kepada wisatawan yang akan mengunjungi Bukittinggi.  

Apa istimewanya Lapau Kapau? Yuk baca artikel ini supaya kamu tau kenapa wajib mampir ke rumah makan ini sehingga liburan kamu ke Bukittinggi makin berkesan!

Lapau Kapau
Alamat : Jl. Kapau, Kec Tilatang Kamang, Bukittinggi
Jam Operasional : Buka setiap hari
Nasi Kapau   10.00 - 21.00
Kafe              10.00 - 21.00
Instagram : @lapaukapau2022


7 Alasan Mengunjungi Lapau Kapau saat Liburan di Bukittinggi



1. Terletak di nagari Kapau


Alasan pertama kenapa kamu harus mengunjungi Lapau Kapau adalah karena rumah makan ini berada persis di nagari Kapau yaitu sekitar 4,4km dari Jam Gadang. Sementara tempat makan nasi kapau yang selama ini dikenal itu berada di sekitar area Pasar Ateh, pusat kota Bukittinggi.

Seperti keinginan "makan nasi padang di Padang", tentu alangkah senangnya bisa makan nasi kapau langsung di nagari Kapau.


2. Rumah makan Nasi Kapau terbesar pertama


Lapau Kapau menjadi pelopor rumah makan nasi kapau dengan konsep modern dan berukuran besar di nagari Kapau. 

Dari dulu memang sudah banyak warung makan di nagari Kapau, namun konsepnya masih tradisional, bangunannya cenderung kecil dan belum begitu menjangkau wisatawan luar. 


Rekomendasi Kuliner Khas di Bukittinggi : 7 Alasan Mengunjungi Lapau Kapau
Tampak luar Lapau Kapau


3. Memiliki design yang kekinian


Selain menjadi rumah makan terbesar pertama, Lapau Kapau juga memiliki bentuk bangunan yang unik atau istilahnya instagenik sehingga siapapun pasti penasaran untuk singgah. Ada yang mengira kalau rumah makan Lapau Kapau itu adalah toko bunga, ini karena cat bangunan yang serba hijau, dan dari luar terlihat banyak pohon dan tanaman yang rimbun.

Tak hanya itu, Lapau Kapau memiliki pemandangan alam nagari Kapau yang indah. Sehingga pengunjung yang datang bisa menikmati nasi kapau sambil melihat pemandangan sawah yang hijau.



4. Banyak pilihan area untuk makan


Jika berkunjung ke Lapau Kapau, kamu bisa memilih area makan. Seperti area terbuka yang ada di bagian depan, sebelah kiri dan kanan pintu masuk. 

Area bangunan utama lantai satu atau selantai dengan lauk-pauk yang dipajang. Area lantai dua di mana dari sini bisa melihat langsung pemandangan sawah dari jendela kaca yang besar. Area rooftop yang cocok untuk ngopi santai.

Dan yang terbaru terdapat area gazebo yang berada di atas sawah sehingga bisa langsung menghirup udara segar dan memandangi sawah.

Rekomendasi Kuliner Khas di Bukittinggi : 7 Alasan Mengunjungi Lapau Kapau
Area luar, sebelah kiri dan kanan pintu masuk

Rekomendasi Kuliner Khas di Bukittinggi : 7 Alasan Mengunjungi Lapau Kapau
Lantai dua

5. Rasa enak, menu lengkap dengan daftar harga


Saat memasuki pintu utama rumah makan, pengunjung langsung disambut oleh barisan lauk-pauk khas nasi kapau yang disajikan dalam mangkuk/kuali besar. Lauk itu seperti gulai tunjang, rendang, dendeng lado, gulai tambunsu dan lainnya.

Prinsip pemesanannya mirip seperti memesan makanan di restoran Jepang seperti HokBen dan Marugame Udon, di mana pengunjung tinggal menyebutkan lauk yang diinginkan, setelah itu bergeser ke bagian kasir untuk membayar makanan. 

Makanan disajikan pada piring yang sudah dialasi daun pisang, dan tampilan mirip dengan nasi padang dimana walau pesan satu lauk, kita sudah bisa menikmati tambahan kuah gulai, sambal dan sayur. Dan untuk rasa, jangan ditanya karena sangat lezat dan otentik! 

Saya sarankan untuk mencoba gulai tunjang dan tambunsu  karena dua lauk ini lah yang merupakan ciri khas nasi kapau.

Di bagian kasir terdapat menu lengkap makanan dan minuman Lapau Kapau beserta harga. Sehingga tidak perlu khawatir mengenai harga yang harus dibayar. Walaupun Lapau Kapau adalah rumah makan yang megah, namun harga makanannya masih sama dengan nasi kapau yang ada di Pasar Ateh.

Makanan yang sudah disajikan sesuai lauk yang dipesan

Nasi Kapau - Lapau Kapau

Rekomendasi Kuliner Khas di Bukittinggi : 7 Alasan Mengunjungi Lapau Kapau

6. Fasilitas lengkap


Selain bangunan yang instagenik dan punya banyak pilihan area untuk makan, Lapau Kapau memiliki fasilitas tambahan yang menunjang kenyamanan pengunjung seperti baby chair atau kursi khusus untuk balita, toilet & mushala yang mana fasilitas seperti ini tidak ada di tempat makan nasi kapau yang ada di area Pasar Ateh/Jam Gadang.

Selain itu, fasilitas yang tak kalah penting yaitu terdapat area parkir yang luas. Sehingga wisatawan yang datang ke Bukittinggi dengan mobil pribadi maupun bus pariwisata bisa langsung parkir di halaman parkir Lapau Kapau. 

Rekomendasi Kuliner Khas di Bukittinggi : 7 Alasan Mengunjungi Lapau Kapau
Fasilitas Mushala & Tempat Wudhu


7. Mendukung perekonomian warga lokal


Lapau Kapau semaksimal mungkin memperkerjakan warga nagari Kapau untuk bekerja di sana, terutama untuk karyawan dapur seperti para koki dan para penyaji makanan.

Sehingga jika kita makan di Lapau Kapau berarti ikut mendukung perekonomian warga nagari Kapau.


***

Itulah 7 alasan kenapa kamu wajib mengunjungi Lapau Kapau saat liburan ke Bukittinggi. Dan to be honest, saya lebih merekomendasikan tempat ini kepada para wisatawan, karena saya yakin wisatawan tidak hanya menginginkan makanan yang enak, namun ingin menikmati pemandangan dan butuh kenyamanan setelah menempuh perjalanan yang jauh.


Lokasi Lapau Kapau



Terima Kasih

  • Note : Semua foto adalah dokumen pribadi, dilarang menggunakan foto dari artikel ini tanpa ijin.

xoxo
dila

21 komentar:

  1. Lokasinya memang super keren kak. Saya pernah diundang pada saat peresmian. Tapi skrng kualitas rasa sudah mulai turun. Terkahir bulan Januari 2024 bawa tau dari Jakarta, dpt masukan luar biasa ttg rasa, semoga Lapau Kapau. Mendengarkan masukan pelaanggan, agar ttp mengedepan kan asa

    BalasHapus
    Balasan
    1. mantap bang kiem, diundang saat peresmian. Kalau enggak salah mereka peresmian awal tahun 2021 yah? kayaknya saya belum di Bukittinggi saat itu, jadi makanya gak diundang hehehe. Klo rasa, kayaknya harus ada quality controlnya tiap hari yah, biar tidak ada konsumen yang kecewa.

      Hapus
  2. Pertama kali nyoba tambusu agak deg-degan karena bentuknya usus. Tapi ternyata enak dan sekarang kalau beli nasi kapau hampir selalu nyari lauk tambusu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, bentuknya usus banget, tapi emang usus sih. Isinya campuran telur dan tahun kalau enggak salah, trus dimasak dengan cara digulai, makanya enak.

      Hapus
  3. Wah makan sambil memandangi pesawahan, enaknyooo apalagi makanan padang itu memang sedap-sedap...

    BalasHapus
  4. Saya pikir ini salah satu tempat makan yang gak hanya menyediakan makanan enak, tapi juga pemandangan yang luar biasa indah. Buat saya yang orang Jakarta akan sangat nyaman dan merasa tenang bila makan di tempat seperti Lapau Kapau.

    BalasHapus
  5. Tempatnya sangat kekinian ya. Tidak seperti bayanganku yang klasik. Tapi penasaran juga sih sama rasa nasi kapau ini. Aku belum pernah coba sebelumnya. Kalau dari tampilannya sangat mirip dengan nasi padang ya.

    BalasHapus
  6. Menggoda banget mba tampilan Nasi Kapaunya! Apalagi disiram kuahnya itu, mantap!

    Suasana tempat makannya juga nyaman dengan fasilitas lengkap.

    BalasHapus
  7. dari gambar2 y kyk y uuenak tuh, klo di jogja ada yang jual sekali2 nanti saya berkunjunglah

    BalasHapus
  8. Wah recommended banget ini ya kak. Banyak pilihan menunya, tempatnya nyaman dan luas. Asyik buat makan bareng keluarga dan teman-teman. Dapat bonus view yang cakep juga ya

    BalasHapus
  9. Adub kalo kuliner khas kapau mana ada yang gagal. Semua pasti enak.. dub pengen beli nasi padangkan jadinya huhu

    BalasHapus
  10. Waduh, kalau aku seminggu aja jalan-jalan ke Bukit Tinggi, BBku bisa cepat naik kayaknya ya. Hahaha. Makanannya enak-enak bangettttt.

    BalasHapus
  11. Kuliner Bukittinggi emang enak enak
    Aku paling suka makan nasi kapau
    Lupakan diet klo makan kuliner khas Bukittinggi ini

    BalasHapus
  12. walaah ini Lapau Kapau termasuk baru yaa? baru tau soalnyaa hihi semoga ada kesempatan buat explore bukit tinggi lagi

    BalasHapus
  13. Kak dilla tanggung jawab hayoooo, diriku mendamba nasi kapau dan di sini belum ada yang jual makanan bukitinggi yang satu ini.

    BalasHapus
  14. Pernah makan nasi kapau langsung di Bukittinggi. Sedapppnya ya ampun. Keknya resto random di bukittinggi juga tetap enak enak ya kak

    BalasHapus
  15. Kalau gulai tunjang suka nyoba, tapi kalau tambunsu daku belum pernah nyoba kek nya.
    Ah se-asik itu makan di sana dengan pemandangan menghadap ke jendela nya bikin seger

    BalasHapus
  16. wah aku baca nasi kapau ini jadi ingat deretan nasi kapau yang ada di dekat pasar senen. setidaknya walau belum mencoba di daerah asalnya aku sudah pernah mencicipi nasi kapau ini di jakarta he

    BalasHapus
  17. belum pernah nyobain nasi kapau, ku kira nasi kapau tuh dari daerah indonesia utara gitu, eh ternyata sodaraan sama nasi padang ya, hehehe. btw aku sih auto seger liat view ijo ijo dari luar lapau kapau. makan dengan vive begini tuh bikin makan nambah nikmat

    BalasHapus
  18. Masakan bukittinggi yang satu ini belum pernah aku cobain, dan sepertinya menggugah ya. Kalau denger daerah Padang memang ingatnya sama nasi rendang.

    BalasHapus
  19. aku trauma makan di Padang nggak cek harga, asli kena "tegik" kalau udah ada daftar harganya alhamdulillah jadi aman sebelum makan sesuai dompet aja hehe

    BalasHapus