Hal yang Perlu Dilakukan saat Tidak Produktif atau Malas


Assalamualaikum
Halo Semuanya~

Baik itu mahasiswa, karyawan ataupun freelancer pasti pernah mengalami fase tidak produktif atau bermalas-malasan. Kalau itu terjadi sehari-dua hari mungkin masih dimaklumi namun jika terjadi hingga berminggu-minggu, hal ini bisa dikategorikan sebagai masalah atau penyakit yang harus segera diobati.

Kenapa orang jadi tidak produktif?

Biasanya sesuatu terjadi karena ada alasan, pasti ada penyebabnya baik secara internal maupun eksternal yang membuat orang yang awalnya rajin dan bersemangat menjadi bermalas-malasan.

Menurut saya pribadi berikut beberapa penyebab seseorang menjadi tidak produktif berdasarkan pengalaman sendiri ataupun orang lain.


Penyebab Orang Menjadi Tidak Produktif



- Overthinking

Overtinking adalah istilah yang sangat populer bagi anak remaja jaman sekarang. Selain overthinking, juga ada mental health dan healing yang sering menjadi tren pembicaraan orang-orang di media sosial. 

Arti overthinking itu sendiri adalah memikirkan sesuatu secara berlebihan yang mungkin bagi orang lain itu adalah hal biasa.

Misalnya ketika mengiriman pesan WA kepada salah seorang teman namun baru dibalas 3 jam kemudian. Ada orang yang menganggap itu hal biasa namun ada juga yang larut dalam dugaan negatif kenapa teman tersebut lama membalas pesan.

Sering overthinking membuat orang tidak produktif karena pikirannya sudah tidak fokus dan cenderung merenung.

- Homesick

Homesick adalah biasa dirasakan oleh para perantau. Tak hanya melanda orang yang baru merantau, homesick juga dirasakan oleh orang yang telah lama merantau namun jarang pulang.

Sayapun pernah merantau yaitu sejak kuliah hingga akhir tahun kemarin. Bagi saya homesick itu berupa perasaan rindu kepada keluarga, kampung halaman, suasana rumah hingga masakan orang tua.

Saat homesick melanda, perasaan menjadi melow, iri melihat teman lain yang tinggal dengan keluarga sehingga malas beraktifitas bahkan malas makan.



- Mendapat Nilai buruk

Banyak orang yang merasa sangat down saat mendapatkan nilai yang jelek atau tidak sesuai ekspektasi. Tidak hanya siswa/mahasiswa, karyawanpun juga sangat terpukul saat mendapatkan nilai jelek saat pengumuman penilaian performa tahunan. Apalagi saat dimarahi oleh atasan, perasaan makin hancur.

Mendapatkan nilai buruk hingga dimarahi oleh atasan membuat orang sedih dan berakibat malas beraktifitas. 

- Patah Hati

Ini sudah rahasia umum yah, siapapun yang patah hati, entah itu ditolak gebetan, diputusin oleh pacar atau saat mengetahui idaman sudah memiliki pasangan, seseorang akan sangat bersedih dan hilang semangat beraktifitas.

- Terlalu Memanjakan Diri

Terlalu memanjakan diri juga bisa membuat kita menjadi malas dan produktifitas menurun. Misalnya menonton drama yang seharusnya dilakukan untuk mengisi waktu luang atau pelepas penat, jika dilakukan terlalu sering atau istilah populernya "maraton drama" maka membuat kita jadi malas melakukan kegiatan lainnya.

***



Itulah lima hal yang membuat kita menjadi malas bergerak dan tidak produktif. Hal ini tentu tidak baik karena bisa berdampak buruk bagi kesehatan tubuh dan mental. Untuk itu perlu segera bangkit dengan coba melakukan beberapa hal berikut.



Hal yang Perlu Dilakukan saat Tidak Produktif atau Malas



1. Bangun Lebih Awal

Bangun lebih awal adalah kunci dalam merubah hidup menjadi lebih produktif dan bersemangat. Terutama yang beragama islam, sebaiknya memulai hari dengan bangun sebelum subuh lalu salat subuh dan membaca al quran. Setelah itu sebaiknya langsung mandi dan sarapan. 

Jika hal di atas dilakukan serta dibiasakan maka membuat pikiran segar dan tubuh siap untuk beraktifitas seharian.

2. Membersihkan Kamar / Mendekor Ulang

Biasanya orang yang bermalas-malasan, kondisi kamar menjadi kotor dan berantakan. Untuk menghilangkan rasa malas, maka wajib sekali membersihkan kamar. Karena kamar yang bersih juga membuat pikiran menjadi jernih.

Selain membersihkan kamar, cobalah menghias atau mendekor ulang kamar. Mengubah letak barang hingga menambah hiasan ini dapat menciptakan suasana baru yang bisa meningkatkan motivasi untuk belajar dan beraktifitas lebih aktif.



3. Olah Raga

Penyakit malas harus diusir dengan aktif bergerak, salah satunya dengan berolah raga. Olah raga tidak hanya membuat tubuh sehat namun juga menyegarkan pikiran.

Banyak bentuk olah raga yang bisa dilakukan, mulai dari work out sederhana di dalam kamar, jogging di sekitar komplek perumahan, berenang, dan apapun itu yang penting adalah olah raga yang paling disukai.

4. Membuat Planner Sederhana

Jika ingin lebih produktif, membuat planner adalah salah satu solusinya. Pernah enggak sih merasa hari ini tidak melakukan apapun atau bingung harus melakukan apa?

Berdasarkan pengalaman bekerja di perusahaan, menulis rencana serta target harian/mingguan dapat meningkatkan produktifitas. Selain itu kita juga bisa mengelola waktu dan menyusun prioritas dalam bekerja.

5. Pergi ke Tempat Favorit Bersama Teman/Pasangan

Selanjutnya hal yang bisa dilakukan untuk merefresh otak dan membuat lebih bersemangat beraktifitas adalah mengunjungi tempat favorit bersama teman atau pasangan. Tempat itu bisa saja kafe, tempat berbelanja, ataupun taman. 

Pergi ke tempat baru atau tempat yang disukai akan membuat kita lebih senang dan menambah energi positif untuk kembali beraktifitas dengan produktif.


***

Kita boleh saja bermalas-malasan, namun jangan sampai terlalu lama. Karena banyak dampak buruk yang akan dirasakan.

Untuk itu silakan coba 5 hal di atas supaya kamu bisa terbebas dari rasa malas dan bisa kembali beraktifitas dengan aktif.

xoxo
dila

No comments:

Powered by Blogger.