Culture Shock Saat Pertama Kali Nonton Series BL Thailand


Halo semuanya!!
Apa kabar~

TikTok adalah media sosial yang bisa memperkenalkan hal-hal yang sedang viral kepada penggunanya. Dulu sebelum bermain TikTok, saya cuma tau tentang K-Pop dan K-Drama. Karena timeline Instagram hanya berisi tentang hal-hal yang diikuti.

Sekitar tahun 2020 saya menginstall TikTok karena BTS, sehingga sejak saat itu mulailah mengetahui berita viral dan kenal beberapa influencer Indonesia.

Salah satu hal viral yang sering muncul di FYP TikTok pada tahun 2020 adalah aktor Thailand yang bernama Bright Vachirawit. Saking terkenalnya di Indonesia, Bright sempat diajak kerja sama oleh Ruangguru, aplikasi belajar Indonesia.

Saya akui Bright tampan sekali, pesonanya beda dengan aktor Korea. Namun karena saat itu masih "sibuk" dengan K-Pop dan K-Drama, saya tidak mencari tahu lebih jauh tentang Bright.

Berjalannya waktu, Bright yang terkenal dengan Series 2gether bersama Win ini selalu muncul di FYP TikTok. Tak hanya Bright, ada sebuah Series yang bernama KinnPorsche juga sering muncul di FYP pada pertengahan 2022 karena sepertinya baru dirilis.


Berkat VT menarik dan lucu yang diuunggah oleh penggemar Series Thailand, akhirnya saya penasaran dan coba menonton KinnPorsche The Series La Forte dan 2gether The Series. Yang mana dua judul tersebut adalah (kebetulan) Series BL (Boys Love).

KinnPorsche adalah Series tentang kehidupan mafia yang penuh dengan penghianatan dan balas dendam dengan bumbu percintaan sesama jenis. Sementara 2gether adalah Series tentang kehidupan anak kuliah yang lebih memperlihatkan kegiatan ekstrakurikuler dan juga mengangkat tema percintaan sesama jenis.

Jika membahas film/series Thailand secara general, ini bukan pertama kali bagi saya. Karena film pertama yang ditonton adalah A Crazy Little Thing Called Love. Setelah itu ada beberapa film Thailand favorit saya seperti ATM Error, I Fine,,Thank You, Pee Mak, Friendzone dan Brother Of Year.

Namun setelah menonton 2 Series BL Thailand ini, ada beberapa culture shock khususnya jika dibandingkan dengan drama Korea.

Culture shock disini ada yang terkait Series BL itu sendiri dan ada hal secara keseluruhan dari Series Thailand. Ada apa aja yah? Yuk simak tulisan ini sampai selesai.



Culture Shock Saat Pertama Kali Nonton Series BL Thailand



1. Nama Aktor/Pemeran yang Unik


Nama orang Thailand cukup unik karena panjang dan susah dilafalkan, Saya mengetahui ini karena di K-Pop juga ada member yang berasal dari Thailand seperti Lisa dan Bambam.

Setelah menonton 2 Series Thailand saya menyadari bahwa kebanyakan mereka menggunakan kata bahasa Inggris dari kata sifat dan kata benda yang selama ini jarang digunakan sebagai nama (menurut saya).

Seperti Vachirawit Chivaare memilih "Bright" sebagai nama panggungnya yang berarti "terang". Ada juga "Porsche" yang merupakan nama pemeran utama di KinnPorsche. Padahal Porsche adalah nama produsen mobil sport.

Selain dua nama tersebut berikut nama aktor Thailand terkenal yang menggunakan nama panggung unik : Gulf, Win, Earth, Build dan Barcode. Dan berikut contoh nama tokoh di Series : Vegas, Macau, Ohm, Green, Boss dan lain-lain.

Culture Shock Saat Pertama Kali Nonton Series BL Thailand
Sumber gambar : IG GMMTV


2. Kata Sapaan


Pecinta Korea pasti sudah familiar dengan istilah oppa, eonnie, hyung dan nuna. Dimana itu semua adalah kata sapaan untuk orang yang lebih tua dengan membedakan jenis kelamin orang yang dipanggil dan memanggil. Bagi yang masih bingung saya sudah pernah membahas di sini > 5 Istilah Korea Populer Di Dunia KPOP

Namun di Thailand cukup berbeda dan ternyata lebih simple dibandingkan Korea bahkan Indonesia. Selama menonton, saya sering mendengar "Phii".

Phii adalah sapaan untuk orang yang lebih tua baik itu perempuan maupun laki-laki. Misalnya Phi Mai, Phii Shone dan penulisannya sering disingkat jadi P' seperti P' Jennie. Kalau di Indonesia mungkin sama seperti Kakak/Kak dimana bisa dipanggil untuk perempuan dan laki-laki. Sementara untuk memanggil orang yang lebih muda, orang Thailand menyebutkan "nong".


3. Seragam Mahasiswa


Dari Series BL saya baru tau kalau mahasiswa di Thailand menggunakan seragam saat kuliah. Seragamnya berupa kemeja putih lengan panjang dan celana hitam panjang untuk laki-laki dan kemeja putih lengan pendek dan rok hitam selutut untuk perempuan.

Berbeda sekali dengan Indonesia dan Korea yang hanya memakai seragam hingga jenjang SMA. Sehingga saat kuliah, mahasiswa boleh menggenakan baju bebas asalkan sopan.

Mahasiswa Thailand menggunakan seragam seperti ini sebenarnya sah-sah saja, namun yang membuat saya salah fokus, kadang pemeran prianya mengenakan baju putih seperti baju koko, sehingga terlihat seperti pergi shalat jumat, hehe.

Culture Shock Saat Pertama Kali Nonton Series BL Thailand
Cuplikan di 2gether The Series


4. Agensi Aktor & Rumah Produksi


Industri hiburan Thailand ternyata memiliki semacam agensi para aktor sekaligus rumah produksi yang membuat berbagai series dan film.

Sejauh ini yang saya tau baru dua yaitu GMMTV yang memproduksi 2gether dan Be On Cloud yang memproduksi KinnPorsche. Mereka itu diibaratkan SM Town, HYBE, YG Ent. dll kalau di industri hiburan Korea.

Saya masih belum paham, apakah aktor yang berada di naungan agensi tersebut boleh memainkan peran dalam sebuah film/series yang diproduksi oleh rumah produksi lain.


5. Merchandise


Sepertinya dunia per"series"an Thailand sudah sama budayanya dengan dunia Kpop. Saya kaget melihat Series Thailand memiliki merchandise seperti photocard, boneka, totebag, kaos dan gantungan kunci. Bahkan Be On Cloud juga menjual lightstick untuk penggemar KinnPorsche.

Semua barang-barang di atas adalah tipikal merchandise K-Pop, terutama photocard dan lightstick. Karena selama menonton drama Korea, saya belum pernah melihat merchandise seperti itu. Biasanya yang dijual adalah DVD drama itu sendiri dan CD OST.

Culture Shock Saat Pertama Kali Nonton Series BL Thailand
Merchandise yang dikeluarkan GMMTV untuk series Astrophile

6. Fans & Fan Service


Seperti yang saya sebutkan sebelumnya, Series Thailand itu seperti K-Pop, karena untuk satu judul Series apalagi BL, memiliki fans yang cukup banyak yang rela membeli merchandise dengan harga mahal.

Selain itu para aktor BL juga memberikan fan service saat tampil langsung di depan penggemar atau saat wawancara dll, makanya tak heran banyak penggemar yang percaya kalau mereka adalah pasangan real di dunia nyata.



7. Series BL Bertabur Pria Tampan namun...


Ada banyak pria tampan yang berperan di dalam Series BL Thailand. Tidak hanya pemeran utama namun pemeran pendukung juga tampan, namun....

Why semuanya "dikisahkan" not straight a.k.a penyuka sesama jenis? Memang sih, namanya juga Series BL tapi saat menontonnya saya merasa "mubazir". Ada banyak pria rupawan tapi kenapa tak dipasangkan dengan perempuan? Padahal pemeran perempuan juga sangat cantik.

Saya sempat berpikir, kalau memang genrenya BL, kenapa tak pemeran utama saja yang suka sesama sementara pemeran pendukung lainnya normal? Dari dua Series BL yang saya tonton 3 hingga 4 pasangan dikondisikan not straight.

Sebenarnya ini adalah puncak shock culture saat nonton Series BL Thailand. Apalagi mereka tidak hanya tampan, karakter yang diperankan juga lakik banget, bukan yang kemayu. 

Seperti KinnPorsche, pemeran utamanya adalah Kinn seorang mafia yang jatuh cinta dengan Porsche seorang bodyguard. Padahal normalnya seorang mafia suka wanita cantik dan seksi.

Culture Shock Saat Pertama Kali Nonton Series BL Thailand
Sumber gambar : IG Be On Cloud


***

Itulah 7 hal yang menjadi culture shock saat pertama kali menonton Series BL Thailand, jika dibandingkan dengan drama Korea secara general. 

Menurut saya Thailand cukup pintar, karena mereka tau tidak bisa menyaingi kesuksesan Kpop dan drama Korea begitu saja, akhirnya mencari peluang di genre BL. FYI : walaupun pemerintahannya tidak mengakui pernikahan sejenis.

Yang paling menarik adalah Industri hiburan Thailand berusaha membangun budaya sendiri seperti membuat merchandise untuk setiap Series yang dirilis hingga menggelar fan meeting berbentuk konser.

Anyways, semoga tidak ada yang salah lapak di sini yah, intinya saya hanya ingin menuliskan shock culture saat menonton Series BL Thailand untuk pertama kali.

FYI : Thailand juga memiliki Series yang bukan BL yang juga bagus seperti yang sedang saya tonton adalah Astrophile dan F4 Thailand. Bagi kamu sedang bosan dengan drama Korea atau ingin mengenal budaya baru, bisa nonton Series Thailand yah. 

xoxo
dila

8 comments:

  1. Betul kak, emang misteri masa kini nama panjang apa, tapi dipanggil apa haha. Dulu pas tinggal di Chiang Mai rada absurd liat mahasiswa seragaman haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, pernah tinggal di Thailand mba? serunya!! Kita aja merasa monoton pake seragam hingga SMA yah, ini mereka bahkan sampai kuliah.

      Delete
  2. Bener, Salah satu yang unik dari Thailand menurut daku adalah namanya. Apalagi kalau udah nonton badminton terus ada atlet Thailand, suka bingung daku menyebutnya hehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya enggak ngikutin badminton nih, apakah nama atlet thailand juga pakai "nama panggung" bahasa Inggris?

      Delete
  3. sampai saat ini saya masih betah nonton drakor dan belum tertarik menjelajah nonton drama atau fil thailand, alasannya karena saya gak nyaman dengan suara dan logat mereka, hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebenarnya hingga sekarang saya juga enggak nyaman sama logat mereka, intonasinya lucu, tapi pengucapannya kayak belibet gitu. hehe. Tapi karena udah kepincut sama aktornya, jadi suka nonton.

      Delete
  4. Sebenarnya sangat bahaya kultur begini kak karena sudah menjadi kebiasaan yang ditangkap anak-anak kita sebagai hal biasa padahal sangat bertolak belakang dengan kehidupan normal, agama dan kehidupan yang layak. Semoga negara kita tidak menjadikan tema begini sebagai hal yang wajar perfilman karena akan menjadi contoh yang negatif.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener pak, saya aja yang udah dewasa kaget nonton BL. Tapi nyatanya sekarang banyak anak smp, sma yang udah suka banget sama BL. Takutnya mereka menganggap itu adalah hal wajar. Ya, semoga negara kita fokus sama series atau film genre islami.

      Delete

Powered by Blogger.