Tujuan, Jenis, dan Prosedur Layanan di Klinik Kecantikan

Jakarta Science Academy


Assalamualaikum.
Apa kabar semuanya?


Perempuan dan kecantikan adalah dua hal yang tidak bisa dipisahkan. Saat kecil saya mengira untuk menjadi cantik, perempuan harus bisa berdandan atau menggunakan kosmetik.

Setelah beranjak dewasa barulah menyadari, ternyata cantik itu tidak sebatas lihai memoles wajah melainkan memiliki kulit yang sehat dan terawat.

*

Ingin meningkatkan kecantikan dan kesehatan kulit jangka panjang? Mendatangi klinik kecantikan adalah salah satu solusinya.

Kita bisa konsultasi permasalahan kulit dengan dokter yang berpengalaman di klinik kecantikan. Di sini, dokter kulit akan mengecek, memberi perawatan yang diperlukan, serta memantau kesehatan kulit secara menyeluruh. 

Klinik kecantikan merupakan tempat yang menyediakan layanan berbentuk treatment yang bisa meningkatkan kecantikan. Sebagian treatment mengaitkan tindakan medis dengan perlengkapan alat yang canggih.

Maka tak heran sekarang ini sudah banyak peminat untuk perawatan kecantikan sehingga makin banyak pelaku usaha di industri kecantikan bersaing untuk bisa menjadi yang terbaik.

Tujuan, Jenis, dan Prosedur Layanan di Klinik Kecantikan
Ilustrasi treatment di klinik kecantikan


Jakarta Science Academy (JSA) hadir sebagai lembaga kursus estetika dan pelatihan estetika yang fokus membantu tenaga medis estetika agar dapat memberikan layanan kecantikan maksimal kepada untuk para pasien.

Jakarta Science Academy juga telah dilengkapi dengan izin legal dari suku dinas pendidikan dengan tenaga pengajar yang sangat berpengalaman di bidang estetika. Berbeda dengan salon, di klinik kecantikan kita akan dilayani oleh dokter estetika kecantikan yang bersertifikat. Dokter kecantikan akan mengecek serta memantau permasalahan kulit yang dimiliki,dan pastinya membantu merawatnya secara menyeluruh. Selama perawatan, kita akan dibantu oleh terapis ataupun staf kecantikan bersertifikat.



Tujuan, Jenis, dan Prosedur Layanan di Klinik Kecantikan



Tujuan Klinik Kecantikan


Klinik kecantikan mempunyai tujuan utama yaitu :
- Mengatasi/mengobati masalah kulit.
- Meningkatkan kecantikan.
- Memantau kesehatan kulit dalam jangka panjang.

Kita bisa mengunjungi klinik kecantikan kapan saja. Tak hanya saat mengalami permasalahan kulit, namun juga saat ingin memperoleh treatment tertentu untuk meningkatkan kecantikan.

Dokter kecantikan akan mengarahkan dan memberi saran, perawatan seperti apa yang terbaik, sesuai dengan jenis dan kondisi kulit. 


Jenis Layanan di Klinik Kecantikan


Ada banyak tindakan atau layanan perawatan yang biasa dilakukan di klinik kecantikan. Berikut nama perawatan beserta penjelasannya :

 Mikrodermabrasi. Perawatan untuk mengangkut sel-sel kulit mati.
 Laser rejuvenation. Perawatan memakai mesin laser untuk meremajakan kulit serta menghilangkan flek hitam pada wajah.
 Mesotherapy. Perawatan pijat wajah sekaligus memasukkan serum yang bisa membantu meremajakan serta tingkatkan kekenyalan kulit wajah.
 Chemical peeling. Pengelupasan kulit wajah memakai cairan kimia yang nyaman untuk menstimulasi regenarisi kulit wajah.
 Intense Pulse Light Hair Removal (IPL). Perawatan kulit wajah memakai gelombang sinar Xenon intensitas tinggi yang bisa membantu meremajakan kulit.
 Skin tite. Perawatan memakai mesin dan serum tertentu yang berfungsi mengencangkan kulit wajah.
 Radio Frequency (RF). Perawatan yang memberikan efek mengencangkan ataupun meniruskan wajah.
 Filler. Perawatan kecantikan untuk mengganti wujud bagian wajah semacam hidung supaya lebih mancung ataupun dagu supaya lebih lancip, dengan menyuntikkan bahan spesial.


Persiapan saat sebelum ke Klinik Kecantikan


Tidak banyak hal yang perlu dipersiapkan saat sebelum berangkat ke klinik kecantikan. Tetapi, kita dapat membuat catatan mengenai riwayat kondisi ataupun penyakit kulit yang pernah dialami, termasuk alergi.

Tak hanya itu, buatlah catatan tentang persoalan atau pertanyaan yang ingin diajukan pada dokter kecantikan, supaya tidak ada yang terlupa.



Prosedur Layanan di Klinik Kecantikan


Secara umum, berikut ini merupakan sebagian prosedur standar yang biasa dilakukan oleh dokter estetika di klinik kecantikan:

Menanyakan seputar keadaan kulit, penyakit kulit yang pernah diidap, serta perawatan yang sempat dilakukan lebih dahulu.
Mengecek keadaan kulit dengan mekanisme standar.
Menganjurkan perawatan yang diperlukan sesuai dengan jenis kulit.
Jika ada perawatan yang ingin dilakukan, dokter akan memberikan pertimbangan apakah bisa dilakukan ataupun tidak, dan memberi tahu manfaat serta resiko dampak samping dari prosedur yang akan dilakukan. 


Berikut ini beberapa prosedur perawatan yang umum dilakukakn di klinik kecantikan, berdasarkan pada jenisnya:

1. Chemical Peeling

Prosedur diawali dengan mengoleskan cairan yang memiliki asam glikolat ataupun asam trikloroasetat pada kulit.
Cairan tersebut membuat kulit terluar mengelupas, serta digantikan dengan lapisan kulit baru yang baru, lembut, serta cerah.

2. Perawatan Laser Rejuvenation

Dokter akan memberikan obat anestesi untuk membuat mati rasa selama prosedur.
Pada tata cara laser ablatif, dokter akan memusatkan cahaya laser pada wajah, untuk menghancurkan lapisan epidermis kulit serta merangsang pembuatan kolagen.
Sementara itu, pada laser non-ablatif, sinar laser ditunjukan ke kulit tanpa menghilangkan lapisan epidermis.

3. Filler Wajah

Dokter menyuntikkan cairan yang memiliki asam hialuronat ke beberapa bagian wajah yang mau dibuat lebih bervolume.
Setelah penyuntikkan, wajah mungkin saja mengalami sedikit pembengkakan serta kemerahan. Tetapi, dampak ini cuma sementara. 




Hal yang Perlu Dilakukan Setelah ke Klinik Kecantikan


Setiap prosedur perawatan yang dilakukan memiliki efek sampingnya masing-masing. Dokter kecantikan umumnya akan menginformasikan apa saja yang wajib dilakukan serta dihindari setelah menjalani perawatan.

Jadi, hal yang perlu dilakukan setelah menjalani perawatan di klinik kecantikan yaitu mematuhi instruksi serta larangan dari dokter kecantikan.

Tidak hanya itu, penting juga untuk memantau keadaan kulit. Jika merasa ada yang aneh, ataupun efek samping yang tidak kunjung hilang, segeralah mendatangi dokter yang menangani. Setelah prosedur perawatan, dokter kecantikan mungkin meresepkan obat yang dapat dikonsumsi buat meredakan efek samping, ataupun mengoptimalkan hasil perawatan.



xoxo
dila

18 comments:

  1. wah, lengkap banget ini. suka kepikiran sih, kalau ke klinik kecantikan itu pasti konsultasi dulu dengan dokternya kan ya? soalnya, kadang aku tuh nggak terlalu paham juga dengan masalah kulitku. tapi kalau sudah ada layanan konsultasi gini, makin yakin kalau lebih aman.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya kak, seharusnya memang konsultasi ke dokter dulu. Supaya tau masalahnya apa dan treatment yang cocok seperti apa.

      Delete
  2. Aku cowok apa bisa kak hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Walaupun namanya klinik kecantikan, tapi sebenarnya bisa dikunjungi oleh siapapun termasuk laki-laki. Karena masalah wajah juga dialami oleh laki-laki, seperti jerawat yang sudah parah.

      Delete
  3. Ak sbg laki-laki, perlu tahu jg hal ini. Terima kasih informasinya.

    ReplyDelete
  4. Laki2 juga penting loh buat ngrawat wajah..
    Saya pernah pakai perawtan Mikrodermabrasi, ah rasa nya perih nangis jga. Tpi setelah itu wajah kayak nampak segar gitu kak.

    ReplyDelete
  5. Wah banyak juga yah perawatan kecantikan di klinik khusus. Pengetahuan baru

    ReplyDelete
  6. belum pernah nih saya mengunjungi klinik kecantikan, masih nyari waktu yang pas karena anak gak bisa ditinggal. tapi tergiur sangat dengan pelayanan yang disediakan setiap klinik kecantikan.

    ReplyDelete
  7. Terima kasih, kak Dilla. Lenngkap dan jelas sekali pemaparaannya. Jadi bahan pengetahuan kalau sewaktu-waktu punya kesempatan menggunakan layanan di klinik kesehatan, atau bisa mengingatkan jika saat mengantar seseorang kesana :)

    ReplyDelete
  8. Kita juga jd tenang ya kalau klinik estetik punya tenaga yg certified. Make sure ada dokter certifiednya juga. Jadi pingin ke klinik estetik nih, dilihat dari treatmentnya sungguh macen2 ya.. kayanya butuh bgt :)

    ReplyDelete
  9. Konsultasi alias tanya-tanya dulu sih memang, biar paham jenis kulitnya apa dan seperti apa solusinya

    ReplyDelete
  10. Merawat diri itu bentuk me time paking rileks dan menyegarkan. Apalagi kalau ada bajet. Capcusss!

    ReplyDelete
  11. Wah ternyata saya ingin banget kulit wajah saya bisa di rawat dan saya ingin juga sebagai pria ke klinik kecantikan

    ReplyDelete
  12. Aku ke klinik kecantikan paling cuma buat facial aja mba, yang biayanya murmer, hehe... Apalagi kulitku sensitif jadi masih belum berani perawatan aneh-aneh.

    ReplyDelete
  13. Aku udah minat buat bisa dtaang ke klinik kecantikan lho. Tapi maju mundur karena berpikir mulai dr mana dulu yg diselesaikan. Hehhe

    Bener ya klinik beda dg salon ya karena ada tenaga kesehatan yang expert jadi bisa konsul

    ReplyDelete
  14. pengin nyobain ke klinik kecantikan, tapi belum pernah jadi takut bingung ngapain dan baca ini jadi ada bayangan. semoga ada temen buat ke sana

    ReplyDelete
  15. Informasinya lengkap banget kak DIlla. Nah, jenis2 ini patut dipahami dulu sblm kita ingin melakukan treatment ke klinik kecantikan yaa Kak, dan perlu berkonsultasi jga lewat tenaga ahli kcantikan sblm itu shingga tau apa yg wjah kita butuhkan..

    ReplyDelete
  16. Kira-kira kalau pria masuk ke klinik kecantikan apa nggak dianggap melow sekali nanti ya? Atau cuma boleh temani istri saja

    ReplyDelete

Powered by Blogger.