Curhatan Blogger : Masalah Blog yang Bikin Sakit Kepala

Curhatan Blogger : Masalah Blog yang Bikin Sakit Kepala


Assalamualaikum
Apa kabar semuanya~


Artikel ini masih dalam rangka mengikuti tantangan menulis 30 hari selama bulan Ramadan yang diselenggarakan oleh Blogger Perempuan Network. Tema di hari ke-16 ini adalah Curhat Hari Ini. 

Pada tema ini sepertinya lebih asik kalau curhat masalah blog daripada masalah personal karena sudah sering menceritakan kisah pribadi di sini.

Bertahun-tahun mengelola blog banyak suka duka yang dialami. Suka-nya seperti senang melihat perkembangan blog, bisa menang lomba blog, mendapatkan tawaran kerja sama dan apresiasi lainnya dari orang lain.

Namun duka-nya juga cukup banyak dan membuat sakit kepala. Dan pada artikel kali ini saya ingin fokus membahas masalah blog yang pernah atau sedang dialami, mana tau ada yang mengalami hal yang sama sehingga kita bisa saling berbagi informasi.



Masalah-Masalah saat Mengelola Blog :



1. Semua Gambar Tiba-Tiba Hilang


Ini adalah masalah yang dialami pada tahun 2011-2012. Waktu itu cukup kaget karena semua gambar yang ada di blog tiba-tiba tidak muncul, yang ada hanya gambar segitiga abu-abu dan di dalamnya ada tanda seru.

Setelah dicari tahu, ternyata ini adalah masalah yang dialami oleh banyak blogger khusus pengguna blogspot. Katanya saat itu ada pemindahan server Google, sehingga tidak ada kemungkinan lagi gambar tersebut muncul lagi. Solusinya adalah menggunggah ulang foto-foto yang hilang.

Mengetahui hal tersebut, saya terpaksa mengunggah ulang gambar di beberapa artikel yang layak untuk dipertahankan. Selebihnya dibiarkan begitu saja atau dihapus, karena cukup banyak dan lelah juga jika diperbaiki satu per satu.


2. Lama Menunggu Approval dari Google AdSense


Sekitar tahun 2018 saya coba mendaftarkan blog ke Google AdSense karena merasa telah memenuhi kriteria. Sudah berbulan-bulan mendaftar namun tidak mendapatkan feedback dari Google apakah diterima atau ditolak.

Awalnya saya cuek saja namun setelah berjalan waktu mulai kepikiran dan penasaran kenapa masih belum ada jawaban dari Google. Coba mencari solusi dan mempelajari lagi tata cara mendaftar Google AdSense, akhirnya saya menemukan kesalahan yang dibuat sendiri. Yaitu lupa memasang kode yang seharusnya dipasang manual di HTML blog.

Benar saja, beberapa hari kemudian mendapatkan surat cinta dari Google yang manyatakan blog saya diterima dan siap dipasangkan iklan.



3. Gambar Thumbnail Blur


Sekitar tahun 2020, tiba-tiba gambar thumbnail blog menjadi blur yang sangat mengganggu estetika. Lagi-lagi saya bertanya di Google untuk mendapatkan solusi. 

Salah satu solusi yang ditemukan adalah, gambar pertama yang ada di artikel harus disetting ukurannya menjadi "original size" karena selain itu seperti ukuran small, medium, large hingga x-large membuat gambar menjadi blur. 

Kenapa gambar pertama? Karena gambar pertama otomatis menjadi thumbnail sebuah artikel. Sementara gambar lainnya boleh disetting dengan ukuran yang diinginkan.

Ini merupakan solusi sementara, dan masih digunakan hingga sekarang. Mungkin ini masalah yang terjadi pada template tertentu dan pasti ada solusi yang bersifat permanen. 


4. Dimensi Gambar Berubah di Tampilan Ponsel


Masih dengan gambar, kenapa yah masalah blog saya berkutat dengan gambar? 

Ini juga masalah yang terjadi pada tathun 2020. Saat itu saya jarang membuka blog melalui ponsel dan bisa dibilang tak peduli dengan tampilan di ponsel.

Setelah melihat analisa pengunjung blog, ternyata pengguna ponsel lebih banyak dari pada pengguna PC/Laptop, mau tak mau saya harus perhatian dengan tampilan blog di ponsel.

Cukup kaget melihat tampilan blog di ponsel karena ukuran gambar berubah dan terlihat seperti ketarik. Misalkan gambar asli berukuran 3x2 dan tampilan di ponsel menjadi 3x3. Tentu mengganggu estetika.

Setelah mencari di Google, saya menemukan solusi di situs orang luar. Akhirnya saya coba menulis sendiri di blog supaya jika terjadi hal yang sama, bisa membaca lagi dan memperbaikinya.



5. Link Artikel Tidak Terindeks di Google Search Console


Ini adalah masalah yang saya alami sekarang dan cukup membuat pusing kepala. Sejak pertengahan bulan Maret setiap kali mendaftarkan tautan artikel di Google Search Console hasilnya selalu gagal yaitu "URL is not on Google: Indexing errors".

Padahal jika dilakukan Test Live URL hasilnya "URL is available to Google". Sudah dilakukan validasi beberapa kali tetap saja gagal. 

Masalah ini membuat puluhan artikel belum terindeks di Google. Sebenarnya kalau artikel organik, saya masih tak begitu memikirkan. Namun terdapat beberapa artikel kerja sama dengan brand yang seharusnya cepat diindeks sehingga membuat saya semakin pusing.

Hingga saat ini saya masih mencari tau penyebab dan solusinya. 


***

Tulisan ini dibuat untuk 30 Day Ramadan Challenge 2022 oleh Blogger Perempuan Network dengan tema Curhat Hari Ini.

Terima kasih sudah berkunjung dan membaca blog saya.

xoxo
Dila

4 comments:

  1. Saya related dengan masalah thumbnail gambar buram, tapi lama-lama malas ngurusinnya, biarin aja, hahaha
    Kalau menunggu approval adsense juga pernah saya alami, tapi nggak dipikirin sih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya enggak bisa banget lihat masalah yang berkaitan dengan gambar mba. Soalnya emang saya orangnya visual, hehe. Jadi kalau lihat thumbnail blur, tangan udah gatel untuk segera memperbaikinya.

      Klo AdSense waktu itu lebih ke-penasaran sih, kok digantung, hehe

      Delete
  2. Saya juga pernah bermasalah dengan gambar, apalagi ketika ganti template. Akhirnya ya semua gambar di blog saya, saya bikin original semua. Toh templatenya udah responsif, jadi pasti menuesuaikan sama gawai audiens.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memang kalau baru ganti template ada aja masalahnya yah, ternyata enggak saya aja yang mengalami masalah dengan gambar. Oh gitu yah makna original size, dia bisa menyesuaikan dengan gawai si pembaca.

      Delete

Powered by Blogger.