Blogging, antara Hobi dan Penghasilan Tambahan

Sabtu, 23 April 2022

Blogging, antara Hobi dan Penghasilan Tambahan

Assalamualaikum
Halo semuanya!

Salah satu hal yang diimpikan banyak orang dalam hidup ini adalah memiliki pekerjaan sesuai hobi atau interest. Pekerjaan adalah sesuatu yang dilakukan untuk menghasilkan uang, sementara hobi merupakan kegiatan yang disukai yang biasanya dilakukan saat waktu senggang.

Nah bagaimana kalau pekerjaan dan hobi itu disatukan? Hasilnya menjadi kegiatan menyenangkan sekaligus menghasilkan uang. Siapa sih yang enggak mau?

Salah satu hobi yang ternyata bisa menghasilkan uang jika dilakukan dengan serius adalah blogging. Blogging adalah semua kegiatan yang berkaitan dengan mengelola blog yaitu menulis artikel, mengatur tampilan blog hingga mempromosikan blog.

Pertama kali membuat blog, tujuan saya hanya ingin menulis curhatan atau pengalaman menarik di blog sebagai diari digital. Berjalannya waktu sayapun baru mengetahui kalau blog bisa menghasilkan uang. 

Sekarang pertanyaannya ingin punya Monetize Blog atau Santuy Blog?



Monetize Blog vs Santuy Blog



Monetize Blog adalah blog yang dioptimalisasikan untuk menghasilkan uang. Sumbernya penghasilan blog bisa dari berbagai macam seperti di bawah ini.

Cara Menghasilkan Uang dari Blog :


- Google AdSense

Merupakan layanan dari Google yang menyediakan program kerja sama periklanan antara pemasang iklan dan blogger. Jika blog sudah didaftarkan maka iklan yang relevan muncul di blog. Blogger akan mendapatkan uang dari penayangan iklan dengan perhitungan tertentu dari Google.

- Affiliate Program

Blogger bisa mendapatkan komisi jika berhasil membuat pembaca membeli sebuah produk melalui link afiliasi atau kode referral yang dimuat di blog. 

- Endorsement

Endorsement adalah saat blogger mendapat sebuah produk dari brand atau seller lalu mempromosikan produk tersebut di blog. Ada yang hanya mendapatkan produk, ada juga yang mendapatkan produk plus bayaran.


- Content Placement

Content placement adalah jika blogger menerbitkan artikel dari klien lalu mendapatkan bayaran. Biasanya blogger diperbolehkan menyunting isi artikel supaya sesuai dengan gaya bahasa atau karakteristik blog.

- Content Review

Content review adalah jika blogger menulis sendiri artikel sesuai brief dari klien, bisa berupa promosi sebuah produk, acara, brand dan lain-lain.

- Space Iklan

Selain dari Google AdSense, blogger bisa mendapatkan uang dari pemasang iklan langsung / brand.

- Lomba Blog

Lomba blog adalah cara lain untuk mencapatkan uang dari blog. Biasanya lomba blog diadakan oleh komunitas, brand ataupun lembaga pemerintahan. Mengikuti lomba blog bisa meningkatkan kemampuan menulis sekaligus menghasilkan uang.

Demikianlah cara yang bisa dilakukan untuk menghasilkan uang di blog, sekarang mari kita lihat apa itu santuy blog.


Santuy Blog berarti blog yang dikelola secara santai dan tidak ada ambisi yang kuat untuk menghasilkan uang dari blog.  Dengan kata lain, blogger tersebut memanfaatkan blog hanya untuk media curhat, berbagi pengalaman dan pengetahuan. 

Kalau disuruh memilih, Monetize Blog vs Santuy Blog maka saya pilih gabungan keduanya. Saya ingin bisa terus menulis artikel berdasarkan pengalaman pribadi yang berisi opini jujur dan menarik untuk dibaca. Namun tidak menutup diri untuk ikut lomba blog dan tawaran kerja sama yang bisa menghasilkan uang.

Uang dari blog bisa dimanfaatkan untuk membayar sewa domain, membeli template premium yang mana bisa meningkatkan kualitas blog.

Selain itu saat mendapatkan tawaran kerja sama dengan brand, tidak hanya senang karena  mendapatkan uang namun ada rasa bangga blog personal ini dilirik dan diapresiasi oleh brand.

Sama hanya dengan ikut lomba blog. Jika bisa menjadi pemenang, kebahagiannya double yaitu senang tulisan disukai oleh juri dan senang mendapatkan hadiah.

Oleh karena itu saya berupaya lebih sering menerbitkan tulisan organik dari pada tulisan berbayar, supaya pembaca tetap nyaman berkunjung ke blog ini. Ibarat saat menonton TV, pasti akan merasa terganggu kalau terlalu banyak iklan.

Kalau teman-teman blogger lainnya lebih suka yang mana? Monetize Blog atau Santuy Blog?


***

Tulisan ini dibuat untuk 30 Day Ramadan Challenge 2022 oleh Blogger Perempuan Network dengan tema Monetize Blog vs Santuy Blog.

Terima kasih sudah berkunjung dan membaca blog saya.

xoxo
Dila

4 komentar:

  1. izin bertanya dong kak, kalau pemula ingin belajar buat blog tempatnya dimana yaa kak? komunitas yang cocok buat orang yang mau menulis blog apa ya kak namanya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo, salam kenal.
      Kalau sebagai pemula, emang wajib banget ikut komunitas karena bisa belajar dan menambah teman.
      Kamu bisa ikut www(dot)bloggerHub(dot)id . Di sana bisa join member, nanti dimasukin ke grup WA. Follow akun IGnya juga karena banyak tips. BloggerHub juga sering ngadain kelas zoom gratis.

      Hapus
  2. wah iya, aku jarang banget nih ikut lomba. padahal bisa ngasilin cuan juga ya kalau menang :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selain bisa dapet hadiah atau cuan, klo nama/link blog kita ditampilin di website atau IG penyelenggara, lumayan naikin traffic.

      Hapus